Acne Toner Mild dan Azeloic Treatment, Toner dan Moisturizer dari Airinderm untuk Perawatan Kulit Berjerawat [Review]

Sebagai pemilik kulit acne-prone alias gampang banget jerawatan apalagi kalau skip skincare-an barang sehari, tentunya wajib banget nyetok rangkaian produk skincare yang memang ditujukan untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Kalau biasanya aku mengagung-agungkan retinol dan serum jerawat, itu bukan berarti aku cuma pakai dua produk itu aja untuk mengatasi jerawat. Noo. Mereka memang pemain utama, tapi ada produk skincare lain yang tidak kalah pentingnya untuk menunjang kesembuhan jerawat, di antaranya: toner dan moisturizer. Pemilihan toner memang harus tepat sesuai dengan kondisi kulit karena toner itu kan dipakainya bener-bener di layer pertama setelah kita cuci muka. Kalau punya kulit berjerawat, usahakan toner yang nemplok pertama kali tuh ya toner jerawat. Baru deh nanti kalau mau dilayer sama toner "kosong" yang fungsinya untuk menghidrasi, pilih juga yang acne-prone friendly. Selain toner, moisturizer juga sebisa mungkin yang aman untuk kulit berjerawat untuk meminimalisir munculnya komedo atau memperparah kondisi jerawat. Kecuali kalau kehadiran jerawatnya hanya sebagai "tim hore" di kehidupan temen-temen dan ga begitu reaktif sama mositurizer yang fungsi utamanya bukan untuk mengatasi jerawat, yaa gass aja gaes~

Tapi berhubung jerawat aku kemarin rada galak nih, jadi aku kudu pake toner sama moisturizer yang sekiranya bisa jinakin jerawat aku dulu. Toner dan moisturizer yang 3 minggu belakangan aku pakai ini dari Airnderm: Acne Toner Mild dan Azeloic Treatment. Udah tau kaan brand skincare kondang satu ini? Kalau mau tau sedikit lebih jelasnya, simak ulasanku tentang brand satu ini.

Airnderm Acne Toner Mild dan Azeloic Treatment


About Airinderm

Airnderm merupakan sebuah brand skincare lokal asal Bandung. Koleksi produk perawatan kecantikannya sudah sangat lengkap mulai dari cleanser hingga masker. Airnderm juga sudah memiliki 7 cabang klinik kecantikan yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Malang. Hayo, siapa yang sudah sempat main ke klinik Airnderm? Kalau kamu mau tau lokasi klinik dan produk-produk apa saja yang disediakan, bisa langsung cek ke website airinbeautycare.

Sekarang kita bahas dua produk pertama dari Airnderm yang aku pakai: Hydrating Primer Toner & Radiant Serum.


Airnderm Acne Toner Mild

Merupakan toner yang ditujukan untuk kulit berjerawat, paas banget sama kondisi kulit aku saat ini. Selain itu, toner ini juga dapat menghidrasi kulit, membersihkan kotoran, sisa makeup, dan residu facial mask juga masker. 

Airnderm Acne Toner MildAirnderm Acne Toner Mild

Toner ini hadir dengan kemasan botol berwarna putih glossy dengan tutup ulir. Di bagian depan kemasan, terdapat nama produk dan manfaatnya secara singkat. Sementara di bagian belakang kemasan, ada penjelasan lebih lanjut nih mengenai cara penggunaan dan komposisi. Netto: 100ml.

Packagingnya sangat handy dan ga ada cerita isinya tumpah waktu botolnya ditaruh dalam posisi tidur (asal nutupnya kenceng).


Tekstur, Warna, dan Aroma

Airnderm Acne Toner Mild

  • Tekstur: watery, saat diaplikasikan ke kulit awalnya ada rasa "seret", tapi lama-lama terasa sangat lembut.
  • Warna: bening
  • Aroma: tidak ada


Klaim Produk

  • Teksturnya lembut
  • Menenangkan kulit
  • Merawat pori-pori kulit
  • Bebas alkohol
  • BPOM NA18201202992

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Galactosyl Salicylate: meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengatasi bakteri penyebab jerawat, dan mencegah penyumbatan pada pori-pori yang dapat menyebabkan komedo.
  2. Ichthammol: berfungsi sebagai antibakteri, mengatasi dan mengobati jerawat di wajah, dan mencegah terjadinya inflamasi.
  3. Allantoin: membantu mempercepat regenerasi sel kulit


Kandungan Lengkap:

Aqua, Glycerin, Galactosyl Salicylate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Ichatmmol, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Allantoin, Disodium EDTA, Cetylpyridinium Chloride.


Cara Pemakaian

Tuangkan toner pada kapas, usapkan secara merata pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar ke luar.


My Thoughts

Awalnya aku merasa tekstur toner ini agak seret, entahlah mungkin kulitku memang sedang beradaptasi dengan formula tekstur yang ada. Akan tetapi di pemakaian kedua sampai saat ini, feel seret itu udah beralih menjadi sensasi lain: kulit wajah lebih empuk dan halus setelah memakai toner, baik dengan menggunakan kapas maupun mengusapnya dengan telapak tangan.

Apakah jerawat terasa perih saat menggunakan toner ini? Di kasus jerawatku, enggak. Toner ini juga pernah aku pakai barengan sama serum dan toner retinol hehehe, alhamdulillah kulitku tetep baik-baik aja.

Sejauh apa toner ini bisa merawat pori-pori kulit? Hmm, sebenernya kata merawat ini masih sangat luas ya menurutku. Mungkin lebih tepatnya mampu membersihkan pori-pori dan mencegah timbulnya komedo? Kalau begitu, iyes. Aku ga merasa komedo jadi banyak.



Airnderm Azeloic Treatment (Moisturizer)

Airnderm Azeloic Treatment (Moisturizer)

Airnderm Azeloic Treatment merupakan moisturizer yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan, menyamarkan tampilan kulit wajah berjerawat dan mengurangi kemerahan pada kulit. Btw, nama Azeloic ini rebranding dari nama sebelumnya, Azeclair. 

Moisturizer satu ini hadir dalam kemasan jar berwarna putih dilengkapi dengan aplikator pump. Kalau dibandingkan dengan kemasan jar biasa yang cara ngambil isi produknya dengan cara dicolek, menurutku kemasan pump seperti ini lebih higienis dan travel-friendly. Netto: 15gr.

Baik pada kemasan jar maupun box-nya, tidak terdapat keterangan apakah ini produk moisturizer, sunscreen, serum, atau bahkan sleeping mask yang dikemas dalam sebuah jar. Lho, siapa tau kan? Jadi awalnya aku cukup meraba-raba untuk memastikan: "hmm, dengan model packaging seperti ini sih biasanya mositurizer" sebelum akhirnya googling kalau ini benar sebuah produk moisturizer, hihi.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Airnderm Azeloic Treatment (Moisturizer)

  • Tekstur: untuk ukuran moisturizer, menurutku dia teskturnya cukup padat, kental, tapi tetap mudah diratakan.
  • Warna: putih
  • Aroma: tidak ada aroma mencolok


Klaim Produk

  • Free Paraben
  • Free Sulfate
  • Free Alcohol
  • Free Silicone
  • Free Fragrance
  • Free Essential Oil
  • Free EU Allergen
  • BPOM NA18211903302

Kandungan Produk

Airnderm Azeloic Treatment (Moisturizer)

Kandungan Utama:

  1. Azeloglicina: gabungan dari Azelaic Acid dan Glycine, dapat membantu meratakan warna kulit, mengurangi noda hitam, mencegah produksi melanin, menormalkan produksi sebum, menghidrasi, dan meningkatkan elastisitas kulit.
  2. Niacinamide: mengurangi inflamasi dan kemerahan dari jerawat atau iritasi kulit. Menyamarkan tampilan pori, menjaga kehalusan dan kelembapan kulit, dan mengontrol produksi minyak.
  3. Glutathione: mencerahkan, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kerutan pada kulit. Glutathion juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah efek buruk radikal bebas.
  4. Vitamin C dalam bentuk Aminopropyl Ascorbyl Phosphate: bekerja sebagai antioksidan yang kuat yang dapat bermanfaat sebagai antiaging (pembentukan kolagen), menjaga kuit dari paparan radikal bebas, menyembuhkan peradangan, mengurangi garis halus, kerutan, dan noda hitam pada kulit.

Kandungan Lengkap:

Aqua, Isononyl Isononanoate, Propanediol, Caprylyl Methicone, Niacinamide, Potassium Azeloyl Diglycinate, Butylene Glycol, Arachidyl Alcohol, Sodium Acrylates Copolymer, Cetearyl Alcohol, Arbutin, Citric Acid, Sodium Sulfite, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Behenyl Alcohol, Arachidyl Glucoside, Glucose, Glyceryl Stearate, PEG-40 Stearate, Ceteareth-20, Lecithin, Decyl Glucoside, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Lactid Acid, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA. 


Cara Pemakaian

Aku pakai moisturizer ini pada pagi dan malam hari setelah step serum, sebelum sunscreen (di pagi hari) atau sebelum sleeping mask (di malam hari).



My Thought

Satu hal yang unik dari moisturizer ini: meskipun teksturnya padat, tapi saat diaplikasikan ke kulit itu aku merasakan dia pelan-pelan meleleh waktu ketemu suhu kulit yang hangat trus ada sedikit sensasi semriwingnya. Kalau di wajah sih ga begitu terasa ya, tapi pas aku pakai di kaki (iya, kaki) tuh semriwingnya lebih berasaa! Adeem.

Teksturnya yang padat ini bukan tipikal padat rich yang bisa bikin muka keliatan basah benyek gitu kalo dipake, tapi lebih ke yaudah padat aja tapi tetep berasa ringan. Kalau dilayer sama sunscreen, dia ga pilling. Begitu juga saat dilayer sama sleeping mask, ga terasa makin berat.


The Progress

Ini dia progress selama pemakaian dua produk di atas selama tiga minggu.


Ngeliat foto di atas sebenernya aku agak surprised karena ga ada ekspektasi jerawat di atas bibir bisa ilang sampe ke bekasnya juga. Well, thank youu Airinderm!


Beli di Mana?

Dua produk Airnderm ini dapat dibeli di Shopee seharga Rp 65.000 (Acne Toner Mild) dan Rp 100.000 (Azeloic Treatment Moisturizer).

Buat temen-temen yang masih clueless pakai produk apa untuk ngatasin jerawat, dua produk ini bisa dijadikan referensi!

16 Comments

  1. wah keren nih performanya kalo bisa ilangin jerawat dan bekasnya juga

    BalasHapus
  2. Progressnya keliatan banget ya, aku mau cobain nih buat bekas jerawat di area hidung

    BalasHapus
  3. Wah, Airinderm ya? Aku udah lama ngincer produk-produk mereka. Btw aku salfok sama kemasan moisturizernya, lucu banget. Udah pake yg model pump gitu ya, jadi lebih higienis

    BalasHapus
  4. Banyak banget yang bilang moist ini endul di kulit, aku baru coba beberapa aja nih produk airin

    BalasHapus
  5. Kemasan moisturizernya unik sekali dan higienis tuh kayaknya ya, jadi penasaran deh pengen coba brand ini.. hasilnya di kamu jg bagus

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran sm moist nya.. bruntusan berkurang bgt ya say..

    BalasHapus
  7. Aku suka angle foto produknya bagus dan high quality banget kak

    BalasHapus
  8. produknya Airnderm nggak pernah gagal di aku, mana moisturizernya ini menarik bangetttt. ngeliat teksturnya udah negative thinking ada silicone, untunglah nggak ada. masuk wishlist dulu deh :D

    BalasHapus
  9. Baru tau aku ingredient Azeloglicina, aku suka deh sama pelembap yang waktu dioles itu gampang meleleh kaya gini.

    BalasHapus
  10. Mba dian, di awal baca aku senyum2 sendiri karna baru dengar istilah serum kosong. Hihi.. anyway pas banget aku baca review nya airnderm, karna jerawat bulanan lagi sering menyapa akhir-akhir ini. Next mau coba juga ah!

    BalasHapus
  11. Menarik sekali ini yah. Aku mupeng sama essencenya tp blm kesampean. Eh udh ada racun baeu lagi aja huhu

    BalasHapus
  12. Airnderm kok cakep cakep ya produknyaa, bikin pengen terus euy wkwk. Ini cakep juga yaa progressnya mantepp

    BalasHapus
  13. Aku juga punya produk-produk ini! Azeloic acid ingredients-nya super menarik dan beda emang, Azelaic Acid + Glycine

    BalasHapus
  14. Wah ternyata hasilnya keren banget sampe hilang ke bekasnya, harganya juga affordable. Aku sih yes😍👏

    BalasHapus
  15. Baca full review moisturizernya jadi makin naksir nih, tapi masih belum kesampean buat icipin

    BalasHapus
  16. Si tonernya aman gak bund, dipakai tipa hari? Gegara pernah over exfo aku kalau ada toner berbau acne, suka gemesh gregetan mau pakai tiap hari tapi takut terlalu ngegas jadi masalah😂. Aku juga suka Airinderm, Niacinamide Gel nya endul...

    BalasHapus