Review Pemakaian Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske selama 10 Hari, Masker Lokal yang Bisa Dipakai Setiap Hari!

Haloo! Eh bentar deh, aku mau nanya dulu. Hal pertama apa yang kamu lakuin kalo kulit kamu kenapa-kenapa (misalnya jerawatan dan kulit kusam). Kalo aku sih biasanya maskeran dulu, gatau kenapa aku ngerasa kayak maskeran adalah kunci dari segala kunci. Kunci UN? Kunci Inggris? Yha. Eh enggak. Aku ngerasa dengan maskeran, kulitku jadi lebih keliatan bagus dan sehat dari sebelumnya. Misalnya lagi jerawatan, pasti sebelum pake skincare abcd aku sempetin dulu buat maskeran biar jerawatnya cepet kempes atau keluar. Kesannya tuh jerawat kayak dipaksa buat pergi gitu loh wkwkwk, toh penggunaan masker juga minim efek samping yang negatif sih berdasarkan pengalamanku selama bertahun-tahun. Begitu juga kalo muka lagi kusam, ya maskeran dulu lah biar abis dibilas mukanya keliatan lebih seger. Oh ataaauu kalo semalem lupa skincare-an, paginya wajiibb maskeran buat ngusir residu-residu makeup dan debu yang tertinggal di kulit. Kalo ga kenapa-kenapa juga aku suka maskeran aja tanpa alasan, kadang ga sadar tiap hari maskeran hahaha. Apa ga kering? Ya kering sih, tapi abis itu kan dipakein hydrating toner beserta sanak saudaranya yang bikin kulit tetep lembap.

Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske
Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske

Kalo kamu punya kebiasaan maskeran tiap hari sama kayak aku, aku mau ngabarin kalo sekarang ada masker yang memang bisa dipake tiap hari. Namanya Fleur de Masque dan Gruntee Maske dari Azloe. Fleur de Masque artinya masker bunga dalam bahasa Perancis, sementara Gruntee Maske artinya masker green tea atau masker teh hijau dalam bahasa Jerman. Aku udah cobain kedua masker tersebut selama 10 hari gegara ngikutin 10 Days Challenge-nya Azloe hahaha. Di hari ke-1 sampai ke-5 aku pakai Fleur de Masque dulu untuk membersihkan pori-pori, menghilangkan jerawat, dan bruntusan. Lalu di hari ke-6 sampai ke-10 aku lanjut pake Gruntee Maske yang fungsinya untuk melembapkan, menyehatkan kulit sehingga tidak akan mudah berjerawat, mencerahkan, dan mengencangkan kulit karena mengandung kolagen. Gimana hasilnya? Anu, kalo ga sabar bisa langsung loncat ke poin "G. Review" yaak, ini aku mau bahas profil produknya dulu hehehee.


A. Kemasan

Masker Azloe dikemas dalam satu pouch berisi 10 masker, 5 Fleur de Masque dan 5 Gruntee Maske. Masing-masing memiliki berat bersih 5 gram. Btw, pouch-nya ini lucu, bening transparan, bisa dipake ulang nanti buat tempat lipcream, hihi.

10 Days Challenge Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske
10 Days Challenge Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske

Kedua masker ini dikemas dalam kemasan plastik tebal, teksturnya lebih ke doff, dan di samping kanan kirinya ada tempat buat nyobek kemasannya. Jadi kalo mau buka maskernya tapi gada gunting masih bisa disobek manual pake tangan yaa. Trus ada tulisan azloe.id dan nama maskernya yang tercetak glossy biar keliatan stand out, hihi. Secara kasat mata, perbedaan kedua kemasan masker ini ada di warnanya. Kemasan Fleur de Masque berwarna pink yang identik dengan warna bunga, sementara Gruntee Maske berwarna hijau.

Kemasan Azloe Fleur de Masque
Kemasan Azloe Fleur de Masque

Di bagian depan kemasan Fleur de Masque, ada informasi singkat tentang manfaat masker ini yaitu untuk menyehatkan kulit dan mengatasi jerawat. Di bagian belakang kemasan, kita dijelasin tentang komposisi, manfaat, dan cara pakai masker. BPOM: NA18200200367.

Kemasan Azloe Gruntee Maske
Kemasan Azloe Gruntee Maske

Manfaat Gruntee Maske yang bisa mencerahkan dan menutrisi kulit bisa kita liat di bagian depan kemasan yaa. Kalo komposisi, benefitnya secara lengkap, dan cara pakainya ada di bagian belakang kemasan. BPOM: NA18200200368.

Baca juga: Review Some by Mi - AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream Setelah 7 Bulan Pemakaian


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Kedua masker ini teksturnya bubuk, perlu dicampur sama air sebelum diolesin ke muka.

1. Fleur de Masque: teksturnya halus bangeett kayak debu dan kalo dipegang mirip tepung tapi ga ada kesat-kesatnya. Berwarna oren bata dan beraroma bunga.

Tekstur Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske
Tekstur Azloe Fleur de Masque & Gruntee Maske

2. Gruntee Maske: kalo dibandingin sama Fleur de Masque, dia ini teksturnya agak berasa sih ada kasar-kasarnya dikiiit. Pas masih bubuk warnanya hijau muda pastel, pas udah bangun dicampurin sama air warnanya jadi hijau tua pastel atau hijau TNI apalah serah you named it wkwkwk. Aku ga mencium aroma green tea di sini, lebih ke aroma tepung aja, kalopun ada bau green tea-nya sih di hidung aku ga terlalu berasa. (aku sehat kok gais, aku sehat)


C. Klaim Produk

Azloe Fleur de Masque dan Gruntee Maske memiliki klaim sebagai berikut: 

  • BPOM approved (udah aku cek di website cek bpom)
  • Paraben free
  • Alcohol free
  • Cruelty free
  • Fragrance free
  • Silicone free
  • Pregnancy safe


D. Kandungan Produk

1. FLEUR DE MASQUE (Masker Bunga) for Healthy and Acne Treatment

Oryza Sativa Powder, Illite, Niacinamide, Cinnamomum Burmanii Bark Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Butylene Glycol, Collagen, Salicylic Acid, Sodium Benzoate, Calendula Officinalis Flower Extract, Aqua.

Key Ingredients:

  • Oryza Sativa Powder: memiliki kandungan amino acid, Vitamin E, dan ferulic acid sehingga dapat melembapkan kulit, menenangkan kulit sensitif, dan membuat kulit tampak lebih cerah.
  • Bentonite Clay: memiliki kemampuan mengurangi racun dalam kulit, mampu menghilangkan jerawat, merawat kulit berminyak, dan meredakan kemerahan pada kulit.
  • Cinnamon: sebagai antioksidan
  • Chamomile: mencegah jerawat
  • Salicylic Acid: sebagai eksfoliator yang lembut, mencegah dan mengatasi jerawat
  • Niacinamide: mempertahankan lapisan kulit, mengencangkan kulit, menyembuhkan kemerahan, melembapkan kulit, menyamarkan noda hitam, menyamarkan kerutan, dan mengatasi hiperpigmentasi
  • Collagen: mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan mencegah keriput

Manfaat Fleur de Masque:

Mengandung zat-zat aktif seperti Vitamin B3, Collagen, salicylic acid, serta ekstrak chamomile yang membantu merawat peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat, merawat elastisitas kulit, serta membantu mencerahkan kulit.

Baca juga: Review: Kleveru Sunflower Seed Oil (Solusi Melembabkan Kulit Kering Akibat Keseringan Begadang)


2. GRUNTEE MASKE (Masker Green Tea) for Brightening and Nourishing

Oryza Sativa Powder, Kaolin, Wheat (Triticum Vulgare) Starch, Niacinamide, Camelia Sinensis Powder, Collagen, Sodium Benzoate, Charcoal Powder, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil.

Key Ingredients:

  • Kaolin: meratakan warna kulit; membersihkan sisa kotoran, polusi, dan bakteri pada kulit, membersihkan sel kulit mati tanpa menyebabkan kemerahan dan iritasi.
  • Wheat (Triticum Vulgare) Starch: menghaluskan dan melembutkan kulit kasar
  • Green Tea: melawan jerawat, mengontrol minyak pada kulit, mengurangi kemerahan pada kulit
  • Charcoal: menyerap minyak pada kulit, menghilangkan komedo, mendeto ksifikasi kulit, mencerahkan kulit
  • Zaitun: mengatasi iritasi kulit. Kandungan squalane yang tinggi pada minyak zaitun memberi tambahan dalam manfaat antioksidannya
  • Niacinamide: mempertahankan lapisan kulit, mengencangkan kulit, menyembuhkan kemerahan, melembapkan kulit, menyamarkan noda hitam, menyamarkan kerutan, dan mengatasi hiperpigmentasi
  • Collagen: mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan mencegah keriput

Manfaat Gruntee Maske:

Mengandung Vitamin B3 dan Collagen yang merawat elastisitas dan membantu mencerahkan kulit. Dilengkapi dengan Camelia sinensis powder dan Olive oil yang memberikan sensasi menenangkan.


E. Cara Pemakaian

Larutkan 1 sachet masker dengan air sebanyak 2 sendok teh, oleskan pada wajah, tunggu 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.

Jika di awal menggunakan Fleur de Masque untuk treatment, selanjutnya menggunakan Gruntee Maske untuk mempertahankan kulit agar tetap terawat. Kedua masker ini aman digunakan setiap hari karena takarannya 5 gram per 1x pakai sudah dirasa cukup dan efisien untuk merawat kulit wajah.

Peringatan: simpan di tempat yang kering, hindari penyimpanan di tempat panas dan terkena paparan sinar matahari langsung. Hentikan pemakaian jika timbul iritasi pada kulit.

Baca juga: Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant, Ga Lengket dan Ga Bikin Berlendir Kalo Kena Air


F. Review

Sebelumnya aku sempat mempertanyakan apakah masker ini beneran bisa dipake buat maskeran tiap hari tanpa bikin kulit jadi kering? Apakah bahan-bahan organik yang terkandung di dalamnya akan bekerja dengan baik di kulitku? Hmm, satu-satunya jawabannya adalah dengan dicoba. Kita gatau gimana reaksinya di kulit sendiri kalo ga dicoba, kan?

Oh ya, aku pake kedua masker ini di step cleansing yah.


1. FLEUR DE MASQUE (Masker Bunga) for Healthy and Acne Treatment

Yang ada dipikiranku pertama kali ngeliat masker bunga ini adalah masker kembang tujuh rupaaa wkwkw eh ternyata bukan ya, melainkan bunga Chamomile. Btw, ini masker bunga pertama yang sempat aku cobain sih, jadi kesannya ya... unik! Pas nyampur maskernya sama air aku keinget zaman aku kecil dulu suka main masak-masakan, ngancurin batu bata trus dicampurin sama air, pura-puranya itu sambel wkwk. Karena wangi bunganya yang menenangkan dan teksturnya yang lembut, pas maskeran tuh rasanya adem (bukan mint) dan kalem. Ini penampakan aku lagi pake masker bunga Chamomile ini yaak, hehe.

Pemakaian Azloe Fleur de Masque
Pemakaian Azloe Fleur de Masque

Setelah diolesin ke kulit, dia ini lumayan cepet kering apalagi kalo ngadon maskernya keenceran hahaha. Trus pas maskernya kering, muka berasa kenceng aja tapi ga ada rasa ketarik, perih, atau sampai bikin mata pedes. Sampe sini aku bisa bilang keknya bisa nih maskeran pake ini tiap hari karena di muka ya lempeng-lempeng aja gitu rasanya. Dan menurutku masker ini tidak untuk tujuan deep cleansing yang beneran deep (yang biasanya bikin kulit muka ketarik, perih, dan cekit-cekit).

Apakah masker ini retak kalo dipake buat ngomong? Iya retak dikit, tapi ga sampe (((kepyur))) gitu walaupun pas udah kering dia lumayan fall out.


2. GRUNTEE MASKE (Masker Green Tea) for Brightening and Nourishing

Setelah bubuk maskernya dicampur dengan air, dia teksturnya lebih kentel sih kalo dibandingin sama masker bunga tadi. Lebih kentel, lebih pekat, dan ga gampang kering juga di muka. Pas diolesin ke muka, dia rasanya lebih adem dari masker bunga, pas udah kering juga ga fall out, cuma ya retak aja kalo kita ngomong.

Pemakaian Azloe Gruntee Maske
Pemakaian Azloe Gruntee Maske

Sama kayak masker bunga, masker green tea ini ga bikin kulit berasa ketarik, perih, sakit, cekit-cekit, cuma kenceng aja apalagi pas mau kering tuh bagian tulang hidung kayak kesedot manja gitu wkwkwk. Dia juga tidak untuk deep cleansing yang ekstra deep yah.

Akutu kemarin sempet nyampurin masker sama air dingin deh biar di muka rasanya lebih adeem, hahaha.

Setelah dibilas gimana? Ada residunya ga?

Setelah dibilas, muka keliatan lebih bersih, segar, halus, lembut, trus komedo putih suka bermunculan di hidung dan berasa kasar, itu tinggal dibersihin aja pake hydrating toner. Trus dia juga ninggalin sedikit residu. Treatment yang biasa aku lakukan setelah maskeran (apalagi masker organik) tuh bilas mukanya pake sabun buat bersihin residu, kalo ga dibersihin secara maksimal nanti bisa menyumbat pori-pori. Tapi ini lebih ke preferensi sih, mungkin kamu punya cara lain yang lebih baik selain bilas masker pakai sabun, hihi. Abis cuci muka pake sabun, aku pake hydrating toner, kemudian lanjut ke step essence, dll dll.

residu masker
residu masker


10 DAYS CHALLENGE PROGRESS

Yaaayy akhirnya bisa ngikutin 10 Days Challenge pakai Azloe Fleur de Masque & Gruntee Mask. Aku sengaja foto bagian dagu karena biasanya daerah situ yang rentan rewel. Berikut perkembangan kulit aku dari hari pertama sampai hari kesepuluh yaa :D

DAY 1: Bisa dilihat dari gambar di bawah, hari pertama setelah pakai masker itu aku ada jerawat kering di dagu. Sebelumnya sih emang abis jerawatan.

DAY 2: Putih-putih jerawat di hari pertama udah keluar. Tinggal nunggu sisa kelupasannya bersih aja. Sisa jerawat di dagu kanan juga udah bersih.

DAY 3: Sisa jerawat kering udah mengelupas, ada kemerahan di situ.

DAY 4: Kemerahan mereda, udah mulai aman ga ada muncul jerawat lagi.

DAY 5: Bekas jerawat agak menggelap wkwk

10 Days Progress
10 Days Progress

DAY 6: belum ada perubahan mencolok dari hari kelima

DAY 7: ada jerawat di atas sudut bibir, keliatan ga? Masih benjolan aja sih, belum keliatan banget. Tapi kalo kepegang sakit wkwk. Aku gatau apakah jerawat itu muncul karena pakai masker ini atau bukan, yang pasti semalemnya itu aku tidur tanpa bersihin muka duluuu hahaha. Jadi bedak, blush-on, lipcream, masih nempel di muka. Bisa jadi trigger-nya itu karena aku ga skinkeran malemnya.

DAY 8: jerawat udah mau muncul matanya

DAY 9: jerawat udah mulai bersih

DAY 10: ada kemerahan lagi dan mau muncul putih-putihnya lagi


Yang keliatan di kamera malah jerawatnya ya, hahaha. Setelah 10 hari pakai masker ini, kulitku keliatan lebih bersih aja selain jerawat tadi. Untuk efek mencerahkannya gabisa diliat di kamera karena waktu pengambilan fotonya juga berbeda-beda, ada perbedaan cahaya. Menurutku, efek mencerahkannya itu paling keliatan pas abis bilas masker aja, apalagi abis itu dilanjut pake skincare routine lainnya, kulit jadi baguus. Tapi untuk jangka waktu sampai 24 jam bahkan lebih, kurasa masih perlu lanjut maskeran sampai hari-hari berikutnya. 

Kalo dicocokin sama manfaat produk yang ditawarkan,

1. Fleur de Masque

  • membantu merawat peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat: betul
  • merawat elastisitas kulit: kalau merawat iya betul, soalnya dia bikin lembap kulit
  • membantu mencerahkan kulit: betul, tapi di instant effect-nya yaa

2. Gruntee Maske

  • merawat elastisitas: betul
  • membantu mencerahkan kulit: betul
  • memberikan sensasi menenangkan: betullll, lebih menenangkan dari masker bunga


G. Harga

Masker ini bisa kamu dapetin seharga Rp 69.000/pouch di shopee. Bisa dibeli setelah masker ini launched (21 Februari 2021).


H. Sasaran Konsumen

Masker ini ditujukan untuk kita yang doyan maskeran tiap hari gada angin gada hujan.


I. Kesimpulan

Untuk maskeran santai tiap hari sih di kulitku yang normal cenderung berminyak ini gapapa, ga jadi makin kering karena di keterangan produknya juga dia ga mengandung alkohol. Nah, buat kamu yang punya kulit kering dan sensitif mau pake masker ini juga, silakan, tapi sebaiknya dicek dulu apakah ada kandungan yang sekiranya bikin kulit kamu makin kering atau ga. Dan buat kamu yang penasaran mau ngikutin #10DaysChallenge pake masker Azloe, ayoook. Nanti ceritain hasilnya juga yaaa! ;)

Oh ya, aku juga berharap masker Azloe ini ada versi kemasan instannya, tinggal colek langsung oles ke mukaa, hihi.



27 Comments

  1. Wow lengkap sekali reviewnya hehehe. Nice review 😁

    BalasHapus
  2. Lengkap banget reviewnyaaa

    BalasHapus
  3. Wah, senang dengar kabar baiknya bahwa ini adalah produk lokal. Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuull, produk lokal jadi makin banyaakk

      Hapus
  4. Wow.. keren.. produk lokal yang aman banget. Bahkan ibu hamil juga bisa pake.

    Aku termasuk yang suka banget pake masker mb.. apalagi setelah konsumsi pil kb jerawatku makin merona 🙈

    Pengen cobain ah. Siapa tau bisa bikin glowing 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa, semoga jerawatnya segera membaik dan lekas glowing! :D

      Hapus
  5. Wah kayaknya cocok nih buat saya, yang suka maskeran gak ada angin gak ada hujan, sesibuk apapun me time tetep nomor satu😆

    BalasHapus
  6. super lengkap reviewnya jadi bikin penasaran sm masker ini. aku jg suka banget maskeran. kalo maskeran itu langsung wajah auto fresh memang sih, jadi pngen coba masker ini juga deh. 1 pouch itu dptnya sebanyak itu ya 10 biji ya?

    BalasHapus
  7. Kalo liat foto2nya si lumayan menjanjikan ya mbak. Jerawat mengecil dalam beberapa hari. Kira2 kalo buat abege aman ga ya? Anakku mulai jerawata nih dan dia ribet banget sama jerawatnya jd aku pengen belikan skincare atau masker buat mengatasi jerawatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. abege sekarang udah banyak yg pake skincare, bund. tapi untuk mengetahui apakah maskernya cocok atau tidak dengan kulit ananda, bisa dilakukan patch test dulu :) https://editorial.femaledaily.com/blog/2019/05/22/cara-melakukan-skincare-patch-test/

      Hapus
  8. Ah aku suka banget reviewnya, aku belum pernah maskeran lagi udah lama banget nih. Pernah pake produk clay mask apa ya lupa, itu baunya nyengat dann ke mata perih. Ini gak bikin mata perih ya kalau kena hawa-hawa baunya? Hahaha, soalnya mata ku sensi banget. Tapi aku lihat lumayan perubahan nya, terasa lebih mulus kalau di foto itu mba. Satu sachet itu buat satu kali pemakaian atau bisa disesuaikan sama 'luas' muka ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman mba, baunya ga nyengat dan ga bikin mata perih. iyaaa sama aku juga pernah pake masker yg bikin maya perih hahaha. satu sachet untuk satu kali pemakaian :)

      Hapus
  9. Aku biasanya kalau berjerawat aku biarin aja sampe kempes dan hilang...🤭🤭🤭tapi mungkin setelah ini aku akan pake masker untuk kulit yang lagi bermasalah...apalagi setelah baca review kece ini...terimakasih sharingnya mbak🥰🥰🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasiihhh :3 di kulitku jerawat lebih cepat keringnya kalo dipakein masker bund, makanya jadi hobi maskeran hahaha

      Hapus
    2. semoga kulitnya cepat membaik yaa :)

      Hapus
  10. Produk lokal mbak? aku berjerawat parah banget pengen ngilanginya susah. Ini bisa jadi rekomendasi buat aku. Thanks mbak infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp, ini produk lokal :D kembali kasih, semoga cocok yaa nanti kalo udah pake :3

      Hapus
  11. Wahhh menarik nih mba.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo dah coba beluuumm, mba witaa? hehehe

      Hapus
  12. Informatif dan detail sekali reviewnya ini mbak Radiani.. pas banget aku juga lagi nyari-nyari untuk masker yang seperti ini, mungkin bisa aku coba juga. Trims mbak! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih mba aqmaa :") yuk ikutan cobaa dan semoga cocok! :D

      Hapus
  13. Ada juga ya masker untuk dipakai tiap hari, kalau aku takut kulit muka jadi keriing..duh sudah lama nggak maskeran..kalau pakai sheet mask rasanya kurang nendang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga dijeda 2-3x sehari kalau gamau kulitnya making kering, hihihi. betul, sheetmask kurang greget waktunya makenya, tapi hasilnya mayan bikin kulit aluus :3

      Hapus