Review: Vaseline Repairing Jelly (Lembabkan Bibir Hingga Siku, Bisa Jadi Base Eyeshadow Juga!)

Awalnya sederhana sih, banyak orang yang mengulas produk Vaseline ini di youtube, instagram, dan blog. Mereka bilang, produk satu ini multifungsi banget. Selain melembabkan, dia juga bisa untuk menebalkan bulu mata saat digunakan bersamaan dengan maskara. Saat pertama kali beli sih aku belum tau produk ini sebenarnya buat apa, sampai pada akhirnya aku jadi sering pakai ini untuk melembabkan bibir sebelum pakai lipstick. Ga berhenti sampai di situ, lama kelamaan aku memanfaatkan Vaseline Repairing Jelly untuk berbagai macam penggunaan.

Di artikel ini aku akan membahas secara detail tentang Vaseline Repairing Jelly, yang pasti berkaitan juga dengan pengalaman saat aku menggunakan produk ini. Ambil napas dulu sebelum menuntaskan rasa penasaran kalian yah, ahaha.




A. KEMASAN

Lihat kemasan sekecil ini suka gemes dan suudzon ini pasti habisnya cepet banget deh. Untuk aku yang anti beli produk mini size karena jujur males bolak-balik toko buat beli lagi kalau habis, ketemu produk dengan kemasan full size semini ini rasanya geregetan. Eh tapi setelah beberapa bulan pakai, ternyata produk ini awet loh. Mungkin karena isinya padet (ya kan jelly), jadi ga cepat habis. Bisa dilihat dari foto, isinya masih kayak baru dipake dikit banget padahal aku udah pakai kurang lebih satu tahun.



Vaseline Repairing Jelly ini dikemas dalam jar plastik berukuran 50 ml (ada yang 100 ml juga, kebetulan aku beli yang 50 ml karena adanya itu J). Jarnya bisa dibilang kokoh karena lapisan plastiknya lumayan tebal, ga takut pecah atau isinya tumpah ke mana-mana kalau jatuh. Kita bisa lihat warna jellynya dari luar kemasannya yang transparan. Yang aku suka dari kemasan ini adalah model tutupnya yang menyatu dengan dengan jarnya. Biasanya kalo lagi buru-buru atau ga fokus kan suka lupa yah naruh tutupnya di mana wkwk, nah dengan adanya tutup seperti ini mencegah kita dari sifat lupa dan teledor yang ga ada manfaatnya sama sekali ini guys hhh.



B. TEKSTUR DAN AROMA

Karena terbuat dari 100% petroleum jelly, yang kita rasakan saat menyentuh produk ini adalah kenyal, lengket, dan lembek seperti lem. Yang disayangkan dari teksturnya yang terlalu lengket, jelly ini lama banget keringnya. Misalnya kita gunakan sebagai lip balm, dia ga serta merta beberapa menit kemudian langsung kering menyerap ke dalam kulit. Butuh waktu lebih lama dari itu untuk kering dan meninggalkan kelembaban yang sangat rich.



Untuk aroma, produk ini sama sekali ga ada baunya sehingga nyaman saat diaplikasikan ke kulit. Tenang, ga bakal ada bau-bau menyengat yang menganggu aktivitas selama memakai jelly ini.


C. KANDUNGAN PRODUK

Vaseline Repairing Jelly terbuat dari 100 % Petroleum Jelly. Petroleum atau Petrolatum adalah pelembab yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi kulit setelah operasi rawat jalan dan sebagai terapi dermatitis atopic (eksim).


D. MANFAAT PRODUK

Pada dasarnya, Vaseline Repairing Jelly berfungsi untuk melembabkan kulit. Dilansir dari website resmi Vaseline, produk ini memiliki rincian kelebihan sebagai berikut:

  1. 100% petroleum jelly murni. Melalui tiga tahap pemurnian. Kemurnian terjamin
  2. Lembut di kulit, tidak menyebabkan reaksi alergi dan non-comedogenic (tidak akan menyumbat pori-pori)
  3. Mengurangi tampaknya garis halus dan kering
  4. Membantu menyemuhkan luka gores kecil, kulit mengelupas, dan luka bakar
  5. Mencegah kulit kasar akibat angin dan pecah-pecah
  6. Sedangkan manfaat vaseline untuk kecantikan:
  7. Melindungi kulit dari noda hitam akibat paparan sinar matahari
  8. Mengurangi bekas jerawat
  9. Sebagai bahan untuk DIY lip scrub yang melembabkan
  10. Mencegah kulit tumit pecah-pecah
  11. Sebagai krim tangan 
  12. Pelembab untuk kulit kering
  13. Sebagai masker rambut
  14. Mascara natural
  15. Base / primer eyeshadow
  16. Bahan untuk DIY (Do It Yourself) cream eyeshadow
  17. Membersihkan make up tebal dengan lembut
  18. Krim kutikula (perawatan kuku)
  19. Membantu mengapilkasikan kutek dengan rapi
  20.  Melembabkan bibir sebelum pemakaian lipstick
  21. Bahan untuk DIY pelembab bibir berwarna
  22. Membantu mengurangi kulit keriput
  23. Melembabkan lingkaran bawah mata
  24. Membuat wangi parfum tahan lebih lama
  25. Masker bibir
  26. Memberi efek mengkilap pada kelopak mata
  27. Membuat alis lebih rapi


Eits, ternyata produk ini dibuat ga hanya untuk fungsi kecantikan aja. Jelly ini bisa dipakai sebagai pertolongan pertama (first aid) jika terjadi kerusakan pada kulit.

Untuk traveler:

  1. Melindungi kulit dari klorin
  2. Melembabkan kulit di cuaca dingin
  3. Menenangkan kulit terbakar sinar matahari
  4. Meredakan iritasi kulit akibat beraktivitas

Untuk ibu:

  1. Meredakan ruam di pantat akibat mengenakan popok (pada bayi)
  2. Dapat digunakan sebagai krim pijat pada bayi
  3. Meredakan kulit gatal saat mengandung
  4. Melembabkan kulit dan bibir kering saat mengandung
  5. Mencegah timbulnya stretchmark
  6. Meredakan ruam akibat menyusui
  7. Mencegah bibir pecah-pecah pada bayi
  8. Melembabkan kulit mengelupas pada bayi

Kegunaan lainnya:

  1. Mencegah iritasi akibat gesekan
  2. Mencegah kaki lecet
  3. Mencegah kulit tergores akibat gesekan
  4. Mencegah kulit lecet akibat gesekan pakaian
  5. Menenangkan kulit setelah waxing
  6. Merawat tas atau sepatu kulit
  7. Membantu melepas cincin yang tersangkut
  8. Melembabkan seluruh permukaan kulit kering

Dari sekian banyak manfaat jelly di atas, ternyata ada beberapa kesamaan dengan caraku menggunakan produk ini, antara lain untuk pelembab bibir sebelum memakai lipstick, base eyeshadow, mascara, dan base eyebrow. Selain itu, aku menggunakannya untuk base blush-on agar blush-on semakin mudah di-blend dan tahan lama. Dijadiin base hilighter biar muka kita jadi lebih glowing juga bisa!



E. CARA PAKAI

Bersihkan tangan, ambil produk secukupnya. Oleskan pada kulit, pijat dengan lembut hingga menyerap dengan baik.

Sebagai pelembab bibir, kita hanya butuh sedikit saja jelly untuk dioleskan. Bukan karena pelit atau irit (mau begitu juga gapapa sih, wkwk), tapi sedikit jelly aja udah bisa melembabkan bibir secara menyeluruh. Kalo ngambilnya kebanyakan, nanti malah luber dan terasa tebal di bibir.

Jika diaplikasikan sebagai maskara atau penebal bulu mata, caranya oleskan jelly secukupnya pada sikat/spuli bulu mata. Kemudian, sikat perlahan-lahan pada bulu mata.

Untuk fungsi base eyeshadow, blush-on, dan highliter, ambil sedikit jelly lalu tap tap ke area kelopak mata dan tulang pipi. Sapukan eyeshadow, blush-on, dan highliter saat jelly masih terasa lengket.

F. BELI DI MANA?

Aku beli Vaseline Repairing Jelly di Hypermart Kudus Extention Mall, untuk harganya aku lupa berapa yang pasti sekitar Rp 35.000-an.


G. KESIMPULAN

Dari pembahasan di atas kita tahu kalau produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk wanita dewasa saja tetapi juga bayi.

Pros:

+ Multifungsi

+ Kemasan ringkas

+ Sangat melembabkan

+ Produk tidak cepat habis

Cons:

- Terlalu lengket


Secara keseluruhan, produk ini sangat bagus dan aku akan repurchase jelly ini kalau habis hehe.

Apabila ada pengalaman menarik saat kamu menggunakan Vaseline Repairing Jelly, please let me know!

 

References:

Author. 2020. Vaseline® Petroleum Jelly. Vaseline. https://www.vaseline.com/id/id/products/healing-jelly/vaseline-petroleum-jelly.html. April 6th, 2020.

Czarnowicki, MD, Tail, et all.  2018. Petrolatum: Barrier repair and antimicrobial responses underlying this ‘‘inert’’ moisturizer. Emma Guttman-Yassky. Article in Journal of Allergy and Clinical Immunologyhttps://www.researchgate.net/publication/282362453_Petrolatum_Barrier_repair_and_antimicrobial_responses_underlying_this_''inert''_moisturizer/link/5a58eb520f7e9b5fb383f93d/download. April 6th, 2020.

Background foto: Majalah Femina NO.28/XLV/2017 

0 Comments