Daki Rontok pakai Herborist – Lulur Traditional Bali Varian Beras

Pertama kali kenalan sama yang namanya lulur tuh waktu masih esempe-esema karena sering liat ada lulur di kamar mandi punya ibunda tercinta, tapi scrub-nya keras banget bikin sakit di kulit. Waktu masih umur belasan kan mana ngerti aku lulur-luluran, taunya apa yang dipake sama ibu ya itu yang terbaik, ga usah coba-coba yang lain. Sampe akhirnya beberapa tahun kemudian ibu aku pake lulur Herborist yang scrub-nya lembut dan kalo digosok ke kulit kayak ada daki-daki yang rontok. Sampai sekarang kalo nyari lulur ya lulur Herborist lagi Herborist lagi, apalagi yang varian beras tuh hmmm aromanya manis menenangkan kayak yang make. Ehm, oke lanjut.




A.      KEMASAN

Lulur ini tersedia dalam dua ukuran, ukuran besar 200gr dan ukuran kecil 100gr. Lulur yang biasa aku pakai ini yang ukuran 100gr biar ringkas kalo dibawa-bawa.


Lulur dikemas dalam jar bulat seperti di foto, ada keterangan varian Beras di bagian atas (tutup). Di bagian body jarnya ada penjelasan tentang cara pemakaian dan bahan-bahan yang terdapat di dalamnya. Warna kemasan Herborist – Lulur Traditional Bali ini khas sekali, di bagian pinggir tutupnya ada lingkaran warna coklatnya, dan ada warna hijau segar yang mendominasi kemasan produk ini. Nah kalo mau nandain varian beras yang mana, inget aja beras kan warnanya putih, jadi cari aja yang ada warna putih-hijau di tutupnya.


B.      TEKSTUR DAN AROMA

Lulur ini teksturnya lembut, berwarna putih, ada butiran-butiran scrub coklatnya. Tenang, scrub-nya ga bikin sakit di kulit kok.


Karena ini varian beras, tentu lulur ini ada aroma berasnya. Tapi jangan bayangin aroma beras yang lagi dicuci ya, agak beda soalnya. Yang ini ada manis-manisnya. Siap-siap aja setelah luluran, ga hanya kamar mandi aja yang bau beras, tapi badan kamu juga bakal kecium aroma spa tradisionalnya. Bau yang menempel di badan terasa tahan lama sampai beberapa jam. Kenapa aku review yang varian beras? Karena ini lulur dengan aroma yang paling aku suka dan kalo ke supermarket pasti nyari yang aroma beras ini. Enak banget dan menenangkan.

 

C.      KANDUNGAN PRODUK

Kandungan utama lulur ini adalah esktrak beras, pati jagung, dan vitamin E. Ada juga kandungan yang terakhir disebutin alias bahan dengan presentase paling sedikit yang menarik perhatian aku: Kojic Acid. Kamu sering kan liat sabun kojic atau perawatan yang ada kojic-kojicnya, nah di sini aku mau bahas juga apa itu Kojic Acid kok bisa ada di lulur ini. Jujur ini kalo aku baru baca loh hahaha.



1. Pati Jagung (Zea mays Starch)

Manfaat pati jagung bagi kulit di antaranya membantu melembutkan kulit yang kering, meredakan ruam yang disebabkan oleh biang keringat, mengurangi sengatan matahari dan menghentikan pengelupasan kulit yang menyakitkan, meredakan gatal-gatal kulit yang disebabkan oleh herpes zoster, dan sebagai campuran untuk scrub wajah yang efektif menghilangkan sel kulit mati (jika dicampurkan dengan gliserin satu sendok makan dan rum seperempat sendok teh).

2. Ekstrak Beras (Oryza sativa Starch)

Menurut jurnal Rice-Traditional Medicinal Plant in India, para ahli medis mengatakan bahwa bubuk beras dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Selain itu beras juga memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, anti penuaan dini, dan menghilangkan sel kulit mati. 

3. Vitamin E

Peran utama vitamin E dalam kulit adalah untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan spesies oksigen reaktif. Selain itu, penggunaan vitamin E dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV dan mengurangi keriput. 

4. Kojic Acid

Asam Kojic adalah zat yang diproduksi oleh jamur, memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas tirosinase dalam sintesis melanin.

  

D.      CLAIM PRODUK

Lulur ini memiliki claim dapat melembutkan dan melindungi kulit dari sinar matahari.



E.       CARA PAKAI


“Balurkan merata pada seluruh badan dalam kondisi kering, pijat dengan lembut lalu bilas tanpa perlu menggunakan sabun”


Jadi pakai lulurnya dalam keadaan kulit kering ya biar gampang digosoknya. Setelah dibilas pakai air, ga perlu pakai sabun nanti kulitnya yang udah mulus malah jadi kering kena sabun.

 

F.      PENGALAMAN MENGGUNAKAN HERBORIST – LULUR TRADITIONAL BALI VARIAN BERAS

Yang aku suka dari lulur ini tuh scrub-nya yang ga bikin sakit saat digosok ke kulit, juga ada sensasi daki rontoknya juga. Tapi sepertinya yang rontok itu bukan sepenuhnya daki kita, tapi efek dari lulurnya yang digosok ke kulit aja.


Nah setelah lulur dibilas, kulit rasanya halus banget, lembut, licin, kulit jadi kelihatan lebih bersih dan kelihatan lebih cerah dikiiiiittt aja mungkin karena efek bersihnya juga. Wangi lulurnya pun bertahan sampai beberapa jam setelahnya. Dengan penggunaan rutin, kulitku yang kering mulai terasa lembut.

Bisa mutihin kulit ga? Kalo mutihin engga, tapi mencerahkan ya. Kulitku kan aslinya sawo matang, pakai lulur ini tetap kelihatan aslinya (sawo matang) tapi di versi lebih cerah dan segar.

 

G.     HARGA

Aduh murah banget semua bisa belii. Untuk ukuran 100gr harganya Rp 15ribuan, sementara untuk ukuran 200gr harganya 20rban aja. Bisa dibeli di mana pun, di hypermart, di indomaret.. eh kalo di daerahku sih varian beras suka kosong, guys. Toko online juga sudah banyak yang jual lulur ini, selain murah juga mudah didapat ya hmmm.

 

H.      SASARAN KONSUMEN

Lulur ini bisa dipakai semua kalangan. Dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan, sampai bos-bos juga bisa. Untuk yang nyari lulur murah tapi bagus, lulur ini sangat masuk rekomendasi.

 

I.        KESIMPULAN

Lulur ini enak dipake, empuk saat digosok ke kulit, dan yang pentingnya scrub-nya ga bikin kulit terasa kegaruk. Wanginya enak pol untuk varian beras ini, tahan beberapa jam setelah penggunaan. Harganya murah, mudah didapat di mana aja.


Coba yang udah pake boleh kasih komen di bawah :3



REFERENSI
Best Present Guide. Inilah 7 Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda Lengkap dengan 5 Resep Masker Beras yang Bisa Digunakan. May 26, 2020. https://bp-guide.id/AXEZQ69X. Accessed on June 02, 2020.
Cosmetics & Toiletries. Naturally Improving Sensorial Attributes with Corn Starch. November 12. 2013. https://www.cosmeticsandtoiletries.com/formulating/function/feelenhancer/Naturally-Improving-Sensorial-Attributes-with-Corn-Starch.html. Accessed on June 02, 2020.
Delta Food Industries FZC. Uses of Cornstarch – From the Kitchen and Beyond. https://deltafood.ae/cornstarch-from-kitchen-and-beyond/. Accessed on June 02, 2020.
Michels Ph. D., Alexander J. Vitamin E and Skin Health. 2012. https://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-E. Accessed on June 03, 2020.
Saeedi, Majid, Masoumeh Eslamifar, Khadijeh Khezri. Kojid Acid Application in Cosmetic and Pharmaceutical Preparations. In Biomedicine & Pharmacotherapy. January 08, 2019. https://www.researchgate.net/profile/Masoumeh_Eslmifar/publication/330181181_Kojic_acid_applications_in_cosmetic_and_pharmaceutical_preparations/links/5c34ccf8458515a4c716400e/Kojic-acid-applications-in-cosmetic-and-pharmaceutical-preparations.pdf?origin=publication_detail. Accessed on June 03, 2020.
Umadevi, M., et all. Rice-Traditional Medicinal Plant in India. In Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. Page 11. https://pdfs.semanticscholar.org/3815/cb540f2fd21a73a18bdd96e76c91961c29ae.pdf. Accessed on June 02, 2020.

0 Comments