Mandi Pakai Shower Puff, Boleh Ga Sih?

Kamu biasa mandi pakai sabun batang atau sabun cair? Kalo pakai sabun cair, pake shower puff juga apa ngga? Sebenernya mandi pake sabun cair tuh harus pakai shower puff juga ga sih? Kalo aku biasanya pake shower puff karena kulit terasa lebih bersih, segar, dan wangi. Misalnya abis bebersih rumah, atau abis pergi-pergi biasanya selain badan lengket juga segala bau ada di badan (bau aspal, bau matahari, bau parfum orang….), makanya aku butuh shower puff buat bersihin badan secara maksimal. Dengan shower puff juga sel-sel kulit mati kita dapat terangkat, dan yang paling aku suka tuh wangi sabun yang kita pakai lebih nempel aja di badan. Tapi ga tiap mandi juga pakai shower puff, kalo lagi niat mandi aja.

Shower puff merupakan peralatan mandi berupa gumpalan jaring-jaring, biasanya dipakai bersamaan dengan sabun cair. Orang-orang menggunakan shower puff untuk membersihkan kulit badannya secara maksimal atau seneng aja kalo pakai shower puff sambil mainan busa mandi karena busa yang dihasilkan oleh shower puff lumayan banyak. Dengan begitu, mereka dapat lebih menikmati acara mandi mereka. Eh, mandi kok dinikmatin? Lah, emang selama ini gimana? Kalo menurut aku sih mandi emang harus dihayati sih mulai dari keramas tuh harus bener-bener mijet kulit kepala, rambut harus kena shampoo secara menyeluruh biar ga ada bagian yang lepek. Trus badan juga harus dibersihkan dari atas sampai bawah, jangan sampai sela-sela jari kaki ketinggalan ga dibersihin. Begitu juga dengan gosok gigi, satu persatu gigi disikat secara memutar dan perlahan, pastikan semua bagian gigi udah bersih. Ga perlu buru-buru, rasain deh kesegaran air yang mengalir di tubuh kalian.

Pada dasarnya, shower puff digunakan untuk kulit yang membutuhkan eksfoliasi fisik selain lulur. Kalo lulur mungkin efeknya lebih dapet ya tapi lumayan makan waktu dalam menggunakannya. So, buat aku shower puff ini sebuah alternatif kalo mau luluran tapi ga sempat. Penggunaan shower puff perlu diperhatikan kamu memiliki jenis kulit sensitif, takutnya jadi bersih malah jadi iritasi.

Emang bedanya mandi pakai shower puff dan tanpa shower puff, apa? Kalo dari pengalamanku sih bedanya ada banget, contoh aja nih busa yang dihasilkan dari shower puff lebih banyak dibanding mandi tanpa menggunakan shower puff. Selain itu ketika menggunakan shower puff, kulit terasa lebih bersih, segar, dan wangi. Mungkin karena jaring-jaringnya yang menekan kulit kita jadi wangi dari sabun cair akan bertahan lebih lama. Yang paling penting sih lebih menikmati saat mandi, lebih relax. Oya, shower puff tidak untuk digunakan di wajah ya, hanya di bagian badan aja.

Dari segi medis apakah penggunaan shower puff itu direkomendasikan? Hmm, kalau menurut Joel Schlessinger, MD, seorang ahli dermatologi, beliau tidak menganjurkan penggunaan shower puff untuk mandi karena di dalam puff terdapat sisa-sisa kotoran kulit yang membudahkan bakteri berkembang biak.

"Loofah sponges are intimate with many unclean areas of the body and then sit around allowing bacteria to multiply within the nooks and crannies of the sponge."

Lalu bagaimana dengan kita yang lebih suka menggunakan shower puff saat mandi? Hmm, bisa dengan tidak sering-sering menggunakannya dan rutin membersihkan shower puff setelah digunakan. Kita bisa letakkan shower puff atau gantung dia di tempat yang kering. Bisa di gantungan pintu kamar mandi atau di luar rumah yang terkena panas matahari. Kenapa begitu? Karena kalo keseringan angkrem di kamar mandi dalam keadaan yang lembab akan mudah tumbuh kuman dan jamur di sela-sela jaringnya, hiii. 

Selain dijemur di tempat kering, kamu bisa juga merendamnya di air panas dengan perasan air jeruk nipis selama lima menit. Perlu diperhatikan kalau kamu ga bisa menggunakan satu aja shower puff untuk seumur hidup. Seperti halnya sikat gigi yang perlu diganti secara rutin, shower puff juga harus diganti ketika warnanya mulai pudar dan berbau tidak sedap.

Kesimpulan dari aku pribadi, mandi pakai shower puff tuh sah-sah aja tapi jangan keseringan. Selain dikhawatirkan kulit menjadi iritasi, juga untuk meminimalisasi perpindahan bakteri dari puff ke kulit kita. Kita juga harus memperhatikan kebersihan shower puff agar tidak menjadi sarang jamur dan tempat perkembangbiakan bakteri.

Jadi kamu lebih suka paka shower puff apa ngga?

 

REFERENSI

DiNuzzo, Emily. Why Dermatologists Don’t Use Loofahs – And You Shouldn’t Either. June 13, 2019. https://www.msn.com/en-us/health/wellness/why-dermatologists-dont-use-loofahs%E2%80%94and-you-shouldnt-either/ar-AACRYcc. Accessed on June 11, 2020.


17 Comments

  1. Aku nih jarang pakai shower puff.. Lebih suka langsung digosok dengan tangan sih, entah kenapa hehe.. Etapi kadang pas iseng pakai juga sih meskipun ya itu..jaraang hehe..

    BalasHapus
  2. Kami sekeluarga memakai 1 shower puff dan sabun yang sama secara bersamaan. Secara kesehatan memang nggak baik sih. Enak bgt pakai shower puff soalnya busa melimpah dan nggak licin di kulit. Kyk terasa bersih aja kotorannya jadi terangkat. Beda kalau sabun langsung bersentuhan dengan kulit yang memiliki sensasi licin dan kurang bersih (padahal mungkin itu cuma sugesti aja).

    BalasHapus
  3. Ternyata ada negatifnya ya. Aku juga baru tahu bisa eksfoliasi ke kulit. Iya kayanya ga boleh terlalu sering pakai, dan rutin bersihkan juga

    BalasHapus
  4. Kalo aku pribadi sekarang nggak pake shower puff. Bahkan udah lupa kapan terakhir kali pakai. :D

    BalasHapus
  5. Aku jadi merinding membayangkan ada jamur di shower puff. Iya sih harus dijemur di tempat yang terkena sinar matahari agar terjaga tetap kering

    BalasHapus
  6. pakai shower puff emang lebih bersih, kayak habis luluran ya Mbak, keset, tapi kalau saya gak begitu suka karena kulit berasa lecet-lecet kalau keseringan mandi dengan shower puff :D

    BalasHapus
  7. Aga serem bayangin menggunakan satu shower puff seumur hidup.
    Huhuu...
    Orang serumahku yang suka pakai shower puff justru suami sama anak pertamaku. Mereka paling rajin lala-lili kalo di kamar mandi.

    Aku juga menikmati mandi, tapi kalau pas luluran aja.
    Kalo engga, emm...pen cepet-cepet selesai, hahaha..apalagi jatah air angetnya uda abis. Yaah~~

    BalasHapus
  8. Baru kepikiran, perlu diperhatikan juga ya kalau mau pake shower puff ini. Mirip banget kayak peralatan mandi seperti sikat gigi yang perlu rutin diganti, juga handuk yang perlu diperhatikan. Aku sih gak pernah pake shower puff ya, dan setelah baca ini kayaknya juga gak bakal make, hehe. Tapi buat teman-teman yang make, penting banget sih info ini biar mandi pun jangan sampai yang awalnya menyegarkan malah jadi gak bersih

    BalasHapus
  9. Aku suka banget pake alat mandi ini, kalau di aku biasa menyebutkan gosokan buat mandi hha.. Bener banget sih pake ini jadi terasa lebih bersih dibandingkan hanya digosok-gosok menggunakan tangan, tapi memang setelah digunakan memang harus segera dikeringkan, atau disimpan ditempat yang bersih agar tidak terkontimasi penyakit bila ingin digunakan kembali.

    BalasHapus
  10. aku sukaa banget pake shower puff, jadi perhatiin tempat nyimpennya juga. untungnya kamar mandiku ada cahaya matahari masuk jadi gak terlalu lembab 😁

    BalasHapus
  11. aku tim pake shower puff, biar mandinya makin semangat karena banyakk busa-busaa

    BalasHapus
  12. aku dulu suka mandi pake shower puff, sekarang jarang karena nggak telaten ngerawatnya..bener sih dulu sampe bisa jamuran karena nggak dijemur

    BalasHapus
  13. Nainii, lagi aku cari-cari.. aku selalu pake showerpuff sih, emang terasa lebih ke-riset kulit jadi lebih bersih.

    Aku gak pernah jemur showerpuff :") kwkwkw, besok jadi pingin jemur, masa kesetan ae tak jemur showerpuff buat badan nggak :")

    BalasHapus
  14. Dulu suka mandi pakai shower puff tapi sekarang udah ngga lagi wkwk. Soalnya bener sih kalau dipakenya terutama bareng-bareng wkwk bikin kuman dan bakteri jadi masuk huhu.

    BalasHapus
  15. Aku barutau kalau ga disarankan pakai loofah. Jujur enak banget pake loofah busanya banyak, kalau tanpa apalagi sabunnya cair awkward ke badan malah lengket2 ahahah

    BalasHapus
  16. Shower puff emang sensasinya beda, tapi saya sih berhenti pake shower puff karena alasan lingkungan. Berhubung harus diganti berkala dan bahannya plastik, please be mindful juga sama bakal jadi apa shower puff tersebut setelah habis masa gunanya. Alangkah lebih baik jika beralih ke loofah organik atau pakai scrub non-plastic microbeads aja, hehe.

    BalasHapus
  17. Ahh baca ini jadi inget kemaren ortu benahin area kamar mandi eh ginianku kejatuhan semen 😭 mana kebetulan yang agak mahalan wkwkw ih kesel.

    Malah curhat ya bun 😭

    BalasHapus