Haluskan Rambut Kering dan Kasar dalam Sekali Pemakaian Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath – Royal Jelly Extract

Seperti biasa, selalu ada cerita sebelum aku membahas sebuah produk. Karena dari cerita itulah aku akhirnya menggunakan produk itu, hehe. Jadi biasanya kamu keramas berapa hari sekali? Kalo aku kan normalnya keramas tuh 2 hari sekali, tapi semenjak di rumah terus intensitas keramas berubah jadi setiap hari. Selain karena hawanya yang panas juga kalo di rumah tuh jadi makin sering bersih-bersih. Ya nyapu, ngepel, ngelap-ngelap sofa, beres-beres lemari kamar, nah udahannya tuh kan yang keringetan ga cuma badan aja tapi juga kulit kepala. Rambut juga jadi lepek. Ditambah lagi aku emang gampang keringetan, baru lima belas menitan nyapu aja udah hmm kayanya nanti harus ganti kaos biar ga bau keringet. Itu baru nyapu, belum ngepel, gimana mau mandi tanpa keramas? Yang ada rambut jadi lepek dan ga enak aja dipegang. Jadilah akhirnya setiap hari keramas biar seger juga.


kemasan sachet 60gr


Nah dari keseringan keramas ini ternyata bikin rambut aku kering, kasar, dan ngembang ga beraturan. Beda banget ga kayak dulu pas keramasnya masih 2 hari sekali. Dengan kondisi rambut yang awut-awutan biarpun udah disisir tentu mempengaruhi mood aku seharian dong. Akhirnya aku iseng tanya ke temenku tentang rambut yang kering karena tiap hari dikeramasin, dia nyaranin untuk pakai creambath-creambath-an dan masker rambut. Dan ooohh aku baru inget ada yang namanya creambath dan masker rambut, padahal pas zaman masih kuliah aku sering banget pakai itu. Ga mikir panjang lagi lah sampai akhirnya aku nyari kedua hair care itu. Kali ini aku bahas creambath-nya dulu ya, untuk masker rambutnya insya Allah ada di artikel mendatang.

Produk hair creambath yang aku pakai ini Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath – Royal Jelly Extract, karena ini yang udah biasa aku pakai beberapa tahun lalu. Yuk kita bahas lebih dalam produk ini.

 

A.      KEMASAN

Dari kemasan, produk ini tersedia dalam dua ukuran. Ukuran saset 60 gram yang saat ini sedang aku pakai dan ukuran jar 500 gram.

kemasan sachet 60gr

kemasan jar 500gr. sumber: shopee

Karena aku belinya yang saset, jadi aku bahasnya yang saset ya wkwk. Kenapa ga beli yang jar? Hmm, aku agak trauma sih biasanya kalo beli perawatan rambut yang kemasannya gede selalu nyisaaa, berujung dibuang pas udah kadaluarsa padahal isinya masih banyak. Ga pengen terulang lagi aja jadi belinya yang ukuran mini.

Dari variannya sendiri, Makarizo hair energy ini ada yang mengandung esktrak royal jelly dan kiwi. Saat ini aku pakenya yang megandung ekstrak royal jelly. Kemasan plastiknya didominasi oleh warna orange, di bagian depan ada keterangan kandungan royal jelly extract-nya dan manfaat produk creambath ini.

Lalu di bagian belakang kemasannya, kita bisa lihat ada claim produk, penjelasan kandungan produk, cara pemakaian produk, dan detail kandungan yang ada pada Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath – Royal Jelly Extract.

 

B.      TEKSTUR DAN AROMA

Kalo kata orang Jawa, teksturnya tuh ‘klinyit-klinyit’ kayak lendir tapi lebih kenyal. Kalo diusek-usek pake air, tangan kita jadi lembut kayak sutera.

Aromanya manis, segar, dan tahan lama. Aku inget waktu lagi antre masuk kelas pagi (dulu pas masih kuliah) ada wangi creambath ini tapi siapa yaa soalnya yang aku liat tuh pake jilbab semua. Nah, sekenceng itu wanginya, tapi ga nusuk hidung. Iya, saking khasnya aku sampe apal aroma hair creambath ini wkwkwk.

 

C.      KANDUNGAN PRODUK

Kandungan utama produk ini adalah asam amino keratin dan Kombinasi Royal Jelly dan Omega dari Minyak Nabati Passiflora. Apa itu?

1. Asam Amino Keratin: unsur vital dalam pembentukan keratin sebagai protein utama yang mendorong keterpaduan struktur rambut agar lebih berkilau, tetap sehat dan kuat. Menurut info yang didapat dari halodoc, asam amino memiliki manfaat untuk mencegah rambut rontok. “Kerontokan rambut tidak hanya bisa dicegah oleh produk kecantikan saja, lho. Masalah rambut ini juga bisa dicegah dengan asam amino. Ya, salah satu manfaat asam amino adalah mencegah rambut rontok sekaligus menjaga kesehatan kulit dan kuku. Menurut penelitian dari Clinical and Experimental Dermatology, kerontokan rambut cukup erat kaitannya dengan kekurangan zat besi dan asupan lisin yang tidak optimal. Nah, lisin merupakan salah satu dari banyaknya jenis asam amino.”

2. Kombinasi Royal Jelly dan Omega dari Minyak Nabati Passiflora melembabkan rambut kering dan kasar agar halus kembali. Sesuai untuk menangani masalah rambut mengembang tidak beraturan.

 

D.      CLAIM PRODUK

“Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath merupakan formula yang meresap ke dalam dan memanjakan rambut, membantu memperbaiki dari pusat akar sehingga batang rambut pun tambah hidup dan sehat kembali.”

 

E.       CARA PAKAI

“Setelah keramas, oleskan krim pada rambut dan kulit kepala selama 2-5 menit. Bilas hingga bersih. Peringatan! Hindari kontak dengan mata. Jika terkena mata, segera bilas dengan air. Tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 3 tahun.”

 

 

F.  PENGALAMAN MENGGUNAKAN MAKARIZO HAIR ENERGY – HAIR & SCALP CREAMBATH

Seneng. Soalnya rambut aku yang kering, kasar, dan awut-awutan jadi halus dan lembut sejak pertama kali pemakaian. Berangkat dari kebiasaan baru aku yang suka keramas setiap hari, penggunaan produk masker rambut ini sangat membantu. Untuk pemakaian biasanya aku selang-seling sih sama conditioner, atau kalo rambut udah mulai berasa kasar ya tinggal pakai creambath ini aja setelah keramas. Ada tiga macam kombinasi saat mengguanakan produk creambath yang biasa aku lakukan.

1.   Shampoo + creambath

Ini langkah cepat kalo mau rambutnya halus. Abis keramas trus dilanjutin pakai hair creambath. Pas udah kering, rambut jadi halus tapi mayan ngembang karena creambath-nya bikin massa rambutku jadi ringan.

2.       Shampoo + conditioner + creambath

Kalo ini langkah yang agak niat. Abis keramas, lanjut conditioner, lalu olesin makarizo creambath.  Hasilnya sedikit lebih bagus dari poin di atas, rambut jadi lebih halus dan agak berat.

3.       Shampoo + conditioner + creambath + masker rambut

Wah kalo ini sih treatment rambut terniat yang pernah aku lakukan hahaha. Rambut jelas jadi lembuuttt banget, agak ngembang dikit, tapi puurrrfect.

Karena pada dasarnya rambut aku memang mudah mengembang, udah disisir berkali-kali masih ada ngembang apalagi kena kipas ya babayy. Akhirnya aku akalin pake catokan biar rambutnya bisa anteng dikit dan mudah diatur. Hampir setiap hari aku nyatok rambut padahal juga ga ke mana-mana wkwk, emang suka aja kalo ngaca trus rambut rapi. Mencatok rambut apalagi setiap hari memang semakin mempengaruhi rambut menjadi kering, tapi kalo ga pake catokan aku udah kayak apaan cobaaa bawaannya pengen balik tidur aja hahaha. Ketika rambut mulai terasa kering, biasanya abis keramas aku ga lupa pakai creambath ini juga. Yang aku perhatiin dari Makarizo creambath ini sih dia bisa membantu melemaskan dan melembutkan rambut yang dicatok, ga bikin  rambut jadi kaku gitu loh.

 

G.     HARGA

Untuk kemasan saset 60 gram harganya Rp 17.000 dan untuk kemasan jar 500 gram harganya Rp 99.000. Eh itu harga yang aku lihat di Boston ya, mungkin kamu bisa dapetin dengan harga yang lebih murah kalau beli di online shop.

 

H.      SASARAN KONSUMEN

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Creambath – Royal Jelly Extract ditujukan untuk mereka yang memiliki rambut kering dan kasar. Semua kalangan bisa pakai, yang ga boleh pakai cuma anak usia di bawah 3 tahun.

 

I.        KESIMPULAN

Sepertinya Makarizo creambath ini bakal masuk hair care rutin aku deh setelah sekian lama cuma pakai shampoo sama conditioner doang wkwk.

Pros:

+ sangat melembutkan

+ membuat rambut menjadi jauh lebih lemas

+ membantu rambut menjadi lebih mudah diatur sebelum dan sesudah dicatok

+ membantu mengempeskan rambut yang mengembang

+ wanginya enak

+ harga terjangkau

 Cons:

Tidak sepenuhnya membuat rambut mudah diatur. Kalo pada dasarnya rambut mudah mengembang, Makarizo creambath ini istilahnya hanya 'ngerem' biar ga terlalu ngembang. Kalo mau rambutnya jadi lebih teratur maksimal sih pakai catokan rambut hihihi.

Repurchase? Iya. Sangat aku rekomendasikan buat kamu yang rambutnya kering dan kasar, apalagi hobi catokan kayak aku.

Kamu udah pakai produk hair care ini juga? Gimana menurut kalian?

  

REFERENSI

Handayani, dr. Verury Verona. Manfaat Besar Asam Amino yang Perlu Diketahui. February 25, 2020. https://www.halodoc.com/lima-manfaat-besar-asam-amino-yang-perlu-diketahui. Accessed on June 08, 2020.

16 Comments

  1. Berapa hari sekali makenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak. untuk rambut normal umumnya 3 hari sekali, sedangkan untuk rambut rusak pengunaannya 2 hari sekali. :)

      Hapus
    2. Kak kalo rambut yang mengembang dan kriting berapa kali kak

      Hapus
  2. Suka banget sama semua varian creambath makarizo wanginya tahan lama banget 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kaan, wanginya enak dan awet banget <3

      Hapus
  3. kak untuk satu sachet itu biasa di pake berapa kali kak? atau cuma sekali pakai aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak. satu sachet bisa untuk dipakai berkali-kali, tergantung kebutuhan. ☺️

      Hapus
  4. Klo udah pake ini trus pake vitamin rambut lagi gimna bisa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama rambutnya baik-baik aja dan cocok ya bisa-bisa aja kak ☺️ aku juga biasanya masih pake vitamin rambut setelah ketamas hehehe

      Hapus
  5. Halo ka, kalo untuk cwo pemakaian tiap hari aman ga ka, keseharian aku cmn dirumah tp mudah keringetan

    BalasHapus
  6. Halo ka, itu klo misalnya catokan,itu dipakainya sesudah catokan atau sebelum??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa digunakan sebelum atau sesudah catokan.

      sebelum catokan: agar rambut terasa lebih halus setelah dicatok
      setelah catokan: untuk memperbaiki tekstur rambut yang kasar karena keseringan dicatok :)

      Hapus
  7. Kalo pakai setiap hari boleh ga kak?

    BalasHapus
  8. Manfaat Makarizo hair creambath varian melon dan madu apa ada perbedaanya kak?

    BalasHapus