Review: Skinfood - Black Sugar Mask Wash Off


Sek disclaimer dulu. Blog ini tidak selalu me-review produk yang sedang hype saja, produk-produk dari zaman iklan “mana sempaat, keburu telaatt” bisa jadi nongol di sini asal aku sendiri udah pake.



Kalian masih ingat produk Black Sugar Mask Wash Off? Iya dia sempet rame 3-4 tahun lalu, dibahas sama para influencer. Sampe di toko skincare deket kampus aku juga jualan wkwkw. Tapi aku ga langsung beli karena mikirnya “yaelah lulur doang mahal amat” – itu kataku waktu aku masih kuliah ya hehe kan kantong mahasiswa kek apa ya kan ngerti lol. Baru tertarik dan mulai ngulik produk ini tuh beberapa tahun kemudian waktu lagi nyari bodycare, ceritanya udah mulai sadar kalo yang perlu dirawat itu ga hanya muka, badan juga perlu diperhatiin.

Berhubung kulit badan aku kering apalagi kaki hmm kalo digaruk pake kuku bisa keluar sisiknya. Selain aku jarang pakai body lotion, kayaknya kulitku yang kering ini dipengaruhi sama badanku yang kekurusan. Loh, apa hubungannya? Iya, entah kurang daging atau kurang lemak jadi kulitnya agak mengkerut. Kayak itu loh, kalo orang yang tadinya gemuk trus dia diet dan berhasil kan pasti ada bagian dari tubuhnya yang menggelambir. Nah kalo di aku tuh kulit yang ‘menggelambir’ sebagai penanda kalo badanku minta digemukin biar kulitnya kenceng.

Berbagai usaha buat mulusin kulit aku lakuin termasuk pakai body masker ini yang akhirnya aku beli karena kebetulan nongol aja dia di toko deket kampus, wkwk (fyi, aku masih suka dateng ke Els Beauty Tembalang setelah aku lulus kuliah). Kayanya sekitar tahun 2018 aku beli masker ini dan sekarang udah abis setengahnya. Tapi jar keduaaa, ehehe. Etapi kok yang dibahas body sih, kan masker ini buat muka? Nah jawabannya ada nanti di bawah.

Black Sugar Mask Wash Off ini adalah salah satu produknya Skinfood. Skinfood merupakan brand asal Korea pertama yang setiap produknya berasal dari bahan dasar makanan seperti gula merah, madu kerajaan, selada, timun, putih telur, alpukat, buah persik, tomat, beras, yuja, dan kaviar emas. Seperti masker yang kita bahas saat ini berasal dari black sugar atau di tempat kita mirip-mirip gula merah.

Ini tuh masker yang mengandung scrub dan dipakenya di tahap cleanser. Gituw. Sekarang kita bahas Black Sugar Mask Wash Off lebih lengkap.

 

A.      KEMASAN          

Kemasan jar semi blur transparan ini dibalut dengan kertas warna coklat terang (whatever you named it) yang berisi keterangan produk mulai dari nama produk, bahan dasar produk, sampai cara pemakaian.




Bentuk kemasannya lucu, aku mikirnya kalo isinya udah abis aku mau pake jarnya buat dijadiin pot tanaman (yaelah kek telaten aja bercocok tanam). Mantep digenggam sih tapi sayangnya gede banget, mayan makan tempat kalo dibawa travelling. Solusinya ya dipindahin ke wadah yang lebih kecil aja.

Dari segi keamanan sih kemasan ini bikin isinya ga gampang tumpah, tutupnya juga kenceng. Dengan volume 100 gram kalo dipake setiap hari mungkin bisa abis juga dalam sebulan. Etapi makenya jangan tiap hari juga takut iritasi kulitnya.

 

B.      TEKSTUR DAN AROMA

Tekstur

Pas nyolek masker ini rasanya kayak megang gulali yang dicampur sama gula pasir. Lengket, kasar, dan kental. Persis kayak gula merah kalo dicairin – inget bumbu pecel gak guys? Oke, skip.

Pas dioles ke kulit juga berasa lengket. Kalo maskerannya di kamar mandi sih gapapa, tapi kalo di kamar rasanya kurang nyaman sih kan lengket semua di badan. Pas kakinya lagi dimaskerin trus maskernya jadi nempel ke mana-mana yah repot.

Aroma

Masker ini memiliki aroma mint, manis, dan segar. Kayak aroma permen gula jahe tuh tau ga? Ya gitu deh.

 

C.      KLAIM PRODUK

Kalo kata keterangan di kemasan produknya, masker ini bisa membuat kulit menjadi lembut dan bercahaya. “A scrub mask that contains mineral-enriched Brazilian black sugar, and promotes smooth, glowing skin

Black sugar sendiri memiliki beberapa manfaat untuk perawatan kulit, di antaranya:

1.       Mengeksfoliasi kulit

Black sugar dengan partikel-partikel kecil di dalamnya mampu mengangkat sel kulit mati dengan efektif. Penggunaan black sugar sebagai eksfoliator pada kulit sensitif mungkin akan menjadi pilihan yang menakutkan. Namun, jika diimbangi dengan cara yang tepat yaitu dengan mengkombinasikan black sugar dengan produk oil yang baik, justru akan meminimalisir robekan mikroskopis pada kulit karena sifat humektan alami gula yang akan membuat kulit terhidrasi tanpa menghilangkan minyak alami dari kulit kita.

2.       Melembabkan kulit

Gula memiliki sifat humektan alami, dia mampu menarik kelembaban dari luar ke dalam kulit, itu sebabnya kulit terasa tidak kering atau terkelupas setelah eksfoliasi rutin di malam hari.

3.       Mencerahkan kulit

Gula hitam adalah sumber alami Glycolic acid, salah satu dari kelompok Alpha hydroxyl acid (AHA) yang memiliki kemampuan menembus ke dalam kulit memecah “lem” yang mengikat sel-sel kulit. Hal ini mendorong pergantian sel (pengelupasan kulit). Glycolic acid dikenal sebagai bahan yang mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan keriput. Nah dari sini kita tahu kalau black sugar tidak hanya berperan sebagai eksfoliator fisik yang hanya menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit saja akan tetapi juga mampu bekerja di bawah kulit yang mendorong sel kulit aktif menjadi lebih cerah dan lebih bercahaya.

4.       Memberantas komedo

Secara alami kulit kita akan mengeluarkan minyak dan keringat. Fenomena alami pada kulit inilah yang membantu kesehatan kulit dan memastikan tubuh melepaskan kelebihan yang tidak perlu. Namun, ketika minyak dan kulit tidak dapat menemukan jalan keluar dari kulit dan terperangkap di dalamnya, ya siap-siap aja muncul komedo - baik komedo hitam (blackheads) maupun komedo putih (whiteheads) – dan jerawat.

source: dailywuz.com

Komedo dan jerawat sering muncul ketika sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit kita. Pada kasus seperti inilah kegiatan eksfoliasi sangat perlu dilakukan.  Butiran-butiran black sugar apabila digunakan dengan baik akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga minyak yang tadinya terperangkap dalam kulit kini bisa keluar. Kalo sel kulit mati udah terangkat, ‘kanvas’ alias kulit jadi lebih bersih dan siap menerima perawatan kulit selanjutnya untuk mencapai hasil perawatan yang optimal.

Kalau claim-nya bisa melembutkan dan menjadikan kulit lebih bercahaya sih mashok ya guys sama manfaat black sugar yang udah disebutin di atas. Tapi kenyataannya di kulit aku gimana? Sek sabar.

 

E.       CARA PAKAI

Cara pakenya gini guys,

After cleansing, massage onto damp face, avoiding the eye and mouth areas. To minimize irritation, add water or toner while messaging. Leave for 10-15 minutes. Rinse off with lukewarm water.

Pertama, pastikan dulu muka kamu udah bersih. Lalu balurkan masker black sugar dengan memijatnya ke muka yang basah, hindari area mata dan mulut. Untuk meminimalisir iritasi, tambahkan air atau toner ketika memijat. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Berhubung ini produk eksfoliasi, sebaiknya dipakai di malam hari aja.

TAPI,

Baru sekali aja aku pake produk ini ke muka, biasanya aku pake ke ke badan dari leher sampe kaki. Eh kenapa gitu? Soalnya aku ngerasa kulit badan aku juga butuh perhatian karena kering banget, kasar, dan kusam so why tidak salahnya juga mencoba produk eksfoliasi muka untuk badan. Ditambah lagi kulit muka aku kan memang pada dasarnya jerawatan, kuatirnya ‘nyeret’ jerawat di daerah satu beranak pinak ke daerah yang lain.

 

F.       HARAPAN SETELAH MEMAKAI PRODUK INI

Dengan kondisi kulit muka saat ini yang so so, terasa kering tapi ga kasar dan kulit tangan yang kering dan kasar, aku berharap setelah pakai masker ini kulit aku jadi  terasa halus, lembab, lebih cerah, dan bercahaya.

 

G.     HASIL PEMAKAIAN

Kalo sebelumnya muka aku keliatan kering dan kasar, efek instan yang aku rasakan setelah memakai masker scrub ini sih kulit aku jadi terasa halus, lembut, kesat, dan terlihat lebih cerah dan segar di muka. Komedo putih di hidung juga jadi gampang keluarnya kalo diteken.

Begitu juga dengan hasil di tanga, yang tadinya kering kasar jadi sedikit halus, lembut, licin kalo kena air, dan juga terasa segar. Body lotion yang aku pakai juga rasanya lebih gampang terserap karena biasanya biarpun aku pakai lotion kulitku masih suka kering. Yang aku rasain selama pemakaian sih Alhamdulillah baik-baik aja, ga ada iritasi.

Hasil nyata yang aku dapat kayanya kurang sesuai sama harapan yang aku mau akan produk ini. Kulit terasa halus iya, lembab iya, muka jadi cerahan iya tapi itu ga bertahan lama, dan dari claim bikin kulit bercahaya sih aku belum bisa buktiin karena aku ga dapet efek itu. Mungkin karena aku makenya juga ga rutin, kadang semingu 2 kali, kadang sampe lupa kalo punya masker ini. Mungkin juga kalo aku makenya rutin efek mencerahkan akan bertahan lama dan kulit bisa beneran jadi glowing.

Untuk efek instan yang didapat sih aku cukup puas, dan ini bisa aku jadikan alternatif lulur kalo aku lagi males luluran. Lah gimana? Iya soalnya kalo pakai masker scrub ini ga perlu pakai tenaga buat ngerontokin scrubnya.

 

H.     HARGA

Skinfood Black Sugar Mask Wash Off bisa kamu temukan baik melalui toko online dan offline dengan range harga Rp 130.000 sampai Rp 160.000. Seingetku dulu aku beli ini di Els Beauty Tembalang dan sempet beli online juga tapi lupa guys toko online-nya apa wkwk. Masker ini lebih mudah didapat di marketplace online ketimbang di toko offline. Untuk kategori scrub/masker/cleanser yang sifatnya ngga stay semalaman atau berjam-jam di muka, buat aku ini lumayan mahal sih. Tapi balik lagi sama manfaat dari black sugar, mungkin harga segitu bisa dibilang worth it dengan kemampuannya sebagai eksfoliator fisik yang tidak ‘menyakiti kulit’.

 

I.        SASARAN KONSUMEN

Masker scrub ini ditujukan untuk kamu yang butuh eksfoliasi fisik dengan scrub yang lembut dan melembabkan.

 

J.        KESIMPULAN

Sejauh ini aku cukup puas menggunakan Skinfood Black Sugar Mask Wash Off dan masih mau lanjut pakai juga.

Pros:

+ kemasannya aman, ga bikin isinya mudah tumpah

+ efek instannya bikin wajah terasa halus, lembut, lembab, kesat, dan terlihat lebih cerah

+ aromanya yang mint manis aku suka

+ ga bikin kulit muka dan kulit badan iritasi

+ cocok dipakai di kulit badan yang sangat kering karena membantu penyerapan body lotion

Cons:

- Teksturnya lengket, ga disarankan untuk maskeran badan di kamar karena akan mudah nempel ke mana-mana maskernya

- Efek kulit bercahaya tidak didapatkan secara instan

- Jarang ditemukan di setiap toko skincare

- Aku sih bakal lebih seneng kalo produk ini mudah didapat misal tiba-tiba ada di indomaret kan dan kemungkinan untuk repurchase bakal tinggi.

 

Udah nih. Jadi gimana apakah kamu ingin mencobanya?

REFERENSI

Kim, Wendy. September 19, 2019. https://www.wishtrend.com/glam/is-black-sugar-good-for-skin-4-reasons-why-you-need-it-for-cleansing/. In Whistrend. Accessed on June 24, 2020.

Skinfood. https://theskinfood.us/pages/about-us. Accessed on June 24, 2020.

0 Comments