3 Minggu Pakai Retinol & Niacinamide di Kulit Berjerawat! [Review Lengkap Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum]

Kulit berjerawat boleh ga sih pakai serum retinol dan niacinamide secara bersamaan?

Boleh boleh aja. Pada dasarnya, retinol bekerja memproduksi sel kulit baru yang efeknya di jerawat bisa berupa jerawat lebih cepat kering dan mengelupas. Sementara niacinamide berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Selain itu, dia juga mengontrol produksi minyak di wajah sehingga tidak mudah muncul jerawat.

Menurut beberapa penelitian, menggunakan retinol dan niacinamide dalam satu waktu dengan cara layering akan menghasilkan reaksi sebagai berikut:

  1. Menggunakan niacinamide dan retinol secara bersamaan dapat mengurangi efek iritasi dan kulit kering akibat pemakaian retinol. Hal ini disebabkan karena niacinamide bersifat gentle sementara retinol performanya lebih kuat yang bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kulit kering.
  2. Kulit tetap mendapatkan manfaat dari retinol tapi dengan efek samping yang lebih sedikit karena niacinamide memiliki kemampuan untuk melindungi skin-barrier
  3. Kombinasi retinol dan niacinamide dapat memperbaiki skin tone dan menyamarkan tanda-tanda penuaan

Apakah layering retinol dan niacinamide boleh diaplikasikan untuk semua jenis kulit?

Untuk kulit normal sebenarnya bisa. Namun, untuk kulit yang sensitif terhadap kandungan retinol mungkin akan ada efek sampingnya. Efeknya pun tergantung pada kondisi kulit masing-masing (ga bisa dipukul rata), persentase dari setiap kandungannya, dan kandungan-kandungan lain dari formula produk skincare tersebut.

Pakai retinol dulu atau niacinamide dulu?

Kalau kita pakai dua kandungan ini di 2 produk berbeda, direkomendasikan untuk mengaplikasikan niacinamide dulu baru retinol karena niacinamide dapat melindungi kulit dari efek samping retinol.

Mau pakai serum retinol dan niacinamide juga, ada rekomendasi pakai produk yang mana?

Sekarang udah banyak banget produk skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide, tinggal pilih aja sesuai selera. Akan tetapi, kalau kamu mau nyari serum yang affordable dari segi harga dan gampang ditemuinnya secara online maupun offline, bisa cobain Skin Smoothing Retinol Serum dan Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett. Masing-masing serumnya berisi 15ml dengan harga Rp 75.000.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Aku sendiri udah layering pakai dua serum ini selama 3 minggu untuk mengatasi permasalahan jerawatku. Untuk lebih lengkapnya akan aku bahas di bagian review. Sekarang kita bahas masing-masing produknya dulu yah, hihi.

Baca juga:

 

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum (15ml, BPOM NA18210100520) mengandung Encapsulated Retinol technology yang less-irritant, stabil, & bekerja secara efektif menembus lapisan kulit lebih dalam untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, serum ini juga berfungsi untuk meningkatkan kehalusan kulit, membantu mencerahkan kulit, serta menstimulasi pembentukan kolagen.

Serum retinol ini dapat digunakan oleh pemula dan aman untuk semua jenis kulit karena formulanya ringan dan anti-iritasi. Dia juga sudah lolos uji secara deramotology dan teruji klinis tidak menyebabkan iritasi. Sayangnya, serum ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil.

Dengan pemakaian rutin, serum ini menghasikan kulit wajah yang halus, terhidrasi, kerutan tersamarkan, dan awet muda.

Kemasan

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Serum ini dikemas dalam packaging botol pipet plastik yang kokoh sehigga tidak mudah pecah apabila dibandingan dengan kemasan kaca. Tekstur botolnya doff, transparan namun buram, dan dilapisi stiker produk dengan dominasi warna hijau tosca dan putih. Pada stikernya terdapat informasi mengenai nama produk, isi produk (15ml), fungsi produk, kandungan utama, claim, serta cara pemakaian produk. Untuk informasi mengenai kandungan produk secara lengkap, dapat kita temukan pada kemasan box-nya.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Packaging botolnya juga dilengkapi dengan tutup berwarna putih yang menyatu dengan aplikator pipetnya yang kecil menyesuaikan ukuran botolnya. Selama pemakaian, pipet berfungsi dengan baik namun saat isi produk hampir habis, mulai agak susah untuk mengambil serumnya. Mungkin karena tekstur produknya juga yang terbilang cukup kental.

 

Tekstur, Warna, dan Aroma

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Serum retinol ini memiliki tekstur yang kental, masih mudah diratakan ke kulit, mudah menyerap, finishnya bikin kulit cukup lembap. Teksturnya berwarna putih keruh, tidak ada aroma tertentu selain bau dari formulasinya yang tidak mengganggu saat digunakan.

 

Kandungan

Kandungan Utama:

1. Retinol

Retinol merupakan turunan dari Vitamin A yang secara umum berfungsi untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah. Tidak hanya itu, dia juga beperan sebagai ingredient yang efektif untuk mengatasi jerawat.

Cara kerja retinol dibagi menjadi 2, yaitu dari lapisan teratas kulit dan dari bawah kulit. Kalau dari lapisan teratas kulit, dia mengeksfoliasi lapisan kulit terluar (epidermis) untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan produksi minyak berlebih. Proses eksfoliasi ini dapat mencegah pembentukan jerawat. Karena kulit jadi bersih makanya ga gampang jerawatan gitu, guys. Selain itu, dia juga bekerja dari bawah kulit kita. Molekul kecilnya masuk ke dalam lapisan tengah kulit (dermis) yang kemudian menstimulasi produksi kolagen dan elastin. Dua proses kerja retinol tersebut dapat mengurangi tampilan pori-pori lebar dan bekas jerawat parut (bopeng).

2. Pomegranate Extract

Ekstrak Pomegranate memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya:

  • sebagai antioksidan: melindungi kulit dari radikal bebas
  • regenerasi kulit: membantu melindungi lapisan terluar kulit, membantu regenerasi sel kulit pada lapisan epidermis  (terluar) dan dermis (lapisan dalam), membantu memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka
  • melindungi kulit dari sinar matahari: ekstrak pomegranate memiliki komponen yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas, membantu mencegah kanker kulit, dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
  • anti-aging: ekstrak pomegranate dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini dengan mengurangi tanda-tanda penuaan kulit yang diseabkan oleh paparan sinar matahari seperti kerutan, garis halus, hyperpigmentasi, dan bintik hitam. 
  • membantu kulit supaya awet muda: ekstrak pomegranate membuat kulit menjadi halus dan kencang dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan elastin serta melembutkan kulit.
  • merawat kulit kering: ekstrak pomegranate dapat menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan kulit iritasi. Dia juga mengandung pucinic acid yang merupakan omega 5 fatty acid yang berfungsi untuk menghidrasi dan mencegah hilangnya kelembapan.
  • pada kulit berminyak dan kombinasi, ekstrak pomegranate dapat merawat permasalahan kulit acne prone, melawan jerawat, meminimalisir munculnya bekas jerawat, dan menenangkan iritasi ringan.

3. Hexapeptide-8

Secara umum, Hexapeptide-s dapat mengurangi tampilan keriput yang dihasilkan dari ekspresi wajah yang berulang-ulang (misalnya, senyum). Hexapeptide-8 bekerja seperti botox yang dapat mengencangkan kulit serta menghilangkan keriput dan garis halus. Selain itu, ada juga manfaat lain yang bisa kita dapatkan:

  • menstimulasi produksi kolagen: seiring bertambahnya usia kita, produksi kolagen semakin menurun. Di sini, Hexapeptides-8 bertanggung jawab untuk menstimulasi produksi kolagen guna mengembalikan keelastisitasan dan kekencangan kulit.
  • menghidrasi kulit: kemampuan menghidrasi kulit kandungan ini diduga berasal dari aktivitas stimulasi produksi kolagennya.

4. Allantoin

Banyak produk skincare telah menggunakan ingredient Allantoin mungkin karena performanya yang dapat menenangkan kulit dan minim resiko sehingga hampir semua orang dapat menggunakannya. Secara spesifik, Allantoin bermanfaat untuk melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati dengan sangat lembut, mengontrol pertumbuhan jerawat, mencegah kerutan dan penuaan kulit, mengurangi peradangan pada bekas luka, mengurangi dan tidak menyebabkan iritasi, dan mencerahkan kulit.

5. Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan jerawat, mengobati bekas jerawat dengan meningkatkan sintesis kolagen (membangun kembali kulit yang sehat), dan mengurangi hiperpigmentasi.

 

Kandungan Lengkap:

Aqua, Glycerin, Butylene Glycol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Pentylene Glycol, Dmdm Hydantoin, BHT, Disodium EDTA, Allantoin, Ascorbyl Glucoside, Hydroxyethylcellulose, Sodium Hydroxide, Aminomethyl Propanol, Retinol, Punica Granatum Fruit Extract, T-Butyl Alcohol, Titanium Dioxide, Cetearyl Alcohol, Sodium Benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Oleth-10, Aluminum Hydroxide. Phenoxyethanol, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Acetyl, Hexapeptide-8, BHA, Ethylhexylglycerin, 2-Aminobutanol, Simethicone

Cara Pemakaian

 

cara pemakaian

Digunakan pada malam hari saja. Teteskan sebesar ujung jari, kemudian oleskan ke wajah dan leher yang telah dibersihkan lalu lanjut mengunakan pelembap. Cara penyimpanan: simpan serum pada tempat yang kering dan sejuk, hindari paparan sinar matahari secara langsung, pastikan produk tertutup kencang setelah digunakan.

Baca juga:


Review

Meski dalam layering retinol dan niacinamide dianjurkan menggunakan niacinamide terlabih dahulu, tapi di sini aku menggunakan retinol sebagai layering pertama yang kemudian diikuti niacinamide pada layerin kedua. Hal ini aku lakukan karena serum retinolnya Scarlett memiliki performa gentle, sementara kondisi kulitku sedang ada jerawatnya lumayan gede. Kalo pakai niacinamide dulu nanti jadi makin gentle, aku pengen jerawatku rada ngebut dikit sembuhnya, hihi.

Aku bisa mengiyakan kalau serum ini sangat gentle di kulitku karena waktu kena area jerawat terbuka tuh sama sekali ga perih meski sebelumnya aku pakai toner eksfoliasi pun. Tetapi ini jangan ditiru ya, hehe. Serum ini biasa aku aplikasikan pada malam hari setelah menggunakan essence. Aku suka teksturnya yang kental tuh saat diratain ke kulit rasanya kayak ngegrip dan masuk ke pori-pori, bukan seperti tekstur cair yang feel-nya ngambang dan basah di kulit. Finishnya di kulitku pun terasa lembap dan halus. Lembap di sini tuh lebih ke lembap kencang aja bukan lembap basah seperti menggunakan moisturizer. Nah, kalau mau hasil yang lembap basah, boleh pakai Scarlett 7x Ceramide Moisturizer sesudahnya.

Setelah mengaplikasikan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum ini, aku lanjut layering pakai Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Jangan lupa pakai sunscreen keesokan harinya, ya supaya tidak iritasi (boleh menggunakan Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen).


Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum (15ml, BPOM NA18211903259) mengandung radiance skin revival dari perpaduan Niacinamide & 7 Phyto Extract yang dapat mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, dan membuat kulit bercahaya. Selain itu, dia juga berfungsi untuk memperkuat skin-barrier, membantu menyamarkan tampilan garis halus, menenangkan dan menghidrasi kulit kering, kemerahan, dan iritasi, serta melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Dengan pemakaian rutin, serum ini menghasilkan tampilan kulit wajah yang sehat, plumpy, cerah, dan glowing. Serum niacinamide satu ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.


Kemasan

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Packaging Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum hampir sama dengan serum retinolnya, perbedaannya terletak pada stiker produk yang didominasi warna ungu dan putih serta tutup botolnya yang berwarna ungu. Pada stikernya terdapat informasi mengenai nama produk, isi produk (15ml), fungsi produk, kandungan utama, claim, serta cara pemakaian produk. Untuk informasi mengenai kandungan produk secara lengkap, dapat kita temukan pada kemasan box-nya.

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Kemasan botolnya juga dilengkapi dengan aplikator pipet yang selama pemakaian dapat berfungsi dengan baik, ga macet-macet. Luv!


Tekstur, Warna, dan Aroma

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Serum niacinamide satu ini memiliki tekstur kental namun tidak sepekat serum retinolnya, mudah diratakan ke kulit, finishnya lembap dan halus. Teksturnya transparan dan memiliki aroma jeruk nipis.

 

Kandungan

Kandungan Utama:

1. Niacinamide 5%

Niacinamide merupakan kandungan paling ideal untuk mencerahkan kulit tanpa iritasi. Selain itu, dia juga dapat menjaga kekencangan dan kesehatan kulit, membantu mempertahankan kelembapan kulit, mengurangi kemerahan, meminimalisir tampilan pori-pori, melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari, mencerahkan bintik hitam, mengurangi garis halus dan kerutan, merawat kulit berjerawat, serta memperbaiki tekstur kulit.

2. Beta Glucan

Beta Glucan berfungsi untuk meredakan kemerahan dan iritasi, memberi hidrasi pada kulit, meningkatkan skin-barrier, meminimalisir tanda-tanda penuaan seperti mengurangi kerutan yang dalam dan tekstur kulit yang kasar, menyembuhkan luka, dan mempertahankan kesehatan microbiome

3. 7 Phyto Extract

Merupakan perpaduan dari 7 ekstrak tumbuhan untuk meningkatkan produksi kolagen:

  1. Ekstrak Moringa: mempercepat proses regenerasi kulit, menghaluskan tekstur kulit, dan membantu pembentukan kolagen.
  2. Ekstrak Mugwort: kaya akan Vit E sehingga membantu melembapkan. dan menenangkan kulit berjerawat.
  3. Ekstrak Chamomile: menenangkan kulit yang iritasi, menyamarkan bekas luka, dan mengurangi flek hitam.
  4. Ekstrak Bifida Ferment: memperkuat skin barrier, mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV.
  5. Ekstrak Pomegranate: kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu mencerahkan dan mengurangi tampilan garis halus pada wajah.
  6. Ekstrak Lotus: sebagai antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.
  7. Ekstrak Centella Asiatica: membantu menenangkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

4. Allantoin

Banyak produk skincare telah menggunakan ingredient Allantoin mungkin karena performanya yang dapat menenangkan kulit dan minim resiko sehingga hampir semua orang dapat menggunakannya. Secara spesifik, Allantoin bermanfaat untuk menghidrasi, melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati dengan sangat lembut, mengontrol pertumbuhan jerawat, mencegah kerutan dan penuaan kulit, mengurangi peradangan pada bekas luka, mengurangi dan tidak menyebabkan iritasi, dan mencerahkan kulit. Aman untuk kulit sensitif.

5. Creatine

Creatine dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit, serta menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.

6. Triple Complex Ceramide

Membantu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan kulit, anti-inflamasi, dan memperbaiki skin-barrier. Aman untuk kulit sensitif.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Niacinamide, Glycerin. PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Artemisia Capillaris Leaf Water, Propanediol, Centella Asiatica Extract, 1.2-Hexanediol, Creatine, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Moringa Oleifere Leaf Extract, Allantoin, Camellia Sinensis Leaf Extract, Butylene Glycol, Polvacrylate Crosspolymer-6, Dmdm Hydantoin, Xanthan Gum, Lavandula Angustifolia Oit, Yeast Ferment Extract, Allium Sativum Bulb Extract, Disodium Edta, Caprylhydroxamic Acid, Aminomethyi Propanol, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer. Punica Granatum Fruit Extract, Pym/Ma Copolymer, Sodium Lauroyl Lactylate, Bifida Ferment Lysate, Nelumbo Nucifera Flower Extract, T-Butyl Alcohol, Sodium Carboxymethyl Betaglucan, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Imidazolidinyl Urea, Ceramide NP, Ceramide AP. Cholesterol, Phytosphingosine, Sorbic Acid, Carbomer, Ethylhexylglycerin, 2-Aminebutanol, Ceramide EOP


Cara Pemakaian

cara pemakaian

Gunakan 2-3 tetes serum kemudian aplikasikan secara merata pada kulit dengan mengusap dan memijat wajah secara perlahan. Cara penyimpanan: simpan serum pada tempat yang kering dan sejuk, hindari paparan sinar matahari secara langsung, pastikan kemasan produk tertutup kencang setelah digunakan.

 

Review

Kalau dari serumnya yang kecium persis kayak jeruk nipis, aku ngira dia bakal ngasih efek perih dan cekit-cekit di kulit. Ternyata enggak, hehe. Pun saat aku aplikasikan setelah serum retinol, ga ada sensasi negatif yang aku rasakan. Saat diaplikasikan, teksturnya yang kental terasa licin di kulit, mudah menyerap juga tapi ga secepat serum retinol, finishnya di kulit terasa lembap, halus, dan hidrasinya juga lebih dapet kalo dibandingin sama serum retinol.

Serum ini aku gunakan pada pagi dan malam hari. Kalau pagi, aku pakai langsung setelah essence; sementara pada malam hari aku gunakan setelah setum retinol. Untuk maintenance kulit normal, silakan menggunakan niacinamide dulu sebelum lanjut pakai retinol.

 

Before-after

Yakk, masuk di bagian paling seru kalau ngereview produk skincare, yaitu merhatiin progressnya gimana di kulitku. Pada tanggal 4 Agustus 2023 itu aku lagi ada jerawat di dekat bibir kiri, sementara di area wajah sebelah kanan ada jerawat yang astaga wkwkw. Kemudian pada tanggal 21 Agustus 2023, jerawat di dekat bibir sudah hilang tinggal bekasnya aja, menurutku progressnya agak lama karena sebelumnya sempat mengering lalu kembali meradang (sepertinya karena efek tidurnya pipi nempel bantal dan jam tidur juga ga teratur). Sementara di foto bagian bawah (pipi kanan), yang tadinya jerawat meradang pelan-pelan sudah mengering dan tinggal bekasnya aja. Hasil pemakaian untuk setiap orang bisa berbeda-beda yah. :)

Again, aku menggunakan retinol dulu pada layering pertama sebelum niacinamide karena aku ingin jerawatku cepat kering. Kalau teman-teman merasa kulitnya normal, ga kenapa-kenapa, pengen awet muda aja alias untuk maintenance, boleh ngikutin rekomendasi pakai niacinamide dulu baru retinol.

Anywaayy, kamu udah nyobain Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum & Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum, belum nih? Kalau belum, boleh ceki ceki ke sini atau kalau cek keaslian produknya bisa ke sini. Pastikan produk yang kamu punya asli, yah!

Nah, buat temen-temen yang udah pakai dua produk di atas, coba sini sharing pengalamannya di kolom komentar, hihi.


 
Sources:
https://www.healthline.com/search?q1=retinol
https://www.byrdie.com/the-skin-care-benefits-of-pomegranates-2442898
https://thedermreview.com/acetyl-hexapeptide-8/
https://www.healthline.com/health/allantoin-for-skin
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide#benefits
https://www.instyle.com/beta-glucan-skin-benefits-7489333
https://www.healthline.com/health/niacinamide-and-retinol

8 Comments

  1. Kalau pengen coba salah satu, better yang mana dulu yang paling rekomen?

    BalasHapus
  2. masuk wishlist aku nih retinol serumnya scarlett

    BalasHapus
  3. Aku udah nerapin dua kombo (retinol + niacinamide) ini dari tahun lalu. Emang beneran bikin kulit cerah + mulus😍

    BalasHapus
  4. Senang banget makin banyak pilihan skincare retinol dari brand lokal, masukin wishlist dulu :)

    BalasHapus
  5. Aku juga suka duo combo ini. Untung ini persentase niacinamidenya ngga begitu besar jadi masih aman banget buat di layer bareng. Tapi cepet banget abisss sayangnya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pertama pakai si niacin dulu baru si retinol. Udh pernah coba pake si retinol di awal malah kaya aneh gitu feelsnya kaya ga nyerep di muka produknya malah ngambang di aku huhu

      Hapus
  6. Hasilnya kelihatan sekali membuat kulitnya kak Dia lebih sehat! Duo serum ini juga jadi kesayanganku nih. Semenjak aku berani layering niacinamide dengan retinol, hasilnya di kulitku memang semakin bagus. Cerahnya dari Niacinamide dapet, anti aging dari retinolnya bikin kulit awet muda kencang dan kenyal. Yang belum coba wajib cobain juga nih!

    BalasHapus
  7. Kok gemes banget sama resultnya! Jujur pengen mulai nyoba pake retinol tapi masih maju mundur karena kulit aku yang sensitif banget. Tapi kayaknya boleh dicobain juga nih retinolnya Scarlett hihi

    BalasHapus