Solusi Agar Tidak Mudah Tergiur Skincare yang Sedang Hype

Pertama, aku cuma mau bilang kalau gampang tergoda sama sesuatu yang baru apalagi belum pernah kita miliki itu wajar, manusiawi. Ga hanya berlaku dalam dunia per-skincare-an, ngeliat cewe/cowo baju cakep dipajang di toko aja bawaannya pengen ngeliatin trus megang-megang, berujung ingin memiliki. Etapi jangan mentang-mentang dibilang wajar terus nganggep perilaku seperti ini bisa dimaklumi selamanya, engga. Jangan. Sifat mudah tergoda memang karakteristik dasar manusia, tapi kan bisa ditekan ya beb itulah gunanya iman.

Mudah tergiur skincare yang belum kita miliki disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya terpengaruh sosial media, terpengaruh teman, keseringan liat online shop, kurang memperhatikan kandungan skincare yang sudah dimiliki, kurang memperhatikan kondisi kulit sendiri, dan yang paling parah kepo ingin mencoba produk baru. Untuk pembahasan lebih lengkap tentang alasan-alasannya, bisa baca di artikel yang ini: Alasan Kita Kalap Membeli Banyak Produk Skincare.

Sekali dua kali boleh lah ya, bandel dikit gitu jangan terlalu keras sama diri sendiri. Tapi kalo diulangi terus-terusan ya ga baik itu namanya, bisa merugikan diri sendiri. Kamu bisa aja ga sadar tau-tau produk skincare yang kamu miliki itu udah kadaluarsa, trus karena kamu keseringan nyoba skincare tanpa memerhatikan kondisi kulit bisa terjadi break out di wajah, susah nabung, dan ga bisa nahan nafsu belanja barang lainnya. Baca: Selain Bokek, Ini yang Akan Terjadi Kalau Kita Kalap Jajan Skincare Melulu.

Trus solusinya apa nih mba? Nah, aku ada beberapa solusi untuk menangkal dan mengobati kebiasaan pengen ini-itu banyak sekali giliran mau check out belanjaan malah galau.

1. Perhatikan Kondisi Kulit Sendiri

Sekarang kamu ngaca, liatin muka kamu. Iya, cantik. Iya, ganteng. Perhatikan wajah kamu itu kenapa, ada masalah apa sampe kamu pengen beli produk abcd. Oke, ada jerawat, bekas jerawat, garis halus, kusam, dan pori-pori gede. Dari situ, kamu cari tahu deh kandungan apa yang bisa menanggulangi permasalahan kulit kamu. Jadi kalo nanti kamu beli produk skincare patokannya yang ada kandungan itu aja yang sesuai sama kebutuhan kulit kamu.

Atau kalau kamu ada waktu, coba pergi ke klinik kecantikan minta di-scan wajah. Di situ nanti wajah kamu akan difoto menggunakan sebuah alat yang dapat mendeteksi jenis kulit dan permasalahan kulit kamu. Kamu bisa diskusi dengan dokternya, kandungan produk apa yang sebaiknya digunakan untuk kulit kamu yang seperti itu. Biasanya sih diarahin ke produk klinik tersebut wkwk, tapi ga mesti deng. Kalo dokternya pengertian pasti bakal dijelasin kok. Tapi kalo ga dijelasin dan udah terlanjur beli krim dokternya, gimana? Nah, kalau di kemasan produknya disebutin kandungannya apa, kamu bisa cari tahu dari situ.

Ini adalah serum jerawat yang aku dapatkan dari klinik kecantikan Muntira.

Kalo ga dijelasin dan udah terlanjur beli krim dokternya tapi di kemasannya ga ada keterangan apa-apa selain krim A krim B atau krim pagi krim malam aja gimana? Hhhh, lebih baik balik lagi ke klinik deh.


2. Rajin Browsing Kandungan Skincare

Ambil satu produk skincare yang kamu punya, baca kandungan utama yang ada pada produk tersebut. Kemudian, cari tahu dengan lengkap dan detail kandungan produk tersebut satu persatu.

 Baca: Review: Some by Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner

Inget-inget ya masing-masing kandungan yang ada di produk skincare kamu itu gunanya untuk apa aja. Nanti kalo ada produk baru yang punya claim mirip dengan produk yang kamu punya, cek dulu tuh produk kandugannya apa. Kalau sama, ya gausah dibeli. Tapi tetep pengen beli buat perbandingan? Yah serah u dah hidup-hidup u.


3. Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi 'Penggoda'

Kamu bisa loh matiin notifikasi instagram, marketplace, atau aplikasi lain yang di dalamnya ada jualan skincare biar jarimu ga tergelincir stalking dagangan macem-macem.



Kecuali kamu pedagang ya jangan dimatiin, kasian calon pembelinya kelamaan nunggu respon kamu.


4. Nonton Review Skincare Sebatas untuk Pengetahuan

Kalau saat ini kamu sedang dalam kondisi susah untuk mengontrol nafsu belanja, lebih baik tahan dulu untuk tidak menonton video review skincare yang biasa ada di Youtube. Ga cuma Youtube sih, di instagram juga ga kalah banyak review yang hadir dalam bentuk video maupun tulisan. Kuatirnya kalo tetep cari-cari review, kamunya malah makin tergugah untuk beli macem-macem. Atau kalo udah terlanjur nonton, coba ubah pikiran kamu ketika sedang nonton atau membaca reviewskincare yang dibahas bukan untuk dibeli semuanya, namun hanya sebagai pengetahuan kita saja. Pengetahuan tentang produk apa saja yang baru rilis biar ga ketinggalan info, kandungan apa saja yang ada pada suatu produk yang sedang dibahas dan manfaatnya, atau apa aja deh banyak kok yang bisa kita dapatkan dari pembicaraan seseorang. Kalau kita jeli.


5. Bikin Skincare Budget

Berapa budget khusus untuk skincare ini tergantung masing-masing orang yah, kita ga bisa nyamain standar orang lain ke diri kita atau sebaliknya. Ada yang budgetnya sebulan 50% dari penghasilan, ada yang cuma 5%, dan sebagainya.

Sebagai gambaran aku mau ceritain cara aku bikin budget untuk skincare. Jadi gini, cielah. Sebelum memutuskan bayar apa aja dan beli apa aja termasuk skincare, tentukan nominal uang yang akan ditabung. Selanjutnya, pastikan kebutuhan urgent yang urgent banget terpenuhi dulu (yang kalo ga dipenuhi, roda kehidupan ga bisa jalan. Misal: uang bensin, uang makan biar kamu ga lemes kelaperan, uang berobat kucing.. MISAL YA MISAL, uang pulsa, uang iuran asuransi kalo kamu ikut asuransi mandiri), abis itu baru skincare. Nah caranya, bikin list skincare apa aja yang akan kamu beli: daftar skincare utama yang mau abis (restock), skincare yang sekiranya perlu kamu beli karena butuh (need), dan skincare yang kamu inginkan (want). Kalo total semuanya masuk budget, gas! Kalo melebihi budget, coba kurangi dulu itu skincare yang masuk kategori want, beli nanti-nanti aja. Kalau masih offside budget-nya, antara kamu cari alternatif produk lain yang lebih murah atau ngambil dikiiiiiiitt aja dari jatah uang yang rencananya akan kamu tabung. Mudah bukan?


6. Make Yourself Busy

Kurang lebih sama kayak cara kita ngelupain seseorang yang udah berbulan-berbulan bahkan bertahun-tahun menemani hari-hari kita. Halah. Alihkan perhatian ke hal lain yang bikin kita lupa sama dia. Alihkan perhatian ke hal lain yang bikin kita lupa sama skincare apa aja yang pengen dibeli. Bisa fokus sama tugas kuliah atau kerjaan.

Dah. Solusi yang aku tulis ini ga ngadi-ngadi ya guise, keenam poin itu udah aku jalani sendiri juga dan lumayan berhasil untuk ga keseringan bela-beli skincare terus. Kamu punya pengalaman yang sama juga kayak aku? Atau, ada solusi lain yang bisa ditambahkan? Let me know :)


0 Comments