Teknologi Intelligent DNA Guardian di Amaterasun UV Sunscreen Cream SPF 50+ PA++++ untuk Kulit Normal to Dry [Review]

Sebulan lalu aku nerima produk sunscreen yang ada teknologi Intelligent DNA Guardian-nya: Amaterasun UV Sunscreen Cream SPF 50+ PA+++. Dalam hati, "wah apa nih bawa-bawa DNA segala".

Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin

Karena penasaran, aku telusuri apa maksud dari Intelligent DNA Guardian tersebut. Berikut informasi yang terdapat pada website resmi Amaterasun:

INTELLIGENT DNA GUARDIAN

Merupakan teknologi yang hanya dimiliki oleh Amaterasun di setiap produknya. Mengandung Ethyl Ferulate & Carnosic Acid yang mampu memproteksi sel dari kerusakan DNA, melindungi kulit dari sinar UV & blue light, memperkuat skin barrier, meningkatkan hidrasi kulit.

BAGAIMANA DENGAN EFEK DARI INTELLIGENT DNA GUARDIAN? 

  1. Hasil dari Uji in vitro 0,001% intelligent DNA Guardian mampu memperbaiki kerusakan DNA akibat paparan sinar radiasi UVB
  2. Hasil Uji in vitro menggunakan metode Imunohistokimia dimer tinidin (dimier tinidin yang dihasilkan merupakan penanda adanya kerusakan DNA akibat sinar UV) menunjukan bahwa tidak ditemukan hasil dimer tinidin setelah 1 jam
  3. Hasil Uji in vitro 0,05% Intelligent DNA Guardian mampu melindungi kulit dari blue light

Gimana UVB bisa merusak DNA?


Aku ceritain pakai bahasa rakyat jelita yah, hihi. Berdasarkan penjelasan dari video di atas, UVB bisa nembus lapisan epidermis (lapisan kulit paling luar). Pada lapisan kulit tersebut, UVB bereaksi dengan sel DNA yang bisa menyebabkan kerusakan DNA. Sebenernya secara alami kulit kita bisa memperbaiki DNA yang rusak tapi kalau dibiarin lama-lama bisa menyebabkan kanker kulit. Salah satu penanganannya ya itu dia, pakai sunscreen.

 

Tentang Amaterasun

Amaterasun berasal dari Indonesia yang merupakan sister brand-nya Somethinc. Udah paham ya produk-produk skincare dan makeup-nya Somethinc tuh apa aja, lengkap banget pokoknya. Sementara Amaterasun, saat ini memiliki 3 produk sunscreen, yaitu:  UV Sunscreen Cream (untuk kulit normal dan kering)UV Sunscreen Serum (untuk kulit kombinasi dan berminyak), dan UV Body Sunscreen (untuk semua jenis kulit). Kalau belum terbiasa bedain 3 varian produk dari warnanya tubenya, mungkin bakal kebolak-balik selain karena namanya yang mirip juga keterangan untuk jenis kulit tertentunya tertulis sangat kecil. Nah, yang lagi aku pake sekarang tuh yang untuk kulit normal ke kering: UV Sunscreen Cream.

Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin | source: amaterasun.com

 

Amaterasun UV Sunscreen Cream SPF 50+ PA++++

Sunscreen ini memiliki 7-in-1 protection yaitu (1) melindungi kulit dari UVA, (2) melindungi kulit dari UVB, (3) melindungi kulit dari kerusakan DNA, (4) melindungi kulit dari paparan blue-light, (5) melindungi kulit dari polusi, (6) melindungi kulit dari radikal bebas, dan (7) melindungi kulit dari produksi sebum berlebih.

SPF dan PA+++, maksudnya apa?

SPF (Sun Protection Factor) menandakan tingkat perlindungan terhadap UVB penyebab kulit gelap dan terbakar.

PA (Protection Guide of UVA) merupakan kadar perlindungan dari sinar UVA penyebab penuaan dini. PA biasanya diikuti dengan simbol plus (+) untuk menunjukkan tingkat proteksinya. Makin banyak simbol plus, maka makin tinggi tingkat proteksinya.

Tanda plus (+) pada PA menunjukkan tingkat proteksi pada sunscreen:

  • PA+ (sedikit perlindungan PA)
  • PA++ (cukup perlindungan PA)
  • PA+++ (tinggi perlindungan PA)
  • PA++++ (sangat tinggi perlindungan PA)


A. Kemasan

Amaterasun UV Sunscreen Cream SPF 50+ PA++++ dikemas dalam tube bertekstur doff berukuran 50gr dengan dominasi warna ungu, kuning, dan hijau. Informasi mengenai nama brand, nama produk, klaim, jumlah SPF, target konsumen (untuk jenis kulit normal to dry) dan teknologi yang digunakan pada produk terdapat pada bagian depan kemasan.

Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin

Sementara pada bagian belakang kemasan terdapat keterangan fungsi produk, cara pemakaian, komposisi lengkap, perusahaan yang mendistribusikan produk, barcode BPOM (NA18221701815), non-animal cruelty, dan informasi PAO (Period After Opening)-nya selama 12 bulan.

Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin

Packaging tube-nya dilengkapi dengan tutup flip-top berwarna hijau tosca yang saat dibuka tutup terasa sedikit lembut namun tetap kencang. Aku juga ngga masalah sama lubang kemasannya, terasa pas aja untuk tekstur yang cenderung kental dan ga mudah bleberan.


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin
Amaterasun - Uv Sunscreen Cream Spf 50+ Pa++++ For Normal To Dry Skin

Teksturnya kental dan pekat, sekilas kayak tekstur facial wash. Ga runny, waktu di-spread keliatan kayak dia bakal susah diratain wkwk ternyata cuma dugaan aku aja. Kenyataannya gampang kok buat diratain ke ke kulit. Dia juga mudah meresap, ga lengket, ga ada whitecast, dan ga pilling. Finishnya di kulit terasa lembap dan cenderung satin. Teksturnya berwarna putih dan memiliki aroma yang lembut kayak wangi bunga-bungaan.

 

C. Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Intelligent DNA Guardian: melindungi kerusakan DNA pada kulit dari paparan sinar UVA, UVB, Bluelight, Infrared, polusi dan Radikal bebas. 
  2. Organic Madagascar White Ginger Lily & Hydrolyzed Hyaluronic Acid: meningkatkan dan menjaga hidrasi kulit

Kandungan Lengkap:

Aqua, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethylhexyl Salicylate, Ethylhexyl Triazone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Polyglyceryl-4 Caprate, Phenoxy-ethanol, Polyacrylic Acid, Triethanolamine, Glycerin, Citric Acid, Ethylhexyiglycerin, Fragrance, Helianthus Annuus Seed Oil, Hedychium Coronarium Root Extract, Sodium Polyglutamate (PGA-LM), Ethyl Ferulate, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract, Tocopherol, Hydrolyzed Hyaluronic Acid.


D. Cara Pemakaian

Aplikasikan sebanyak 2 jari ke seluruh wajah secara merata sebelum menggunakan makeup atau 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Reapply sunscreen setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal.


E. Review

Berhubung sunscreen ini ditujukan untuk kulit normal ke kering, sementara kulitku oily cenderung dehidrasi, yang aku perhatikan adalah efeknya yang: "apakah bikin kulit makin oily?" dan "apakah teksturnya cukup menghidrasi?".

Apakah bikin kulit oily makin oily?

Enggak. Kadar oily-ku ga parah btw guys. Selama memakai sunscreen ini aku merasa kulitku lembap satin aja kayak mau ke matte tapi bukan.

Apakah teksturnya cukup menghidrasi?

Tadinya aku berharap hidrasinya oke karena produk ini ditujukan untuk kulit kering juga, tapi aku merasa hidrasi dan lembapnya so so. Pas awal-awal pakai sunscreen ini, kulitku lagi dehidrasi banget, kalo dipegang kasar gitu, jadi masih butuh dipakein facial oil atau serum atau moisturizer yang moisturizing banget biar kulitku lebih terasa lembap dan terhidrasi.


F. Harga

Rp 69.000/50gr bisa dibeli di sini. Menurut kamu, dengan harga segini terbilang affordable ga kalau dibandingin sama benefitnya yang bisa memproteksi sel dari kerusakan DNA akibat paparan sinar UV?


G. Pros and Cons

Pros: tekstur mudah meresap, ga bikin pilling, ga ada whitecast

Cons: teksturnya kurang menghidrasi di kulit dehidrasiku, masih perlu dipakein skincare yang nampol banget hidrasinya sebelum lanjut ke sunscreen ini. Tapi ini jelas sifatnya subjektif yah. Kalau kamu suka, gas aja, hihi.


Dari 3 varian sunscreen Amaterasun, kamu udah coba yang mana?


Referensi

https://amaterasunofficial.com/en/
https://www.youtube.com/watch?v=FjewT1jDNw8

0 Comments