Referensi 38 Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat (Rp 18.216 - Rp 468.000)

Kulit lagi jerawatan, bingung mau pakai produk skincare apa? Simpelnya, kalau lagi jerawatan pilih produk yang ada kandungan tea tree, BHA, atau kalau mau lebih cepet lagi progressnya cari aja yang ada retinol-nya. Atau kalau ga mau ribet, berikut aku tuliskan referensi produk yang pernah aku pakai dan bisa kamu coba untuk mengatasi kulit berjerawat. Ga perlu dicoba semuanya, pilih beberapa yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Referensi 38 Produk Skincare untuk Kulit Berjerawat (Rp 26.000 - Rp 468.000)
 

A. Acne Patch

Acne patch bentuknya kayak stiker yang ditempelin ke jerawat aktif yang udah muncul putih-putihnya. Fungsinya untuk menarik si putih-putih nanah itu supaya lebih steril daripada kita congkel-congkel sendiri atau ditekan pakai kapas. Contoh produk acne patches:


1. La Personal - Miracle Patch

La Personal - Miracle Patch
La Personal - Miracle Patch

Aku sempet review soal Miracle Patch di sini, dalam 7 jam putih-putih di jerawat aku bisa tercabut. Ga ada rasa perih dan sakit sama sekali saat patch-nya nempel di kulit jerawat. Tekstur lembaran acne patch ini lemes, lentur, dan bisa di-stretch. Bentuknya seperti stiker yang di satu sisi ada perekatnya untuk ditempelkan ke atas jerawat, sementara sisi lain teksturnya seperti plastik elastis. | Harga: Rp 52.221 (Day Style) isi 36 Patches yang terdiri dari 8 Patches (12mm) dan 24 Patches (8mm) bisa dibeli di sini.


2. Noera - Super Star Acne Patches

Noera - Super Star Acne Patches
Noera - Super Star Acne Patches

Ternyata dalemnya ga cuma bentuk star tapi ada juga yang bentuk bunga. Terdiri dari 20 patches berawarna orang, peach, pink, hijau, dan ungu. | Harga: Rp 36.000 bisa dibeli di sini (BPOM NA11220100092).


3. Noera - Super Heart Acne Patches

Noera - Super Heart Acne Patches
Noera - Super Heart Acne Patches

Seperti namanya, patch-nya berbentuk hati sejumlah 20 pcs per pack-nya. Mirip dengan si Super Star, begitu direkatkan ke kulit berjerawat dia ga rentan geser dan cukup ngegrip. Ternyata pas aku lepas patch-nya setelah 6 jam, bagian dalam patch yang ga kena jerawat itu kayak menggelembung, pantesan selama pemakaian rasanya ada sedikit rasa ketariknya. | Harga: Rp 36.000 bisa dibeli di sini (BPOM NA11220100091).

 

B. Acne Spot

Biasanya aku pakai acne spot untuk mengatasi jerawat mendem. Reaksinya macem-macem ya, kadang setelah dipakein acne spot malah jerawatnya ga jadi muncul dan sembuh gitu aja, ada yang munculnya cuma berbentuk komedo keras yang bisa keangkat sendiri pakai exfoliating toner, ada yang muncul jadi jadi jerawat nasi (putih-putih), atau bahkan bibit jerawatnya jadi naik jadi.. ya jadi jerawat biasa. Contoh produk acne spot:

4. La Personal - Acne Treatment Gel

La Personal - Acne Treatment Gel
La Personal - Acne Treatment Gel

Pernah kubahas di sini, yang kukira jerawat mendem bakal jadi jerawat nasi yang ada putih-putihnya, ternyata hanya berubah jadi kulit mati kayak komedo. But at least dengan penggunaan Acne Treatment Gel, jerawat jadi ga begitu lama mendemnya yang kemungkinan malah bisa merembet jadi meradang dulu. | Harga: Rp 45.815 (15gr) bisa dibeli di sini.


5. barenbliss - Pimple Warrior Salicylic Acid Acne Drying Lotion

barenbliss - Pimple Warrior Salicylic Acid Acne Drying Lotion
barenbliss - Pimple Warrior Salicylic Acid Acne Drying Lotion

Cara pakainya jangan dikocok kalau mau ditotolin ke jerawat aktif. Tapi kalau mau dipalikasiin ke kulit yang bruntusan, ada komedonya, boleh dikocok. Aku sempet pake di kulitku yang ada jerawat aktif dan bruntusannya dengan cara lotionnya dikocok. Tekstur lotionnya agak powdery pas udah mengering, kalau digosok bisa pilling. Efek seteah dibiarkan semalaman: ga ada efek negatif di jerawat aktif, yang ada malah jadi mengering. | Harga: Rp 52.900 (15ml), bisa dibeli di sini (BPOM NA11220100087).

 

6. Pyunkang Yul - Acne Spot Cream

Pyunkang Yul - Acne Spot Cream
Pyunkang Yul - Acne Spot Cream

Produk ini ada kandungan alkoholnya btw, tapi bukan berarti kandungan alkohol jahat untuk kulit ya. Buat yang cocok sama kandungan alkohol, gas. Kalau kamu alergi sama alkohol, sebaiknya hindari. Selama aku pakai acne spot cream ini, jerawat yg tadinya merah meradang besoknya jadi ada matanya sehingga lebih mudah hilang jika dibersihkan dengan micellar water atau toner. | Harga: Rp 76.500 (15ml) bisa dibeli di sini (BPOM NA26200100638).


7. So Natural - Red Tock! Spot Powder

So Natural - Red Tock! Spot Powder
So Natural - Red Tock! Spot Powder

Dia terdiri dari 2 lapisan: lapisan atas yang bening dan lapisan bawah yang warnanya coklat muda. Nah lapisan atas itu bisa dipake sebagai obat jerawat. Cara pakainya jangan dikocok yah, kalau dikocok itu nanti fungsinya lain (sebagai concealer). Selama aku gunakan sebagai obat totol jerawat, performanya terbilang ngebut setelah dipakai semalaman. Calon jerawat yang jadi naik ke atas jadi meradang dan keras. Sementara jerawat meradang jadi lebih cepet keringnya. Pantesan harganya agak mihil ya :"). | Harga: Rp 256.000 - Rp 468.000 (15ml) bisa dibeli di sini.


C. Clay Mask

Secara umum, dengan kondisi kulit yang normal dan tidak sensitif dengan kandungan tertentu, clay mask dapat membantu membuat jerawat jadi lebih cepat kering. Akan tetapi, biar ga nyasar ke mana-mana apalagi kondisi kulit lagi jerawatan, berikut aku suguhkan referensi clay mask yang memiliki kandungan untuk merawat kulit berjerawat:

8. Azarine - Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Azarine - Purifying Deep Cleansing Clay Mask
Azarine - Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Dia merupakan masker juga pembersih wajah yang dapat mencerahkan kulit kusam, membersihkan pori-pori, merawat kulit berjerawat, dan mengontrol minyak berlebih. Masker ini diformulasikan dengan 12 Veggie GreenTox yang merupakan ekstrak tumbuhan hijau guna merawat kulit supaya terasa lebih halus dan teknologi encapsulated popping charcoal yang bermanfaat untuk menyerap minyak dan membersihkan pori-pori, mengangkat minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati. Teksturnya creamy lembut kayak vla kue, cuman dibilasnya agak effort sedikit kudu diusek-usek dulu biar masker yang nempel bisa luruh dengan sempurna. Full reviewnya pernah kubahas di sini. | Harga: Rp 55.000 (60ml) bisa dibeli di sini (BPOM NA18200200925).


9. The Sky Holder - Purifying Mugwort Mask

The Sky Holder - Purifying Mugwort Mask
The Sky Holder - Purifying Mugwort Mask

Dia mengandung Mugwort, Niacinamide, Salicylic Acid, Centella asiatica, Calendula, dan Kaolin Clay. Ini bukan tipe masker yang bakal narik kulit kalau teksturnya mengering. Teksturnya lembut, cukup mudah diratakan, dan menurutku cepet kering ketika sudah diaplikasikan ke wajah. Ga ada fall out di sini. Meskipun saat digunakan dia ga ada efek narik kulitnya, tapi performa membersihkan komedonya lumayan oke. Setelah 10-15 menit pemakaian lalu dibilas dengan air, efek instan yang aku rasakan tuh wajahku jadi lembut, halus, adem, dan ga ada rasa kering/ketarik. Jangan lupa pakai hydrating toner selanjutnya untuk bersihin sisa-sisa residu (walau cuma dikiit). Minusnya, setelah pemakaian beberapa kali trus ga cepet diabisin alias dianggurin gitu aja dalam waktu sekian lama, teksturnya jadi mengeras. | Harga: Rp 23.999 (10gr) bisa dibeli di sini (BPOM NA18210201966).

 

10. Scarlett - Herbalism Mugwort Mask

Scarlett - Herbalism Mugwort Mask
Scarlett - Herbalism Mugwort Mask

Mengandung Niacinamde, Mugwort extract, Green Tea Powder yang bermanfaat untuk kulit berjerawat. Tekstur ringan dan smooth, untuk benar-benar kering sampai teksturnya ga transfer, aku butuh waktu sekitar 15-20 menit. Saat maskernya mengering, teksturnya tetap terasa halus, lembut, kulitku terasa lebih mengencang, dan waktu dipakai senyum sama ngomong tuh maskernya ga fall out meski ada retak-retaknya. | Harga: Rp 75.000 (100gr) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18210201219).

 

D. Cleansing Oil

11. Skin Dewi - Bamboo Cleansing Oil

Skin Dewi - Bamboo Cleansing Oil
Skin Dewi - Bamboo Cleansing Oil

Sempat kubahas lengkap di artikel ini. Teksturnya, oily, sedikit kental namun masih terbilang encer, ada tekstur kasar-kasarnya sedikit (bamboo fiber yang berfungsi untuk mengeksfoliasi secara lembut untuk membuang sel kulit mati agar kulit lebih bersih dan memaksimalkan penyerapan skincare), dan runny. Yang menarik ketika aku mijat-mijat muka pakai cleanser ini, aku lebih bisa ngerasain ada sel kulit mati yang tertinggal di wajah. Teksturnya tuh kering kayak lapisan kulit jerawat yang udah kering gitu loh. Yaudah aku kelupas aja dan pas ngelupasinnya juga ga ada rasa sakit. Trus dengan mijetin muka pakai si Bamboo ini juga lebih mudah untuk ngambilin komedo yang wujudnya keras-empuk-warnanya putih dan juga komedo putih kecil-kecil yang biasa terjebak di pori-pori terbuka. | Harga: Rp 369.600 (150gr) bisa dibeli di sini (BPOM NA18191232544).


E. Emulsion

12. Skin Dewi - Temulawak Balancing Facial Emulsion 

Skin Dewi - Temulawak Balancing Facial Emulsion
Skin Dewi - Temulawak Balancing Facial Emulsion

Emulsion satu ini diformulasikan dengan minyak nabati, botanical ekstrak dan active ingredients untuk kulit berminyak dan untuk kulit berjerawat dan bermasalah pada kulit wajah. Cairan emulsionnya cepat sekali meresap ke kulit dan bikin kulit terasa lembap. Kukira karena teksturnya yang light dia bakal ninggalin look basah gitu di kulit setelah diaplikasiin, ternyata engga. Kulit terasa kenyal, lembap, tapi ga basah. Review lebih lengkapnya ada di artikel ini. | Harga: Rp 708.400 (30gr) bisa dibeli di sini (BPOM NA18181200428).


F. Facial Wash

13. La Personal - Acne Face Wash

La Personal - Acne Face Wash
La Personal - Acne Face Wash

Saat meggunakan facial wash ini residu berupa minyak dari cleansing balm dapat terangkat dengan baik. Pun pada saat aku bangun tidur dengan kondisi kulit berminyak dan langsung cuci muka, sabun ini dapat membersihkan minyak yang kebanyakan ngumpul di area lipatan hidung tanpa membuat kulit menjadi kering. Performa cleanser satu ini bisa kubilang gentle karena dia ga bikin jerawatku yang meradang dan terbuka menjadi perih atau cekit-cekit, lempeng aja gitu loh. Setelah cuci muka pakai Acne Face Wash, aku merasa kulitku kesat in a good way dan terlihat lebih cerah. Review lengkapnya ada di sini. | Harga: Rp 39.552 (100gr) bisa dibeli di sini (BPOM NA11221200788).


14. Wardah - Perfect Bright + Oil Control Creamy Foam

Wardah - Perfect Bright + Oil Control Creamy Foam
Wardah - Perfect Bright + Oil Control Creamy Foam

Mengandung 4x bright berries, kaolin clay, double sebum reducer, dan moisturizing olive oil. Facial Wash ini memiliki tekstur yang aku suka banget! Tekstur creamy-nya menghasilkan busa yang banyak namun tetap terasa lembut di wajah. Setelah cuci muka, kulitku terasa bersih kesat (bukan kering ketarik) dan terlihat lebih matte. Meski muka ga jadi kering atau berminyak setelah beberapa jam didiemin alias ga langsung lanjut skincare-an, sebaiknya percobaan semacam ini ga perlu ditiru hahaha. Aku cuma ngetes aja. | Harga: Rp 18.216 (50ml) bisa dibeli di sini (BPOM NA18171204120).


15. barenbliss - 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser

barenbliss - 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser
barenbliss - 10 Elements! Amino Acid Rich Foam Cleanser

Poin plus dari facial wash ini adalah aplikator brushnya yang lembut yang mampu membersihkan sisa makeup, kotoran, dan minyak supaya tidak ada residu yang tertinggal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Dia mengandung Amino Acid untuk mengatasi jerawat dan minyak berlebih dan Ceramide yang ga bikin kulit jadi kering. | Harga: Rp 99.000 (100ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA11221200517).


16. Azloe - Healthy Blooming Facial Wash

Azloe - Healthy Blooming Facial Wash
Azloe - Healthy Blooming Facial Wash

Mengandung Mugwort Extract juga PHA yang dapat mengatasi kulit berjerawat juga berminyak. Teksturnya creamy, busanya lumayan banyak. Yang aku rasakan setelah memakain facial wash ini kulitku terasa halus dan kesat in good way, kalau ada jerawat meradang tuh kadang ada yang jadi lebih cepet kering. | Harga: Rp 69.750 (60ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18211208663).


17. Base - Nine To Ten Nourishing Cleanser

Base - Nine To Ten Nourishing Cleanser
Base - Nine To Ten Nourishing Cleanser

Mengandung Niacinamide, May Chang Oil, Ekstrak Tea Tree, Squalane, dan Bisabolol. Memiliki formula non-SLS, tidak membuat kulit kering atau tidak menimbulkan efek ketarik setelah penggunaan. Non-parfumed product, untuk menghindari efek perih pada kulit, cocok untuk kulit sensitif. Kalau kulitku lagi berminyak banget, kurasa kalau bersiin mukanya cuma pakai cleanser ini, minyaknya ga begitu keangkat. Selama pemakaian juga aku ga ngerasa ada efek perih di wajahku yang lagi jerawatan. Produk ini pernah kubahas lengkap di sini. | Harga: Rp 88.200 (100ml) bisa didapat di sini (BPOM NA18191234975).


18. Cetaphil - Gentle Skin Cleanser

Cetaphil - Gentle Skin Cleanser
Cetaphil - Gentle Skin Cleanser

Mengandung Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben, yang berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak tanpa menyebabkan kulit menjadi kering, membersihkan kotoran dan sisa make up dari wajah, dan melembabkan kulit wajah. Bisa dipakai untuk kulit wajah juga badan. Sensitive skin friendly! Aku sempet pakai sabun ini pas lagi breakout paraahh, performanya gentle banget. Progressnya di jerawat memang pelan-pelan, setidaknya ga bikin jerawat meradangku makin nyebar. | Harga: Rp 43.447 (59ml) bisa didapatkan di sini (NE11160700635).


19. COSRX - Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

COSRX - Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser
COSRX - Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser

Karena dia bisa bikin jerawat gede-gedeku cepet kering dan ngelupas, aku ga bisa bilang ini gentle. But, I personally love this product karena tiap muncul jerawat dan aku pengen jerawatku cepet kering, aku pakai facial wash ini. Sebagai catatan, kulitku oily-acne prone (ga sensitive), kalau kamu kulitnya sensitive bisa check and recheck dulu, yah! :D | Harga: Rp 70.000 (150ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA26181202688).


20. Hada Labo - Mild Peeling AHA + BHA Makeup Remover + Face Wash

Hada Labo - Mild Peeling AHA + BHA Makeup Remover + Face Wash
Hada Labo - Mild Peeling AHA + BHA Makeup Remover + Face Wash

Ngebantu buat ngeringin jerawaaat tapi performanya masih di bawah COSRX - Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser . Setelah cuci muka pakai facial wash ini sedikit bikin kulit terasa ketarik (ini tergantung kondisi kulitku juga lagi gimana). Dia bekerja dengan cara mengikis permukaan sel kulit mati dengan lembut serta mengangkat kotoran dan minyak pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori. | Harga: Rp 24.147 (50gr) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18121201037).


G. Moisturizer

21. Azarine - Blemish Rescue+ Oil Free Brightening Daily Moisturizer

Azarine - Blemish Rescue+ Oil Free Brightening Daily Moisturizer
Azarine - Blemish Rescue+ Oil Free Brightening Daily Moisturizer

Mengandung Centella asiatica, Cinnamon bark, Arbutin, Resveratrol, dan Royal Jelly yang berfungsi untuk mengontrol sebum berlebih, merapatkan pori-pori, memberi tampilan matte pada wajah, melembapkan, mengatasi bruntusan, no alcohol, no fragrance, & no oil. Teksturnya gel cream, kental, tapi tetap terasa ringan di kulit, mudah diratakan, ga lengket, finishnya semi matte tapi masih terasa lembap. Warnanya bening agak keruh, sekilas beraroma isian kue rasa kelapa. Fitur oil control ini sangat membantu banget di kulitku yang berminyak supaya produksi minyaknya terkontrol dan ga gampang jerawatan. | Harga: Rp 62.100 (40ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18210100774).


22. Wardah - Perfect Bright + Oil Control Moisturizer SPF 30 PA+++

Wardah - Perfect Bright + Oil Control Moisturizer SPF 30 PA+++
Wardah - Perfect Bright + Oil Control Moisturizer SPF 30 PA+++

Mengandung 4x Bright Berries, SPF 30 PA+++, Zinc (Oil Control Technology), dan Clair Blance yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih, membuat kulit tampak lebih cerah, dan menghaluskan juga melembapkan kulit. Teksturnya yang creamy kental karena membuat kulit dehidrasiku terlihat lebih supple dan sehat. Meskipun efek tone up-nya natural, aku ga menyarankan temen-temen langsung pakai banyak di muka karena ngeblend-nya jadi agak susah dan malah bisa terlihat seperti ada whitecast-nya. Setelah teksturnya diratakan ke kulit, aku merasa finishnya agak basah dan kesat tapi halus. Tunggu beberapa detik setelahnya untuk merasakan finish matte-nya. Finish matte-nya bikin kulit kaku dan powdery, ga? Enggak. Matte-nya halus dan lembap. | Harga: Rp 26.048 (20ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220102115).

 

H. Serum

23. Erha - Anti Acne Serum

Erha - Anti Acne Serum
Erha - Anti Acne Serum

Mengandung BHA 2%, Niacinamide 5%, dan Mugwort Extract yang berfungsi untuk menghambat bakteri penyebab jerawat, mengangkat kotoran dan sel kulit mati, dan mengurangi minyak. Teksturnya berwarna putih gading, sedikit kental, mudah diratakan, cepat meresap, ringan, terasa menghidrasi, dan ga ada rasa lengket. Progress di jerawatnya pelan tapi pasti terlebih untuk jerawat ringan. Serum ini terbilang gentle karena ga bikin jerawat perih, bisa dipakai pada pagi dan malam hari. | Harga: Rp 135.000 (30ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18210104889).


24. Neira - Superfood Skin Juice Acne Hack

Neira - Superfood Skin Juice Acne Hack
Neira - Superfood Skin Juice Acne Hack

Mengandung Salicylic Acid, Ceramide, Niacinamide, dan Mixed Veggie Extract yang bermanfaat untuk menenangkan kulit berjerawat, melawan bakteri penyebab jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, berfungsi sebagai antioksidan, dan melembapkan serta membantu memperkuat skin barrier. Buat yang lagi jerawatan atau pengen merawat kulit biar ga mudah timbul jerawat karena dasarnya acne-prone, bisa pakai ini. Rasanya pas dipakai di kulit tuh adem, licin di awal aja, mudah meresap ke kulit, dan ga bikin lengket. | Harga: Rp 50.000 (30ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220101949).


25. Avoskin - Your Skin Bae Mandelic Acid 5% + Panthenol + Perilla Extract

Avoskin - Your Skin Bae Mandelic Acid 5% + Panthenol + Perilla Extract
Avoskin - Your Skin Bae Mandelic Acid 5% + Panthenol + Perilla Extract

Untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit, merawat kulit berjerawat, menyamarkan garis halus, dan mencerahkan kulit. Dapat digunakan oleh semua jenis kulit, khususnya dry-combination skin. Teksturnya cair namun sedikit kental, saat diaplikasikan ke kulit terasa efek hidrasi dan lembapnya, dan mudah meresap ke kulit. | Harga: Rp 113.980 bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220108575).


26. Avoskin - Your Skin Bae Tea Tree + Witch Hazel + Glycolic Acid + Rosemary

Avoskin - Your Skin Bae Tea Tree + Witch Hazel + Glycolic Acid + Rosemary
Avoskin - Your Skin Bae Tea Tree + Witch Hazel + Glycolic Acid + Rosemary

Mengurangi komedo, merawat kulit berjerawat, mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati. Bisa digunakan oleh semua kulit, khususnya oily-combination skin. Teksturnya cair namun sedikit kental, lebih licin dari serum Mandelic Acid 5% + Panthenol + Perilla Extract, saat diaplikasikan ke kulit terasa efek hidrasi dan lembapnya, dan mudah meresap ke kulit. | Harga: Rp 122.550 bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220107949).


27. Avoskin - Your Skin Bae Spirulina + Witch hazel + Glycolic Acid + Niacinamide

Avoskin - Your Skin Bae Spirulina + Witch hazel + Glycolic Acid + Niacinamide
Avoskin - Your Skin Bae Spirulina + Witch hazel + Glycolic Acid + Niacinamide

Mengurangi komedo, merawat kulit berjerawat, mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati. Bisa digunakan oleh semua kulit, khususnya dry-combination skin. Teksturnya cair namun sedikit kental, lebih licin dari serum Tea Tree + Witch Hazel + Glycolic Acid + Rosemary, saat diaplikasikan ke kulit terasa efek hidrasi dan lembapnya, dan mudah meresap ke kulit. | Harga: 102.999 (30ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220107949).

28. Nadfaskin - Tea Tree Serum

Nadfaskin - Tea Tree Serum
Nadfaskin - Tea Tree Serum

Mengandung tea tree mengatasi jerawat meradang, mengurangi minyak berlebih, dan mengatasi kulit kering. Teksturnya kentalnya bikin kulit jadi lembap banget meskipun untuk bener-bener terserap ke kulit agak butuh waktu. Untuk performanya terbilang gentle di kulitku, bisa ngempesin jerawat tapi ga langsung semalem dua malem. selama diolesin ke area jerawat ga bikin jerawat jadi perih. trus efeknya di kulit yang ga jerawatan ga jadi kering juga! | Harga: Rp 82.500 (20ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18210101023).


29. Azarine - Pore Tightening & Oil Control Moist Serum

Azarine - Pore Tightening & Oil Control Moist Serum
Azarine - Pore Tightening & Oil Control Moist Serum

Mengandung Glycerin dan Centella Asiatica Extract yang dapat mengurangi jerawat dan bekerja dengan sangat gentle. Aku pernah pakai serum ini selama 2 mingguan, yang aku rasakan tuh jerawat lumayan bisa kekontrol meskipun saat sedang haid.| Harga: Rp 46.550 (20ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220102924).


30. Dear Me Beauty - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Dear Me Beauty - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract
Dear Me Beauty - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Serum ini bekerja di kulitku dengan sangat gentle, ga menimbulkan kemerahan, iritasi, dan efek negatif lainnya. Yang aku rasain sesaat setelah pakai serum ini: berasa banget lembapnya, kulit makin halus, terasa lebih kenyal, tekstur serumnya yang mudah meresap dan ga lengket bikin nyaman saat pengaplikasian produk skincare selanjutnya. | Harga: Rp 96.030 (23ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18210101801).


31. Azarine - Acne Spot Serum

Azarine - Acne Spot Serum
Azarine - Acne Spot Serum

Mengandung Succinic Acid dan Cica untuk mengatasi jerawat. Performanya gentle bangeet, mau dipakai tiap hari di kulit acne prone biar kulit ga gampang jerawatan juga ok banget. | Harga: Rp 29.000 (20ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220102924).


32. Noera - Anti Acne Serum

Noera - Anti Acne Serum
Noera - Anti Acne Serum

Mengandung Seboclear-MP, Oligopeptide-10, Tripepeptide, Niacinamide, Mugwort extract, Hyalorunic acid, dapat digunakan untuk kulit yang bruntusan, memiliki jerawat meradang, memiliki bekas jerawat, bopeng, dan pori-pori besar. Teksturnya transparan, kental, dingiin, kalo dipakein ke area jerawat bakal soothing banget sih, dan waktu diratakan ke kulit rasanya licin. Meksipun teksturnya agak pekat, tapi 1 tetesnya aja udah gampang banget di-spread ke area jidat. | Harga: Rp 80.100 (10ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18161202650).


33. Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Mengandung Salicylic Acid yang dapat melawan bakteri jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengurangi tampilan pori-pori yang terbuka lebar, dan mengurangi produksi sebum berlebih. Menurutku serum ini bekerja dengan sangat gentle di kulitku, progressnya terbilang enggak ngebut, ga bikin jerawat terasa perih, pun saat aku combine dengan exfoliating toner ga mengakibatkan reaksi negatif apapun (untuk langkah ini tidak perlu ditiru karena efeknya bisa jadi harsh di kulit yang cenderung sensitif). | Harga: Rp 119.000 (20ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18220110213).


J. Sunscreen

34. Azarine - Calm My Acne Sunscreen Total SPF 35 PA +++

Azarine - Calm My Acne Sunscreen Total SPF 35 PA +++
Azarine - Calm My Acne Sunscreen Total SPF 35 PA +++

Teksturnya creamy ringan banget di kulit, mudah diratain, dan awal-awal tuh kan finishnya glowy basah ya, kukira bakal stay glowy gitu tapi lama kelamaan berubah jadi velvet agak matte. Ga bikin perih di jerawat juga. | Harga: Rp 35.880 (40ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18221701938).


K. Toner

35. Azarine - Blemish Rescue+ Mild Purifying Toner

Azarine - Blemish Rescue+ Mild Purifying Toner
Azarine - Blemish Rescue+ Mild Purifying Toner

Mengandung Succinic Acid, Salicylic Acid, Bakuchiol untuk mengatasi jerawat. Teksturnya cair, mudah meresap, yang paling penting tuh dia ga bikin area jerawat meradangku terasa perih dan cekit-cekit. | Harga: Rp 63.480 (90ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA18211206236).


36. Airnderm - Acne Toner Mild

Airnderm - Acne Toner Mild
Airnderm - Acne Toner Mild

 Mengandung Galactosyl Salicylate untuk meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengatasi bakteri penyebab jerawat, dan mencegah penyumbatan pada pori-pori yang dapat menyebabkan komedo. Feel seret pada toner ini memberi efek kulit kulitku terasa lebih empuk dan halus setelah memakai toner, baik dengan menggunakan kapas maupun mengusapnya dengan telapak tangan. Ga bikin perih di jerawat aktifku dan mampu membersihkan pori-pori juga mencegah timbulnya komedo. | Harga: Rp 71.250 (100ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA1820120299S2).


37. Abib - Heartleaf Calming Toner

Abib - Heartleaf Calming Toner
Abib - Heartleaf Calming Toner

Dia mengandung Heartleaf yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengontrol produksi sebum, dan meredakan masalah kulit sensitif dan iritasi. Untuk jerawat, toner ini bekerja untuk menenangkan kulit jerawat yang meradang namun kalo dipake di jerawat terbuka ya tetep perih juga :"). Review lengkapnya pernah kubahas di sini. | Harga: Rp 204.600 (200ml) bisa didapatkan di sini (BPOM NA26211200529). 


38. Sebamed - Clear Face Deep Cleansing Facial Toner

Sebamed - Clear Face Deep Cleansing Facial Toner
Sebamed - Clear Face Deep Cleansing Facial Toner

Ini toner pertamaku setelah lepas dari krim dokter. Di jerawat aktif rasanya perih banget apalagi pas pertama kali pemakaian, tapi setelah aku perhatikan beberapa minggu awal progressnya keliatan bangeet bikin jerawat lebih cepat kering dan seiring pemakaian jerawatku jadi berkurang. Sampai saat ini aku udah pakai 3 botol toner ini. | Harga: Rp 120.000 (150ml) bisa didapatkan di sini (NC16191205134).


Kira-kira mana yang paling pengen kamu coba?

10 Comments

  1. Dari semuanya yang pernah aku coba cuma base sama pyunkang yul aja nih

    BalasHapus
  2. Masih banyak yang belum aku coba nih. Azarine sunscreennyg ijo iya terlalu matte banget 🥲. Akhirnya aku kasih ke adek ku yg kulitnya normal. Terpantau aku masih ngidam sama skincare skin dewi belum pernah icip huhu

    BalasHapus
  3. Ada beberapa merek yang aku cukup familiar, tapi belom pernah coba. Alhamdulillah walau dulu masa puber jerawatan parah, tapi sekarang udah nggak walau sesekali ketika kurang istirahat, minum air putih, stress dan banyak makan "sampah" jadinya suka timbul jerawat. Ada sih produk di atas yang aku naksir banget haha cuma harganya lumayan mahal terakhir ngecek.

    BalasHapus
  4. Waah... terimakasih..banyak banget nih yg bisa dicoba. Eh..aku paling tertarik dg claymasknya nih..hehe... Sekali lagi terima kasih sharing infonya ya..

    BalasHapus
  5. wah lengkap banget ya. coba aku baca ini waktu ada jerawat di muka beberapa minggu lalu. tapi masih ada bekasnya nih. apa bisa bekas jerawat pakai produk-produk ini juga?

    BalasHapus
  6. Jerawat mendem itu jerawat batu, kak?
    Di antara produk2 itu baru coba sunscreen Azarine tapi sayangnya kurang cocok (pdhl aku tipe kombinasi)😑 jd pindah ke merek lain.
    Untung ada clay mask yg ga pake niacin yaa.

    Udh pernah coba facial wash Acnes dari mentholatum? Dulu pas teenager pake itu.

    BalasHapus
  7. Wardah bright oil control tuh bagus lhoooo aku pake.. so far aku cocok sik sama produk produk wardah... murah pula

    BalasHapus
  8. Aduhhh banyak banget rekomendasi yang dituliskan, tapi beberapa udah pernah nyobain. Kayak Wardah, atau Azarine Calm My Acne Sunscreen nya yang ringan, harganya pun juga gak mahal. Kalo Cetaphil cuma abis dua botol dan berhenti, gak ada alasan gak cocok dengan produknya sih. Tapi emang lagi mau pakai produk lainnya, kayak Somethinc acne. Eh tapi sekarang aku pakai produk Wardah lagi.

    BalasHapus
  9. Dari dulu serius pingin cobain skin dewi, karena rekomendasi beberapa blogger dan orang-orang yang pernah merasakan se'keren' itu hasilnya.

    Tapi dari semua rekomendasi, aku ngerasa bersyukur banget bisa baca testimoni di blog ini. Karena jadi kebayang, kayanya aku pingin nyobain rangkaian perawatan kulit berjerawat yang mana nih.. dari mulai acne patch yang lutu-lutu nggemeshin sampai ke masker.

    Sampai sekarang, aku beneran gak pernah stay di satu produk.
    Tapi palingan muternya ke produk-produk skincare korea aja siih.. yang mereka claimed kalau terbuat dari bahan alami.

    BalasHapus
  10. wow lumayan banyak juga yaa produk skincare untuk kulit berjerawat. walau belum pernah pake semua produk yang ditulis di atas, tapi untuk merk yang ditulis ada beberapa produknya yang saya pakai

    BalasHapus