Sebulan Pakai Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum, Efeknya Gimana, Ya?

Sebelum kenal sama retinol, produk andalan aku buat nyembuhin jerawat tuh pokoknya di produknya ada tulisan BHA atau Salicylic Acid-nya dalam bentuk facial wash atau toner. Kalau serum tuh seinget aku dulu belum begitu banyak. Nah, kalau mau nyari versi serumnya, aku ada referensi serum jerawat yang memiliki dua kandungan tersebut kayak 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum dari Somethinc.

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum merupakan serum dengan 4X Acne Combat yang dapat membantu megurangi jerawat dan komedo. Diformulasikan dengan 2% Salicylic Acid untuk melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus membersihkan pori tersumbat, Zinc Sulfat untuk mengurangi tampilan sebum berlebih, dan dan Poria Cocos untuk memperbaiki kulit & menenangkan kemerahan.

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum | source: beautyhaulindo

Dibanding serum jerawat Somethinc sebelumnya, 2% BHA Liquid Perfector, 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum memiliki tekstur yang lebih ringan (watery), lebih efektif dan gentle melawan bakteri jerawat, dan minim busa.

BHA sama Salicylic Acid, bedanya apa?

Salicylic Acid merupakan salah satu bentuk BHA yang dapat merawat kulit berminyak dan berjerawat. Yang aku rasakan selama memakai kandungan ini sih jerawatku lebih cepet keringnya.

 

A. Kemasan

Serum jerawat satu ini hadir dalam kemasan botol pump dengan ukuran 20ml. Packaging botolnya terkesan sangat kokoh saat dipegang dan agak berat, memiliki tekstur doff semi transparan di mana kita bisa melihat warna tekstur serumnya.

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Botolnya dibalut dengan stiker putih berisi informasi mengenai nama brand, nama produk, manfaat produk, di sampingnya ada gambar menyerupai chemical bond, dan di bawahnya terdapat klaim produk. 

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Next, kita geser ke section berikutnya pada stiker, terdapat penjelasan tentang fungsi dan cara pemakaian produk yang dipaparan dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), perusahaan yang mendistribusikannya, informasi BPOM (NA18220110213), volume produk, klaim non-animal cruelty, dan PAO 12 bulan.

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Kalau mau informasi lebih lengkapnya ada di kemasan boxnya, nih. Di sini kita bisa tahu produk ini dipakai untuk tipe kulit apa dan permasalahan kulit seperti apa saja, komposisi lengkap, sampai penjelasan kandungan utamanya.

Aplikator pump-nya menyatu dengan botol yang selama 1 bulan pemakaian ini lancar-lancar aja. Karena teksturnya watery, menurutku lebih aman kalau cara nuang serumnya dalam keadaan botolnya horizontal biar teksturnya ga ada yang ngalir ke bawah.


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum
Somethinc - 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum

Teksturnya watery, ringan, mudah meyerap ke kulit, minim busa (busanya akan muncul saat serum baru dikeluarkan dari pump, setelah itu busa-nya perlahan menghilang), hidrasinya cukup (3,9/5), kalau di telapak tangan rasanya agak lengket tapi di kulit muka ga ada lengket-lengketnya, hanya ada feel keset yang lembap. Tekstur serum ini berwarna peach transparan. Lalu untuk wanginya, aku tidak mencium aroma apapun.

 

C. Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Salicylic Acid: melawan bakteri jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengurangi tampilan pori-pori yang terbuka lebar, dan mengurangi produksi sebum berlebih
  2. Poria Cocos: menyejukkan kulit kemerahan dan menguatkan skin barrier
  3. Zinc Sulfate: mengurangi produksi sebum berlebih dan menenagkan kulit kemerahan karena jerawat

Kandungan Lengkap:

Aqua, Acacia Senegal Gum, Pentylene Glycol, Salicylic Acid, Trehalose, Polyglyceryl-4 Caprate, 1,2-Hexanediol, Butylene Glycol, Benzotriazolyl Dodecyl P-Cresol, Disodium EDTA, Hydroxyethylcellulose, Triethanolamine, Ethylhexylglycerin, Hydrolyzed Algin, CI 19140, Phragmites Kharka Extract, Poria Cocos Extract, CI 17200, Phenoxyethanol, Zinc Sulfate.


D. Klaim Produk

Eksfoliasi harian yang powerful & gentle, mengecilkan tampilan pori-pori dalam 14 hari, mengurangi minyak berlebih dalam 14 hari, vegan friendly, non-comedogenic certified, hypoallergenic, fungal acne friendly,  dan dermatologically tested.

 

E. Cara Pemakaian

Pompa 3-5 pump serum ke telapak tangan. Tepuk-tepuk dengan lembut pada wajah dan leher yang telah dibersihkna. Gunakan secara rutin pada pagi dan malam hari.

Saat memakai serum Somethinc 2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum, sebaiknya tidak dicampur atau dibarengi dengan produk yang mengandung Retinoid atau Retinol, Vitamin C, Benzoil Peroxide, Glycolic Acid, dan AHA. Boleh dibarengi dengan produk yang mengandung Niacinamide, Ceramide, dan Hyaluronic Acid.

 

F. Review

Menurutku serum ini bekerja dengan sangat gentle di kulitku, progressnya terbilang enggak ngebut, ga bikin jerawat terasa perih, pun saat aku combine dengan exfoliating toner ga mengakibatkan reaksi negatif apapun (untuk langkah ini tidak perlu ditiru karena efeknya bisa jadi harsh di kulit yang cenderung sensitif).

Beneran bisa ngontrol produksi sebum ga sih? Selama pemakaian sih aku ga merasa kulitku jadi makin berminyak atau nambah jerawatan kecualiii pernah sekali aku abis pakai makeup trus lupa bersihin makeup sebelum tidur. Jadilah muncul jerawat :") But overall kalau pakainya tertib sih aku merasa kulitku ga makin oily.


G. Harga

Rp 119.000/20ml bisa didapatkan di Somethinc Official Shop (Shopee) atau di toko skincare langganan kamu.


H. Sasaran Konsumen

2% BHA Salicylic Acid Acne Treatment Serum dapat digunakan untuk pemilik kulit acne-prone dan berminyak dengan permasalahan kulit berjerawat, berminyak, ada komedo hitam & putih, juga bruntusan. Serum ini sudah bisa digunakan dari umur 11 tahun.


I. Pros and Cons

Pros: bisa direferensikan untuk temen-temen yang lagi nyari produk jerawat yang kandungannya ok tap tetep gentle di kulit, ga bikin perih maupun cekit-cekit jerawat aktif

Cons: -

 

Referensi

https://pickme.co.id/blog/salicylic-acid-tidak-boleh-dicampur-dengan/

0 Comments