Lawan Jerawat bareng Some by Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner

Sebelumnya, aku mau tarik napas sejenak karena kali ini adalah kali kesekian aku menemukan produk skincare Korea yang cocok lagi di aku. Siapa yang ga kenal brand Some by Mi yang sering banget bikin kita deg-degan sama nama produk yang mereka bikin? Dari nama produknya AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner aja nih aku udah excited sama kata-kata 30 Days Miracle-nya. Seampuh apa emangnya sampai bisa ngasih jaminan waktu 30 hari? Emang lagi mencari cinta? Eit eit.

Disclaimer dulu bentar, akutuh memang anaknya suka banget sama produk eksfoliasi apalagi yang bisa dipakai harian kaya toner ini. Sebelum nyoba produk ini pun aku udah pakai toner yang mengandung BHA untuk mengatasi permasalahan jerawat aku. Trus kenapa jadi belok ke AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner? Waktu itu aku merasa kurang maksimal aja dengan toner yang aku gunakan, karena tidak terlalu spesifik untuk jerawat. Dengan hadirnya produk ini seakan ada angin segar yang menyapu jerawatku gitu – halah. Singkat cerita, saat ini aku udah mulai menggunakan botol kedua produk AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner.

Yuk kita bahas produk ini lebih lanjut.




A. KEMASAN

Kenapa ya kalo produk untuk jerawat pasti kemasannya warna hijau? Seperti toner ini yang dikemas dengan botol warna hijau tua transparan, dibalut dengan kertas putih berisikan keterangan produk. Dari kemasannya, bisa aku bilang kalo produk ini straight to the point memaparkan bahan-bahan utama yang digunakan beserta claim-nya.

Produk ini tersedia dalam ukuran 150 ml. Yah, kalo mau dibawa travelling ke mana-mana kayanya harus dituang ke botol kecil biar ga menuh-menuhin tempat deh.


B. TEKSTUR DAN AROMA

Toner ini cair, berwarna  bening seperti air. Memiliki aroma mint.





C. KANDUNGAN PRODUK

Produk ini mengadung lima bahan utama yaitu AHA, BHA, PHA, Niacinamide, dan Tea Tree.

1. AHA (Alpha-Hydroxy Acid)

Berfungsi untuk pengelupasan kulit dan memberikan perawatan anti-aging. Pada kulit normal, AHA mampu untuk mengurangi kekusaman wajah akibat paparan sinar matahari. Akan tetapi pada kulit kering, penggunaan AHA bisa saja membuat kulit menjadi terlihat lebih bagus, namun setelah beberapa minggu akan menimbulkan efek iritasi pada kulit. Kulit yang kering pada dasarnya membutuhkan produk skincare yang berfungsi melembabkan, apabila tetap ingin memakai produk ekfoliasi, gunakan produk ekfoliasi yang moist seperti hyaluronic acid dan jojoba beads. Penggunaan eksfoliasi pada kulit kering harus lebih jarang dibanding jenis kulit lainnya, yaitu 1-2 kali seminggu.

2. BHA (Beta-Hydroxy Acid)

Berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki manfaat anti-aging yang sangat baik. Selain itu, BHA juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mengontrol minyak, dan mengatasi komedo. Pada kulit berminyak, penggunaan BHA sangatlah bagus karena kandungan BHA tidaklah melembabkan tapi mengeringkan kulit kita. Biarpun begitu, penggunaan BHA pada kulit berminyak tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan iritasi atau malah bisa menimbulkan minyak yang lebih banyak.

3. PHA (Polyhydroxic Acid)

PHA memberikan efek seperti AHA tetapi dengan kemungkinan iritasi yang lebih sedikit. PHA juga membantu melestarikan kolagen kulit. PHA tidak meningkatkan potensi sensitivitas terhadap sinar matahari.

4. Niacinamide 2%

Niacinamide merupakan kandungan yang sering banget kita temukan di skincare yang mengatasi masalah jerawat. Tau ga sih kalo ternyata Niacinamide ini juga memiliki fungsi lain selain mengurangi timbulnya jerawat, antara lain: mengecilkan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki pertahanan kulit, melembabkan kulit, mengurangi kemarahan pada kulit, berfungsi sebagai anti-aging, anti-keriput, mengurangi pigmentasi berlebih, memproteksi kulit dari sinar matahari, menyembuhkan luka pada kulit, dan anti-inflamasi.

5. Real Teatree 10,000 ppm

Tea Tree memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat, berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.


D. CLAIMS DAN KEY POINTS PRODUK

Claims:

1. Merawat pori-pori kulit

2. Mencerahkan

3. Melembabkan

4. AHA, BHA, PHA bekerja secara efektif sebagai eksfoliator, membuat kulit lebih bersih dan lebih bercahaya dari sebelumnya.




Key points:

1. Teruji tidak menyebabkan timbulnya komedo

2. Mengandung bahan yang dapat menimbulkan pengelupasan kulit

3. Dual functionality approved by KFDA

4. PH toner yang rendah

 

E. CARA PAKAI

1. Gunakan toner setelah cuci muka dengan sabun.

2. Tuangkan toner pada selembar kapas, lalu usapkan perlahan ke seluruh muka. Hindari daerah sekitar mata dan bibir.

Toner ini juga bisa kamu pakai tanpa menggunakan kapas, caranya tuangkan toner secukupnya pada telapak tangan, kemudian tepuk-tepukkan ke muka.

Lanjutkan dengan rangkaian skincare kamu selanjutnya. Untuk kulit yang sudah terbiasa menggunakan produk eksfoliasi, produk ini aman digunakan dua kali sehari: pagi dan malam. Apabila toner ini adalah produk eksfoliasi pertama kamu, sebaiknya gunakan dua kali seminggu dulu untuk melihat reaksi kulit kamu. Jika aman, lanjutkan. Toner eskfoliasi tidak dapat digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung vitamin C.

 

F. PENGALAMAN MEMAKAI SOME BY MI AHA-BHA-PHA 30 DAYS MIRACLE TONER  

Seperti cerita di atas, aku memutuskan menggunakan toner ini untuk mengatasi permasalahan jerawatku. Aku percaya banget produk chemical exfoliating sedikit banyak bisa mengatasi jerawat. Harapanku setelah pakai produk ini selama 30 hari itu yaaaa jerawat dan bruntusan ilang semua. Itu aja yang paling utama. Selain itu, claim produk ini yang membuat aku semakin yakin bakal bikin wajah aku jadi bersih.

Percaya ga pas pertama kali pakai toner ini jerawatku langsung pecah keluar nanah dan darah? Waktu itu memang lagi ada jerawat lumayan besar di sekitar dagu, lah diusap dikit pakai kapas kok pecah hehehe. Padahal kalo diusap pakai toner eksfoliasi lain kayak biasanya tuh engga pecah atau ngebuka sama sekali. Jadi aku harus seneng apa sedih ini? Kedengeran agak mengerikan sih tapi menurut aku pribadi ini malah menyenangkan karena mempercepat proses penyembuhan jerawat. Sayangnya, momen jerawat pecah gara-gara toner ini terjadi sekali aja guys, ga ada kejadian ulang wkwkw.

Caraku memakai toner ini seperti keterangan di atas, biasanya pakai kapas, biasanya juga dituang langsung ke tangan. Setelah diusap atau ditepuk-tepuk ke wajah, wajah biasanya terasa agak lengket dan kecium aroma mint. Kalo mau lanjut ke skincare berikutnya, tunggu toner ini agak meresap dan kering.

Yang aku rasakan setelah 30 hari menggunakan toner ini adalah jerawat yang lebih jarang muncul dan kulit terasa lebih tenang. Kalo efek mencerahkan sih aku belum dapet, tapi kalo lembab iya.. uhm, lebih ke lembab lembab kesat. Bukan efek lembab yang kamu dapatkan kayak abis pakai pelembab ya. Komedo juga jadi jarang muncul, dengan catatan digunakan rutin dua kali sehari. Akan tetapi, toner ini bikin daerah lipatan hidung aku kadang terkelupas dan timbul kemerahan meskipun hanya sebentar dan tidak berkelanjutan. Pori-poriku juga jadi bersih, kalaupun pori-pori lagi tersumbat sama komedo yang bentuknya kayak kulit (itu apa ya namanya tolong) ya tinggal nunggu hitungan hari nanti komedonya kecongkel sendiri. Untuk manfaat anti-aging, aku belum merasakan sih kalo dilihat dari toner ini sendiri. Hanya saja kulit tetap kenyal dan tidak menambah kerutan selama memakai toner keluaran Korea ini. Muka aku jadi lebih halus aja, jarang muncul beruntusan juga.

So, aku udah pakai toner ini selama satu tahun dan di kulitku yang cenderung berminyak ini aman-aman saja. Etapi, produksi minyak di wajah juga lebih terkontrol pakai toner ini.

 

G. BELI DI MANA?

Produk Some by Mi AHA-BHA-PHA 30 Days Miracle Toner bisa kamu dapatkan di Guardian, Watson, atau kalau mau beli secara online udah banyak banget jual toner ini. Untuk kamu yang berdomisili di Surabaya bisa beli di Nana Beauty Garage, bisa ditemukan di Instagram dan Tokopedia. Sedangkan kamu yang tinggal di Kudus, kamu bisa dateng ke tokonya Daily Beauty Kudus atau bisa cek cek dulu di Instagram-nya. Harga untuk ukuran 150 ml adalah Rp 160.000.

 

H. SASARAN KONSUMEN

Toner ini bisa dibilang holy grail-nya manusia-manusia berjerawat yang gamau kulitnya kering kayak aku. Bisa digunakan siapa aja dari mulai remaja, dewasa, hingga tua.


 

I. KESIMPULAN

Menurutku produk ini worth to buy, kalo aku udah repurchase berarti selama ini memang cocok di kulitku.

Pros:

+ bisa mengempeskan jerawat

+ menjaga pori-pori agar tetap bersih

+ dengan pemakaian rutin, komedo yang keras menyerupai kulit bisa terkelupas dengan sendirinya

+ memperbaiki tekstur kulit, mengurangi gradakan

+ kulit terasa lebih siap menerima rangkaian skincare selanjutnya

+ cukup melembabkan

Cons:

- Efek lembab yang didapatkan cenderung lengket

- Efek mencerahkan yang belum begitu terlihat dalam 30 hari

Karena produk ini udah lumayan lama keluarnya, pasti ada dong di antara kalian yang udah pakai toner ini juga? Gimana reaksinya di kulit kalian?



Referensi:

Berson, Diane S., et all. Cosmeceutical and Cosmetic Practice. In Chapter 10 Niacinamide: A Topical Vitamins with Wide-Ranging Skin Appearance Benefits. Page 103-105. https://static1.squarespace.com/static/57330ac21d07c0d298ec51e3/t/586e4a743e00bed6a0bdef31/1483623030643/ch10.pdf. Accessed on May 7, 2020.
Kornhauser, Andrija, Sergio G Coelho, Vincent J Hearing. Applications of Hydroxy Acids: Classification, Mechanisms, and Photoactivity. 23 November 2010. Dove Press Journal: Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. Page 136-137. https://www.researchgate.net/publication/50851403_Applications_of_hydroxy_acids_Classification_mechanisms_and_photoactivity/fulltext/0f59fec9382967fd9cb2c95e/50851403_Applications_of_hydroxy_acids_Classification_mechanisms_and_photoactivity.pdf?origin=publication_detail. Accessed on May 6, 2020.
Neostrata. Neostrata International Product Catalogue. Page 4. https://myrevive.co.uk/wp-content/uploads/2017/01/neostrata-44-page-1-page-per.pdf. Accessed on May 6, 2020.
Purnata, Lyviana Patrishia. Pentingnya Pemilihan Eksfoliator dalam Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah. Page 3-4. https://mfr.osf.io/export?format=pdf&url=https%3A//files.osf.io/v1/resources/fyj8e/providers/osfstorage/5d11776965ffa5001c1f2a25%3Fformat%3Dpdf%26action%3Ddownload%26direct%26version%3D2. Accessed on May 6, 2020.
Unknown. Kandungan Tea Tree Oil. In Eprints UMM. http://eprints.umm.ac.id/43028/3/jiptummpp-gdl-nurindahsa-51058-3-babii.pdf. Accessed on May 8, 2020.

17 Comments

  1. eyeing banget sama tonernyaa

    BalasHapus
  2. Aku baru aja ngabisini ini, harganya affordable juga untuk produk exfo dengan isinya yg cukup banyak

    BalasHapus
  3. Wah sebenarnya udah lama tahu toner ini, tapi belum juga sempet nyoba. Ternyata efek melembabkannya cukup baik ya, karena terkadang skincare untuk jerawat cenderung bikin wajah kering kan ya

    BalasHapus
  4. aku pernah nyoba ini, eh kok malah jerewi jadi makin banyak. entah baru penyesuaian, entah memang enggak cocok di aku. akhirnya berhenti deh. huhuhuhuhu ... padahal kalau dari komposisinya, cocok buat wajah berjerewi kayak aku. emang sih, skincare itu cocok-cocokan

    BalasHapus
  5. aku inget kayaknya kak Dian juga cocok sama creamnya ya kak? syukurlah sama tonernya berjodooh 🤩

    BalasHapus
  6. aku juga pernah pake ini, aromanya mengingatkanku pada obat maag.. buatku, B aja sih, mba..akhirnya kufungsikan jadi cleansing toner dibanding exfo toner. Kayaknya kulitku rada badak jadi butuh yang lebih tinggi dosisinya buat exfo..wkwk

    BalasHapus
  7. Ampuh juga ya begitu dipakai jerawat langsung pecah, bahagia banget.. Komedo juga bisa hilang ya...jerawatku mengesalkan nih

    BalasHapus
  8. Jadi ingat sepupuku suka banget tonernya ini jadi pas kuliah di Kairo bingung tonernya habis dan ngga ada yang jual di sana, belum nemu..

    BalasHapus
  9. Aku pernah pakai ini mba. Awalnya cocok, lama-lama nggak cocok huhu. Tapi banyaknya orang yang pakai cocok. Bener sih ngempesin jerawat, namun entah di kulitku rasanya kering banget, pakai pelembab pun seperti percuma :(((

    BalasHapus
  10. Diaaaaaaan aku jadi nyesel kemaren nggak jd check out ini huaaaaaaa, next kalo exfo toner aku abis mau nyoba ini!

    BalasHapus
  11. Kalau udah mba dian yang ngeracuuun pastiii bagus deh 😍😍

    BalasHapus
  12. Sayang banget di aku malah ngga cocok jadi membuahkan sebuah breakout yang parah uhuhu. enak banget yah kalau pada cocok

    BalasHapus
  13. wkwkkwkw. Yawlaaaa! Ini toner ekpoliasi pertamaku, endul banget!!! Aku pake lagi itu deg-degan, lama-lama wui kok bikin glowy ya? Porinya keliatan sedikit lebih clean cuma aku kayak belum puas :') beneran enak ini sik! Lembapin pula, wanginya kayak wangi Pepsodent kl gak salah inget🤣.

    BalasHapus
  14. Sungguh saat wara wiri series ini udah eyeeing si tonernya.. Karena Tea Tree apalagi dalam produk toner selaluu penasaran experience nyaa... Kandungan friendly di wajahku apalagi tekstue begini nih

    BalasHapus
  15. Aku tuh trauma sama produk ini, soalnya dia penyebab breakout terparah yang pernah aku alami, tapi di sisi lain gara2 dia juga aku jadi rajin cari skincare buat nyembuhin breakout.

    BalasHapus
  16. Udah hits dari lama ya toner ini, tapi belum pernah nyobain XD btw lengkap ya AHA, BHA, PHA sama Niacinamide jadi satu :o

    BalasHapus
  17. Jujur aku kurang tertarik sama produk2 some by mi karena kayanya lebih oily skin friendly. Namun kmaren aku cobain si propolis serumnya dan wowww suka bgtt!

    BalasHapus