Selain Bokek, Ini yang Akan Terjadi Kalau Kita Kalap Jajan Skincare Melulu

“Gapapa deh bokek bentar yang penting muka glowing

“Yaudah besok makan di warteg bodo amat yang penting muka kinclong”

Gitu gak? Aku yakin pasti ada di antara kalian yang suka ngorbanin kebutuhan penting lainnya demi skincare. Kalau makan aja kudu diirit-irit tapi skincare jor-joran, takutnya tuh muka glowing tapi badan kamu kurang gizi kan ga lucu. Yang lain bisa travelling ke sana-ke mari, kamunya ga ada duit karena duitnya nemplok di muka semua. Yaah, kasian kamunya sendiri nanti kurang refreshing. 



Makan seadanya dan kurang jalan-jalan merupakan salah dua dari wujud terkikisnya uang demii atau karenaaa ga bisa nahan jajan skincare. Bahasa sopannya, kamu bokek. Ya kalo prinsipnya ‘gapapa bokek bentar’ sih serah u yak tapi tau ga sih beb kalo kebiasaan ga bisa ngerem nafsu belanja tuh bisa merembet ke akibat yang lain. Dengan kata lain, semakin kamu belanja mulu, semakin beranak-pinak dampak lainnya selain bokek.

Emang apaan sik yang bakal terjadi? Nih. 

1. Tidak Sadar Ada Produk yang Kadaluarsa

Hal ini bisa terjadi saat kita terlalu banyak menimbun skincare sampai lupa memerhatikan tanggal kadaluarsa masing-masing produk. Mau tidak mau produk kadaluarsa ini harus kita buang, ya masa mau tetep dipakai? Memang akan muncul perasaan sayang, nyesek, nyesel kenapa ga diabisin dulu ya? Tapi mau gimana pun kalo udah kadaluarsa ya jangan dipakai lagi; buang. Kalau kemasannya bagus, bolehlah isinya dibuang, kemasannya bisa didaur ulang.

2. Break out di wajah

Tergoda menggunakan skincare yang lagi hype atau maksain pake skincare mahal padahal ga cocok di kulit? Biar apa? Beberapa review dari produk yang sedang tren mengatakan kalau pakai produk A, kulit akan mengalami purging sementara dan akan membaik beberapa saat setelahnya, bisa bikin kulit jadi glowing. Pertanyaannya, siapkah kamu dengan purging itu? Yakinkah kamu kalau itu hanya efek dari cara kerja suatu produk yang katanya purging atau mengeluarkan racun-racun dari kulit wajah? Gimana kalau ternyata itu bukan purging tapi memang kulit kamu aja yang ga bisa menerima ingredients produk tersebut? Alih-alih jadi mulus, malah muka bisa jerawatan parah (break out) dan harus ditangani serius oleh dokter. Tentu kamu akan mengalami perjalanan panjang dalam masa penyembuhan ini.

3. Susah Nabung

Ya karena bokek tadi, bokek mulu gimana mau nabung. Ada duit dikit, semuanya dibeliin skincare. Niatnya sih investasi di wajah biar awet muda, tapi lupa sama investasi lain buat masa depan yang ga kalah pentingnya. Lebih parah lagi kalo kamu kalap beli skincare trus buat hidup sehari-harinya sampai pinjam sana-sini. Jangan ya guys, jangan.

4. Tidak Bisa Menahan Nafsu Belanja Lainnya

Apabila kebiasaan membeli skincare hanya karena lapar mata, takutnya nih akan berimbas pada kebiasaan konsumtif lainnya alias belanja mulu hadeh. Yang tadinya cuma boros di skincare, bisa merembet ke baju, makanan, perabotan, dan aksesoris.

Bener ga? Bener dong.

0 Comments