Masker The Body Shop yang Ramah Jerawat - Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask [Review]

Sebelumnya aku sempat dikirimin (sama temen – The Body Shop kalau mau ngirimin produk untuk direview juga boleh banget loh, ehem) sampel masker The Body Shop yang isinya ada 5 pcs: British Rose Fresh Plumping Mask, Chinese Ginseng & Rice Clarifying Polishing Mask, Ethiopian Honey Deep Nourishing Mask, dan Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask. In general, kelima masker itu bikin muka jadi lembab dan kenyal meskipun sebenarnya setiap masker memiliki fungsi berbeda. Saat itu adalah momen pertama kali aku nyobain masker dari The Body Shop dan ternyata bikin ketagihan ya.


Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk membeli sendiri Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask yang sesuai dengan kondisi kulit aku saat itu yang cukup kusam, kering, dan beruntusan. Kenapa memilih masker ini? Kenapa ga Himalayan Charcoal aja yang fungsinya juga untuk membersihkan? Pertama, karena kulit aku yang kering tidak memungkinkan untuk menggunakan charcoal dulu. Kedua, karena tergoda sama tulisan Deep Cleansing yang ada di Japanese Matcha Tea lol. Rasanya happy banget dapet kemasan full size karena ga takut cepet abisnya hahaha. Untuk lebih lengkapnya kita bahas lebih detail yuk.


A. KEMASAN

Kesan pertama kali ngelihat jar masker ini tuh kokoh, kuat, memberi pesan kalau masker ini bukan produk main-main. Jar terbuat dari kaca yang gelap, agak berat, dan harus hati-hati takut jatuh trus pecah, huhu. Tapi tenang, tutup yang berwarna hitam pekat ini terbuat dari plastik aja kok, jadi ga menambah beban satu produk secara keseluruhan.

Di bagian depan ada identitas produk yang dikasih label warna hijau. Maaf tulisannya udah pudar soalnya udah ngeram lama banget di tempat skincare hahaha. Sebagai perbandingan, aku ambilin foto dari google dengan tulisan yang masih utuh dan masih bisa dibaca.






Di bagian belakang kemasan ngga ada keterangan ingredients secara lengkap, hanya disebutkan bahan-bahan utama dari produk ini aja.


B. TEKSTUR DAN AROMA

Sekilas, masker ini terlihat seperti lulur. Lembek dan ada butiran scrubnya. Nah, butiran scrub ini yang nanti bisa sekalian untuk mengikis sel kulit mati saat masker dibilas dengan air.



Nih, isinya tinggal seuprit ya saking udah lamanya aku pakai masker ini.


Untuk aroma, aku ga terlalu dapet aroma matcha di sini. Entah ini aroma dandelion yang mendominasi aku ga terlalu paham karena aku belum pernah nyium bau dandelion, tapi yang pasti ini ada wangi tumbuhan.

 

C. KANDUNGAN PRODUK

“Masker wajah yang mengandung matcha green tea dari Kakegawa, Jepang, dandelion extract dari Prancis, dan Community Trade aloe vera dari Meksiko. Membantu membersihkan kulit secara menyeluruh dan mengangkat sel-sel kulit mati.”

Begitu kata deskripsi singkat produk yang ada di bagian belakang kemasan. Sekarang kita uraikan satu-satu yang komposisi utama dari masker ini.

  1. Matcha Green Tea dari Kakegawa Jepang : Teh hijau yang diproduksi dari perkebunan teh di daerah Kakegawa ini menyerap lebih banyak sinar matahari sehingga mengandung lebih banyak catechin (mencegah penuaan), theanine, dan vitamin C.
  2. Dandelion Extract dari Prancis: Dandelion bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan sel-sel kulit baru
  3. Aloe Vera dari Meksiko: Aloe vera dapat membentuk antioksidan alami. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, dan anti peradangan. Aloe vera atau lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

 


D. MANFAAT PRODUK

Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask memiliki claim dapat membersihkan kulit secara menyeluruh dan mengangkat sel-sel kulit mati. Dari kalimat ini, aku berharap setelah maskeran kulitku akan terlihat lebih cerah dan bersih, segar, dan pertumbuhan jerawat bisa berkurang karena sudah di-deep cleansing.

Efek instan yang aku rasakan setelah memakai produk ini, kulit terasa lebih cerah, lembab, kenyal, lembut, dan pori-pori terlihat lebih bersih. Kalau untuk mengatasi permasalahan jerawat yang parah tentu masker ini tidak bekerja secara instan, namun cukup membantu calon jerawat untuk segera kempes dan tidak jadi timbul jerawat. 

 

E. CARA PAKAI

Seperti pemakaian masker pada umumnya, kita harus bersihkan tangan dan wajah kita dulu dengan sabun.

  • Oleskan masker pada permukaan wajah secara menyeluruh. Hindari area mata dan mulut
  • Tunggu 5-10 menit, bilas dengan air hangat
  • Gunakan 2-3 kali seminggu.

Masker ini akan memberikan sensasi dingin dan cekit-cekit pada kulit kita tanda masker sedang bereaksi.

 

F. BELI DI MANA?

Kamu bisa beli masker ini di store The Body Shop seharga Rp 349.000.

 

G. SASARAN KONSUMEN

Produk ini ditujukan terutama untuk mereka yang memiliki permasalahan kulit kusam, kering, dan berjerawat. Dengan harga yang bisa dibilang tidak murah, masker ini menyasar pada konsumen yang memiliki budget tinggi untuk skincare dengan intensitas repurchase yang sering.

 

H. KESIMPULAN

Jujur aku beli produk ini hampir dua tahun lalu, aku irit-irit banget pemakaiannya kuatir cepet habiis alias ga rela akutuu hahaha. Tapi memang harus kupakai sampai habis di tahun ini sih karena kadaluarsanya tahun ini juga. Kalau udah habis bakal repurchase ga? Pengennya sih iya karena hasilnya bagus di kulit, tapi kalo repurchase masker ini berarti harus ada stok masker lain lagi biar bisa ganti-gantian makenya. Biar ga cepet habis. Nyesek di harga J.

 

Pros:

+ ada efek instan di kulit: terlihat lebih bersih dan cerah

+ isinya lumayan banyak, bisa diirit-irit makenya

+ perpaduan teh hijau, ekstrak dandelion, dan lidah buaya membuat kulit dapat terhindar dari penuaan dini, produksi kolagen meningkat, jerawat teratasi, dan melembabkan kulit.

+ kemasannya lucu, bisa dipakai ulang nanti kalau produknya sudah habis

Cons:

-          Kemasan berat, bisa dibawa-bawa buat traveling tapi tetep aja berat.

-          Jar terbuat dari kaca, dikhawatirkan mudah pecah dan tidak tahan benturan

-          Kalau rentetan skincare kamu banyak dan harus beli masker ini tiap bulan, ya gapapa sih.

 

Udah gitu aja ya, semoga kita dilancarkan rezekinya untuk jajan produk The Body Shop lebih banyak hahaha.

Oya, kalo menurut kamu gimana tanggapan tentang masker ini?

 

References:

Purwaningsih, Dyah. "Prospek dan Peluang Usaha Pengolahan Produk Aloe Vera L". http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/makalah%20lidah%20buaya.pdf. Accessed on April 14. 2020.

Tak Hanya Indah, Ini 10 Manfaat Dandelion untuk Kesehatan dan Kecantikan”. https://doktersehat.com/manfaat-dandelion/. Accessed on April 14, 2020.

Background foto: Majalah Femina NO.28/XLV/2017

0 Comments