Memaksimalkan Fitur Don't Disturb pada Smartphone biar ga Mudah ke-Distract!

Buat temen-temen yang sebagian besar kerjaannya nemplok di sosial media alias otomatis harus megang smartphone 24/7, kemungkinan terpapar notif yang ga ada hubungannya banget sama kerjaan itu bikin kita gampang kedistraksi. Tadinya mau posting anu di Instagram, eh ada notif dari marketplace trus kebablasan sampe check out skincare. Lah? Ga jadi posting nih, Mbak?

Ataauu rencananya mau deep work bentar buat bikin content planning, lalu muncul notif tang ting tung dari group chat pertemanan yang sebenernya ga harus harus banget diwaro detik ini juga malah kita pantengin dan berujung ngobrol. Hhh. Kapan kerjanyaa, dong?

Untuk mengatasi masalah distraksi di atas, aku sempat matiin semua notif aplikasi di handphone. Kukira itu bakal cukup menolong karena ga ada notif yang muncul, ternyata nambahin pe-er di akhir hari buat ngecekin aplikasinya satu-satu kali aja ada yang penting kayak info project atau info webinar. Waktu ga ada notif masuk sih lumayan bisa konsen sama apa yang dikerjain, cuman tetep ada rasa was-was ketinggalan kabar terbaru.




Sampai pada akhirnya, aku pake fitur "Don't disturb" di handphone yang kalo fiturnya diaktivin, segala bentuk pesan yang masuk itu ga ada notifnya (ga muncul notif badgenya). Nah, kalo kita non-aktivin fiturnya, baru deh tuh muncul notif-notif yang tadi "ketahan". Lebih aman dan ringkes dibanding cara yang aku lakukan sebelumnya.

Fitur "Don't disturb" memang membantu kita untuk fokus ngerjain suatu hal. Tapi kalo kelamaan nyalain fiturnya, kadang suka ada chat urgent yang kita ga tahu dan jadi telat ngeresponnya atau bahkan ke-skip karena kurang teliti ngecekin chat mana aja yang belum kebaca. Pernah nih pas lagi aktivin fitur "Don't disturb" dan aku ngerjain abcd kelamaan, tau-tau pas cek hp ada chat dan telpon dari seller e-commerce yang ngabarin kalo pasir kucing yang tadi aku pesen stoknya abis alias mau diganti enggaaa?~ Jadi ga enak sama penjualnya karena bikin beliau nunggu balasan aku :").

Biarpun resikonya bikin kita jadi telat ngerespon sesuatu, tapi menurutku fitur ini membawa lebih banyak manfaat daripada mudaratnya.

Kalau dari teman-teman sendiri, mungkin ada tips yang lebih nampol lagi biar ga mudah terdistraksi sama notif hp?


9 Comments

  1. Ternyata dont disturb begitu fungsinya. Aku nggak pernah tahu euy... Kupikir ngapain ya ada fitur ini di ponsel. Tapi bener sih. Namanya kan dont disturb ya. Jadi jangan ganggu. hehhee

    BalasHapus
  2. Wah..aku nggak 'ngeh' klo ada mode ini lho..hihi.. Trims ya mba..skg jadi tahu deh, klo sewaktu-waktu butuh bisa dipraktekkan nih..

    BalasHapus
  3. Aku melhat dari beberapa drakor yang aku tonton. Ketika kerja atau bertemu klien, mereka biasa mengaktifkan plane mode, termasuk ketika tidur. Jadi bener-bener ya.. Kalau ingin fokus terhadap suatu pekerjaan, harus jauh dari distraksi apapun.
    Terimakasih tipsnya, kak.
    Langsung cuuss praktik.

    BalasHapus
  4. Emang Mbak notifikasi membuyarkan fokus. Pagi² sudah membuat to do list apa aja yang harus dikerjakan tepat dengan jamnya. Tetapi ada notifikasi eh jadi lupaa keteteran. Kalau saya suka pakai fitur digital wellbeing. Tiap jam kerja, aplikasinya yang bukan prioritas dibisukan dulu. Bisa ditentukan sampai jam betapa. Ngebantu banget menurutku.

    BalasHapus
  5. kalo saya, biasaya hapenya di-silent, Mba. Dan kalo sedang konsen mengerjakan sesuatu, handphone biasanya saya jauhkan dari pandangan biar konsentrasi gak terpecah lihatih handphone terus

    BalasHapus
  6. Harus saya pakai ini supaya ga kedistrak nulis buku Solo
    Soalnya ada ada saja chat yang menarik untuk dilihat, dibalas atau bahkan sekadar dijadikan bahan bacaan

    BalasHapus
  7. Wah aku baru sadar ternyata dihandphoneku ada fitur ini yaa, emang kadang suka ganggu banget tuh notifikasi aplikasi yang muncul", kadang suka non aktifkan satu-satu manual lewat pengaturan hha.. Mana banyak banget. Pake fitur ini tinggal sekali pencet langsung hilang, bahkan bisa membisukan panggilan yang masuk juga.

    BalasHapus
  8. emang sih kalo lagi fokus kerja maunya ga kedistraksi dengan chat tapi kalo pake fitur Don't Disturb takutnya keskip chat penting. Solusinya kalo saya sih paling check hape per 2 jam sekali sekalian ngelemesin tubuh setelah itu balik kerja lagi.

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu kalau di Hp ada fitur seperti ini. Cukup membantu sekali ini mbak karena saya juga kadang ke distrak dengan chat yang muncul tiba2. Nanti saya coba ah

    BalasHapus