Review: ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

Berawal dari hobiku pakai masker yang bisa mengeksfoliasi dan melembabkan kulit, aku ketemu masker scrub oatmeal dari ST. Ives ini ngejogrok di etalase Hypermart kok kayak kasiaan sendirian gitu akhirnya tak adopsi aja wkwk. Ga ding, emang dulu aku gila banget pakai masker – ya sampai sekarang juga sih. Masker tuh kayak bisa ngilangin berbagai masalah kulit hampir tanpa efek samping. Aku inget ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask karena dulu sering bacain twitnya @FunJunkies yang sering nge-review skincare sempet bahas masker scrub ini juga. Aku sendiri pakai produk ini dari September 2019, hampir setahun ya.




ST. Ives merupakan sebuah brand skincare asal USA yang produknya terbuat dari bahan-bahan alami seperti apricot, oatmeal, pink lemon, dan teh hijau. Selain itu, ST. Ives juga menggunakan 100% eksfoliant alami seperti bubuk kulit kenari pada produk scrub wajah.

ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask dapat digunakan sebagai masker dan juga scrub. Untuk lebih lengkapnya, kita simak ulasan berikut yuk.



A.      KEMASAN

Dari depan keliatan banget kalo mau nyari ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask itu yang kemasannya warna coklat muda dan ada gambar oatmeal-nya.


Di bagian belakang kemasan, ada keterangan cara pakainya, claim produk, dan kandungan yang ada di dalam produk ini.


Kemasannya tube-nya mantep banget dipegang, ringkas, tapi bulky, dan tentu akan makan tempat kalo dibawa-bawa travelling. Dengan kemasan 170 gram ini kalau dipakai secara rutin sih habisnya bisa sampai 6 bulan, cuman aku pakenya kan ga rutin alias suka selang-seling pakai masker yang lain juga jadi hampir setahun ga abis-abis.


B.      TEKSTUR DAN AROMA

Tekstur

Tekstur dari masker scrub ini kental tapi agak encer, berwarna putih, terasa ada butiran-butiran scrub berwarna coklat, lengket, dan memberikan efek dingin di kulit.

Rasanya adem banget pas dipake maskeran di muka, menenangkan, dan nyaman di kulit. Masker scrub ini mudah banget untuk diratakan ke seluruh wajah, butuh waktu sekitar 5 menit untuk mengering di kulit. Agak susah untuk maskernya luruh semua dari kulit dengan sekali bilas, karena lengket banget kan di muka.

Aroma

Aroma oatmeal, guys. Jadi laper kan. Wangi, manis, aromanya menenangkan.


C.      CLAIM PRODUK

ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask menjanjikan kulit yang jauh dari kesan kering dan dapat menghaluskan tekstur kulit, “Smooth away dryness & evens skin texture”.


Selain dapat mengeksfoliasi dengan lembut, masker scrub ini juga meminimalisir munculnya alergi dan tidak menimbulkan komedo.

Eh menimbulkan komedo ding guys kalo hidungnya dipencet bisa keluar komedo putih hmm tapi bukan gitu ya maksudnya ehehehe.


D.      KANDUNGAN PRODUK

Ada 3 kandungan utama dalam produk ini, yaitu oatmeal, ekstrak madu, dan bubuk kulit kenari.




1.      
Oatmeal

Kalo kata produknya, “Krim bubur gandum yang terkenal akan sifatnya yang melembutkan akan membantu menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda”. Tapi emang bener sih bisa bikin tenang, adem, apalagi kalo pake maskernya pas lagi anxiety haahhhh masalah anak zaman sekarang banget.

Selain digunakan untuk sarapan sehat, oatmeal juga bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit. Oatmeal sendiri kaya akan vitamin, mineral, antioksidant, dan lipid. Banyak penelitian telah dilakukan dan menunjukkan bahwa oatmeal mampu melembabkan kulit bahkan setelah berhenti menggunakan produk yang mengandung oatmeal. Waw. Berikut manfaat lain dari oatmeal untuk perawatan kulit.

a.  Membantu kulit tetap terhidrasi dengan membentuk lapisan oklusif pada permukaan yang menahan air di kulit

b.      Membersihkan kulit secara alami dan lembut karena adanya saponin

c.      Mengeksfoliasi kulit dengan lembut

d.    Melembabkan, menenangkan, menutrisi, dan secara signifikan memperbaiki kulit yang kering dan kasar

e.   Mengurangi peradangan pada kulit, sehingga ideal untuk merawat kondisi kulit yang sedang meradang

f.        Melindungi kulit dari iritasi yang disebabkan oleh Sodium lauryl sulphate (SLS)

g.       Memiliki sifat antioksidan

h.     Cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif dan bermasalah seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

 


2.       Ekstrak Madu

Madu yang dipakai sebagai bahan masker scrub ini berasal dari daerah Dakota Utara dan Selatan. Selain memiliki sifat menenangkan kulit yang kering dan gatal, madu juga memberikan efek melembabkan pada kulit.

 

3.       Bubuk Kulit Kenari

Bubuk kulit kenari memiliki kemampuan untuk megeksfoliasi kulit sehingga membuat kulit terasa halus dan lembut. Eksfoliasi berguna untuk mempersiapkan kulit menyerap produk perawatan lainnya seperti produk anti-aging dan moisturizer.

 

Oatmeal, madu, dan bubuk kulit kenari merupakan trio utama dalam produk ini yang berfungsi untuk membersihkan, mengeksfoliasi, menutrisi, melembabkan, menenangkan, dan menghaluskan tekstur kulit. Cucok sih kalo di claim-nya bisa melembabkan dan menghaluskan kulit.



E.   HARAPAN SETELAH MEMAKAI ST. IVES – GENTLE SMOOTHING OATMEAL SCRUB & MASK

Sebelum memakai masker ini kulitku tuh sebenernya agak kering, komedo putih suka muncul di hidung sehingga hidung terasa kasar. Dengan adanya masker scrub ini aku sih pengennya wajah aku jadi lembab, halus, glowing, dan ga muncul komedo lagi.


F.       CARA PAKAI

Jadi ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask ini bisa dipake sebagai scrub dan juga masker.


1.    Sebagai scrub

Ratakan scrub pada wajah yang basah, pijat secara perlahan. Kemudian, bilas hingga bersih. Bubuk kulit kenari dapat mengatasi kulit yang kusam saat digunakan sebagai scrub.

2.      Sebagai masker

Ratakan ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask di wajah yang basah. Diamkan selama 5-7 menit. Bilas muka dengan memijatnya secara perlahan.

Untuk hasil maksimal, gunakan 3-4 kali seminggu. Hindari area mata, bila terkena mata segera bilas dengan air. Bila timbul iritasi, hentikan pemakaian.

Kalo aku yang make biasanya dijadiin masker. Trus bilasnya sambil pijit-pijit muka, masker yang luruh bentuknya kayak scrub tapi lengket gitu lumayan buat eksfoliasi fisik dan bikin kulit jadi halus. Pas awal-awal aku sering banget pakai masker ini, hampir tiap hari malah soalnya adem banget di muka. Makin ke sini pakainya kadang 3 kali seminggu, kadang cuma 2 kali, atau bahkan lupa sama sekali wkwk soalnya aku pakai masker yang lain juga. Biar apa? Sayang kalo masker ini cepet abiiisss huhu.

Selain kujadiin masker muka, kujadiin masker bibir juga. Sama aja prosesnya, diolesin ke bibir dikit aja trus pas udah kering dibilas sambil digosok-gosok pelan bibirnya. Hasilnya bibir terasa lebih halus dan lembut, lipstick juga bisa lebih nempel sempurna. Oh ya, pakenya siang atau malem? Harusnya sih malem ya karena ini produk eksfoliasi, tapi biasanya kupake di pagi atau siang hari juga soalnya kebanyakan aktivitas aku ya di rumah aja.


G.     HASIL PEMAKAIAN

Kalo sebelum memakai masker ini kulit aku rasanya kering, ada komedo di hidung yang bikin hidungnya terasa kasar, dan ada jerawat kering kecil-kecil juga. Setelah pemakaian sebagai masker dan scrub, efek instan yang aku rasakan tuh kulit jadi lebih halus, lembut, lebih kenyal, lebih cerah, segar, komedo putih di hidung juga lebih mudah dikeluarin. Efek jangka panjang selama hampir setahun ini sih selain kulit terasa lebih kenyal, halus, dan lembut, kulit juga terasa lebih lembab dan produk skincare lain dapat terserap dengan optimal. Sejauh ini aku puas sama hasilnya, bahkan aku pernah kepikiran kalo punya satu masker aja aku mau pake masker ini hahaha. Sampai saat ini aku masih lanjut kok pakenya.


H.     HARGA

Masker scrub ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 75.000-an baik melalui toko online maupun toko offline. Dengan volume produk sebanyak 170 gram, ditambah lagi dengan pengalaman pemakaian dan hasilnya, kurasa harga segitu cukup terjangkau. Belinya di mana? Di toko online udah banyak banget yang jual dengan harga yang bervariasi, pastikan seller tempat kamu beli sudah tepercaya, ya! Kalo di toko offline, ada di Guardian, Watson, Hypermart. Terakhir aku ke Guardian (ya udah lama banget juga sih), berbagai varian masker dari  ST. Ives dijual bundle gitu dan jatohnya lebih murah per piece-nya. Sayangnya ini belum tersedia di Indomaret wkwkw.


I.        SASARAN KONSUMEN

ST. Ives – Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask ditujukan untuk konsumen yang memiliki masalah kulit kering, kusam, dan membutuhkan eksfoliasi ringan yang tidak menyakiti kulit.


J.        KESIMPULAN

Menurutku ini salah satu masker scrub yang aman digunakan untuk kulit acne-prone seperti kulitku.

Pros:

+ kemasannnya menarik, ringkas, aman karena ga bikin isinya mudah tumpah

+ memberi efek dingin dan menenangkan di muka

+ bisa digunakan sebagai masker dan scrub

+ aman di kulitku yang acne-prone

+ aromanya manis, segar, menenangkan

+ efek instan setelah pemakaian produk ini dapat membuat kulit terasa lebih segar, kenyal, cerah, lembut, dan lembab.

+ membersihkan komedo

Cons:

-  Kemasannya kegedean, mungkin harus tersedia ukuran kecil biar gampang dibawa-bawa pas travelling dan ga makan tempat.

-      Teksturnya yang lengket biasanya bikin belepotan ke mana-mana pas make.


Ada kemungkinan bakal repurchase masker ini, tapi berhubung agak susah ditemuin dan aku juga lebih suka belanja langsung ke tokonya, liat nanti coba ya hehe. Overall, masker ini worth to buy.

 Gimana, mau coba juga?

 

REFERENSI

https://www.schoolofnaturalskincare.com/11-benefits-of-oatmeal-for-your-skin/. Accessed on June 28, 2020.

https://www.stives.com/products/gentle-smoothing-oatmeal-scrub-and-mask. Accessed on June 28, 2020.

http://www.walnutshellpowder.com/walnut_shell/news_Walnut_Shell_Powder_for_Skin_Care.html#:~:text=Walnut%20Shell%20Powder%20for%20Skin%20Care,-Source%3AFLOWSPEC%20INDUSTRIAL&text=Despite%20being%20wrinkly%2C%20walnuts%20shells,surface%20layers%20of%20your%20skin. Accessed on June 28, 2020.

2 Comments

  1. Wah, ini menarik banget buat yang punya kulit kering seperti ku nih, Mbak. Maklum, biasanya takut-takut setiap kali pake exfoliator. Takut kulit makin kering. Hehehe.

    Ngomong-ngomong beberapa waktu yang lalu aku nemu produk ini di Indomaret deket rumah lho, Mbak. Lagi diskon pula. Jadi nyesel nih aku waktu itu gak beli ini.😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiihh udah sampe Indomaret yah? area mana, Mba? diskon jadi berapa tuh kalo bole tauu?

      Hapus