Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil, First Cleanser yang Bisa Menghapus Makeup Waterproof dan Mengeksfoliasi Kulit secara Lembut [Review]

Kalo di postingan review sebelumnya aku sempet nyebutin satu cleanser yang bikin aku peka sama tekstur sel kulit mati yang ada di kulit muka, ini dia sosoknya: Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil. Tadinya kupikir semua cleanser itu sama dan hanya terbagi menjadi dua kubu: yang bisa bersihin makeup waterproof dan yang enggak. Tapi ini beda, selain bisa bersihin makeup waterproof juga bisa mengeksfoliasi kulit secara fisik namun tetap lembut ga bikin iritasi saat digunakan. Performa cleanser satu ini aku bahas secara detail di poin F. Review.

skin dewi bamboo cleansing oil

Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil

Merupakan gentle first cleanser yang berfungsi untuk menghapus makeup dan sunscreen, kaya akan nutrisi, mengandung anti-acne ingredients, dan mengeksfoliasi kulit secara lembut. Ketika bersentuhan dengan air, teksturnya akan menjadi seperti susu. BPOM RI: NA18191232544.

Tentang Skin Dewi

Aku tertarik menggunakan produk skincare dari Skin Dewi karena produknya yang telah diriset dengan hati-hati dan diformulasikan oleh ibu Dewi Kauw (pemilik Skin Dewi) yang belajar di beberapa negara untuk mendalami natural dan organic skincareIngredients-nya pun dipilih sendiri oleh ibu Dewi untuk memastikan kualitas produknya. Semua produknya membutuhkan research hingga 3 tahun sebelum launching.

Selain itu, semua produk Skin Dewi juga telah mengikuti standarisasi Natural Skincare yang basisnya ada di Inggris. Yang paling menarik, team Skin Dewi selalu melakukan pendekatan holistic dalam menangani masalah dari akar penyebabnya.

Pendekatan holistik dalam bidang kecantikan atau kesehatan percaya bahwa kecantikan seseorang ga hanya dilihat dari penampilan luarnya aja tapi juga dari dalam (didukung dengan kesehatan dari dalam tubuh secara menyeluruh). Misal lagi ada jerawat di wajah, udah dipakein skincare yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat tapi kok jerawatnya masih suka mucul, oh mungkin masalahnya bukan di perawatannya tapi di tubuh kita yang sedang mengalami perubahan hormon (sehingga muncul jerawat hormonal). Kalau ngomongin hormon berarti ada kaitannya sama gaya hidup.


A. Kemasan

Cleanser satu ini dikemas dalam botol plastik berwarna olive dengan tutup transparan. Seperti kemasan produk Skin Dewi kebanyakan, Bamboo Cleansing Oil ini memiliki aplikator berupa pump untuk memudahkan kita menakar seberapa banyak produk yang ingin digunakan. Di bagian depan botol, terdapat keterangan nama produk, bahan utama, kegunaan, dan berat bersih produk. Sementara di bagian belakang, ada informasi tentang cara pemakaian dan komposisi produknya.

skin dewi bamboo cleansing oil

Ngomongin soal pump-nya nih, di hari pertama dan kedua pemakaian sih lancar-lancar aja, isi produk bisa keluar dengan baik. Tapi di hari ketiga sampai hari ini (hampir 3 minggu) tuh pump-nya macet. Jadi tiap mau make, aku kudu lepasin pump dari botolnya dulu trus aku tetes-tetesin pelan cleansing oil-nya ke tangan pake selang.

skin dewi bamboo cleansing oil

Apa ini kejadian di semua kemasan produk? Enggak. Mungkin di aku aja. Soalnya aku sempet nanya ke temen reviewer lain soal pump-nya ini macet apa ga di dia, jawabannya enggak. Oke, baiklah haha. Bisa jadi karena ada serat bambunya yang nyumbat di dalem selang jadi pump-nya ga bisa berfungsi dengan baik. Btw, aku udah coba bersiin selangnya pake lidi, tapi tetep aja pas dicoba ga bisa. Yasudatidapapa. Mari kita fokus ke performa cleansing oil ini saja ya.

Produk ini juga disertai kemasan kardus yang berwarna olive juga. Ada informasi lebih lengkap yang dipaparkan di sini. Teman-teman bisa zoom gambar di bawah ini yaa. :D

skin dewi bamboo cleansing oil

Kemasan Bamboo Cleansing Oil ini khas produk Skin Dewi banget. Pokoknya yang botol warna olive, tutup transparan keliatan pump-nya. Kalo lagi belanja di offline store jangan sampai salah ambil yaa karena kemasannya yang mirip sama cleanser Skin Dewi lainnya, hihi.


Baca juga:

Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion, Emulsion untuk Mengatasi Pori-pori Tersumbat dan Mengontrol Produksi Minyak di Wajah [Review]

Review: Flawless Matte Lipcream dari Miniso Shade 02 Strawberry Sorbet (Shade Pink-Nude buat Dipakai di Rumah)


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur: cair, oily, sedikit kental namun masih terbilang encer, ada tekstur kasar-kasarnya sedikit, dan runny

Warna: bening kehijauan

Aroma: ada hint bau jamu-jamuan dan sedikit bau bambu

skin dewi bamboo cleansing oil
skin dewi bamboo cleansing oil


C. Kandungan Produk

Key Ingredients:

1. Castor Oil: mengandung 90% ricinoleic acid yang sangat langka ada pada tumbuhan. Ricinoleic acid dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Dan teksturnya yang lengket dapat menjebak kotoran menjadikan castor oil sangat sempurna sebagai cleansing oil.

2. Bamboo Fiber: mengeksfoliasi secara lembut untuk membuang sel kulit mati agar kulit lebih bersih dan memaksimalkan penyerapan skincare.

3. Tamanu Oil: mengandung calophyllic fatty acid dan phospholipids yang bekerja sebagai anti-inflammatory yang sangat kuat, juga memiliki sifat analgesic, anti-bacterial dan anti-infectious.


Full Ingredients:

Coco Caprylate Caprate, Ricinus Communis Seed Oil, Caprylic Capric Triglyceride, Helianthus Annuus Sunflower Seed Oil, Hydrogenated Coco Glycerides, Glyceryl Citrate Lactace Linoleate Oleate, Calophyllum Inophyllum Seed Oil, Bambusa Arundinacea Stem Powder, Polyglyceryl 3 Caprate, Glyceryl Caprylate, Tocopherol, Polyglyceryl 4 Cocoate, Glyceryl Monoundecylenate, Glycine Soja oil, Lavandula Angustifolia oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Cedrus Atlantica Bark Oil, Salvia Sclarea Oil, Citrus Aurantium Dulcis Peel Oil

*Bold = organic ingredients

Bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi Bamboo Cleanser Oil merupakan bahan dengan kualitas tinggi, plant-based material, no animal cruelty, dan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.


Baca juga:

Review: Focallure Eyeshadow – We Care Your Favors 01 Bright Lux (Tekstur Pigmented, Harga Terjangkau!)

Review: Vaseline Repairing Jelly (Lembabkan Bibir Hingga Siku, Bisa Jadi Base Eyeshadow Juga!)


D. Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil Dapat Digunakan untuk Jenis Kulit Apa Saja?

Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.


E. Cara Pakai

Aplikasikan 2-3 pump pada seluruh wajah dalam keadaan kering, pijat secara merata. Tambahkan sedikit air, pijat kembali sampai konsistensi berubah menjadi seperti susu. Bilas bersih dengan air.

Di sini aku pakai cleanser untuk menghapus lip cream yaa. Dua lip cream berikut finish-nya matte, yang atas Forencos Lip Tattoo Mattoo Tint Matte shade 03 calm dan yang bawah Maybelline Super Stay Matte Ink shade 135 Extraordinary yang terkenal dengan fitur waterproof juga transferproof-nya.

1. Aplikasikan 2-3 pump Bamboo Cleansing oil, kemudian pijat bagian lip cream yang ingin dihapus. Sebelah kiri sengaja ga aku hapus untuk perbandingan nantinya.

skin dewi bamboo cleansing oil

2. Ini setelah dipijat/digosok pakai jari. Kemudian tambahkan sedikit air lalu gosok-gosok kembali.

skin dewi bamboo cleansing oil

3. Penampakan setelah diberi sedikit air lalu digosok, agak milky. Abis itu bilas dengan air.

skin dewi bamboo cleansing oil

4. Setelah dibilas. Tadaa~ Noda lip cream terhapus sempurna.

skin dewi bamboo cleansing oil


F. Review

Sebelum pakai Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil ini aku sempet pakai produk pembersih yang berbahan dasar minyak, apalagi kalau bukan minyak zaitun. Jadi pas baru megang produknya, aku ngira Bamboo Cleansing Oil ini teksturnya mirip-mirip sama minyak zaitun. Eh ternyata pas aku cobain beda doong, jadi aku ga boleh sok tau lagi haha. Bedanya, kalo minyak zaitun kan ya minyak aja, teksturnya lengket, cair, dan runny, kalo cleanser ini ya gitu juga cuman terasa lebih kasar aja kalo dipegang. Bisa jadi yang kasar-kasar itu serat bambunya.

Yang menarik ketika aku mijat-mijat muka pakai cleanser ini, aku lebih bisa ngerasain ada sel kulit mati yang tertinggal di wajah. Teksturnya tuh kering kayak lapisan kulit jerawat yang udah kering gitu loh. Yaudah aku kelupas aja dan pas ngelupasinnya juga ga ada rasa sakit. Trus dengan mijetin muka pakai si Bamboo ini juga lebih mudah untuk ngambilin komedo yang wujudnya keras-empuk-warnanya putih dan juga komedo putih kecil-kecil yang biasa terjebak di pori-pori terbuka. Dengan begini kan lumayan bisa mencegah jerawat dan bruntusan yang timbul. Untuk komedo hitam yang masih ada di bawah lapisan kulit terluar memang butuh waktu, bisa sih dicongkel paksa tapi ntar rada iritasi. Dan untuk komedo putih yang masih ada di bawah lapisan kulit terluar alias yang kalo dikeluarin paksa isinya kayak nasi/bubur/nanah, memang ga bisa langsung keluar pas dibersiin pake Bamboo ini. Biarlah itu jadi tugas toner sama kapas aja buat mecahin.

Setelah itu, aku tambahin sedikit air ke muka trus dipijet-pijet lagi sampai tekstur cleansing oil-nya berubah seperti susu. Abis itu bisa langsung dibilas pakai air bersih. Biasanya aku bersihin pakai kapas dulu trus lanjut cuci muka pakai sabun. Hasilnya di muka jadi lembap, bersih, juga halus. Dan ketika aku lanjut skinkeran, aku ngerasa produk skinkernya tuh lebih nyerep aja gitu karena kulit udah bersih dan bisa bikin muka keliatan lebih sehat. :")

Sampe sini aku mikir kayanya yang perlu dijadiin produk investasi dalam skincare itu ga cuma serum deh tapi juga produk cleanser yang berkualitas. Karena mau sekenceng apapun serumnya kalo dari performa cleanser-nya aja kurang maksimal ya nanti serumnya tidak bekerja seperti apa yang diharapkan.

Lalu, apakah Bamboo Cleansing Oil bisa buat ngehapus makeup waterproof? Bisa dong. Ini buktinya.

skin dewi bamboo cleansing oil

Yang atas pakai lip cream yang waterproof dan menurutku semi-transferproof yaitu Forencos Lip Tattoo Mattoo Tint Matte dan yang bawah aku pakai Maybelline Super Stay Matte Ink yang terkenal banget dia anti-air dan anti-transfer. Hasilnya? Tadaaa.. bagian kanan yang aku hapus keliatan bersih banget ga ada sisa noda yang menempel.


G. Harga

Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil terdiri dari 3 varian ukuran:

Size 150gr: Rp 528.000

Size 50gr: Rp 330.000

Size 8gr: Rp 110.000

Bisa dibeli di website resminya Skin Dewi: skindewi.com atau di shopee: Skin Dewi Official Shop


Baca juga:

Masker The Body Shop yang Ramah Jerawat - Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask

Stay Young with Safi Age Defy Gold Water Essence


H. Kesimpulan

Alhamdulillah. Seneng pakenya! 😀 Bamboo Cleansing Oil ini bekerja sesuai dengan deskripsi singkat produk yang disampaikan: dapat mengekfoliasi kulit dengan sangat lembut.

Pros: bikin kulit terasa lebih bersih karena kemampuannya yang dapat mengeksfoliasi kulit, bikin kulit lembap, dan baik-baik aja di kulitku yang lagi jerawatan.

Cons: Pump-nya macet 😅


Buat kamu yang udah pernah pakai Bamboo Cleansing Oil, gimana kesannya? Buat yang belum pernah, semoga bisa nyobain juga. Amen!


Referensi

https://skindewi.com/en/shop?keyword=bamboo

28 Comments

  1. Mungkin bisa diganti dengan botol pipet mb kalau masih macet.. jadi isi kemasan dipindah ke botol pipet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya bisa juga. tapi kudu cari yang pipetnya gede nih biar ga ada cerita mampet-mampet lagi :D

      Hapus
  2. sebagus itu ya kak, harganya jugabagus banget hiks, padahal pengen coba juga.

    BalasHapus
  3. Udah bayangin gimana bau produk ini pasti enak, menarik juga review-nya ini sayang harganya kayak jantung 🧸

    BalasHapus
    Balasan
    1. bau bambooo nih kak. wkwk harga bikin jantung mencelos ya :"(

      Hapus
  4. wah lumayan juga menurutku harganya ya mba.. tapi aku impressed sama ingredientsnya, kayanya friendly banget. ini produk lokal ya mba? Soalnya namanya lokal banget.. kok aku jadi pengen nyoba, soalnya aku selama ini suka pake cleanser oil biore sih, dan kalau kena mata perih gitu.. ini bikin perih ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, ini produk lokal mba. aku pernah kelilipan cleansing oil ini pas make, bikin pedes di mata sih wkwk. abis itu buru-buru kubilas pake air alhamdulillah ga kenapa-kenapa.

      Hapus
  5. Ingredients-nya bagus harganya juga bagus yak wkwkwk. Sayang banget pump-nya macet. Aduh itu koq lippie-nya menarique yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeey salah fokus ke lipennya hahaha. ingredients dan performanya bagus banget, ini kalo abis aku nangis deh hhh

      Hapus
  6. Bisa membersihkan sampai pori-pori, wah aku nyari yg begini nih. Berhubung enggak telaten, jadi butuh yg cukup mantep buat bebersih 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bangeet, pori-pori jadi lebih bersih dan kulit berasa lebih lembut aja pas dipegang. semoga cepet pake cleansing oil satu ini yaah ;)

      Hapus
  7. Ada harga ada rupa ya memang agak mahal buat kantongku tapi khasiatnya juga ampuh, membersihkan muka secara paripurna sekaligus membersihkan kulit mati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mba Dew, kulit mati bisa keangkat pake cleansing oil ini. memang harganya rada bikin jantungan tapi performanya buagus banget :")

      Hapus
  8. Mau banget kalau cleansernya sekece ini, bisa membuang komedo juga jadi beneran lebih bersih wajahnya ya.. Biasanya cleanser tuh sering masih ada sisa make up di muka nggak beneran bersih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga segera berjodoh dengan cleanser ini yaah <3

      iya mba, biasanya kalo clanser lain masih ninggalin sisa makeup. kudu pake minyak zaitun dulu abis itu dimaskerin biar betul2 bersih, hihi.

      Hapus
  9. Waw harganya mantap ya mba 😆 btw ini after makenya ada kerasa kayak berminyak gitu ga? Licin2 gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, setelah pake cleanser ini memang muka jadi keliatan berminyak, licin, klinyit-klinyit gitu, tapi setelah dibilas pakai sabun cuci muka udah engga kok. udah halus tanpa ada rasa lengket minyakan hehehe.

      Hapus
  10. On my wishlist ini, so far udah coba 2 produk skindewi dan belum ada yang failed di aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah coba produk yang mana aja tuh mba? betul, produknya skin dewi juga belum ada yang failed di aku, hasilnya mantep semua hihihi.

      Hapus
  11. ahhhh skincare sultan!! belom pernah coba sih, semoga soon deh 😆

    aku setuju deh kak, menurutku malah lebih penting cleanser terutama first cleanser dibanding investasi ke serum doang 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaa semoga segera berjodoh sama skin dewi, yah, sausan! :D

      iya kaan, yang penting mukanya bersih beneran dulu hehehe

      Hapus
  12. Nah! Sedih bacanya tapi seneng juga sih, aku turut ngerasain efek bisa bikin gruntulan alias texture kukitku tuh jadi hempas pas pertama kali pakai :')

    Cuma setiap pakai ini, di daerah yang udah ada cloggedpores dan bukan di area yang sering keluar jerawat juga numbuh inflamasi :') syedihhh.

    Masih aku akalin :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, komedo sama kulit mati di kulit juga pada rontok deh pake ini.

      kulitmu rewel banget mba giitt, semoga nemu cara biar kulitnya tetep baik-baik aja dipakein cleanser ini :))

      Hapus
  13. Banget sih pump-nya itu paling huh karena bagian bawahnya kan ada partikel bambunya. Jadi gabisa dipencet sama sekali :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan jadi mampet hahaha. aku tuang aja jadinya kalo mau pake. kalo kak el biasanya gimana?

      Hapus
  14. ku kira isinya dikit, banyak juga ya 150ml.. ngebersihin makeupnya juga oke! eh pas lihat harganya yaAllah hmm :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. isinya buanyaakk, puas lah ga abis-abis. performanya juga keren. harganya bikin degdegan ya :"))

      Hapus