11 Referensi Serum Retinol untuk Mengatasi Jerawat, Garis Halus, dan Kulit Kusam

Udah ga asing lagi ya sama yang namanya retinol, dia bekerja untuk memperbarui sel kulit kita. Baik masalah garis halus, bekas jerawat, kulit kusam, maupun jerawat bisa diperbaiki karena lapisan kulit paling atas bakal "digusur" gitu sama sel kulit baru yang ada di bawahnya. Kalo mau dibilang semacam ganti kulit, bole kali ya hihi.

11 Referensi Serum Retinol
11 Referensi Serum Retinol

Berikut aku paparkan 11 produk skincare yang mengandung retinol dalam bentuk serum yang pastinya udah aku pakai juga:


1. Azarine - Retinol Complex + 5x Ceramide Mighty Serum

Azarine - Retinol Complex + 5x Ceramide Mighty Serum
Azarine - Retinol Complex + 5x Ceramide Mighty Serum

Serum ini mengandung retinal complex (encapsulated retinol, retinal, HPR) yang bekerja secara maksimal untuk mengurangi efek samping penuaan, merawat pori-pori, dan mencerahkan kulit akibat hyperpigmentasi. Di sini ada kandungan 5X Skin Identical Ceramide maksudnya kandungan tersebut mirip dengan ceramide yang diproduksi oleh tubuh kita sehingga kinerjanya untuk memperbaiki skin barrier dan melembapkan kulit bisa lebih optimal. Teksturnya kental cenderung milky, dapet banget lembapnya di kulitku yang dehidrasi. Karena dia mengandung retinol yang dienkapsulasi, jadi performanya lebih gentle. Pun saat dipakai di kulitku yang lagi ada jerawat meradang dan beberapa spot kemerahan di wajah, aku ga merasakan efek perih atau panas. Kamu bisa dapetin Azarine - Retinol Complex + 5x Ceramide Mighty Serum seharga Rp 89.100 (20ml - BPOM NA18220111401) di sini.


2. Azarine - Retinol Smooth Glowing Serum

Azarine - Retinol Smooth Glowing Serum
Azarine - Retinol Smooth Glowing Serum

Ditujukan untuk mengatasi kerutan halus dan keriput, pori-pori besar, serta jerawat. Cara kerja encapsulated retinol yang ajaib bisa ngeboost regenerasi sel kulit dengan gentle ini diibaratkan seperti tokoh Scarlet Witch yang memiliki kekuatan sihir yang sangat powerful tanpa mengucapkan mantra. Teksturnya ringan, sedikit licin (mirip tekstur serum Niacinamide 5%), daya serapnya cepat, ga lengket, meninggalkan finish yang lembut di wajah. Performanya gentle, sama sekali ga menimbulkan rasa perih di kulit, di area jerawat, bahkan aku ga merasakan sensasi cekit-cekit saat menggunakan serum ini setelah maskeran pakai clay mask. Kurasa serum ini cocok digunakan untuk pemula yang baru mulai nyobain retinol. Kamu bisa dapetin Azarine - Retinol Smooth Glowing Serum seharga Rp 57.820 (20ml - BPOM NA18210106617) di sini.


3. Noera - Moonlight Glow

Noera - Moonlight Glow
Noera - Moonlight Glow

Sleeping oil ini jadi penolong bangeet kalau aku lagi mager pake dua produk serum retinol & face oil. Trus aku suka banget sama teksturnya yang ringan tapi finish lembap dan glowingnya tuh kayak aku pakai face oil yang teksturnya kental! Performanya di kulitku: pertama kali aku pakai sleeping oil ini kan kondisi kulitku lagi ada jerawat yang udah keliatan putih-putihnya. Setelah aku pakein produk ini, aku butuh waktu sekitar 1 hari sampai putih-putihnya itu pecah. Pas diolesin ke area jerawat, perih ga? Tergantung kondisi jerawatnya. Kalau di jerawat yang udah keliatan putih-putihnya, aku ga merasakan ada efek perih. Tapi kalau diolesin di area jerawat terbuka alias meradang, ada sedikit sensasi cekit-cekitnya. Inget ya, duikit buanget. Menurutku, tekstur sleeping oil ini recommended banget buat yang kulitnya kering dan dehidrasi soalnya finishnya bikin kulit keliatan glowing pol! Karena sleeping oil ini mengandung retinol yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, jangan lupa pakai sunscreen pada pagi harinya biar kulit ga iritasi dan supaya face oil dapat bekerja secara maksimal pada malam hari. Kamu bisa dapetin Noera - Moonlight Glow seharga Rp 175.000 (30ml - BPOM NA11220100108) di sini.


4. Surface+ - Just A Drop HyaluRetinol Serum

Surface+ - Just A Drop HyaluRetinol Serum
Surface+ - Just A Drop HyaluRetinol Serum

Dengan kandungan retinol 2% ini aku awalnya kaget hah kok bisa dibilang gentle? Biasanya aku pake yang segini udah perih? Etapi ada Hyaluronic Acid-nya juga 1% yang akhirnya bikin aku pengen buktiin sendiri. Mungkin ada kandungan lainnya yang bikin serum ini bekerja dengan gentle dan bisa dipakai buat pemula. Tapi emang berdasarkan pengalaman pemakaianku, aku ga merasakan sensasi cekit-cekit atau harsh feeling lainnya. Aku suka teksturnya yang kental, memberi hidrasi juga kelembapan pada kulitku yang dehidrasi. Kamu bisa dapetin Surface+ - Just A Drop HyaluRetinol Serum seharga Rp 165.000 (30ml - BPOM NA18212000033) di sini.

5. Wardah - Renew You Anti Aging Intensive Serum

Wardah - Renew You Anti Aging Intensive Serum
Wardah - Renew You Anti Aging Intensive Serum

Another thick texture that i love soo bad! Saking pekatnya aku sampe pake 2-3 pipet, padahal pipetnya panjang banget 😂. Pas diratain ke kulit tuh agak licin, awal-awal kulitku jadi terasa lembap halus muluuuss banget, tapi lama-kelamaan yang aku rasain tadi tone down jadi lebih kesat. Kamu bisa dapetin Wardah - Renew You Anti Aging Intensive Serum seharga Rp 80.080 (10ml - BPOM NA18172000273) di sini.

 

6. LT Pro - Retinol Skin Serum

LT Pro - Retinol Skin Serum
LT Pro - Retinol Skin Serum

Dia performanya pelan tapi pasti. jerawat di dagu dan atas bibirku tu pudar dalam waktu 2 hari. Tinggal bekasnya aja. Aku ga ngerasain sensasi perih atau cekit-cekit di jerawat. efek instannya bikin kulit lembap bangeet juga halus! Kamu bisa dapetin LT Pro - Retinol Skin Serum seharga Rp 103.500 (20ml) di sini.


7. Dear Me Beauty - Retinol + Blueberry Extract

Dear Me Beauty - Retinol + Blueberry Extract
Dear Me Beauty - Retinol + Blueberry Extract

Selama pemakaian, aku sama sekali ga ngerasain sensasi perih dan cekit-cekit di kulit bahkan jerawatku. Tapi kalau diaplikasikan di kulit yang lagi parah banget jerawatnya mungkin ada sensasi pedihnya dikit kali yaa. Nah, aku pakai serum ini biasanya setelah pemakaian essence, sebelum layering dengan serum lainnya, terus lanjut pakai moisturizer. Meskipun mild, progress yang keliatan tetep ada biarpun tetep butuh waktu. Jerawatku yang tadinya meradang besar jadi kempesan, hihi. Dan kalau malemnya pakai serum retinol, paginya kulitku tetep lembap alias ga bikin kering. asiiik. Trus paginya jangan skip sunscreen. Kamu bisa dapetin Dear Me Beauty - Retinol + Blueberry Extract seharga Rp 135.000 (32ml) di sini.

 

8. Scarlett - Skin Smoothing Retinol Serum

Scarlett - Skin Smoothing Retinol Serum
Scarlett - Skin Smoothing Retinol Serum

Saat diaplikasikan, teksturnya yang kental terasa licin di kulit, mudah menyerap juga tapi ga secepat serum retinol, finishnya di kulit terasa lembap, halus, dan hidrasinya juga lebih dapet kalo dibandingin sama serum retinol. Sayangnya, isinya kurang banyak plus teksturnya yang kental bikin cepet abis aja rasanya -- ga nyampe 3 minggu isinya udah rada susah dikeluarin dari pipetnya. Tapi untuk performa gentle-nya ok banget di kulitku. Kamu bisa dapetin Scarlett - Skin Smoothing Retinol Serum seharga Rp 75.000 (15ml) di sini.

 

9. eBright Skin - HPR-Retinol 2% + Peptide + Ferulic Acid 1%

eBright Skin - HPR-Retinol 2% + Peptide + Ferulic Acid 1%
eBright Skin - HPR-Retinol 2% + Peptide + Ferulic Acid 1%

Tadinya aku ngerasa kalau dia bakal ngasih efek yang galak ke kulit seperti kesanku pada serum-serum retinol lainnya. Tapi setelah membaca klaimnya yang bisa juga digunakan untuk kulit sensitif, aku mulai iseng tuh pakai toner retinol dulu sebelum lanjut ke serumnya. Tentu dari toner ke serum ada jarak yang kuisi dengan layering produk hidrasi. Beberapa kali keisengan ini aku lakukan dan alhamdulillah kulitku baik-baik aja. Eits, aku ga menyarankan kamu buat ngikutin trik ini yah karena cukup riskan kalau ga kebeneran. Kalau digunakan tanpa toner retinol, aku merasa serum ini bekerja lebih gentle di kulitku. Saat mengaplikasikan serum ini di area berjerawat, aku ga merasakan perih atau cekit-cekit. Karena performanya gentle di kulitku, beberapa kali kupakai tiga malam berturut-turut, pernah ada jeda juga, lalu lanjut lagi kupakai setiap hari. Kamu bisa dapetin eBright Skin - HPR-Retinol 2% + Peptide + Ferulic Acid 1% seharga Rp 176.000 (20ml) di sini.


10. Re.set the Skin - 1% Actosome Retinol Serum

Re.set the Skin - 1% Actosome Retinol Serum
Re.set the Skin - 1% Actosome Retinol Serum

Meskipun menurut klaimnya dia bisa digunakan untuk pemula, tapi reaksinya di jerawatku lumayan nampol, loh! Beberapa hari lalu ada jerawat meradang yang udah mulai keliatan putih-putihnya tapi masih mendem, trus aku pakai retinol ini dan besok paginya si putih-putihnya itu udah mau keluar. Kalau dibilang gentle sih gentle yaa karena dia ga memberikan efek negative apapun termasuk rasa perih saat aku gunakan bersamaan dengan produk liquid exfoliant-nya. Eits, tapi kalau kulit kamu sensitif, hindari menggunakan dua produk ini secara bersamaan.Tekstur serumnya yang milky ninggalin efek hidrasi dan kelembapan yang cukup, butuh waktu juga agar serumnya terserap dengan baik. Kamu bisa dapetin Re.set the Skin - 1% Actosome Retinol Serum seharga Rp 94.400 (30ml - BPOM NA18210111201) di sini.


11. Re.set the Skin - 2% Actosome Retinol Serum

Re.set the Skin - 2% Actosome Retinol Serum
Re.set the Skin - 2% Actosome Retinol Serum

Kalau varian 1% Actosome Retinol masih terasa gentle di kulitku, kayanya yang 2% ini sudah mulai memunculkan tanda-tanda kegalakannya. Setelah menggunakan serum semalaman, kadang muncul sedikit bruntusan di area pipi luar (yang deket ke kuping). Bruntusannya bukan yang gede-gede meradang memerah kayak calon jerawat, tapi lebih kayak ada pasir nempel di kulit. Kurasa itu efek untuk memancing komedo yang mendem untuk segera keluar? Sampai saat ini mukaku masih baik-baik aja, ga ada muncul jerawat akibat penggunaan rangkaian produk Re.set termasuk 2% Actosome Retinol ini. Teksturnya yang milky memberi hidrasi dan kelembapan yang cukup, finishnya basah di kulit (aku suka banget btw), dan ga ada sensasi perih dan cekit-cekit saat diaplikasikan ke kulit. Kamu bisa dapetin Re.set the Skin - 2% Actosome Retinol Serum seharga Rp 108.800 (30ml - BPOM NA18210111200) di sini.


Nah, kira-kira di antara 11 serum retinol di atas mana yang rencana mau kamu pakai nih?

0 Comments