Lip Serum, Produk Lip Care yang Bekerja Lebih Intensive dari Lip Balm | Vita Lip Serum - Noera by Reisha [Review]

Dari awal kenal lip cream, aku tuh suka banget sama lip cream matte karena finish-nya bikin mukaku keliatan lebih tegas. Selain itu, hasil akhir yang matte bisa menonjolkan karakter bibirku. Lain halnya kalau aku pakai lip cream yang finishnya satin atau velvet aja, rasanya kurang ter-pop-up gitu. Kelebihan lain yang aku rasakan saat mengenakan lip cream matte adalah daya tahannya yang oke, ga mudah ilang. Akan tetapi, efek samping yang aku rasakan dari seringnya penggunaan matte lip cream ini bikin bibirku kering, kadang sampai pecah-pecah. Apalagi kalau abis pakai lipen seharian trus malemnya ketiduran ga sempet bersiin bibir, hmmm makin kering deh.

Dari sini, aku makin memperhatikan perawatan bibir yang bisa aku lakukan sendiri di rumah. Mulai pakai scrub untuk eksfoliasi sampai rutin menggunakan lip balm. Tapi ternyata penggunaan lip balm saja belum maksimal loh untuk mengembalikan kelembapan bibir. Dalam rangkaian produk perawatan bibir, ada yang namanya lip serum yang cara kerjanya lebih intens dan dapat mengembalikan warna cerah alami bibir kita.


Perbedaan Lip Balm dan Lip Serum

1. Lip balm memiliki manfaat untuk melembapkan bibir, mencegah berbagai masalah seperti bibir kering dan pecah-pecah. Lip balm tidak dapat mengobati bibir yang sudah kering dan pecah-pecah. Lip serum mampu melembapkan bibir dan mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

2. Untuk perawatan anti-aging, lip serum dapat bekerja lebih intens daripada lip balm.

3. Lip balm hanya melembapkan dan melindungi bibir dari luar. Lip serum memiliki formula yang lebih kompleks dan dapat melindungi kulit dari dalam.

4. Lip balm tidak dapat mengubah warna bibir. Kalau ada lip balm yang memiliki warna dan membuat bibir tampak lebih pink, itu hanya sementara saja. Sementara lip serum, dia memiliki formula yang dapat melancarkan aliran darah dan oksigen pada bibir sehingga apabila rutin digunakan, warna bibir bisa tampak lebih cerah.

Ngomongin soal lip balm, beberapa waktu lalu aku sempat menggunakan produk lip balm-nya Noera by Reisha yang ada warnanya. Kalau dipakai semalaman, paginya bibir keliatan pinkish cerah alami seger. Tapi begitu aku bersihin pakai cleansing oil, stain warnanya terangkat. Dan selama seminggu pemakaian, aku merasa warna bibirku agak lebih fair gitu.. hmm, ini beneran atau hanya sugesti ya?

Next.

Merasa butuh produk perawatan bibir yang lebih intens, saat ini aku lagi nyobain produk Vita Lip Serum dari Noera. Dia ada kandungan Vitamin E dan Sweet Almond Oil yang dapat menutrisi juga melembapkan bibir. Selebihnya akan kita kupas di poin berikutnya.

Noera - Vita Lip Serum

Noera merupakan brand kecantikan lokal yang sudah memiliki berbagai macam produk mulai dari kosmetik, face care, bahkan body care. Kemasan produk Noera juga terbilang menarik, girly, dan vibe-nya anak remaja banget.


Noera - Vita Lip Serum

"Oh My God, these are too cute!"

Kurang lebih begitu kesan pertamaku saat unboxing produk lip serum ini. Terlalu gemash!

Noera - Vita Lip Serum hadir dengan kemasan menyerupai balok berwarna pink lembut (soft pink/baby pink) dengan variasi gradasi transparan di bagian bawahnya. Packaging-nya sendiri terbuat dari ceramic, dilengkapi dengan tutup ulir dan aplikator untuk memudahkan pengaplikasian lip serum.

Noera - Vita Lip Serum
BPOM NA18201302335

Noera - Vita Lip Serum

Noera - Vita Lip Serum

Dengan ukuran 5ml, produk lip serum ini sangat travel-friendly dan handy.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Noera - Vita Lip Serum

Tekstur: encer, oily.

Warna: pinkish. Warna pink-nya tidak mencolok saat dioleskan ke bibir.    

Aroma: manis marshmallow.


Klaim Produk

Noera - Vita Lip Serum memiliki beberapa klaim sebagai berikut:

  1. Dapat juga digunakan sebagai lip tint dan lip gloss. Sebagai lip tint, karena dia ada warnanya meskipun ga mencolok. Sebagai lip gloss, karena finish-nya persis seperti kita memakai lip gloss: glossy.
  2. Aman digunakan sehari-hari. Yes, ini aku pakainya setiap hari 2-3x sehari terlebih saat malam menjelang tidur.
  3. Aman digunakan ibu hamil dan menyusui. Menurutku ini subjektif, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter dan teliti kembali daftar kandungan produk lip serum ini.
  4. Bisa digunakan oleh perempuan dan laki-laki. Yep, karena ini produk perawatan jadi sifatnya universal bisa digunakan oleh siapa saja.


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Vitamin E: kaya anti-oksidan, membantu mencegah bibir menjadi kering. Lebih dalam lagi, dalam hal perawatan bibir, Vitamin E dapat memberi nutrisi yang baik sehingga dapat memberi beberapa manfaat sebagai berikut.
    • Melembapkan. Vitamin E dapat mengembalikan hidrasi kulit, menjaga kehalusannya, dan membuat bibir terlihat lebih supple. Kalau kamu punya masalah kulit bibir kering dan pecah-pecah, keutamaan Vitamin E bisa sangat membantu untuk memulihkan keadaan bibirmu.
    • Melembutkan. Yep, Vitamin E dapat melancarkan peredaran darah dan menghasilkan sel kulit baru sehingga kulit terasa lebih lembut.
    • Melindungi. Bibir kita tuh rentan banget sama kerusakan lingkungan dan perubahan iklim, jadi Vitamin E ini berfungsi untuk melindungi bibir dengan cara merevitalisasi sel-sel kulit dan memperkuat skin-barrier kulit bibir.
    • Memperbaiki. Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang rusak.
    • Memiliki fungsi anti-aging. Semakin bertambahnya usia, bibir kita akan terlihat semakin tipis dan berkerut. Sebuah studi menunjukkan bahwa Vitamin E sebagai powerful antioksidan dapat mengembalikan masalah kulit terkait usia yang disebabkan oleh radikal bebas termasuk perubahan tekstur kulit, garis-garis halus, dan kerutan.
  2. Sweet Almond Oil: membantu menutrisi, menjaga kelembapan bibir, melembutkan, anti-inflamasi, dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit bibir. Eh, btw, kenapa namanya ada Sweet Almond Oil, bukan Almond Oil aja? Jadi, seperti minyak zaitun, Sweet Almond Oil dihasilkan dengan cara memeras kacang atau buahnya untuk menghasilkan minyaknya. Nah, minyaknya ini disebut sweet karena kalau almond oil aja tuh bias soalnya ada juga yang namanya bitter almond oil. Kalau bitter almond oil biasanya dimanfaatkan sebagai wewangian.


Kandungan Lengkap:

Caprylic/Capric Triglyceride, C26-28 Alkyl Dimethicone, Polyglyceryl-10 Decaoleate, Phenoxyethanol, Tocopheryl Acetate, Flavor, Sweet Almond (Prunus Amygdalus Dulcis) Oil, Asam Para-HIdroksi Benzoate, May Contain Cl 45410.

Baca juga: Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil, First Cleanser yang Bisa Menghapus Makeup Waterproof dan Mengeksfoliasi Kulit secara Lembut [Review]


Cara Pemakaian

Cara pakainya persis seperti kita mengaplikasikan lip cream: tinggal oles saja lip serum pada bibir menggunakan aplikatornya.


My Experience

Karena ini lip serum, aku berpikir kalau pemakaiannya harus dibarengi dengan lip balm biar hasilnya lebih maksimal. Tapiii, aku mau tau dulu gimana jadinya kalau lip serum ini digunakan sendirian. Jadi selama 10 hari pemakaian ini aku lebih sering pakai lip serum aja, jarang banget pakai lip balm, dan beberapa kali pakai lip cream setelah penggunaan lip serum.

Penggunaan lip serum as a single usage

Biasanya aku pakai 2-3x sehari pada pagi hari, siang/sore hari (reapply), dan malam hari sebelum tidur. Yang aku rasakan selama pemakaian tuh kayak lagi pakai lip gloss stick, cuman ini versi encernya. Kalau pakai lip gloss stick itu kan teksturnya berasa tebel di bibir, kalau lip serum ini lebih ringan tapi tetep berasa "ada minyaknya" di bibir.

Kalau dipakai semalaman, besok paginya jadi gimana? Nah, bisa lihat pada gambar di bawah ini. Bangun-bangun bibirku keliatan lebih cerah, ngga minyakan, tapi kalau dibersihin pakai cleansing oil ya warnanya jadi keangkat. Aku masih penasaran sih ini kalau aku pakai lip serum-nya sampai habis 2 pcs, apakah warna bibirku jadi lebih cerah permanen? Nanti aku update lagi, ya! :D

Di hari ke-7, pas aku lagi iseng gosok-gosok bibir entah kenapa jadi gampang banget kulit bibir yang kering jadi terkelupas dan ga ada rasa sakit atau perih sama sekali saat dikelupas.

Trus, selama 10 hari pemakaian ada perubahan warna bibir, ga? Sebenernya aku belum merasa ada perubahan yang signifikan. Di bawah ini aku lampirkan before-after-nya kalau mau dijadikan referensi, tapi mohon untuk tidak dijadikan patokan karena hasil masing-masing foto diambil pada waktu yang berbeda dan kondisi cahaya yang berbeda pula.


Penggunaan lip serum sebelum lip cream

Karena aku suka pakai lip cream, ini membantu banget supaya bibirku ga mudah kering. Tapi sebaiknya setelah pakai lip serum kudu ditimpa lip balm dulu kali yaa sebelum ngolesin lip cream.

Baca juga: Dua Minggu Pakai dari ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS), Jerawatku jadi Lebih Cepat Kering! [Review]


Beli di Mana?

Noera - Vita Lip Serum bisa kamu dapatkan melalui Shopee Official Store: noerabeautycare seharga Rp 65.000.


Kesimpulan

Sebenernya Noera punya produk perawatan bibir lumayan lengkap, selain ada lip serum dan lip balm, ada lip scrub-nya juga. Jadi kalau mau beli mending beli semuanya deh biar hasilnya lebih maksimal hihihi. Aku sendiri juga penasaran sama lip scrub-nya Noera, semoga nanti bisa ikut nyobain.

Untuk lip serumnya sendiri, menurutku udah bagus banget. Kemampuan menghidrasinya oke dan ada warnanya pula (menurutku ini poin plus). Packaging-nya juga cute dan travel friendly.


Btw, kamu udah cobain lip serum-nya Noera? Atau malah udah cobain rangkaian lip treatment-nya? Coba ceritain sini di kolom komentar. :D

Baca juga: Buttonscarves Eau De Parfum, Parfum Luxury Wanita Elegan dengan Aroma Tahan Lama Hingga 12 Jam [Review]


Referensi

https://camillebeckman.com/blogs/vie-de-camille/sweet-almond-oil-what-it-is-what-it-does
https://www.beautynesia.id/berita-skincare/lip-balm-vs-lip-serum-mana-yang-lebih-baik-untuk-kesehatan-bibir/b-198884
https://www.duit.com.au/benefits-of-vitamin-e-in-lip-balms/

10 Comments

  1. Wah.. selengkap ini ya produk perawatan bibir. Aku taunya cuma lip balm, selain lipstik sbg pewarna. Ternyata ada lip serum juga.. makasih infonya ya Mbak

    BalasHapus
  2. Menjawab pertanyaan di ujung tulisan, "Kamu udah cobain lip serum-nya Noera?" Jawabku: sama sekali belum. Apalagi terhadap pertanyaan berikutnya, juga sama: Belum sama sekali. Tapi, keren, detail infonya.

    BalasHapus
  3. aku agak bingung nih kalau namanya lip serum tapi masih ada stain. apalagi di kak Dian bersihin pakai cleansing oil baru bersih 🥲

    tapi overall produk kayak gini menarik banget 😍

    BalasHapus
  4. seperti biasa kalau baca review skincare dari kamu aku bawaannya mau langsung checkout aja :)

    BalasHapus
  5. Cerahan banget ya hasilnya. Jadi triggered nih pengen pakai lip serum

    BalasHapus
  6. Ini yg aku butuhkan si, secara bibirku sering kering dan ngelupas gitu perih, mgkin harus pake lip serum ini.. klo lip balm buat d rmh terasa berat

    BalasHapus
  7. Warna pink-nya lucuuu ya, nggak kayak lip serum yang pernah aku coba. Trus lip serum ini viral banget deh di tiktok😂 aku jadi pengen cobain juga

    BalasHapus
  8. Waaa aku lagi cari2 jg produk lip care. Capek bgt sama chapped lips :( Packagingnya lucu bgt ih btw. Masuk wishlist ah hihi

    BalasHapus
  9. Multiguna banget ya lip serumnya ini bisa untuk lip tint dan lip balm, bibir pun lebih lembut dan ngga kering setelah pakai

    BalasHapus
  10. Ah serinh banget liat ini berseliweran dimana" huhu. Kalo misal di aplikasi warnanya jd bikin warna bibir lebih sehat yah. Jd mupeng hehe

    BalasHapus