Review Airnderm - Hydrating Primer Toner & Radiant Serum (Acne Serum) Setelah 1 Bulan Pemakaian

Di beberapa tulisanku sebelumnya aku pernah cerita kalau masalah utama kulitku adalah jerawat yang disebabkan oleh tipe kulitku yang berminyak. Tapi makin ke sini apalagi sedang musim pancaroba, aku merasa kulitku yang oily ini kok suka terasa lebih kering dan kasar dari sebelumnya. Wah, apakah kulitku mengalami dehidrasi? Kupikir dengan seiring perubahan kondisi kulitku, jerawat jadi jarang muncul. Eeh ternyata sama aja. Nah, dengan kondisi kulit dehidrasi dan jerawat yang masih suka dateng, berarti selain pakai produk untuk jerawat juga aku harus ngencengin pakai produk skincare yang menghidrasi (bisa dimulai dari hydrating toner).

Dua produk yang sedang aku gunakan selama sebulan ini untuk mengobati jerawat juga melembapkan kulit datang dari Airnderm - Hydrating Primer Toner & Radiant Serum.

Airnderm - Hydrating Primer Toner & Radiant Serum


Airnderm

Airnderm merupakan sebuah brand skincare lokal asal Bandung. Koleksi produk perawatan kecantikannya sudah sangat lengkap mulai dari cleanser hingga masker. Airnderm juga sudah memiliki 6 cabang klinik kecantikan yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Malang. Hayo, siapa yang sudah sempat main ke klinik Airnderm? Kalau kamu mau tau lokasi klinik dan produk-produk apa saja yang disediakan, bisa langsung cek ke website airinbeautycare.

Sekarang kita bahas dua produk pertama dari Airnderm yang aku pakai: Hydrating Primer Toner & Radiant Serum.


Airnderm - Hydrating Primer Toner 

Merupakan toner yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit wajah, sehingga kulit tetap terawat dan terjaga kesehatannya.

Toner ini datang dengan kemasan botol plastik doff transparan nan kokoh, berukuran 100ml, dan dilengkapi dengan tutup berwarna silver. Menurutku desainnya ini lumayan "singset", mudah digenggam, dan travel-friendly.

Airnderm - Hydrating Primer Toner
POM NA18201204315 | 100 ml

Dari sisi keamanan, packaging ini aman sekalii, ga mudah pecah kalau jatuh (soalnya sebelum nulis review ini botolnya sempet jatuh dari meja hehe), dan ketika tutup silvernya itu dibuka tuh masih ada (((sumpel)))-nya biar isinya ga mudah rembes.

Airnderm - Hydrating Primer Toner

Di badan botolnya juga ada keterangan singkat mengenai produknya seperti nama toner, kandungan toner, cara penggunaan, izin edar, dan tempat produksinya.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Airnderm - Hydrating Primer Toner

Tekstur: cair, kalau dioleskan ke kulit terasa sedikit kenyal (seperti silicony tapi bukan), cepat meresap, ga lengket

Warna: putih keruh

Aroma: tidak ada


Klaim Produk

Aman untuk kulit sensitif, non-alcohol, non-paraben, non-silicon, non-fragrance, dan fungal acne-safe.


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Glycerin: mempertahankan kelembapan kulit, meningkatkan kadar hidrasi pada kulit, dan menyegarkan kulit. Glycerin juga memiliki sifat humektan dan emolien. Humektan, bekerja menjaga kelembapan kulit dengan menarik kelembapan dari lingkungan sekitar. Sementara emolien, dia melembapkan kulit dengan cara masuk di sela-sela sel.
  2. Sodium Hyaluronate: merupakan turunan dari Hyaluronic Acid, memiliki fungsi untuk melembapkan kulit, mengurangi kerutan, menenangkan kulit, mengunci kadar air dalam kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan menjaga elastisitas kulit.
  3. Aloe Vera: melembapkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Propanediol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Xanthan Gum.


Cara Pemakaian

Tuangkan Airnderm - Hydrating Primer Toner ke tangan, 3-4 tetes lalu tepuk-tepuk ke wajah secara lembut dan perlahan sampai meresap.

Bisa digunakan pagi dan malam hari setelah exfoliating toner atau balancing toner, sebelum essence.

Sebenernya ada beberapa macam cara dalam menggunakan toner ini, bisa pakai kapas, pakai tangan langsung, dan bisa juga dipakai CSM-an. Aku sendiri paling suka pakai toner ini menggunakan kapas lalu diulang menggunakan tangan. Kita bahas satu-satu yaa.

1. Menggunakan kapas

Airnderm - Hydrating Primer Toner

Ga harus kapas, mau pakai reusable cotton pad juga bisa. Tinggal tuang toner secukupnya pada kapas, lalu usapkan perlahan ke wajah dengan gerakan ke atas. Gunanya pakai kapas tuh untuk mengangkat tipis-tipis residu sabun wajah atau masker yang digunakan sebelumnya.


2. Menggunakan Tangan

Airnderm - Hydrating Primer Toner

Biasanya aku pakai sampai 5 tetes toner untuk aku aplikasikan di area wajah dan leher. Kalau kulit lagi butuh hidrasi lebih, menurutku cara ini lebih efektif sih dan ga jarang aku layering toner sampai 3-4x kali biar kulit terasa lebih kenyal.


3. CSM (Chizu Saeki Method)

Chizu Saeki Method merupakan teknik memakai hydrating toner dengan cara dikompreskan. Cara ini bisa digunakan di step setelah menggunakan toner (pakai kapas atau pakai tangan) atau sebagai masker di luar step skincare-an. Sebenernya CSM-an tuh biar apa siih? Teknik ini sangat berguna untuk kita yang memiliki kulit kering atau dehidrasi. Kalo aku ngerasa kulitku dehidrasi dan kasar jadi ga ada salahnya untuk nyobain teknik ini.

Airnderm - Hydrating Primer Toner


Dari gambar di atas, langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Belah kapas menjadi beberapa lembar
  2. Kalau aku 3 lembar aja cukup
  3. Tuang hydrating toner secukupnya
  4. Kompres muka menggunakan kapas yang sudah dibasahi toner seperti menggunakan sheetmask


Review

Yang aku rasakan saat pemakaian toner ini tuh hidrasinya pas. Kukira dia bakal bleberan gitu di muka dalam sekali pemakaian, ternyata engga; dia mudah sekali meresap ke kulit. Karena aku suka skincare-an sampai basah, jadi tiap pakai toner ini aku layering 3-4x untuk mendapatkan kelembapan yang aku inginkan (mengingat kulitku yang lagi dehidrasi). Dan kalau layering-nya pas pagi atau siang hari, serius deh kulit tuh bakal terasa lebih kenyal aja sampai sore. Selama pemakaian aku tidak merasakan efek negatif pada kulit.


Foto di atas merupakan perbandingan antara sebelum memakai toner dan tepat setelah pemakaian toner.


Where to Buy?

Shopee: airinjakarta Rp 100.000 (100ml)


Lanjut ke serumnya!

Airnderm - Radiant Serum

Merupakan serum untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat. Radiant Serum datang dengan kemasan botol pump yang didominasi dengan warna putih, dilengkapi tutup transparan. Dari segi ukuran, dia lebih mungil dari tonernya, hanya 20ml. Selama pemakaian, pump-nya dapat bekerja dengan baik; ga macet-macet.

Airnderm - Radiant Serum
POM NA 18180130764 | 20 ml

Airnderm - Radiant Serum

Airnderm - Radiant Serum

Di bagian kemasan terdapat beberapa penjelasan singkat mengenai serum ini seperti cara penggunaan, kandungan utama, dan kandungan lengkap.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Airnderm - Radiant Serum

Tekstur: kental, kenyal, hampir seperti gel. Cepat meresap jika digunakan sendirian, namun butuh waktu jika diaplikasikan setelah tahap toner atau essence.

Warna: bening

Aroma: tidak ada


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Niacinamide: meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, meningkatkan produksi ceramide kulit, menebalkan  pertahanan kulit (skin barrier) baik dari radikal bebas ataupun bakteri, mengurangi produksi sebum berlebih, dan mengobati kulit berjerawat. Niacinamide juga dapat mengurangi komdeo dan mencerahkan kulit.
  2. Salicylic Acid: berfungsi sebagai agen keratolitik (bahan aktif yang membantu pengangkatan sel-sel kulit mati dan proses regenerasi kulit), anti-bakteri, menyempitkan saluran minyak, membantu mengeringkan jerawat, dan mencerahkan kulit.


Kandungan Lengkap:

Water, Ethyl Alcohol, Propylene Glycol, Niacinamide, Butylene Glycol, Phellodendron Amurense Bark Extract, Glycolic Acid, PEG-60 Hydrogenated castor Oil, Salix Alba Bark Extract, Rehmannia Chinensis Root Extract, Melia Azadirachta Leaf Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Houttuynia Cordata Extract, Glycine Soja Protein, Lactobacillus/Pear Juice Ferment Filtrate, Glyceryl Caprylate, Ethylhexylglycerin, O-Cymen-5-Oil, Salicylic Acid, Triethanolamine, Methylparaben, Camphor.


Cara Pemakaian

Teteskan 3-4 tetes serum pada telapak tangan, usapkan pada bagian wajah yang berjerawat. Gunakan secara teratur pada pagi dan malam hari.

Airnderm - Radiant Serum

Peringatan: mengandung Camphor. Tidak digunakan untuk anak-anak.


Review

Dari namanya, Radiant Serum, aku pikir ini serum biar kulit keliatan glowing aja, ternyata pas baca ingredients-nya eh ada Niacinamide sama Salicylic Acid-nya yang oke untuk jerawat. Yang aku rasain selama pemakaian, dia tuh ga bikin kulit terasa kering, efek nya di jerawat juga ga keliatan tuh jerawat jadi kering mengelupas, tau-tau kempes aja gitu dalam hitungan hari. Untuk performanya, menurutku dia bekerja dengan sangat gentle.

Foto di atas merupakan perbandingan antara sebelum menggunakan serum (setelah pakai toner) dan setelah pemakaian serum ke seluruh wajah.


Where to Buy?

Shopee: airinjakarta Rp 125.000 (20ml)


Progress setelah 1 Bulan Pemakaian Airnderm - Hydrating Primer Toner & Radiant Serum


Sebelum pakai dua produk Airnderm, kondisi wajahku tuh lagi ada jerawat meradang di area pipi kanan dan kiri. Setelah sebukan pemakaian, jerawat udah kempes tinggal jerawatnya aja. Trus kalo rutin pakai tonernya, kulit terasa lebih lembut dan lembap.

Antara Hydrating Primer Toner dan Radiant Serum, yang jadi favoritku tuh tonernya. Biarpun dipakai layering berkali-kali, dia tuh ga bleberan tapi bikin kulit terasa lebih supple. Kalau kamu udah pakai produknya Airnderm yang mana nih?

Baca juga: Pixi Retinol Tonic dan The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution, Produk Skincare Terfavorit 2020 (sampai Sekarang juga Masih Jadi Favorit!)


Referensi

https://airinbeautycare.co/
https://www.healthline.com/health

25 Comments

  1. Thn 2020 lalu, aku sempet jerawatan parah banget. Dan aku berobat ke kliniknya Airinderm. Trs aku dikasi Radiant Serum juga.. itu yah, dlm 3 bulanan jerawatnya pada kempes.. ya Ampyuunnn sampai amazed bgt sama produk Airin!

    BalasHapus
  2. Kulitnya keliatan jadi lebih lembab ya

    BalasHapus
  3. aku udah coba tonernya dan aku suka kak dian 😍
    terus aku pake serum retinolnya, aku suka jugaa 😍
    kalau radiant serum belum coba tapi penasaran deh 😍

    BalasHapus
  4. aku sempet pakai hydrating toner nya. lebih enak dipakai tangan hehe termasuk bagus sih dia untuk harga yang sangat terjangkau :D

    BalasHapus
  5. Hydrating toner nya sii juarak,kulit jadi halus bgt

    BalasHapus
  6. Klo diliat dr teksturnya si toner enak bgt buat csm an yah 🤩 bikin lembab gitu afternya

    BalasHapus
  7. Paling penasaran sama tonernya banyak yang review positif

    BalasHapus
  8. oohh kaya akan hyaluronic acid juga ya tonernya (carnellin)

    BalasHapus
  9. Butuh nih buat jerawat membandel ya kan aplg airin udh terkenal dmn2

    BalasHapus
  10. Radiant serum pasti bikin kulit Mbak Radiani makin radiant 🤩 cocok dong yaa

    BalasHapus
  11. Walau saya belum klik dengan produknya, tapi saya suka baca review ini, komplet soalnya...

    BalasHapus
  12. Boleh aku share nih artikelnya ya mbak?, buat temen2 yang lagi punya masalah sama jerawat. Siapa tau cocok sama.produknya.

    BalasHapus
  13. Namanya susah sekali disebut yaa Airnderm. Biasanya serum hanya khusus mencerahkan dan merawat kulit ini ada yang khusus acne pasti bakalan jadi pilihan.

    BalasHapus
  14. Kulit saya juga berminyak dan berjerawat Mbak. Jadi ingin mencoba produknya. Terima kasih artikelnya Mbak

    BalasHapus
  15. Eh serius aku baru tau brand ini awalnya dari klinik kecantikan yaa ternyata. Suka sama konsep packaging tonernya krn stoppernya built in gt. Btw setuju sih akhir2 ini kulit kyk lebih kering dari sebelumnya krn perubahan cuaca. Untung masih cenderung normal sih. Nice review Kak Dian!

    BalasHapus
  16. aku tertarik dengan tonernya, sepertinya kalau set skincareku habis wajib coba produk ini tuh..
    reviewnya komplit dan keren kakak....

    BalasHapus
  17. As always, review Mbak Dian komplit ciiiin. Berhasil ngeracunin pengunjung blog ini. Hihihi, aku kayaknya perlu lebih terhidrasi dengan produk seperti dari Airinderm ini.

    BalasHapus
  18. Hiks kenapa di semarang belum ada si padahal pengen nyobain deh. Pengen nyobain radiant serumnya

    BalasHapus
  19. Serumnya menarik nih.. aku pernah liat temenku pake ini, jadinya lumayan lembab. Anyway, kita sama, kok musim pancaroba gini biasanya aku berminyak, ini malah kering :")

    BalasHapus
  20. dua produk ini juga kesukaanku banget! tonernya sih terutama, biasanya aku prefer toner yang bener2 cair, punya airnderm agak kental tapi tetep super nyaman di kulitku 💖

    BalasHapus
  21. Jadi pengen coba serumnya kayanya kandungannya bagus". Toner nya kandungannya simple tapi bikin kulit nyaman kayanya. Makin menarik aja yah lokal sekarang 🤤

    BalasHapus
  22. aku juga udah coba tonernya enaak, raup able dan buat CSM an oke banget!

    BalasHapus
  23. Reviewnya membantu sekali ni Mba, kalo aku akhir ini suka kering di area hidung gitu jdi lagi cari toner menghidrasi seperti airnderm ini sepertinya akan cocok

    BalasHapus
  24. Tonernya kesayangan banget nih. Yg radiant serum kupikir kyk brightening serum. Ternyata bisa buat acne serum jg ya.

    BalasHapus
  25. jadi pingin nyoba.... kalau serumnya itu buat kulit berminyak juga bisa ya mba?... ngga berjerawat sih tapi kulit bermintak jadi kadang aja kalau mau haid ada jerawat satu biji hahahaha....

    BalasHapus