Pixi Retinol Tonic dan The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution, Produk Skincare Terfavorit 2020 (sampai Sekarang juga Masih Jadi Favorit!)

Hai, di awal Maret ini aku mau membahas produk terfavorit aku di tahun lalu, wkwkw udah telat ya? Gapapa lah daripada engga. Sebenernya kalo mau nyebutin produk apa aja yang aku suka selama tahun 2020 tuh ada banyak, masing-masing punya kesan tersendiri, tapi ini aku ambil yang paling membekas di hati. Aku pilih dua produk yang efeknya sangat bagus di kulitku untuk treatment eksfoliasi dan penyembuhan jerawat. Kedua produk ini memiliki kandungan aktif yang sifatnya "mengikis" kulit. Mereka adalah Pixi Retinol Tonic dan The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution.

Pixi Retinol Tonic & The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution
Pixi Retinol Tonic & The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution


1. Pixi Retinol Tonic

Pixi Retinol Tonic

Aku pakai toner ini dari tahun lalu karena lagi pengen pake sesuatu yang ada retinolnya dan kebetulan ada si Pixi Retinol Tonic ini ya kenapa tidak kan yaaa. Secara aku udah ngincer produk Pixi sejak beberapa tahun lalu karena keliatannya wah banget dan penasaran juga bakal kayak gimana mukaku kalo dipakein produk Pixi, hehe. Tonic ini aku gunakan di step toner setelah cuci muka, sebelum lanjut pakai hydrating toner atau essence. Trus pagi harinya wajibb pake sunscreen biar kulitnya ga iritasi setelah melalui proses "pengikisan".

Produk retinol ini aku pakai pada malam hari, setidaknya seminggu sekali atau pas lagi ada jerawat. Kenapa ga dipakai tiap hari? Hmm, awal punya retinol ini sih aku pake dua hari berturur-turut, eh paginya muncul iritasi dong di derah lipatan hidung. Yaudah abis itu aku stop dulu pemakaiannya, jeda 2-3 hari kulitku yang iritasi udah membaik. Penggunaan retinol untuk pemula kayak aku itu sebaiknya 1-2x aja seminggu.

Feel of use: biasa aja, malah aku ngerasain tekstur cairan tonic-nya yang sangat lembut di kulit. Kalo kulit lagi baik-baik aja, ga ada rasa perih cekit-cekit, lempeng ae pokoknya. Tapi kalo lagi ada jerawat, kadang muncul perih tapi dikit. Efeknya di kulit tuh suka bikin muka keliatan lebih merona, lebih "pink" dari biasanya. Tapi itu efek sementara aja sih. Selebihnya, kulit jadi terasa lebih kenyal, halus, agak licin, dan jerawat lebih cepat kering. Belinya di sini.

Baca juga: Review L'oreal Revitalift Day Cream SPF 23 PA++, Day Cream dengan Kandungan Retinol di Dalamnya


2. The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

Sama seperti retinol di atas, The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution ga bisa dipake setiap hari. Paling 1-2 minggu sekali. Dia juga ga bisa dipake barengan sama retinol karena efeknya bisa terlalu keras di kulit, jadi gantian pakenya.

Peeling Solution ini dipakenya kayak masker, diolesin dulu ke muka selama 10 menit, setelah itu dibilas dengan air bersih. Paginya wajibbbb pakai sunscreen. Feel of use-nya gimana? Cekit-cekit, perih, dan gatel hahaha. Apalagi kalo lama ga ekfoliasi kulit, beuuhh berasa banget cekit-cekitnya. Oya, jangan coba-coba pakai produk ini setelah pake peel off mask yah. Puuerrihhhnyaa poll, wkwk. Aman ga sih pakai produk ini kalo lagi jerawatan gede-gede? Tergantung ketahanan kulit masing-masing ya, aku justru nyariin AHA BHA ini kalo lagi jerawatan. Memang bakal kerasa cekit-cekit dan gatel banget kalo jerawat aktif kena cairan produk ini, tapi kutahan aja karena aku percaya sama hasilnya. Jerawat akan lebih cepat kering dan mengelupas, besoknya kulitku lebih lebih rosy, kulit juga terasa lebih kenyal, halus, dan licin. Belinya di sini.

Baca juga: Review Some by Mi - AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream Setelah 7 Bulan Pemakaian

Untuk efek yang aku rasakan sih hampir sama, cuman feel of use-nya lebih "galak" si The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution. Keduanya aku gunakan secara bergantian untuk mencerahkan wajah dan mengatasi jerawat. Ga selalu 1-2 minggu sekali, biasanya seingetnya aja baru pake. Biarpun jadi produk terfavorit tahun lalu, produk-produk ini juga masih masuk top two favoritkuu sampe sekarang, hihi. Kalo produk terfavoritmu tahun lalu, apa aja?

4 Comments

  1. The ordinary yang peeling memang lumayan banget efeknya cuma yah itu terlalu keras sampe bikin muka rada gosongan gara-gara pakai itu huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, keras buangeett wkkw. makenya pas malem aja kali ya kalo besoknya libur, jadi biar kulitnya istirahat jugaa hehehe

      Hapus
  2. Kalau punya produk andalan tuh lebih tenang ya karena cocok untuk kulit dan sudah terlihat hasilnya...

    BalasHapus
  3. Aku tuh masih maju mundur mau coba peeling solution. Pernah chemical peeling malah jadi sensitif kulitku. Ada tips kah mba supaya kulit tetap aman?

    BalasHapus