Review Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant, Ga Lengket dan Ga Bikin Berlendir Kalo Kena Air

Dulu aku sempat mengira kalo semua produk body lotion tuh sama, sama-sama bisa digunakan sebagai sunblock asal ada SPF-nya. Tiap kali baca atau denger ajakan untuk selalu menggunakan sunblock, oh yaudah pakenya lotion ber-SPF hhahaha padahal bukan ya. Sunblockbody lotion ber-SPF, body serum, dan body butter itu beda ternyata, dan ada fungsinya masing-masing. Setelah sadar yang aku perlukan untuk perlindungan ekstra ketika berada di bawah sinar matahari itu adalah sunblock, aku langsung nyari sunblock dan seinget aku ini dapetnya di Indomaret. Kenapa milih Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant? Kenapa ga produk lainnya yang sejenis? Waktu itu pengetahuanku akan sunblock masih minim banget jadi ngambilnya ya seadanya aja yang ada tulisannya sunblock. Aku pake ini udah dari berapa tahun lalu, ga abis-abis karena suka lupaa pake sunblock hahaha. 

Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant
Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant


Oke mari kita bahas dari bungkusnya sampe ke tulang-tulangnya (lah?).

A. Kemasan

Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant bisa kamu temukan dalam kemasan plastik agak pipih berwarna oren seperti di gambar. Dari bungkusnya aja udah mencolok ya dan mudah dikenali, jadi kalo nyari produk sunblock ini patokannya yang warna oren, hihi. Di bagian depan, kamu bisa notice kalo sunblock ini mengandung SPF 30 PA ++.

bagian depan kemasan Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant
bagian depan kemasan Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant

Sementara di bagian belakang kemasan, ada informasi lebih lanjut tentang produk ini kayak fungsi sunblock-nya untuk apa aja, klaim produk, komposisi produk, dan cara penggunaan produk.

bagian belakang kemasan Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant
bagian belakang kemasan Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant

Tutup yang menyatu dengan kemasan ini ringkes banget dan sangat membantu tipikal konsumen yang suka lupa naruh tutup di mana hahahah apalagi kalo lagi buru-buru.

tutup yang menyatu pada kemasan Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant

Untuk sunblock ukuran 100 ml dengan kemasan yang gepeng dan ga bulky, dia bisa banget masuk ke tas kerja, pouch makeup, bahkan tas kondangan (tas ya, tas. bukan dompet).

B. Tesktur dan Aroma

Tekstur

Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant teksturnya lembut, kental bangeett agak susah diolesin di kulit yang kering. Jadi biasanya aku olesin body serum atau body lotion yang teksturnya lebih ringan, baru ditimpalin sama sunblock ini. Meskipun begitu, teksturnya yang kental membuat kulit lebih tahan lama lembabnya.


tekstur Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant
tekstur Vaseline - Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant


Aroma

Sunblock ini wanginya seger, sekilas kayak bau jeruk tapi bukan.


C. Klaim

1. Melindungi kulit dari UVA & UVB

UVA merupakan sinar radiasi dengan gelombang panjang yang dipancarkan matahari, menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit (dalam paparan jangka panjang). Dalam produk kecantikan, tingkat perlindungan terhadap UVA ditandai dengan PA (Protection Grade of UVA).

Sementara UVB adalah sinar radiasi dengan gelombang pendek yang dipancarkan matahari, berpotensi membakar kulit dan meningkatkan pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menggelap. Dalam produk kecantikan, tingkat perlindungan terhadap UVB ditandai dengan SPF (Sun Protection Factor).

2. Non-sticky formulations

Formulanya tidak lengket di kulit

3. Water-resistant

Tahan air, tidak mudah luntur


D. Cara Pakai

Gunakan ke seluruh bagian tubuh 10-15 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Ulangi proses ini setiap 2 jam selama kulit terpapar sinar matahari yang terik.

Peringatan:

1. Jauhkan produk dari paparan sinar matahari

2. Apabila setelah penggunaan kulit mengalami iritasi, hentikan penggunaan produk dan berkonsultasi dengan dokter kulit


E. Kandungan

1. Yogurt Protein dan Aloe Vera Extract

Kandungan Yogurt Protein yang dikenal dapat membantu merawat kulit dan Aloe Vera Extract yang dikenal dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

2. SPF 30 & Broad Spectrum Sunblock PA++

SPF (Sun Protection Factor) menandakan tingkat perlindungan terhadap UVB penyebab kulit gelap dan terbakar. Ahli dermatolog merekomendasikan penggunaan sunscreen setidaknya SPF 30, yang bisa menghalangi 97% UVB.

PA (Protection Guide of UVA) merupakan kadar perlindungan dari sinar UVA penyebab penuaan dini  dan risiko kanker kulit. PA biasanya diikuti dengan simbol plus (+) untuk menunjukkan tingkat proteksinya. Makin banyak simbol plus, maka makin tinggi tingkat proteksinya.

Tanda plus (+) pada PA menunjukkan tingkat proteksi pada sunscreen:

PA+ (sedikit perlindungan PA)

PA++ (cukup perlindungan PA)

PA+++ (tinggi perlindungan PA)

PA++++ (sangat tinggi perlindungan PA)


Full Ingredients:

Water, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Caprylic/Capric Triglyceride, Glycerin, Zinc Oxide, Dimethicone, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Microcrystalline Wax, Methylparaben, Perfume, Sodium Chloride, Triethoxycaprylylsilane, Propylparaben, Disodium EDTA, Yogurt Powder, BHT, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Maltodextrin, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate


F. Harapan Akan Produk Ini

Sebelum memakai Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant, aku cuma berharap kulitku ga gosong-gosong banget setelah main ke pantai siang bolong hahaha. Biarpun gosong, semoga cepat kembali ke warna kulit semula yang sawo matang~


G. Review

Aku pake Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant udah dari beberapa tahun lalu, jujur aku jarang pakai sunblock ini kalo mau keluar rumah karena teksturnya yang kental membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sekadar ngolesin ke kulit aku yang kering. Entah itu dengan sabar ngolesin langsung ke kulit atau dengan bantuan lotion lain yang teksturnya lebih ringan. Tapi misalkan mau nyebur ke kolam renang (nyebur doang, fyi) dan panas-panasan di pantai, aku selalu pakai sunblock ini karena ngeri ya sist kayak menantang matahari hahaha aku butuh backingan.

Terakhir pakai sunblock oren ini tuh beberapa minggu lalu waktu main ke pantai siang bolong dua hari berturut-turut, sayangnya aku nggak reapply sunblock karena ya mana sempet aku terlalu menikmati sentuhan ombak di kaki halah hahaha. Trus gimana, tetep gosong ga? Tetep. Tanganku yang sawo matang ini makin matang alias gosong alias kebakar dan keliatan kusam. Tapi yang aku perhatiin, makin hari makin ada perkembangan, ngga segosong waktu abis main ke pantai. Yaa walaupun perkembangan juga sedikit buanget. Gapapa, anggep aja proses.

Aku kira formulanya bakal bikin kulit jadi keliatan lebih putih (atau jatohnya abu-abu kalo di kulitku) karena teksturnya yang sangat kental. Ternyata enggak. Ga bikin kulit jadi lebih putih atau abu-abu, tapiii jadi keliatan lebih gelap kayak tanned gitu. Apalagi kalo diolesin di punggung tangan, berasa banget jadi makin item, hihihi. Tapi itu efek sementara sih, nanti juga kembali ke warna kulit asli.

Nah sekarang aku cocokin sama klaimnya yaa.

1. Melindungi kulit dari UVA & UVB

Melindungi kulit dari UVA, aku belum ngeliat progresnya karena jarak penggunaannya juga baru sebentar dari kemarin aku panas-panasan di pantai. Yang jelas sih ga ada muncul bintik hitam dan kerutan di tangan semenjak pemakaian terakhir. 

Melindungi kulit dari UVB, bisa jadi iya tapi ngga 100% karena kulitku tetap menggelap. Mungkin karena aku nggak reapply sunblock ya hahaha. Aku bisa bilang iya soalnya dulu pernah panas-panasan di pantai selama 2 jam tanpa proteksi apapun dan itu bikin kulit aku belang bangeet, baru mulai rata setelah 2 tahun itupun dengan bantuan lulur. :P

2. Non-sticky formulations

Betul, dia tidak lengket di kulit. Setelah pakai sunblock trus pegang pulpen buat nulis juga pulpen nya aman-aman aja tetap kepegang, ngga lepas. Kalo kena air juga licin sewajarnya, ngga berlendir.

3. Water-resistant

Iya, tapi ngga 100%


H. Sasaran Konsumen

Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant ditujukan untuk kamu yang membutuhkan perlindungan tinggi terhadap paparan UVA dan UVB, tidak lengket, dan tidak berlendir.


I. Harga

Rp 40.000 - Rp 50.000 di berbagai toko offline dan online


J. Kesimpulan

Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant sangat membantu agar kulit tidak terlalu gosong karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Pros:

+ kemasan ringkas

+ formulanya tidak lengket

+ tidak berlendir saat kena air

+ membantu kulit agar tidak terlalu gosong

+ tingkat perlindungan UVA dan UVB yang cukup


Cons:

- tekstur sangat kental, untuk aku pribadi ini membutuhkan waktu lumayan lama untuk sekadar ngolesin ke kulitku yang kering

- formulanya bikin kulit keliatan lebih gelap meskipun hanya beberapa saat


Repurchase? Maybe.


Kamu pakai Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant ngga, gais? Kalo iya, gimana menurut kamu apakah perlindungan terhadap UVA dan UVB keliatan jelas di kulit kamu? Kalo belum pake, pake dong ntar ceritain ke sini hahaha.

2 Comments

  1. Aku kalau lihat sunblock jadi merasa gak adil sama kulit tubuhku, Mbak Dian 😭. Kulit wajah tiap hari aku pakein sunscreen, tidak lupa reapply juga walaupun di rumah aja.

    Tapi kulit badan.. boro-boro. Pakai sunblock paling pas keluar rumah doang. Itu aja kalau gak lupa. Keseringan lupanya.😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi sama mbak roeemmm, kok kayaknya ga adil sama kulit badan karena kulit muka aja yang lebih sering diperhatiin T_T

      Hapus