Beli Lipstick tapi Salah Shade? Eh Tunggu, Jangan Dibuang Dulu!

Aku yakin di antara kalian pasti pernah salah beli shade lipstick dengan berbagai alasan. Entah itu terlalu mencolok, terlalu terang, terlalu gelap, terlalu pucat, atau terlalu jomplang dengan skin tone kalian. Kalo udah gitu, apakah langsung dibuang? Huhu sayang banget ya, kalo aku sih biasanya kudiemin dulu beberapa lama sampai kepikiran untuk dialihfungsikan. Nah kali ini aku mau bahas alasan apa aja yang bisa membuat kita sampe salah memilih shade yang tepat sesuai dengan skin tone berikut solusinya.

lipcream shades


Ada beberapa alasan yang mendasari "kok bisa siihh sampe salah shadeeee?", di antaranya:

1. Beli lipstick secara online

Namanya juga beli online, liat warna lipstick ya berdasarkan apa yang ada di foto aja. Ga di-swatch langsung, ga dicoba langsung. Misalkan di foto warnanya maroon agak kecoklatan, kita kan mikirnya ya paling kira-kira warnanya begitu lah ga jauh beda. Ya sih ga jauh beda kalo di-swatch di kertas putih, tapi kalo di bibir tuh beda warna dikit pasti keliatan banget hahhahaa. Ditambah lagi, satu foto dengan foto yang lain bisa jadi akan tampak berbeda warnanya meskipun satu shade. Hal itu dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya perbedaan cahaya saat pengambilan foto, kualitas kamera, kalo foto yang di-swatch ke bibir bisa beda warna karena tergantung warna bibir asli yang make, belum lagi kalo fotonya dipakein filter. Yah, makin bingung kan mana warna yang asli.

2. Beli offline tapi ga ada tester-nya

Ga jarang nih aku nemu konter yang ga nyediain tester untuk seri lipstick tertentu atau pas tester-nya mau abis karena saking larisnya. Mau swatch gabisa, paling mentok ya ngebuka kemasan lipstiknya trus ngintip warnanya kayak apa, itu pun kalo dibolehin. Kalo ga dibolehin atau kemasannya disegel plastik? Ya.. kira-kira aja dari warna kemasan luarnya atau buletan warna yang menandakan warna lipstik di dalemnya. But then again, itu bukan patokan yang pasti. Cukup membantu sih, tapi enggak saklek. Bisa jadi pas dioles di bibir malah warnanya bisa beda banget karena pengaruh skin tone kita juga.

3. Belinya nitip temen atau sodara

Jah, ini mah hahhaha.. Kecuali kalo sebelumnya udah pake shade tertentu dan nitipnya itu untuk repurchase sih aman-aman aja, tapi kalo untuk pembelian pertama kali.. hmm, agak gambling sih. Tapi gapapa.

Trus, kalo udah salah beli shade gitu apakah lipstick-nya langsung dibuang, bund? Oh jangaan. Selain karena eman-eman, ya eman-eman aja. Kita bisa loh ngelakuin hal-hal di bawah ini sama lipstick yang engga tau mau diapain ini, wkwkwk.

1. Dipadupadankan dengan shade lain

Misal kita beli lipstick yang shade-nya terlalu terang, bisa kok tetep difungsikan sebagai lipstick tapiii abis itu ditimpa dengan lipstick yang shade-nya lebih kalem biar warnanya agak turun. Kalo lipstick-nya terlalu gelap atau terlalu pucat, dia bisa dipakai untuk meredakan warna lipstick lain yang sekiranya terlalu terang atau mencolok.

2. Dijadiin blush on

Mengaplikasikan lipstick di pipi sebagai blush on itu menurutku jauh lebih simpel dan lebih cepat loh, hasilnya pun bisa terlihat lebih natural. Nah, daripada lipstick salah shade yang kita beli ini nganggur, diem aja, mending dimanfaatin sebagai blush on. Biar ga nyesel-nyesel amat udah beli, hahaha.

3. Dijadiin eyeshadow

Pernah kepengen punya lipstick warna coklat trus pas dipake di muka malah keliatan jadi pucet, kusam, dan terkesan galak? Aku juga pernah kok, trus kujadiin eyeshadow aja abis itu. Ditutul-tutul ke kelopak mata, abis itu di-blend pelan-pelan pake jari, hihihi.

4. Dijadiin maskara alis

Ini berlaku untuk lipstick yang warnanya gelap, atau agak gelap. Cara makenya bisa diusek-usek ke alis abis itu disisir pake sisir alis atau lipstick-nya diusek-usek ke sisir alis dulu baru disisir ke alis pelan-pelan. Bisa juga pakai lipstick yang berwarna terang untuk tampilan artsy makeup.

5. Dijadiin contour

Nahh, buat kamu yang suka pake produk complexion kalo makeup, bisa loh manfaatin lipstick dengan shade gelap sebagai contour untuk membuat tampilan wajah lebih tegas.


Di antara ketiga alasan dan kelima solusi di atas, mana yang paling relate sama kamu dan pernah kamu lakuin?

29 Comments

  1. Sekarang aku tau, Mbak Dian, kenapa aku gak pernah pakai tips nomor 4 sama nomor 5. Karena eh karena gincuku yang salah shade itu kebanyakan warna merah cetar sama satu cokelat tua keunguan. Jadi emang dua itu kurang cocok kalau dipakai di alis atau contour πŸ™ˆ.

    Yang bikin aku terpana tuh yang cokelat tua keunguan itu lhooooo. Kok bisaaaaaa gitu aku beli gincu warna gini. Pernah aku pake pas keluar bareng ibu, eh aku dimarahin dong, Mbak Dian πŸ₯Ί. Katanya gak boleh pakai gincu itu lagi kalau lagi nge-date sama ibu. Malah katanya lagi kalau bisa gincunya itu dikasih ke anak punk aja, biar aku gak usah pake lagi.πŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaa coklat tua keunguan bisa ituu di-mix sama pensil alis warna item/coklat hahaha. iya, kalo contour kayanya kurang gelap yaah.

      pake gincu gelap keliatan galak ga sihh :)))

      Hapus
  2. nah bener juga tuh jadi ga membuang uang cuma-cuma, patut ditiru buat para cewek nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, sayang banget dibuang, nyeseek haha.

      Hapus
  3. Mantul,bund sarannya. Wkwkkw lipstik agak item belinya pas moment Halloween sik ya kayaknya, hahaha. Beberapa kali aku kurang pas sama shade yang aku beli Shopee, finally semua jadi blush or eyeshadow sajalah :') bukannya gincu yang nambah koleksi malah blush yang seabrak, but it's okay daripada gak digunain samsek samsek toh?

    BalasHapus
  4. Aku engga punya lipstik huhu... Gegara bibirnya pecah-pecah. Kadang kepingin pake, tapi kayak anak kecil. Susah mingkem. Memalukan jadinya.

    BalasHapus
  5. pernah banget nih salah shade.tadinya mau dijadikan blus on, eh ternyata enggak masuk juga warnanya. akhirnya menyerah, dikasih ke sodara itu lipstik. enggak tau deh, akhirnya dipakai atau enggak,hahaha

    BalasHapus
  6. kalo aku cari cara aman yaitu beli lipstik yang palet hahahaha.. karena ngga ngerti juga yang cucok sama bibirku yang mana, dan suka aja gitu gonta ganti warna. tapi kayany ngga semua brand ngeluarin paletnya ya mba

    BalasHapus
  7. nomor 1 dan 3 aku bangeeetsss... emang dasar suka campur2 warna lipen aja sihhh, kalau dipake buat blush on pipi rada sensitif jd cepet breakout jadi dipake di kelopak mata ud paling pas. malah skrg banyak yg sengaja branding lipen bisa dual/triple fungsi sbg blush on/eyeshadow yaa

    BalasHapus
  8. Ide bagus banget ini. Jadi ga mubadzir harus kebuang .Makasih infonya, Dian .

    BalasHapus
  9. Paling sering sih dijadiin blush atau corrector untuk under eye hehe. kalo untuk contour baru" ini coba dan lumayan lah haha.

    BalasHapus
  10. Kalau aku beberapa kali beli yang warnanya terlalu pucat maklum belinya pastel dan nude gitu jadi kalau dipakai kayak orang sakit hihi akhirnya dicampur lah dengan lipstik lain..

    BalasHapus
  11. wah nggak kepikiran buat jadiin maskara alis. keebetulan punya lips yg shade coklat gitu tp nggak pede pakeknya jadi nganggur, habis ini coba deh

    BalasHapus
  12. Dijadiin mainan untuk ponakan, dong πŸ₯ΊπŸ˜‚ biasanya kalau2 ada yg udh exp ini sih, kalau salah shade kasih emaknyaπŸ˜‚

    BalasHapus
  13. Wah bener juga.. aku pernah tuh bi Maybelline, salah warna karena terlalu terang di aku.. akhirnya dikasih ke mama. Padahal bisa lah ya di tap tap dikit jd blush

    BalasHapus
  14. definitely yang nomor satu! namanya cewek kayaknya jarang juga ya cuma punya 1 lip product, jadi bisa digabungin sama warna lain 🀣

    BalasHapus
  15. Mix shade sih yang biasanya kupakai kalau salah shade. Great tips btw daripada mubadzir mending kayak gini

    BalasHapus
  16. Biasanya aku kalo salah beli shade tak mix dengan shade lain, tapi kalo tetep fail yaudah larinya ke adekku

    BalasHapus
  17. Aku biasanya punya lipstik karena dapet bonus beli produk skincare, walhasil kadang warnanya suka nyala banget! nggak pede pakenyaa..thank you tipsnya mba Dian :D

    BalasHapus
  18. Setuju kalau salah shade masih bisa diakali dengan mix warna, sama banget! Kalau tesktur ga enak jg bs diakali pakai lipgloss dlu.

    BalasHapus
  19. Yang relate sama aku itu nomor 1 dan 2. Kalau salah shade paling timpa pakai shade lain atau dijadiin blush. Btw, suka sama cara penyampaiannya. Salam kenal, ya!

    BalasHapus
  20. Gak ada yang relate karena aku gak pake lipstik, haha. Tapi kalau masalah produk fashion ini kayaknya bisa nyoba langsung penting banget sih ya, apalagi kalau urusan make up. Sebagus apapun merknya, bisa aja gak sesuai sama ekspektasi karena banyak faktor terutama kondisi wajah tiap orang yang berbeda-beda. Tipsnya berguna banget pasti buat para wanita apalagi harga make up yang bagus kan mungkin gak murah, sayang banget kalau ternyata gak sesuai lalu dibuang. Selain dijual lagi, cara alihfungsi ini bisa jadi saran lain yang menguntungkan, asal paham caranya, hehe

    BalasHapus
  21. kalau aku biasanya aku kasih orang mba, lebih seringnya kasih ke adik-adikku atau mama. selama pandemi ini karena gak bisa beli langsung ke toko lipstick yah aku gak berani beli dan nyoba beli lipstik baru. eh malah belinya itu bb cream dan sukses gagalnya karena gak sesuai ekspektasi

    BalasHapus
  22. Aku nggak paham dunia per-lipstick-an. Heheh.

    Tapi memang untuk urusan pembelian hal lipstick atau fashion pada umumnya, lebih cocok offline dan yang ada testernya. Beli online kalau memang produknya sudah kita tahu dan belinya di official store.

    BalasHapus
  23. Pernah denger sih kalau lipstick itu warna pas diaplikasikan suka nggak sama seperti warna lipsticknya. Kek gitu kenapa ya?

    Anyway, idenya bisa di-save nih buat nyonya. Karena kebetulan saya nggak pernah pake lipstick. Bukan apa-apa, nggak cocok aja 😁

    BalasHapus
  24. Seringnya aku jadiin blush on, yang cocok aja juga gitu. Hehe

    Pembelian lipstick memang lebih oke ketika kita datang sendiri ke tokonya dan nyobain langsung.

    BalasHapus
  25. Salah shade milih lipstik? Aku banget nih mba. Ga kehitung deh berapa lipstik yang ku beli dan akhirnya salah shade. Entah itu kemerahan atau kepucatan waktu dipake. Sejak saat itu aku selalu beli lipstik atas rekomendasi sahabat atau temen-temen deketku biar bisa tau warna realnya seperti apa

    BalasHapus
  26. Tidak ada yang sia-sia bagi orang kreatif yaa. Saya kalo salah beli shade lipstik biasanya yaa langsung gak dipake, dan menuggu saat kadaluarsa lalu dibuang :(

    BalasHapus
  27. Kalau aku beli lipstik jarang salah warna, karena aku hapal warna yang biasa aku pakai atau mendekati. Seperti peach itu takkan kubeli, karena ga masuk ke mukaku kwkwkw. Kalaupun ada punya warna yg ga biasa, pasti pemberian.

    BalasHapus