[Cerdik: Cerita Dikit!] Bukan Lagi tentang Manajemen Waktu

Wow. Berat banget baca judulnya. Padahal engga loh, padahal aku cuma mau cerita tentang pengalamanku mengulur waktu. Udah nyusun jadwal harian lengkap sama durasi waktunya tapi kok di akhir hari masih ada aja yang kececer atau belum kesentuh sama sekali? Apakah aku yang kurang gesit dalam mengerjakan suatu hal? Kurang fokus? Mudah terdistraksi sehingga alokasi waktu yang sudah ditentukan terasa tidak ada artinya? Atau aku terkesan asal dan kurang realistis dalam mengalokasikan waktu?

Semua pertanyaan tersebut bisa jadi benar. Bisa jadi salah.

Membuat jadwal harian yang ada durasinya itu tentu punya plus minus. Plusnya, kita jadi bisa menakar berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk ngerjain satu hal, lebih disiplin, dan lebih memaksa diri kita supaya fokus. Minusnya? Bikin kita ngerasa terburu-buru. Apalagi kalo persiapannya ga maksimal.

Karena pernah merasa terburu-buru dan mengerjakan suatu hal demi ceklisnya udah kecentang, aku sempat mengganti metode planning tersebut dengan menulis apa aja yang perlu dilakukan tanpa ada batasan waktunya. Yang penting semua list kerjaan beres, bebas mau ngerjain yang mana dulu. Satu dua minggu oke, tapi selanjutnya kok mulai keenakan yah alias jadi sering begadang karena ngerasa waktunya longgar dan kalau todolist udah kecentang semua tuh rasanya aneh, "sebenernya aku bisa ngerjain lebih banyak lagi loh dari ini". Jadilah akhirnya aku kembali jadwalin kegiatan harian dipatokin sama jam. Misal dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang acaranya motret sama ngedit foto tipis-tipis, sisanya ngerjain printilan lainnya. Jalan berapa lama udah mulai tetotetot lagi, kookk ada yang ga bisa kepegang yah? Padahal udah ada alokasi waktunya loh.

Nah loh. Loh.

Gimana besok mau handle project yang lebih besar dan banyak lagi kalau sekarang aja masih berantakan?

Oke, jadi kemarin aku ga sengaja baca sebuah quote di Instagram yang intinya bilang: bukan lagi tentang manajemen waktu tapi tentang manajemen energy.

Dari tulisan di atas aja aku udah mengiyakan dalam hati, "ooiya bener aku suka ngulur waktu tuh bukan karena males, tapi emang ga ada energy. Seringnya sih butuh recharge energy untuk ngelakuin itu. Ooh iya butuh kesiapan mental buat ngerjain abcd".

Berarti balik lagi ke kemampuan kita dalam mendengarkan diri sendiri dong ya. Soalnya pernah waktu aku lagi ngerasa drain banget, ga ada energy, moodnya lagi di bawah, tapi aku paksain untuk ngerjain sesuatu; hasilnya nol. Misalkan motret, hasil fotonya gada yang sesuai keinginan. Moodnya makin down. Kalau aja saat itu aku dengerin diri sendiri: oh aku lagi ga ada energy, aku lagi drain, aku lagi ga ada mood untuk motret, aku tidur sebentar atau rebahan sambil ngemil ngopi sama nonton video youtube yang aku suka boleh kali yaa. Nanti pas energy dan moodnya mulai balik lagi, kita bangkit lagi. Mungkin dengan begitu acara motretku selanjutnya bisa jadi lebih fun karena moodnya dapet, hasilnya sesuai seperti yang aku inginkan, dan lebih efektif aja rasanya.

Nah sekarang pe-ernya adalah: gimana caranya kita selalu punya energy untuk melakukan todolist yang kita buat? Ga mungkin dong ngebiarin mood jelek dan kemageran terus menghampiri? Salah satu cara untuk menjaga mood, energy, dan stamina kita tetap bagus adalah dengan merunut semuanya ke belakang. Misalnya, besok pagi jam 8 aku harus udah stand by motret produk. Berarti malam harinya aku udah tau produk apa aja yang akan aku foto dan printilan apa aja yang harus aku siapkan. Trus paginya, maksimal 1 jam sebelum motret, perlengkapan udah mulai ditata. Beres deh! Bisa juga pagi sebelum beraktivitas sekitar jam 5 pagi itu aku udah siapin mental dan energy dengan olahraga ringan seperti yoga. Biasanya sih aku yoga buat nenangin pikiran dan batin sih hehehe.

Pernah ga kamu kepikiran kenapa banyak leader, CEO, pengusaha, dan beliau-beliau yang keren-keren itu suka baca buku dan olahraga? Aku pernah. Kayak kenapa sih harus olahraga? Trus kenapa harus baca buku? Makin ke sini mulai sedikit paham kalo apa yang mereka lakukan itu bisa menunjang usaha mereka agar tetap sustain dalam jangka panjang. Olahraga tujuannya biar badan tetep fit, jadinya kita bisa handle usaha yang kita jalani dengan optimal. Baca buku, tentu untuk mendapatkan insight dari pemikiran-pemikiran yang tertuang di sana.

Udah nonton video youtubenya Maudy Ayunda yang “orang sukses bangun jam 5 pagi”? Itu juga termasuk salah satu bentuk manajemen energi, dengan bangun lebih awal kita punya waktu untuk nenangin diri dan nyiapin apa aja yang akan kita lakukan di hari itu. Biar ga buru-buru. Biar tenang. Karena ketenangan adalah koentjiiii!

Buat kamu yang masih merasa keseok-seok ngatur jadwal harian entah karena todolistnya kebanyakan atau masih kocar-kacir self-managementnya, kita toss dulu aja pokoknya. 🙏

9 Comments

  1. Kalau aku pribadi, energi itu sangat tergantung dengan suasana hati. Secara fisik, ya energi ada (abis makan banyak pula misalnya). Tapi kalau lagi sedih, lagi di mode nggak mau ngapa-ngapain, jadinya males dan ya, males ini juga kaitanya dengan energi itu.

    Tapi ini satu konsep yang sangat menarik. Dari sebuah postingan di instagram, bisa jadi pembahasan sepanjang ini. Dapet ilmu akunya sebagai orang yang baca. Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  2. Memang harus konsisten banget dilakukan setiap hari sih, melawan rasa malas dan menunda-nunda atau berpikir, " ah bisa dilakukan nanti, atau esok hari..." Jangan sampai jadi kebiasaan, sekarang udah rajin baca buku dan sedikit olahraga di sore hari sih biar pikiran plong dan tetap positif setiap hari hhi

    BalasHapus
  3. Saya setuju banget pas bagian "Bangun tidur jam 5 pagi"

    Bangun lebih pagi memberi banyak sekali keuntungan, baik untuk fisik maupun untuk mental, apalagi bagi para pekerja, dengan bangun lebih pagi, tentu bisa memberi persiapan untuk badan menyiapkan diri untuk beraktivitas sehari-hari.

    Ditambah lagi dengan bangun pagi, bisa menikmati segarnya udara pagi, tidak melewatkan sholatr shubuh, dan sarapan, ditambah lagi bisa santai sejenak, dan menikmati kopi sembari membaca buku menanti jam berangkat bkerja. Jadi, pikiran tidak buru-buru, dan tahu apa saja yang harus dilakukan.

    BalasHapus
  4. Iya sih udah nyusun segala agenda/aktivitas bersama dengan durasi, kalaupun waktu tersedia tapi energi sedang tidak ada, jadi berantakan hasilnya dan nggak maksimal.

    So, memang selain waktu, penting juga manajemen energi.

    BalasHapus
  5. Kalo menurutku komitmen dan konsisten melakukan sesuatu yang udah dijadwalkan itu penting. Manajemen waktu yang mengatur semuanya, dan bener sih kita butuh energi untuk melakukannya. Dan olahraga menjadi hal penting yang wajib jadi kegiatan harian jadi nggak seingatnya atau sesukanya.

    Toss dulu deh, aku sendiri begitu memasuki usia lolita malah jadi nyantai. Mungkin faktor usia, jadi menganggap sebuah pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih enjoy, yang penting tubuh tidak terbebani

    BalasHapus
  6. aku setuju!

    aku orang yang suka membayangkan dulu pas acara - jadi mulai dari persiapan baju - sampe materi sudah kusiapkan dulu

    BalasHapus
  7. Bagus banget insight nya kak..
    Selama ini aku sering banget bikin blog planner, harapannya agar menulis menjadi habit setiap hari dan bisa menaikkan traffic blog juga dengan tulisan organik. Namun rencana tinggallah rencana kalau ide sedang buntu.

    Idenya ada, tapi eksekusi tak sesuai harapan.

    Aku jadi tau karena apa.
    Karena drained too much energy yaa..

    Yang paling baik memang siapkan start yang baik untuk memulai produktivitas yang maksimal dalam satu hari. Dengan begitu, setidaknya kita bisa menabung pekerjaan yang akan selesai sesuai dengan standart kita.

    BalasHapus
  8. Aku sebenarnya punya banyak cara dalam manajemen kerjaan. Tapi bener, masalahnya di energi yang kadang ga sebanding dengan kerjaan. Nanti aku mau tulis juga cerita tentang itu, jadi terinspirasi nih!

    BalasHapus
  9. Aku sih sekarang pake to do list sederhana di apk notepad bawaan hape mbak. Sesimpel nulis apa aja yang mau diselesaikan (bukan apa yang mau dikerjakan).
    So far it works, tapi memang masalah konsistensi itu masih jadi PR abadi kayanya.

    BalasHapus