Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash, Sabun Muka Untuk Jerawat dengan Busa Lembut dan Ga Bikin Kulit jadi Kering! [Review]

Makin ke sini makin sering ngeliat brand dengan produk inovasinya, misalnya sabun jerawat tapi ga bikin kulit jadi kering. Kalau dulu sebelum kenal skincare macem-macem, aku taunya ya sabun jerawat tuh ya emang bikin kulit jadi berasa ketarik. Kalau kamu lagi nyari facial wash untuk acne yang ga bikin kulit jadi kering, aku punya referensinya: Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash.

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash

Omniskin merupakan brand skincare lokal Indonesia, lebih tepatnya asal Surabaya. Omniskin berasal dari dua kata yaitu "Omni" yang dalam bahasa Latin berarti semua dan "Skin" yang artinya kulit. Brand ini diciptakan dengan tekad dan visi untuk menjadi jawaban semua wanita Indonesia, dengan berbagai jenis kulit dan segala kebutuhannya. Omniskin memiliki komitmen untuk menyempurnakan perawatan kulit wanita Indonesia melalui penelitian berkelanjutan sehingga produk yang dihasilkan dapat memberi hasil yang maksimal serta memiliki keamanan jangka panjang. Untuk harganya, produk-produk Omniskin masih bisa dibilang affordable.

Oke sekarang kita masuk ke pembahasan produknya.


Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash

Merupakan sabun muka dengan busa yang lembut untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini hadir dalam ukuran 100ml dan sudah mengantongi izin BPOM: NA 18191234385.

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash dikemas dalam botol pump berwarna putih dan ada aksen hijaunya, disertai tutup botol yang transparan. Pump yang digunakan pada packaging sabun muka ini merupakan botol pump foamer. Jadi isi di dalemnya tuh sebenernya cair, bukan yang langsung berbusa gitu. Memang botolnya terlihat bulky yaa, tapi sebenernya kalo dipegang masih terasa ringan. Dari segi ukuran memang menurutku dia ga begitu travel-friendly, tapi dari segi keamanannya okelah ga tumpah-tumpah atau bleberan juga.

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash

Baca juga: Buttonscarves Eau De Parfum, Parfum Luxury Wanita Elegan dengan Aroma Tahan Lama Hingga 12 Jam [Review]


Tekstur, Warna, dan Aroma

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash

Tekstur: setelah kemasannya dikocok lalu pumpnya ditekan, sabun muka ini memiliki tekstur yang berbusa lembut. Aku pernah mencet pump-nya sebelum kukocok, yang keluar tuh cairan putih keruh cenderung transparan ada busanya dikit. Sepengalamanku, kalau mau dapetin busa yang sedikit lebih padat, coba kocok kemasannya agak lama. :D

Warna: putih

Aroma: aku ga mencium aroma fragrance apapun di sabun ini


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

1. TIME-RELEASE SALICYLIC ACID

Kita tahu bahwa Salicylic Acid dapat membantu proses eksfoliasi sel-sel kulit mati, menyembuhkan jerawat, mencegah munculnya komedo, dan mengurangi peradangan kulit wajah. Menariknya, Salicylic Acid dalam sabun muka ini hadir dalam versi time-release, jadi bahan aktif SA dapat lebih dalam penetrasinya ke kulit dan bisa lebih tepat sasaran, juga minim efek samping. Seperti yang disampaikan oleh Jeff Murad, seorang vice president product development Neutrogena,

Time-release offers a more targeted delivery of active ingredients over the course of several hours that penetrates deeper and to a more specific area. It can also prevent side effects.

2. HEXAMIDINE DIISETHIONATE

Hexamidine Diisethionate dapat membantu membersihkan kulit atau mencegah bau dengan cara menghancurkan atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

3. VOLCANIC ASH

Atau bahasa Indonesianya: abu vulkanik. Abu vulkanik memiliki manfaat untuk mencegah jerawat, memperlambat proses penuaan, menyerap kelebihan minyak, dan meringkas pori-pori.

4. SNAIL EXTRACT

Dalam snail extract atau lendir siput terdapat campuran glycolic acids, protein, Hyaluronic acid, juga peptides sehingga dapat melembapkan kulit, berfungsi sebagai antioksidan, menstimulasi produksi kolagen, dan dapat membantu menyamarkan garis halus hingga kerutan pada wajah.

5. CENTELLA ASIATICA

Di Indonesia, Centella asiatica disebut dengan daun pegagan yang memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, mempercepat penyembuhan luka pada kulit, dan mencegah stretch mark juga selulit.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Decyl Glucoside, Disodium Cocoyl Glutamate, Glycerin, Potassium Cocoyl Glycinate, Potassium Cocoate, Phenoxyethanol, Cocamidopropyl Dimethylamine, Salicylic Acid, Soluble Collagen, Centella Asiatica Extract, Sodium PCA, Parfum, Sodium Lactate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Citric Acid, Hexamidine Diisethionate, Arginine, Trideceth-9, Polysorbate-80, Aspartic Acid, PCA, Snail Secretion Filtrate, Propylene Glycol, Glycine, Alanine, Butylene Glycol, Serine, Valine, Proline, Threonine, Isoleucine, Hexanediol, Ethylhexylglycerine, Volcanic Ash Extract, Histidine, Phenylalanine, Glycosaminoglycans, Allantoin, Hydrolyzed Collagen, Benzalkonium Chloride, Anthemis Nobilis Flower Extract, Maltodextrin, Beeswax, Silica, Palmitic Acid, Fucus Vesiculosus Extract.

Baca juga: Review Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment, Serum Berkualitas Tinggi untuk Atasi Bekas Jerawat dan Perawatan Anti-Aging


Manfaat Produk

Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash memiliki beberapa manfaat untuk kulit kita, di antaranya:

  1. Sebum reducing & pore unclogging (mengurangi sebum dan membuka sumbatan pada pori-pori). Sebum adalah zat berminyak yang berwarna kekuningan, dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Kalau kandungan sebum pada kulit kita terlalu banyak, maka kulit akan lebih mudah muncul komedo juga jerawat. Kenapa kadar sebum hanya dikurangi, tidak dihilangkan? Eh jangan dong, karena sebum (dalam porsi yang tepat) juga masih memiliki peran untuk menjaga kulit tetap sehat.
  2. Anti-acne & anti-inflammatory (mencegah dan menyembuhkan jerawat, anti-inflamasi)
  3. Mild Keratolytic without drying (melakukan proses Keratolytic dengan ringan tanpa menyebabkan efek samping kulit menjadi kering). Keratolytic merupakan proses eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati.


Cara Pemakaian Produk

Kocok botol terlebih dahulu.

Pompakan secukupnya ke telapak tangan (sekitar 2 pompa) untuk mendapatkan dosis bahan aktif yang tepat. Gosokkan dengan lembut pada wajah dengan gerakan melingkar minimal 3 detik untuk kondisi jerawat ringan atau sekadar wajah berminyak. Tambahkan beberapa detik untuk kondisi jerawat yang lebih parah. Gunakan 2x sehari. Gunakan tabir surya di pagi hari.

Peringatan: jangan gunakan bersama perawatan peeling/pengupasan/eksfoliasi wajah lain seperti retinol, retinoids, AHA, dll. Hentikan penggunaan bila terjadi iritasi atau gejala alergi.


My Experience

Kalau di peringatannya tertulis untuk tidak menggunakan produk eksfoliasi lain seperti retinol dan BHA bersama produk facial wash, hwaa aku ga bisa hahaha. Setelah memakai sabun muka ini, biasanya aku lanjut pakai toner eksfoliasi yang mengandung AHA-BHA-PHA dan kadang juga kuterusin pakai serum BHA. Tapi alhamdulillah efeknya di kulitku tuh ga muncul reaksi aneh-aneh. Trus tadi pagi juga sebelum pakai sabun ini aku maskeran dulu pakai BHA clay mask - lanjut cuci muka pakai facial wash ini - trus pakai toner eksfoliasi. Muncul sensasi sedikit perih memang. Dan ini tidak untuk kamu tiru, terlebih kamu yang punya kulit sensitif, lebih baik main aman aja.

Awal-awalnya aku sempet mikir, kan facial wash ini ada banyak busanya dan mengandung BHA, tapi kok dibilangnya ga bakal bikin kulit jadi kering? Agak terkesan kontradiktif, ya. Tapi setelah aku coba, loh iya loh ternyata emang ga bikin kulit berasa kering dan ketarik. Jadi aku pernah ngetes untuk ga lanjut ke step skincare berikutnya setelah pemakaian sabun ini selama berjam-jam dan bener aja aku ga ngerasain kulitku jadi ketarik dan gatal. Ini cuma ngetes aja, untuk selanjutnya aku tetep pakai toner, serum, dan moisturizer.

Feel of use: saat pemakaian, aku ngerasain cekit-cekit di area jerawat aktif. Tapi aku suka sensasi memijat wajah dengan sabun ini karena busanya banyak, hihi. Untuk performanya, menurutku dia ini sangat mild. Selain ga bikin kulit jadi kering, progressnya di jerawatku juga sangat pelan. Yang aku rasain sih jerawat tetap akan kempes meskipun dalam hitungan hari.


Where to Buy?

Kamu bisa dapetin facial wash ini melalui website Omniskin seharga Rp 89.000 (100ml).

Baca juga: Sudah Coba Azalea Deep Hydration Rose Water? Air Mawar untuk Campuran Masker, 9 Ribuan Aja!


Pros and Cons

Pros and Cons yang aku sebutin di sini sifatnya subjektif yah, di satu sisi menurutku kurang tapi itu suatu kelebihan buat kamu dan sebaliknya. So here we go!

Pros:

  • Busa banyak, ga bikin kering, bikin moment cuci muka lebih enjoy.

Cons:

  • Di kulitku yang udah biasa pakai retinol, performa sabun muka ini terlalu gentle. Jadi kalau mau diajak ngebut buat ngeringin jerawat butuh waktu beberapa hari. Mungkin ini lebih cocok dipakai di kulit yang ga sebadak kulitku. Tapi overall, aku masih menikmati cuci muka pakai facial wash ini karena ada busanya banyak aku sukaa :D.

Kalau kamu udah pernah cobain Omniskin Cica BHA Amino Acid Facial Wash juga, ceritain dong pengalaman kamu di kolom komentar. :D


Referensi

https://beautiessskincare.com/perawatan-wajah/mengenal-segudang-manfaat-snail-extract-regu-fade/
https://journal.sociolla.com/bjglossary/hexamidine-diisethionate
https://omniskin.co.id/product/cica-bha-amino-acid-foaming-wash/
https://omniskin.co.id/cara-atasi-jerawat-dengan-skincare-mengandung-abu-vulkanic/
https://www.nytimes.com/2012/08/09/fashion/time-release-products-prove-popularskin-deep.html

7 Comments

  1. penasaran nih ada double ingredient yang emang oke banget sayangnya buat bumil masih takut nih soalny ada BHAnya

    BalasHapus
  2. Aku suka banget yang foaming wash ginii buat cuci muka. Mau langsung beliiii

    BalasHapus
  3. Aku lg cobain series ini juga tp yg creamnya

    BalasHapus
  4. Pengen cobain deh, CICA+ BHA kandungan ter mantull!😍

    BalasHapus
  5. Packagingnya lucu! Busanya juga termasuk banyak yaa. Btw ini apakah drying?

    BalasHapus
  6. Senangnya nemu rekomendasi facial wash ini, kebetulan lagi sering jerawatan hiksss

    BalasHapus
  7. Menarik nih kandungannya, busanya juga melimpah ya

    BalasHapus