Udah Coba Avoskin Miraculous Refining Toner? Toner Eksfoliasi Harian yang Bisa Bantu Atasi Maskne-ku! [Review]

Pecinta produk skincare lokal pasti udah ga asing lagi dong ya sama brand Avoskin? Sampai saat ini, mereka udah punya rangkaian produk yang lengkap mulai dari cleanser sampai sunscreen. Misalnya nih kamu mau pakai skincare dari A sampai Z cuma dari Avoskin aja biar ga ribet, bisa bangeet! Avoskin punya semuanya. Apa aja sih koleksi produk skincarenya Avoskin? Bisa cek ke websitenya yah, hihi.

Avoskin merupakan salah satu brand lokal yang berperan serta dalam mendukung gerakan cruelty-free. Ada kok cara lain untuk memastikan kalau sebuah produk skincare itu bagus atau bekerja sesuai klaimnya selain dengan animal-testing. Selain cruelty-free, brand lokal satu ini berkomitmen untuk menciptakan produk dengan minimum ingredients yang bebas alkohol, bebas SLS, bebas paraben, ga pakai pewangi tambahan, juga silicone-free.

Kandungan digunakan dalam produk skincare Avoskin merupakan bahan-bahan alami berupa hasil tani yang dipanen secara manual pada pagi hari supaya mendapatkan kualitas terbaik. Tau ga bahan baku skincare Avoskin itu tumbuh dan dipanennya di mana? Di area dataran tinggi Jawa dan Bali! Ga main-main ya kualitas alam Indonesia :D Dari situlah kemudian bahan-bahan alami tersebut dikombinasikan dengan bahan-bahan premium, diolah dengan teknologi canggih untuk memberikan hasil yang terbaik dan tahan lama di kulit kita.

Salah satu produk Avoskin yang udah hampir sebulan aku pakai yaitu Miraculous Refining Toner. Singkatnya, dia adalah toner eksfoliasi yang bisa dipakai 2x sehari.

Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner

Familiar sama nama toner Avoskin satu ini? Iya soalnya ini toner udah ada dari tahun 2018 hehehe dan aku baru sempet nyobain. :D

Avoskin Miraculous Refining Toner merupakan toner eksfoliasi yang mengandung 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA. Kombinasi ketiga ingredients utama tersebut membuat toner ini bekerja secara efektif dalam melakukan proses eksfoliasi di kulit kita.

Btw, siapa aja sih bisa pakai toner eksfoliasi ini? Remaja bisa ikutan pake, ga? Bisa! Miraculous Refining Toner dapat digunakan oleh semua jenis kulit dan aman untuk kulit acne-prone dan ga bikin kulit kita jadi kering. Selain itu, karena produk ini mengandung bahan-bahan yang aman dan sudah teruji secara klinis, jadi remaja usia 16 tahun udah bisa ikutan pakai toner ini.

Dari 4 tahun lalu aku udah masukin toner eksfoliasi ke rangkaian skincare routine aku untuk merawat kulitku yang gampang jerawatan dan tentunya demi memperlancar proses regenerasi kulit juga biar.. iya. Biar awet muda. Kalau beberapa toner eksfoliasi itu ngasih efek kering di kulit, nah si Miraculous Refining Toner ini engga. Selain dia berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit, menyamarkan noda hitam, mengurangi tampilan pori-pori yang besar, dia juga ga bikin kulit kering. Justru dia bikin kulit kita jadi lembap setelah pemakaian karena mengandung agen emolien.

Apa itu emolien? Kalau di tipe-tipe moisturizer itu kan ada satu yang sifatnya emolien yaitu cara kerjanya yang mengisi ruang kosong pada kulit dengan lipid (zat berlemak) sehingga kulit terlihat lembut.

Avoskin Miraculous Refining Toner

Nah, sekarang kita masuk ke bahasan packaging-nya.

Avoskin Miraculous Refining Toner datang dengan kemasan botol plastik berwarna coklat semi transparan, bertekstur glossy, dan dilengkapi dengan tutup ulir. Botol plastiknya ini bukan sembarang botol plastik loh guys, dia terbuat dari bahan plastik yang ramah lingkungan (salah satu materialnya adalah tebu). Dari segi desain botolnya, dia ini lovable dan bisa mendukung gerakan sustainable beauty. Kalau tonernya abis, botolnya bisa kita manfaatkan sebagai vas bunga atau properti foto.

Hadir dalam ukuran 100ml, toner ini sangat travel-friendly, mudah digenggam, dan tutupnya yang kenceng ga bikin isi produknya rembes kalau dibawa-bawa.

Avoskin Miraculous Refining Toner


Tekstur, Warna, dan Aroma

Avoskin Miraculous Refining Toner

Tekstur: cair seperti air, butuh waktu beberapa detik untuk tonernya benar-benar terserap ke dalam kulit.

Warna: bening

Aroma: tidak ada


Manfaat Produk

  • Mengangkat sisa kotoran di wajah dengan maksimal
  • Mengeksfoliasi kulit
  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit
  • Memudarkan noda hitam di wajah
  • Mengecilkan pori-pori
  • Melembapkan dan memperbaiki tekstur kulit
  • Cocok untuk semua kondisi kulit
  • Aman untuk kulit berjerawat


Kandungan Produk

Kandungan utama:

  1. AHA-BHA-PHA: AHA berfungsi untuk pengelupasan kulit dan memberikan perawatan anti-aging. BHA berperan membersihkan pori-pori, mengontrol minyak, dan mengatasi komedo. Pada kulit berminyak, penggunaan BHA sangatlah bagus karena kandungan BHA tidaklah melembabkan tapi mengeringkan kulit kita. Sementara PHA memberikan efek seperti AHA tetapi dengan kemungkinan iritasi yang lebih sedikit. PHA juga membantu melestarikan kolagen kulit. PHA tidak meningkatkan potensi sensitivitas terhadap sinar matahari.
  2. Niacinamide: mengurangi timbulnya jerawat, mengecilkan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, memperbaiki pertahanan kulit, melembapkan kulit, mengurangi kemarahan pada kulit, berfungsi sebagai anti-aging, anti-keriput, mengurangi pigmentasi berlebih, memproteksi kulit dari sinar matahari, menyembuhkan luka pada kulit, dan anti-inflamasi.
  3. 2% Tea Tree: mengatasi jerawat, berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.
  4. Witch Hazel: mengatasi jerawat, mempercepat penyembuhan kerusakan jaringan kulit, dan mengurangi iritasi kulit.
  5. Aloe Vera: melembapkan kulit, mengatasi jerawat, dan memiliki sifat anti-inflamasi.


Kandungan:

Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry Fruit) Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.

Peringatan:

Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari dan memicu terjadinya efek kulit terbakar. Jadi jangan pernah skip pakai sunscreen, yaaa.

Baca juga: Buttonscarves Eau De Parfum, Parfum Luxury Wanita Elegan dengan Aroma Tahan Lama Hingga 12 Jam [Review]


Cara Penggunaan

Tuangkan toner secukupnya pada kapas atau telapak tangan, usapkan ke kulit dari area tengah wajah ke arah luar dengan gerakan ke atas dan biarkan menyerap. Hindari area mata.

Kalau kamu baru pertama kali mencoba produk eksfoliasi, sebaiknya gunakan 2-3x seminggu dulu dan jangan lupa lakukan patch test (tes di area belakang telinga atau bagian kulit tertentu sebelum menggunakan toner pada seluruh wajah untuk memastikan produk tidak menyebabkan iritasi atau keluhan lainnya). Nah, kalau kamu udah kebal sama toner eksfoliasi, bisa gunakan Avoskin Miraculous Refining Toner sebanyak dua kali sehari (pagi dan malam).

Step pemakaian: first cleanser (micellar water/cleansing oil/etc.) - facial wash - Avoskin Miraculous Refining Toner - hydrating toner - essence - serum - moisturizer - sunscreen (untuk pemakaian pagi hari).

Baca juga: Review Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment, Serum Berkualitas Tinggi untuk Atasi Bekas Jerawat dan Perawatan Anti-Aging


My Experience

Sebelumnya aku mau cerita dulu. Di awal pemakaian toner ini (18 Oktober 2021), aku lagi ada jerawat di area pipi kanan-kiri dan dagu, kemungkinan besar disebabkan oleh maskne. Kok tau kalo itu maskne? Yep, karena selama 4 hari aku lagi di luar kota dalam rangka lalalili (bukan liburan fyi lol tapi anggep aja refreshing ya wkwk) yang mengharuskan aku pakai masker dobel dalam waktu sekian jam dua hari berturut-turut. Ditambah lagi kena polusi udara dan panas saat naik ojek online. Udah kan, terus di hari ketiganya aku baru ngeh pas cuci muka tuh kulitku berasa gronjal-gronjal di daerah kulit yang ketutupan masker.

Nah, di hari yang sama, aku kedatengan toner eksfoliasi Avoskin Miraculous Refining Toner. Sebelum pakai tonernya, aku sempet baca-baca review dari teman blogger lain yang bilang kalau toner ini bisa mengatasi jerawat break out. Wiih, pas banget ni momennya, siapa tau bisa nyembuhin maskne aku.

Pertama kali pakai toner ini tuh rasanya hmmhh perih pedih cekit-cekit mantap di area jerawat aktif. Berhubung maskne-ku lumayan banyak dan statusnya aktif semua, jadinya berasa kayak lagi pake peeling solution-nya The Ordinary. Tapi level perihnya masih di bawah TO. Btw, perih yang aku rasain itu cuma di area jerawat aktif yah, kalau di kulit yang ga ada jerawatnya ya ga ada rasanya. Meskipun sebelumnya aku udah sering pakai toner eksfoliasi dan toner ini bisa digunakan 2x sehari, tapi selama seminggu pemakaian itu aku belum berani pakai sesering itu karena aku takut jerawatku makin parah mengingat ini jerawat yang tumbuh bukan jerawat biasa. Maksudnya bukan jerawat normal yang tumbuh karena aku lupa skincare-an malemnya atau jerawat yang datang menjelang haid (hormonal). Di seminggu awal itu juga aku cuma pakai skincare basic aja. Kalo biasanya aku masukin serum vitamin C di morning routine aku, untuk saat ini aku pause dulu.

Memasuki minggu kedua, aku mulai rutinin pakai toner eksfoliasi ini tiap hari. Efek yang aku rasain saat jerawat aktif kena toner tuh tetep sama kayak sebelumnya, tetep perih. Tapi durasi perihnya ga selama sebelumnya.

Di minggu ketiga pemakaian, sempet muncul jerawat di area samping batang hidung -- tempat yang biasa buat nangkring frame kacamata. Kali ini aku ga begitu paham apakah jerawatnya muncul karena tonernya atau karena gesekan kulit sama kacamata. Jerawatnya tuh agak keras tapi ga sakit kalo kepegang. Trus malemnya tetep aku pakein toner, paginya rada kempes sih tapi siangnya muncul lagi. Lahh. Oke yaudah berarti aku pause dulu pemakaian toner ini selama sehari. Ga ada perubahan. Besoknya aku pakein lagi, udah mulai ada progress selanjutnya: jerawat jadi kempesan. Kempes jerawat satu, muncul jerawat lagi di sisi satunya persis. Simetris. Ya Allah. Dahlah aku terjang aja, kupakein toner ini malemnya. Lama-lama ya kempes sendiri.

Foto di atas merupakan progress selama pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner. Ada dua foto yang aku tunjukkin; sisi atas merupakan progress maskne aku, sementara yang bawah itu progress jerawat yang muncul di samping batang hidung. Sampai sekarang jerawatnya udah kempes tinggal bekasnya aja belum hilang.

Efek instan toner ini: bikin kulit terasa halus, lembap, dan karena teksturnya yang cair banget kayak air jadi dia butuh waktu sekian detik untuk bisa terserap ke dalam kulit. Kalo kena jerawat rasanya cekit-cekit. Again, toner eksfoliasi ini bisa ningkatin sensitivitas kulit kita terhadap sinar matahari. Ini beneran berasa loh wkwkw, waktu itu aku lagi skincare-an di balkon tempat aku nginep di Jogja, maksudnya sekalian bikin video pagi-pagi biar dapet cahaya yang oke. Eh baru sampai tahap hydrating toner, kulitku udah mulai berasa cekit-cekitnya. Bhay :") Pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini adalah: dahlah gausah banyak tingkah skincare-an di luar. Di dalem kamar aja udah paling bener. :))

Baca juga: Sudah Coba Azalea Deep Hydration Rose Water? Air Mawar untuk Campuran Masker, 9 Ribuan Aja!


Where to Buy?

Kamu bisa dapetin toner ini melalui website Avoskin: www.avoskinbeauty.com seharga Rp 189.000 untuk ukuran 100ml. Atau kalau kamu mau nyobain mini size-nya dulu juga bisaa, dengan ukuran 20ml harganya Rp 83.000.

Jadi gimana, mau nyobain mini size-nya dulu atau langsung full size-nya? :D

Avoskin Miraculous Refining Toner

Referensi

https://www.sehatq.com/artikel/emolien-adalah-penenang-kulit-kering-apa-saja-jenisnya

60 Comments

  1. Toner eksfoliasi apakah kerasa penipisannya, Mbak? Kok cekit2 😁 trus, karena udah exfoliating, gak perlu lagi pakai produk macam peeling ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri ga begitu merasa kulitku kekikis jadi tipis, mungkin karena lapisan kulit yang terkikis sangat tipis. dan "penipisan" itu juga efek dari "pengelupasan" sel-sel kulit mati yang merupakan bagian dari proses regenerasi sebelum muncul sel kulit baru lagi. produk eksfoliasi biasanya emang bikin cekit-cekit mba di kulitku hahaha. yap, kalo udah pakai exfo toner gausah pakai peeling product lagi, kuatirnya kulit kita ga tahan malah jadi iritasi. karena peeling product juga kan sifatnya mengeksfoliasi hehhee

      Hapus
  2. aku pernah pakai tooner lain, yang ada tea tree gitu, eh ternyta cekit-cekit lumayan parah. ditunggu beberapa hari, tetep gitu. ehm ... kalau pakai ini kira-kira, bakal ada efek yang sama enggak ya? masih ragu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. toner Avoskin yang ini sih memang ngasih efek cekit-cekit di area jerawat, Mba. tapi di bagian kulitku yang sehat aku ga ngerasain sensasi macem-macem. soal dia bakal ngasih efek yang sama atau ga kayak toner tea tree, aku kurang tau Mba hahaha, bisa dicoba sendiri nanti yaa :D

      Hapus
  3. aku belum pernah coba ini, dan jujur penasaran banget dong 😃
    soalnya aku pernah coba retinol toner mereka, dan itu mantul polll! makanya penasaran sama satu ini hihi 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok Kak Farah cobain toner ini juga! wah aku malah belum pernah make toner retinol Avoskiinn, jadi penasaran itu mantulnya bakal kayak gimana di kulitkuuu :D

      Hapus
  4. Avoskin ini emang terkenal bagus, yaaa! Lengkap banget reviewnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank youu Kak Sefiin, udah cobain produk Avoskin yang mana aja niih?

      Hapus
  5. Akuu pernah coba serumnya tapi blm tonernya. Ntar aku coba juga deh

    BalasHapus
  6. Aduuh, saya termasuk yang lelet baca narasi yang berkaitan dengan produk kecantikan. Jadi saya baru bisa menikmati cara penuturan artikel ini. Siip cara bertuturnya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh terima kasih Mas Ardiii, semoga tulisan-tulisan saya mudah dipahami oleh pembaca lainnya jugaa :D

      Hapus
  7. toner rekomendasi banyak orang nih dan banyak yg cocok juga karena seefektif itu (carnellin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah yah banyak yang coock pakai toner ini :D

      Hapus
  8. Aku baru nyobain serumnya aja nih, jadi pengen tonernya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah serum yang mana nih kak Chacaa? mau ikut cobain juga dong!

      Hapus
  9. Pas banget! Baru cari obat jerawat karena anak remajaku lagi keluar ban jerawat dan pingin kulitnya jadi lebih cerah.

    BalasHapus
  10. avoskin ini banyak yang cocok juga ya (carnellin)

    BalasHapus
  11. Udah dong! Habis dua botol hehe. Ini tuh exfo toner lokal pertama yg aku coba ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih keren! berarti udah cocok banget yaaa <3

      Hapus
  12. aku cinta banget toner ini, udah berkali-kali repurchased :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, seneng bacanya. ini udah masuk ke botol berapa pemakaian, Mba?

      Hapus
  13. Pengen coba deh tonernya, soalnya aku baru coba serumnya aja.

    BalasHapus
  14. Amazed sama progressnya! Masuk wishlist akunih ka!😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa alhamdulillah progressnya baguus. semoga soon pake toner ini juga yaah :D

      Hapus
  15. Aku uda coba produk ini sejak pertama launched. Dan kalau dipake kombinasi dgn serumnya, duh,,, besok pagi tuh kulit muka auto halussss bener! Super love emang sama produk ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata udah pakai dari lama yaah, aku jadi penasaran pake serumnya juga niihh :D

      Hapus
  16. Aku baru coba sekali, first impression aja udah luar biasa sama toner avo ini ^^ btw sudah coba versi sheet mask-nya juga kah ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwoow! aku belum pakai yang versi sheet mask-nya huhu. btw, enakan yang toner langsung atau versi sheet mask-nya nih kak Widyy?

      Hapus
  17. Ini kalo ditambah serum avoskin makin mantep beb! Asal rajin makenya kulit jd halus 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh iyaa? semoga nanti bisa pakai serumnya juga aah, penasaran banget banyak yang bilang baguus :D

      Hapus
  18. Nyata yaa hasilnya dipake dlm 1 bulan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yah Kak Ema. udah cobain toner ini juga, Kak?

      Hapus
  19. Tertarik nyoba yg travel size. Next step tuk mulai pakai produk2 lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya boleh kak, cobainnya yang travel size-nya dulu. kalau cocok lanjut pakai yang full size. semoga cocok, yah! :D

      Hapus
  20. Aku pakai seri ini tapi yang serum, luar biasa kalau habis pakai emang berasa ting! glowing haha. toner belum coba, tapi habis baca artikel ini jadi mau cobain nanti habis toner di rumah habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang bilang serumnya mantep pol ya Mba Asti, aku jadi pengen nyobain ini hahaha

      Hapus
  21. Kalau dipakai ibu-ibu otw setengah baya ngefek nggak ya? Beberapa kali pakai skincare kok efeknya kurang bahkan nggak ada. Faktor U kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah ngefek tapi memang butuh kesabaran hehehe

      Hapus
  22. eksfoliasinya kelihatan ngga mba... maksudnya ngelupas ngelupasnya itu ngeganggu penampilan gitu ngga, kayak kalau kita pakai produk dari dokter kulit aku pernah duluu... itu pas ngeluapasnya bikin illfeel dah. kayaknya pingin coba yang kemasan kecil deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngelupasnya itu biasanya berbentuk sel kulit mati yang kering. kalo kita lagi ngelus-ngelus wajah atau pas lagi bersiin muka pakai cleansing oil berasa ada bagian kulit yang kasar-kasar, nah itu dia. bisa dikelopek paksa tapi sakit, jadi biarin aja dulu lama-lama dia lepas, Mba. sama sekali tidak menganggu penampilan :D

      Hapus
  23. Wah, produk lokal nggak kaleng-kaleng ya mbak. Hasil panen manual dan ambil kualitas yang terbaik. Yang bikin kaget ternyata kemasannya dari bahan tebu, mantabs sekali Avoskin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Avoskin memaksimalkan potensi alam Indonesia bangeet :D

      Hapus
  24. avoskin jado wishlist ku sejak 2 tahun lalu ih belom kesampaian, aku suka karena konsepnya yang minimal ingredients. kalau uk kulit tidak rata bekas jerawat gitu bs jg ya kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti ikut cobain pakai produk Avoskin juga ya Mba Riaaa, hihi. untuk masalah kulit tidak rata akibat bekas jerawat, mungkin bisa tapi butuh waktu yang ga sebentar. di aku juga belum terlalu keliatan itu Mba untuk mudarin bekas jerawatnya.

      Hapus
  25. Avoskin nih lagi naik daun ya ramai dibahas dan pemakainya puas, toner eksfoliasi tapi bisa dipakai dua kali sehari berarti kandungannya nggak keras dan aman pisan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga seneng ini Mba Deww nemu produk eksfoliasi yang bisa dipakai hariaan, soalnya aku ngerasa kulitku baru keliatan bagus kalo abis pake toner eksfo dulu sebelum pakai skincare lainnya, hihihi

      Hapus
  26. wishlist aku dari dulu nih, belom kesampean juga sampe retinol seriesnya keluar. wishlistku bergantiii :')

    tapi aku baru tau deh kak ternyata dia bisa dipakai daily ya asal kulitnya terbiasa. aku masih suka takut pake AHA 5% soalnya pernah coba bentuk serum merk lain cekit cekit paraaah huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sausaaann semoga kesampaian pakai toner ini juga! :D betul, asal kulitnya udah terbiasa bakal aman-aman aja pakainyaa. wah serum apa tuh kalo boleh tauu?

      Hapus
  27. Aduh aku tuh penasaran sama ini. Tapi masih maju mundur banget, tadi aku liat ada kandungan tea tree-nya ya? Aku pernah pake skincare kandungan itu, dan kurang cocok hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah sayang bangeet. kandungan tea tree bikin kulitnya Mba Ori jadi gimana?

      Hapus
  28. Lengkap banget reviewnya mba dian mantep lah wkwk. Aaah aku juga mau banget sih nyoba avoskin ngiler banget. Menarik banget yah ini huhu mana progress nya juga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Kariiin, thank you!! ayo semoga kesampaian juga pakai toner inii, nanti aku tunggu reviewnya di kulitmu gimana, hihi :D

      Hapus
  29. Always satisfying liat before-afternya Kak Dian hihi. Aku pake ini dari 2019 sampai sekarang udh upgrade yg Lilac version karena ada tambahan kandungan PGA nya selain AHA, BHA. PHA. Ini exfo toner pertama dan so far the best sih buat jerawat. Aku review ini juga di Blog cuma jadi pengen review yg Lilac edition nya produk ini jg hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank youu, kak Bintang! oh iyaa, sekarang ada versi lilacnya. ayok review juga kak, aku pengen tau perbandingannya niiih :D

      Hapus
  30. Aku dulu pernah coba serumnya tp.malah nongol jerawat. Alhasil ga brani nambah coba tonernya. Untungnya pas coba retinol toner akunya cocok 🥲

    BalasHapus
  31. 😆Penasaran karena aktifnya lumayan gede persentase nya bund, udah lama juga gak pake exfoliates konsistensi air kayak gini.

    Eh kemarin temenku yang newbie ada mau coba ini sama yang Retinol🤣 sek aku kudu infoin ke dia, ternyata ini actives nya besaaaar weh.

    BalasHapus