Tiga Minggu Nyobain Basic Skincare dari BASE, Skincare Aman untuk Remaja [Review]

Zaman sekarang tuh udah enak banget ya kalo mau nyari produk skincare yang sekiranya bakal cocok di kulit kita. Selain bisa baca ulasan dari para reviewer, kita juga bisa nyimak pembahasan tentang skincare dari para expert. Tapi kalau dari kedua cara itu masih bikin kita bingung dan belum yakin sama produk mana yang bakal kita coba, mungkin kamu bakal suka sama konsep personalized skincare formula dari BASE. Jadi, produk skincare yang kita terima itu formulanya sudah disesuaikan sama jenis dan masalah kulit kita. Tentunya untuk menentukan formula seperti apa yang cocok untuk kulit kita, diperlukan pendekatan holistik. Misalnya problem kulitku tuh jerawat, nah ditelusuri dulu penyebabnya kenapa, ga cuma makanan apa aja yang masuk ke badan tapi juga gaya hidupku.

Base Personalized Skincare, Skincare Aman untuk Remaja

BASE sendiri merupakan salah satu brand lokal Indonesia yang mengusung pendekatan holistik untuk mengatasi masalah kulit wajah kita. Sebelum membeli produknya, kita bisa melakukan skin check dulu melalui websitenya. Di sana kita bakal menjawab beberapa pertanyaan terkait kulit kita, seberapa sering menggunakan ingredients tertentu, dan seperti apa gaya hidup kita. Kalo udah, nanti keluar rekapan hasilnya dan ada rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Dan produk skincare yang kita terima bakal ada nama kita juga, loh. Seru, ya!


BASE Personalized Skincare, Skincare Aman untuk Remaja

Konsep personalized skincare formula ini kurasa cocok banget untuk para remaja usia 12-18 tahun yang sedang gencar-gencarnya ingin mulai melakukan perawatan kulit wajah. Cara ini tentu bisa membantu mendapatkan produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit mereka.

Base Personalized Skincare, Skincare Aman untuk Remaja

Kandungan yang terdapat pada produk skincare BASE juga sudah didesain seaman mungkin untuk remaja. Selain bahan-bahan yang digunakan itu alami, berkualitas tinggi dari seluruh dunia, vegan dan tentunya juga bebas dari phtalates dan paraben.

Apa itu phtalates dan paraben?

Phtalates merupakan zat kimia yang sering dipakai dalam kosmetik untuk membuat kosmetik cepat menyerap ke kulit. Kalau digunakan dalam jangka waktu lama, phtalates dapat menyebabkan gangguan hormon dan kanker payudara. Sementara paraben dalam produk kosmetik berfungsi untuk memperpanjang usia produk,  dan mencegah pertumbuhan bakteri juga jamur. Sebenernya paraben ga semembahayakan itu kalau persentasenya sangat kecil. Hanya saja, dikhawatirkan kalau kulit kita terlalu sensitif terhadap paraben akan menimbulkan reaksi gatal, kemerahan, ada sensasi seperti terbakar, bengkak, atau nyeri.

Balik lagi ke produk skincare Base, saat ini aku sedang menggunakan basic skincare-nya Base yang terdiri dari cleanser, moisturizer, dan sunscreen. Ketiga produk ini aku dapetin dari hasil #MatchMaker skin quiz di website Base. Hayo, tertarik buat nyobain juga?

Sekarang kita bahas satu persatu produknya.


1. BASE - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Cleanser satu ini ditujukan untuk kulit yang memiliki masalah jerawat atau iritasi. Memiliki kemampuan untuk membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Dilihat dari kemasannya, Nine to Ten Nourishing Cleanser ini mungkin terlihat bulky. Tapi sebenernya enak dipegang (handy) dan kemasannya yang terbuat dari keramik juga kokoh.

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Aplikator cleanser ini berupa pump yang kalo mau ngeluarin isi produknya kudu pakai sedikit tekanan. Ini bagus sih biar pumpnya juga ga mudah kepencet kalo kena tekanan, jadi produknya ga gampang bleber ke mana-mana.

Di kemasan kardus produknya, terdapat beberapa informasi singkat mengenai second cleanser satu ini.

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Tekstur cleanser ini encer, runny, dan kalo dicampur sama air menghasilkan busa yang sangat sedikit (hampir tidak terlihat). Warnanya kuning muda dan aromanya agak kecut, kurasa ini bawaan dari ingredients karena produk BASE tidak mengandung pewangi buatan.

Base - Nine to Ten Nourishing Cleanser

Kandungan Utama:

  1. Niacinamide: efektif untuk menyeimbangkan minyak di kulit, mencerahkan kulit maupun bekas jerawat, dan mengecilkan tampilan pori-pori pada wajah.
  2. May Chang Oil: meresap dengan baik jauh ke dalam lapisan epidermis kulit untuk meremajakan sel-sel kulit, menangkal radikal bebas, dan menjaga kilau alami (natural glow) kulit.
  3. Ekstrak Tea Tree: mencegah jerawat dengan kandungan anti-inflamasi dna anti-bakteri yang secara efektif menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.
  4. Squalane: melembapkan dan mengembalikan kekenyalan kulit. Squalane secara alami memiliki konsistensi mirip dengan sebum manusia, sehingga cocok untuk memperbaiki skin barrier.
  5. Bisabolol (Ekstrak Bunga Chamomile): kandungan Bisabolol dari ekstrak bunga Chamomile memiliki efek menenangkan dan dapat meredakan kulit kemerahan akibat iritasi.

Kandungan Lengkap:

Aqua, Glycerin, Niacinamide, Triticum Vulgare Germ Oil, Glyceryl Caprylate Caprate, Cocamidopropyl Betaine, Decyl Glucoside, Sodium Levulinate, Sodium Anisate, Chamomilla Recutita Matricaria Flower Extract, Lysolecithin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Pullulan, Squalane, Camellia Sinensis Leaf Extract (Tea Leaf), Butylene Glycol, Litsea Cubeba Fruit Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Sodium Chloride, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sorbic Acid.

*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients
*Natural, Plant-Derived Ingredients

Cleanser ini masuk kategori facial wash, jadi aku pakainya setelah first cleanser yang berupa micellar water/cleansing oil/cleansing balm.

Cara pakai: basahkan muka, lalu tambahkan 2-3 pump cleanser ke telapak tangan. Usapkan ke seluruh permukaan kulit wajah, pijat dengan gerakan memutar.

Klaim: non-SLS formula, tidak membuat kulit kering atau tidak menimbulkan efek ketarik setelah penggunaan. Non-parfumed product, untuk menghindari efek perih pada kulit, cocok untuk kulit sensitif.

My experience: seperti yang disampaikan pada klaimnya, kulitku tetep lembut, ga ada rasa ketarik setelah pemakaian. Tapi kalau misalkan kulit lagi berminyak banget, kurasa kalau bersiin mukanya cuma pakai cleanser ini, minyaknya ga begitu keangkat. Selama pemakaian juga aku ga ngerasa ada efek perih di wajahku yang lagi jerawatan.

BPOM NA18191234975. Harga: Rp 98.000 (100ml)


2. BASE - Ultra Dew Moisture Cream

Pelembap ini bisa digunakan setiap hari untuk menghaluskan kulit, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, dan meratakan warna kulit. Untuk kulit yang lebih berminyak dapat memakai moisturizer ini sebagai krim malam atau sebagai pelembap ketika sering terpapar udara dingin dan AC.

Ultra Dew Moisture Cream hadir dengan kemasan botol pump dan ada tutupnya berwarna putih.

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Desain aplikator pump-nya terlihat kokoh dan mudah dipencet.

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Tekstur moisturizer ini berupa cream yang sangat ringan, tapi pas diaplikasiin ke kulit dia bisa ngasih kelembapan yang ekstra. Warnanya kuning pastel. Tidak berbau.


Base - Ultra Dew Moisture Cream

Kandungan Utama:

  1. Ceramides: merupakan bahan aktif yang dapat memperkuat skin-barrier, melembapkan, dan mampu melindungi kerusakan kulit akibat polusi dengan membentuk seperti lapisan pelindung untuk mencegah iritasi dan dehidrasi.
  2. Avocado Oil (Minyak Buah Alpukat): mengandung vitamin A, D, dan E, asam lemak, sampai beta-carotene untuk meningkatkan produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit.
  3. Argan Oil (Minyak Argan): berfungsi sebagai antioksidan, anti-inflamasi, antiseptik, fungisida, dan sebagai pelembab yang mampu menetralisir radikal bebas serta merangsang produksi sel kolagen dan merevitalisasi elastisitas kulit.
  4. Phytosphingosine: merupakan lemak alami sejenis Ceramides yang berfungsi secara efektif untuk menjaga skin barrier tetap sehat dan memulihkan kulit yang rusak.

Kandungan Lengkap:

Aqua, Anthemis Nobilis Flower Water, Butylene Glycol, Squalane, Argania Spinosa Kernel Oil, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Avocado Persea Gratissima Oil, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, Allantoin, Lysolecithin, Phytosphingosine, Sclerotium Gum, Ceramide NP, Xanthan Gum, Pullulan, Citrus Sinensis Peel Oil Expressed, Cananga Odorata Flower Oil, Tocopherol, Citric Acid, Sodium Hydroxide, Sodium Benzoate, Dehydroacetic Acid, Benzoic Acid, Benzyl Alcohol, Potassium Sorbate

*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients
*Natural Plant-derived Ingredients

Klaim: menutrisi dan menjaga kelembapan kulit, meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki tekstur dan kompleksi kulit, meningkatkan tingkat kecerahan natural kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

My experience: aku lebih sering pakai moisturizer ini di pagi hari karena aku suka kulitku keliatan lembap, basah, dan glowy. Selain itu juga untuk mengimbangi sunscreennya yang punya finish matte biar kulitku tetep plump dan lembap. Selama pakai moisturizer ini, aku ga ngerasa produksi minyak di kulitku makin banyak, aku ngerasa dia ngasih feel yang calming karena lembapnya itu. Teksturnya juga ga bikin pilling, ga ada whitecastnya yang bikin muka jadi keliatan lebih putih, kalo jadi cerah mungkin iya. :D

Ini look mukaku antara sebelum dan sesudah diaplikasikan moisturizer.

Base - Ultra Dew Moisture Cream

Kiri: sebelum. Kanan: sesudah. Ga banyak perbedaan terutama pada warna kulit. Setelah pakai moisturizer, kulitku jadi keliatan glowy mantulin cahaya. Ihiyy!

BPOM NA18200100953. Harga: Rp 189.000 (30ml).


3. BASE - Ultra Matte Natural Sunscreen

Yang bikin beda dari sunscreen ini adalah finishnya yang matte, disesuaikan dengan iklim tropis. Sunscreen ber-SPF 50 PA+++ ini memiliki fungsi untuk: menangkal radiasi UVA & UVB, melindungi dari Blue Light, mencegah polusi dan agresor dari lingkungan, juga mengurangi iritasi kulit.

Base - Ultra Matte Natural Sunscreen

Ultra Matte Natural Sunscreen hadir dengan kemasan tube pipih dengan dominasi warna ungu dan oren. Ga seperti dua produk sebelumnya, sunscreen ini ga ada aplikator pumpnya. Cara ngeluarin isi produknya tinggal dipencet aja bagian tengah badan tube-nya.

Base - Ultra Matte Natural Sunscreen

Base - Ultra Matte Natural Sunscreen


Base - Ultra Matte Natural Sunscreen

Teksturnya ringan, ga lengket di kulit, ga ninggalin residu putih-putih di kulit, finishnya matte. Warnanya kuning dan tidak berbau.

Kandungan Utama:

  1. Carotolino® (Minyak Biji Wortel & Ekstrak Akar Wortel): diekstrak dari akar dan biji wortel yang kaya akan karotenoid yang efektif yang melindungi kulit dari cahaya biru atau High-Energy Visible (HEV).
  2. Ectoin® (Asam Amino): suatu jenis asam amino yang diekstrak dari mikroorganisme yang hidup di lingkungan yang ekstrim. Bahan serbaguna ini efektif untuk pencegahan penuaan kulit & menghentikan kerusakan sel kulit akibat polusi.
  3. Seboxyl® (Ekstrak Daun Blackcurrant & Raspberry): bahan aktif ini diekstrak dari daun blackcurrant dan raspberry yang cocok untuk digunakan mengontrol sebum dan mencegah pembentukan komedo, serta dapat meredakan peradangan karena jerawat.
  4. Bisabolol (Ekstrak Bunga Chamomile): mengandung bisabolol yang bertindak sebagai anti iritasi & berperan sebagai perlindungan ekstra dari paparan sinar UV.

Kandungan Lengkap:

Aqua, Dicaprylyl Carbonate, Nylon 6/12, Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Monostearate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Acrylates/C12-22 Alkyl Methacrylate Copolymer, Aminomethyl Propanol, Aluminum Starch Octenylsuccinate, C15-19 Alkane, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Glycerin, Rubus idaeus (raspberry) leaf extract, Ribes nigrum (blackcurrant) leaf extract, Tocopheryl Acetate, Ceteth-10 Phosphate, Dicetyl Phosphate, Hydroxyacetophenone, Canola Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Arginine, Coco-Glucoside, Disodium EDTA, Ectoin, Ethylhexylglycerin, Disodium Lauryl Sulfosuccinate, Sodium Dilauramidoglutamide Lysine, Daucus Carota Sativa Seed Oil, Bisabolol, Magnesium Chloride, Beta-Carotene, Daucus Carota Sativa Root Extract, Helianthus Annuus Seed Oil, Sorbic Acid, Phenoxyethanol, BHT.

*ECOCERT Certified Ingredients
*Natural Plant-Derived Ingredients

My experience: aku suka teksturnya yang ringan, ga ninggalin white cast, mudah diratain ke kulit, dan ga lengket. Tapi dengan finishnya yang matte ini dia agak nurunin tingkat ke-glowy-an kulitku setelah dipakein moisturizer sebelumnya. 

Base - Ultra Matte Natural Sunscreen

Selain itu, beberapa jam setelahnya tuh sunscreennya cukup pilling di kulitku apalagi kalo sengaja digosok pake tangan. Kukira dengan efek pilling gini aku kudu waspada kalo sunscreen ini aku gunakan saat keluar rumah pake masker. Tapi ternyata ngga guys, aman. Aku udah cobain dari pagi ke siang panas-panasan, tetep bagus kulitku, ga tiba-tiba pas aku buka masker sunscreennya udah pada pilling. Aman. Untuk reapply sunscreen juga oke, aku ga ada masalah sama ini. Ga bikin kulit jadi berat atau ujug-ujung ada residunya. Ga ada.

BPOM NA18201701157. Harga: Rp 169.000 (45gr)


Result

Setelah pemakaian BASE Nine to Ten Nourishing Cleanser, Ultra Dew Moisture Cream, dan Ultra Matte Natural Sunscreen selama tiga minggu (18 Agustus - 09 September 2021), inilah hasilnya~

Tiga Minggu Nyobain Basic Skincare dari Base, Skincare Aman untuk Remaja [Review]

Yang keliatan dari progressnya sih jerawat di kulitku jadi kalem, butuh waktu memang, tapi worth it. Selain itu juga bekas jerawatku pelan-pelan jadi menipis.


Pros and Cons:

Pros:

  • Kemasan handy
  • Tekstur produk yang ringan
  • Tekstur moisturizer mampu memberi kelembapan lebih dan tahan lama

Cons:

  • Finish sunscreen yang pilling (tapi ga parah juga sebenernya dan masih bisa ditoleransi)
  • Harga moisturizer dan sunscreen yang agak mahal

Nah, sebenernya jadi pertanyaan juga kenapa moisturizer dan sunscreennya mahal padahal ini produk yang ditujukan untuk remaja. Tapi kalo dipikir ulang, dengan kualitas kandungan yang digunakan, sebenernya masuk akal juga. Berikut penjelasannya:

  • Bahan yang dipakai oleh BASE bersertifikat EWG dan ECOCERT, hal ini dimaksudkan supaya aman untuk dipakai untuk kulit remaja sekalipun.
  • Bahan-bahan yang digunakan BASE juga sudah teruji efikasinya.
  • Bahan yang digunakan olej BASE kebanyakan sudah menang beberapa awards Sebagai bahan inovatif.

Hmmm, ada harga ada kualitas, yaa. Tapi tenang, kalo kamu mau belanja BASE aku ada kode voucher biar lebih hemat belanjanyaa, yaayy! 🎉 Kamu bisa pake kode voucher RADIANI35 buat dapetin diskon 35% dengan minimal pembelian 100k, berlaku untuk pembelian melalui website.

Jadi gimana, mau punya produk skincare yang formulanya sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu? Dan yang di produknya ada nama kamunya juga? Langsung ikut #MatchMaker skin quiz di website base.co.id, yuk!


Referensi

https://journal.sociolla.com/bjglossary/phthalates
https://www.alodokter.com/paraben-dalam-kosmetik-yang-dianggap-berbahaya-ini-faktanya
https://www.base.co.id/

18 Comments

  1. Made for Dian!

    Berasa istimewa ya Kak kalau ada nama kita di produknya hehe ..

    Btw ini konsep personalized skincare keren banget ya.. ga perlu dateng lagi, cukup tinggal skincheck di web-nya Base 👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  2. Konsultasi via online aja ya? Bisa efektif gitu ya?.. Mantap banget nih

    BalasHapus
  3. Remaja jaman sekarang enak ya, banyak skincare rekomended dan aman buat usia kulitnya

    BalasHapus
  4. Keren ya produk skincare nya bisa dipersonalisasi karena memang tiap orang kulit wajahnya berbeda walaupun sama-sama jerawatan misalnya, nggak heran kalau harganya agak lebih mahal dibandingkan produk lain untuk remaja ya..

    BalasHapus
  5. aku juga udah pakai ketiganya dan enak bangettt. botol cleanser sama moisturizernya aku reuse buat vas bunga kering :D

    BalasHapus
  6. Penasaran kenapa nama face cleansernya nine to ten yaa kak ?

    BalasHapus
  7. Ku pikir sunscreen nya berbetuk stik ternytaa krim yaa. Btw, aku suka kemasannya simpel banget!

    BalasHapus
  8. KEmasannya lucu. ceriaa. KEren nih skincare untuk remaja, minimal berapa tahun nih??

    BalasHapus
  9. Kemudian aku kepikiran makna dibalik konsep "nine to ten" kwkwkwkw. Keliatan lebih sehat mukamu bund pas setelah aplikasi moist nya, jadi seger gitu ya.

    BalasHapus
  10. base kecintaankuu <3 jadi kangen sama merekaa

    BalasHapus
  11. Di aku sih ini ngga pilling sih, banyak yang bilang pilling yah aplagi kalau adonan skinker paginya ngga cucok sama sunscreen-nya huhu. Untungnya aku team minimalis wkwk

    BalasHapus
  12. Sunscreennya sih yang paling bikin aku penasaran soalnya banyak yang suka.

    BalasHapus
  13. Paling suka sama cleasernya sih. Kalo susncreen blm pernah nyoba

    BalasHapus
  14. Keren emg base tapi aku blm cobain huhu

    BalasHapus
  15. Udah coba sunscreennya dan ku lumayan sukaaa!

    BalasHapus
  16. konsepnya tuh bagus yaa..personalized skincare..sayang aku kurang jodoh sama sunscreennya..

    BalasHapus
  17. Unik ya konsepnya produk yang dipersonalisasi jadi lebih cocok untuk setiap orang karena wajah orang punya masalah sendiri-sendiri ya.. kemasannya juga warnanya cantik banget..

    BalasHapus