Tips dan 7 Rekomendasi Skincare Malam Hari untuk Kulit Kering Berjerawat Akibat “Hobi” Begadang

Begadang merupakan gaya hidup tidak sehat yang sering kita anggap wajar. Tidak sedikit para pekerja demi menuntaskan pekerjaannya rela lembur di depan laptop hingga dini hari, bahkan hanya tidur 1 atau 2 jam saja. Keadaan dilematis tersebut membuat mereka mau ga mau harus tetap melek pantang tidur sampai kerjaan beres, ga peduli keesokan harinya mau minum kopi berapa gelas. Keseringan begadang memiliki dampak buruk bagi kulit wajah, di antaranya kulit menjadi kering dan berjerawat. Kulit yang kering apabila tidak diperhatikan, akan menimbulkan masalah kulit lain seperti garis halus, keriput, dan kulit yang terlihat kendur dan kusam. Kita punya tips nih dalam memilih produk perawatan kulit yang terlanjur kering dan berjerawat akibat “hobi” tidur pagi. Simak yaaa.



1. Langkah paling awal dalam merawat kulit adalah dengan membersihkan wajah hingga bersih tanpa ada sisa kotoran yan tertinggal. Lanjutkan dengan tahap eksfoliasi. Eskfoliasi merupakan proses pengelupasan sel kulit mati pada wajah yang dimaksudkan agar skincare selanjutnya dapat dengan mudah terserap ke dalam kulit dan bekerja secara maksimal. Eksfoliasi dapat berupa eksfoliasi fisik (misalnya dengan scrub) dan eksfoliasi secara kimia seperti menggunakan toner yang mengandung AHA, BHA, dan PHA. Untuk kasus kulit kering dan berjerawat ini, pilihan eksfoliasi secara kimia terbukti lebih aman agar kulit tidak iritasi dan jerawat melebar ke mana-mana.

2. Pilihlah produk skincare yang bagus untuk melembabkan kulit, biasanya banyak ditemui pada produk skincare anti-aging karena dia memiliki kemampuan melembabkan yang lebih

3. Gunakan produk yang mengandung Niacinamide. Kandungan tersebut mampu mengatasi jerawat tanpa memberikan efek kering pada kulit.

4. Patuhi urutan dalam menggunakan rangkaian skincare, seperti: toner -> essence -> serum -> moisturizer/cream.


Berdasarkan tips di atas, berikut 7 rekomendasi skincare malam hari untuk kulit berjerawat akibat keseringan begadang:


1. Some by Mi – AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Toner ini merupakan toner eksfoliasi yang mengandung AHA, BHA, dan PHA yang berperan dalam proses pengelupasan kulit secara kimiawi, memberikan perawatan anti-aging, membersikan pori-pori, dan membersihkan komedo. Kandungan Niacinamide di dalamnya berguna untuk mengatasi permasalahan jerawat, mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, dan anti keriput. Teksturnya yang cair dan ringan seperti air dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat. Toner ini memiliki aroma mint sehingga menimbulkan sensasi menenangkan.


2. Safi – Age Defy Gold Water Essence

Kandungan gold extract dan silk protein dalam essence ini dapat membantu meregenerasi sel kulit, memberikan elastisitas pada kulit, mengencangkan kulit, membuat kulit halus dan lembut, dan mencerahkan warna kulit. Teksturnya yang kental membuat kulit terasa lebih kenyal dan terlihat lebih kencang. Essence ini aman digunakan di kulitku yang berjerawat.


3. Some by Mi – Snail Truecica Miracle Repair Serum

Selain terkenal dengan kemampuannya memperbaiki bopeng, serum ini juga bisa diandalkan untuk  melembabkan dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Selama aku pakai sendiri sih, kulit aku jadi lebih bagus aja dipakein serum ini. Kandungan black snail di dalamnya dapat membantu proses regenerasi kulit, memperbaiki kulit yang rusak, dan memberi ketahanan pada kulit. Kenapa black snail yang digunakan? Karena black snail memiliki kekuatan regeneratif penyembuhan kulit paling kuat. Sementara truecica, dapat  menjadikan kulit lebih lembut, memperbaiki keadaan kulit, dan melindungi kulit. Perpaduan snail truecica membantu menghapus noda hitam pada kulit.


4. Safi Age Defy – Youth Elixir

Youth elixir, obat mujarab biar awet muda, sungguh menggoda sekali namanya. Tapi emang sih, serum ini sangat membantu untuk melembabkan, melembutkan, dan mengenyalkan kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan dan keriput. Teksturnya yang licin seperti minyak membuat kulit wajah yang kering menjadi terlihat plump. Kandungan ekstrak emas di dalamnya membantu meregenerasi kulit dan memberikan elastisitas pada kulit. Selain itu, terdapat Beetox Technology yang digunakan dalam proses pembuatan Youth Elixir ini, yaitu sengatan racun lebah yang dalam dosis tepat dapat membuat kulit menjadi kencang.


5. Some by Mi – AHA BHA PHA 30 Days Miracle Cream

Cream ini merupakan salah satu dari rangkaian Some by Mi 30 Days Miracle yang digunakan di tahap akhir skincare. Selain mengandung AHA, BHA, dan PHA yang ampuh meredakan jerawat tanpa iritasi, moisturizer ini juga mengandung Centella asiatica. Centella asiatica yang dalam bahasa Indonesia disebut daun pegagan dapat mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan menjaga kelembaban kulit. Kandungan inilah yang menyebabkan kulit kita terlihat mengkilap ketika bangun tidur.


6. Avoskin – Intensive Nourishing Eye Cream

Efek samping yang timbul akibat keseringan begadang adalah munculnya lingkar hitam di bawah mata, kantung mata, dan garis halus di daerah sekitar mata. Avoskin Intensive Nourishing Eye Cream hadir dengan kandungan kolagen yang dapat menjaga area kontur mata agar tetap sehat dan lembab dan asam kojic yang mampu mencerahkan tampilan lingkar bawah mata.


7. Pyunkang Yul – Acne Spot Cream

Acne spot cream ini mengandung glycerin yang ampuh menghilangkan komedo, mengurangi luka bekas jerawat, dan merawat kulit kering. Produk ini juga mengandung alkohol yang aman untuk kulit seperti Behenyl alcohol dan Cetearyl alcohol, kedua bahan ini tidak memberikan sensasi panas justru menenangkan kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Niacinamide dalam produk acne spot ini berperan penting dalam mengatasi permasalahan jerawat. Gunakan acne spot cream di akhir tahapan skincare dan sebaiknya aplikasikan pada malam hari.


Itulah tips dan 7 rekomendasi skincare malam hari untuk kulit kering berjerawat akibat keseringan begadang. Merasa ga sempat skincare-an karena sibuk kerja sampai pagi? Tenang, bisa disambi di sela-sela kerjaan kok, guys. Kamu ga harus buang-buang waktu bengong nungguin skincare kering untuk lanjut ke skincare berikutnya. Yuk, lakuin rutin minimal seminggu ke depan dan rasakan perubahannya. ;)

2 Comments

  1. Selama pandemi kerjaan cuma begadang doang sambil nontonin oppa 😂. Pyungkang yul nya kayanya boleh bgt tuh huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah nontonin berapa judul, kak? ahahha. iyah yuk coba aja buat ngempesin jerawat. kemasannya mungil tapi ga abis-abis dipakenya :))

      Hapus