Body Serum VS Body Lotion, Apa Bedanya?

Hayo siapa yang selama ini menganggap kalau body serum dan body lotion itu sama? Ternyata beda, guys~

Body Serum VS Body Lotion, Apa Bedanya?


Dari segi tekstur

Body Serum VS Body Lotion, Apa Bedanya?

Dilihat dari teksturnya, body serum biasanya lebih ringan dan cair dibanding body lotion. Aku ambil contoh pada produk Mutouch Revitalizing Body Serum Spray, dia teksturnya ringan banget dan berhubung teksturnya spray jadinya cenderung cair. Tekstur seperti ini lebih mudah meresap ke kulit dibandingan body lotion.

Sementara itu, body lotion memiliki tekstur yang lebih padat dan kental. Daya serapnya membutuhkan waktu lebih lama. Contohnya pada Mutouch Goat's Milk Body Lotion. Meskipun teksturnya terbilang ringan dan mudah diratakan, tapi tetap terasa lebih kental dibandingkan body serum.

Baca juga: Referensi Moisturizer untuk Bekas Jerawat dari Scarlett: Brightly Ever After Creams [Review]


Dari segi fungsi

Body Serum VS Body Lotion, Apa Bedanya?

Karena teksturnya yang super ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, body serum ditujukan untuk kulit super kering. Buat kamu yang kulitnya kering banget nih, pernah ga sih pakai body lotion tapi teksturnya kayak ngambang di permukaan kulit, udah diratain tapi rasanya basah aja dan kurang menyatu sama kulit? Nah itu jadi pe-er tersendiri buat kita pemilik kulit kering untuk mencari body lotion yang teksturnya lebih sesuai dengan kebutuhan kita (mengingat tekstur body lotion itu beda-beda, ya). Atau kalau bingung pakai yang mana boleh cari body serum dulu. Finish body serum ini macem-macem tergantung tekstur produk mana yang sedang dipakai, kalau aku pakai Mutouch ini rasanya kulit lebih terhidrasi dan halus.

Sementara body lotion lebih ditujukan untuk kulit normal cenderung kering. Teksturnya yang cukup kental memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit.

Trus kalau kulitnya normal aja dan udah halus, ga boleh pakai body serum dan body lotion? Boleh doongg, jangan sampai ga pakai nanti kulitnya malah jadi keliatan kurang terawat, huhu. Pakai keduanya boleh banget untuk perawatan biar kulitnya makin cantik!

Baca juga: Biar Kulit Makin Lembap, Tambahkan Step Pra-moisturizer pakai eBright Skin Bio Hydro Moisture Booster! [Review]


Apakah bisa dipakai bersamaan?

Bisa-bisa aja. Aku sendiri suka pakai dua-duanya, body serum dulu baru body lotion. Body serum membantu kulitku untuk terasa lebih terhidrasi, halus, dan menyiapkan kondisi kulit agar siap ditimpa body lotion. Dengan begitu, aku merasa tekstur body lotion jadi lebih mudah menempel di kulit. Akan tetapi, ga selamanya aku pakai dua urutan ini, kalau mau lebih praktis bisa cari alternatif body lotion lain yang teksturnya lebih ringan supaya cepat meresap dan lebih dry skin-friendly.

Buat kamu yang kulitnya kering kayak aku, seberapa sering kamu pakai body serum? 🤓

(Note: produk yang aku sebutkan di atas bukanlah sponsor atau dalam rangka endorsement, kebetulan aku punya dua body care tersebut untuk dijadikan perbandingan. Luv.)

Baca juga: Ini Dia Serum Pencerah Wajah Terbaik, Rahasia Cantik Wendy Red Velvet! [Review]

0 Comments