Sebuah Cerita: Dandan Sendiri untuk Acara Wisuda

Memutuskan dandan sendiri untuk acara wisuda universitas padahal skill makeup aku pas-pasan banget itu termasuk berani, nekat, atau apa, ya? Hahaha.

source: canva

Di saat teman-teman yang lain sedang sibuk nyari MUA (Make Up Artist) yang masih lowong beberapa minggu sebelum perayaan, aku malah sok sibuk bacain review produk makeup, nontonin tutorial makeup, dan datengin toko kosmetik. Loh, piye toh? Sebenernya ada berbagai pertimbangan kenapa akhirnya aku milih untuk mekapan sendiri. Salah satunya biar ada alasan buat jajan makeup, sih. Ehe ehe. Selain itu, ada beberapa ritual yang perlu aku lakukan sebelum dandan. Di antaranya:

1. Maskeran pakai clay mask dan sheetmask

Keadaan kulitku beberapa tahun lalu, tepatnya Januari 2017, tuh gradakan, banyak bopeng di pipi kiri, jerawat gede-gede, pori-pori lebar, dan hiperpigmentasi. Sesuai pengalamanku sebelumnya, makeup-ku lebih bisa nempel kalau maskeran dulu pakai clay mask abis itu lanjut pakai sheetmask.

2. Ngolesin muka pakai es batu

Cara ini jadul banget sih, atau masih berlaku juga sampai sekarang? Es batu aku gunakan untuk "merapatkan" pori-pori. Entah efektif atau ga, tapi aku ngerasa kalo pakai es batu hasil mekapku lebih mendingan daripada engga sama sekali.

Kulkas di kosan saat itu ga berfungsi, jadi dari rumah akutu bawa tempat penyimpanan botol asi biar es batu yang aku bawa dari rumah ga cepat mencair. Waw, ribet sekali jadi akuu, haha. Kenapa ga beli es batu aja, sih? Mau beli di manaa wong aku mulai dandannya jam 2 pagi :").

Baca juga: Review: Flawless Matte Lipcream dari Miniso Shade 02 Strawberry Sorbet (Shade Pink-Nude buat Dipakai di Rumah)

3. Gladi resik makeup

Udah kayak penganten aja ya gladi resik makeup. Justru karena aku dandan sendiri, aku perlu mastiin makeup seperti apa yang lebih cocok di mukaku. Bentuk alisnya udah oke apa belum, hasilnya bagusan pake primer A atau primer B, foundie-nya sekian pump kira-kira ketebelan atau cukup. Nah, kalo udah sreg, berarti dandananku nanti kayak gitu.

4. Tenang

Disclaimer duluu: fyi, untuk bisa pakai jasa MUA, saat itu, kebanyakan, kita perlu punya rombongan yang berisi 3-5 orang. Mungkin ada yang bisa terima eksklusif satu orang klien aja, tapi kayanya jauh lebih mahal bund. :")

Kalau kamu bertanya-tanya, "bukankah poin 1 dan 2 tetep bisa dilakuin juga misalkan didandanin sama MUA?". Betul. Bisa banget. Bahkan kalau dimekapinnya di kosan temen, aku bisa sekalian nebeng es batu. Tapi masalahnya aku males ribet pagi-pagi otw kosan temen atau nginep di kosan temen malemnya. Bawaanku pasti banyak: baju wisuda, toga dan jubahnya, sepatuu, perlengkapan ritual, dll. Segala keribetan yang aku buat sendiri malah bikin aku jadi kemrungsu atau buru-buru. Mau ngelakuin ritual juga jadi ga namaste. Suasana yang ramai juga makeup dan dandanan yang kudu kelar cepet itu bisa banget bikin aku rungsing wkwkwk. Jadilah aku memilih untuk dandan sendiri biarpun resikonya ribet dan kudu latihan makeup berkali-kali.

Baca juga: Review: Focallure Eyeshadow – We Care Your Favors 01 Bright Lux (Tekstur Pigmented, Harga Terjangkau!)


Persiapan menjelang makeup di hari H, ngapain aja?

Sebagai pemuja ketenangan, beberapa hari sebelum dandan aku nyusun beberapa langkah yang perlu aku ikuti sebagai check point biar ga ada yang kelewat. Apa sajakah?

1. Baju wisuda sudah harus disetrika, maksimal malam sebelum hari H. Gaboleh dilipet, bolehnya digantung aja biar ga kusut.

2. Siapin sepatu dan tas. Sepatu harus udah ready (udah dikeluarin dari box-nya) biar tinggal pakai aja karena aku yakin pasti bakal kemrungsu sendiri sebelum berangkat (jam 7 udah harus di lokasi), wkwkkw. Tasnya diisi sama printilan yang diperlukan, misalnya kipas (manual).

3. Ingetin ke diri sendiri, dandan dulu atau pake bajunya dulu. Kalau bajunya tanpa kancing dan sempit, ya berarti pake baju dulu.

4. Catet urutan produk makeup apa aja yang perlu dipake. Sebenernya kalo lagi santai tuh kita bisa dandan tanpa ngelewatin satupun elemen makeup, beda kalo lagi buru-buru, kadang pas udah pakai foundie, lupa pakai moisturizer sebelumnya. Atau lupa pakai primer. Untuk mencegah hal itu terjadi, lebih baik catet urutannya di kertas. Di hp juga gapapa ding.

5. Buat perkiraan waktu dandan. Itulah gunanya latihan makeup dan gladi resik sebelumnya, biar kita tau berapa lama waktu yang dihabiskan untuk dandan. Waktu itu aku bangun jam setengah satu pagi, trus ngemil dulu. Abis itu pakai clay mask. Trus lanjut mandi. Abis mandi pakai sheetmask. Trus jam 2 pagi mulai dandan deh. Bikin alisnya setengah jam sendiri :") Aku luangkan waktu berjam-jam untuk siap-siap biar tenang aja akunya, hihihi.

6. Masukkan peralatan touch up ke tas. Misalnya lipcream, lem bulu mata, bedak, dll. yang kita butuhkan.

Hasil makeup-ku saat itu udah oke banget (menurutku), sampai satu ketika aku kasih liat fotoku ke seorang temen dan kumintain pendapat... bilangnya lumayan aja dong T_T. Tapi sekarang kalo aku liat makeup-ku saat itu juga bakal bilang: cukupan deh. Hahahaha.

Karena aku malu buat liatin hasil makeup-ku kala itu dan males juga ngubek-ngubek fotonya ada di mana, jadi ga ada fotonya deehhh. :D

Baca juga: Uji Ketahanan Wardah Exclusive Matte Lip Cream Shade 11 Oh So Nude, Bisa Awet Sampai 9 Jam?


Plus minusnya dandan sendiri, kira-kira apa, yaa?

Plusnya: jadi bisa belajar dandan, lebih tenang persiapannya, produk makeup-nya bisa dipakai lagi lain waktu di acara kondangan, produk makeupnya juga bisa direview, hihihi.

Minusnya: ribet dan kudu telaten. Kalau mau belanja printilan makeup lagi dari primer sampai setting spray atau bedak (semuanya serba baru), harganya bisa jadi melebihi harga jasa MUA. Perlu perhitungan yang matang biar ga boncos, atau kalau sekarang kan produk makeup udah banyak yang harganya affordable dan bagus-bagus, nah jadi agak hemat. Kecuali kalau kamu udah nimbun makeup, jatohnya malah lebih irit. Ga perlu beli-beli lagi.

Kalau kamu gimana, ada cerita dandan sendiri untuk event kelulusan atau acara besar lainnya?

8 Comments

  1. Pantesan pas wisuda pacarku, kok kayaknya lama benerrr ya aku nungguinnya. Ternyata step by step per-dandanannya banyak jugaaa ehehehe.

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mbak. Wah di Kudus ya, lama banget gak ke sana.

    Selama ini jarang dandan sendiri kalau acara besar, apalagi wisuda.

    Jadi kalau ada yang merias diri sendiri untuk acara wisuda ya saya kasih standing applause. Karena dandannya kan ga cuma pake bedak+lisptik tapi juga pake pensil alis dll. Butuh keberanian+rasa PD yang besar.

    BalasHapus
  3. Iya kalau sama MUA sekarang kudu rombongan ya mba dulu sih aku cuma bedua tapi masih mau hahaha..aku ga ada skill make up jadi emang kudu nyuruh hahah keren kak meski lama dan kudu telaten tapi udah bisa tampil yah dengan make up sendiri

    BalasHapus
  4. Aku dulu waktu wisuda ga pake MUA sih mbak, jadi ga bisa share. Yang pas pake MUA itu waktu mantenan. 🤭

    Tapi emang seribet itu ya kalau ngerjain sendiri. Namun gimana2 karena dikerjain sendiri mau ga mau akhirnya jadi tambah pinter sendiri karena harus belajar ini dan itu.

    BalasHapus
  5. Saya dulunya saat wisudah S1 tu pinginnya dandan sendiri. Dengan kata lain, aku pinginnya nggak dandan. Karena waktu itu aku nggak bisa dandan. Sekarang mah lain cerita. kita bisa berlatih dengan menonton tutorial.

    BalasHapus
  6. Saya bisa membayangkan betapa lamanya proses make up sebelum wisuda, namun MUA wisuda bisa jadi bisnis yang lumayan, jika memiliki skil merias yang baik. Karena wisuda tentu akan setiap tahun ada, dan banyak universitas juga, hal ini akan membutuhkan banyaknya mua utk makeup mahasiswi jelang wisuda

    BalasHapus
  7. Wahh ak wisuda gak pake mekapan, soalnya online juga, yang rapi cuma di baju doang dan sisanya udah biasa aja lah.. Kecuali kalau wisuda offline mah pasti semangat dandan hha

    BalasHapus
  8. Jadi ingat momen wisuda beberapa tahun lalu.subuh-subuh sudah ngantri dandan di salah satu kos yang nyewa jasa salon. Jaman dulu anak kuliah belum ngerti dandan kalau zaman sekarang lebih gampang ya belajar make up sdh ada tutorial di youtube

    BalasHapus