Dua Minggu Pakai ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS), Jerawatku jadi Lebih Cepat Kering! [Review]

Dua tahun belakangan nama retinol cukup melambung yah di kancah skincare anti-aging. Emang sih, aku akui kalau retinol itu bisa bikin kulit lebih kenyal, tampak cerah, terlihat lebih kencang, bahkan kalau ada jerawat tuh jerawat jadi lebih cepat kering. Kok bisa? Karena cara kerja retinol itu mengikis lapisan teratas sekaligus merangsang kolagen dan elastin untuk memperkuat lapisan kulit. Sebelum menggunakan serum retinol ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS) yang mau aku bahas kali ini, aku sempet pakai toner retinol dari brand luar. Baru pake toner retinol aja aku udah ngerasain manfaatnya di kulit dan kalo muncul jerawat biasanya kupakein toner retinol aja jadi cepet kering. Nah kalau serum retinol ini gimana ngefeknya di jerawatku? Ini bakal jadi pembahasan inti nanti di poin review.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)


ElsheSkin

ElshéSkin merupakan local brand perawatan kulit dan kosmetik untuk semua masalah kulit, seperti jerawat, komedo, minyak berlebih, kusam, penuaan dini, flek hitam, maupun bekas jerawat. ElshéSkin bekerjasama dengan perusahaan OEM, ODM, dan OBM terkemuka yang senantiasa menerapkan konsep cosmeceuticals dan research based cosmetics. Pabrik dengan standar Internasional dan bersertifikat CGMP yang terjamin kualitas, keamanan, dan kebersihan dari produk Elsheskin. ElshéSkin sudah bersertifikasi BPOM dan HALAL.

 

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)

Adalah serum anti-aging dengan kandungan 1% encapsulated retinol sebagai bahan aktif yang multifungsi memiliki manfaat luar biasa. Dia juga bekerja aktif untuk meremajakan kulit di malam hari dengan lembut.

Encapsulated retinol merupakan teknologi yang memungkinkan bahan aktif menembus lebih dalam lapisan kulit sebelum diaktifkan. Karena retinol itu sangat reaktif dan mudah teroksidasi, maka retinol yang sudah dikemas atau dienkapsulasi ini jadi ga mudah teroksidasi sehingga performa kerjanya lebih efektif dan memberi lebih banyak keuntungan. Bedanya sama retinol biasa, encapsulated retinol ini lebih mild dan tolerable karena dia tidak terlalu mengakibatkan kulit kering, iritasi, bahkan mengelupas seperti retinol yang tidak dienkapsulasi.

Dari namanya, Rejuvenating, produk ini bertujuan untuk mengatasi kulit yang mulai menua sehingga bisa juga disebut dengan serum untuk penuaan dini. Selain itu, diharapkan kulit bisa tampak lebih muda, lembap, cerah merata, dan bercahaya.

Kita pretelin produk ini satu persatu yuk mulai dari kemasan sampai harganya.


A. Kemasan

Serum anti kerut satu ini dikemas dalam botol kaca tebal berwarna gelap (coklat kemerahan), teksturnya doff, dibalut dengan stiker putih yang berisi informasi produk. Di stiker produknya kita bisa lihat bahan-bahan utama apa aja yang dipakai serta manfaat produknya. Serum berukuran 20ml ini sangat handy, ga makan tempat kalo dibawa-bawa apalagi disimpen, kalo dipegang agak berat sih mungkin karena botol kacanya yang tebal.

Dari bentuk tutup putihnya kita tahu kalo ini pasti punya aplikator berupa pipet.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)

Dan tadaa bener ada pipetnya, hihi. Pipetnya sendiri berwarna putih susu dan transparan jadi kita bisa lihat segimana serum yang kita ambil dari dalam botol. Selama pemakaian serum ARNS ini aku ga ada masalah sama pipetnya, dia bekerja dengan baik, ga ada cerita macet-macet waktu digunakan.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)

Selain datang dengan kemasan botol kaca, produk ini juga dilengkapi kemasan kardus berwarna merah. Khas ElsheSkin banget. Di situ tertulis banyak informasi tentang produknya, mulai dari cara pemakaian, peringatan selama pemakaian, komposisi lengkapnya, klaim, sampai penjelasan tentang retinolnya sendiri. Aku kasih liat yaa.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)
ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)
ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)
ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)
ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)

Akutu mulai sering liat produk-produk ElsheSkin tahun 2016, suka mejeng gitu di etalase toko skincare. Khas banget pokoknya kalo ada kemasan merah-merah sama botol putih kecil-kecil itu pasti produknya ElsheSkin, hihi.


Baca juga: Apakah Beauty Blog Masih Relevan di Tahun 2021?


B. Tekstur, Warna, dan Aroma


ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS)

Tekstur: cair, ringan, runny, mudah menyerap

Warna: putih susu

Aroma: ada sedikit aroma kecut (sedikit sekali) dari formulasi yang digunakan


Baca juga: Mandi Pakai Shower Puff, Boleh Ga Sih?


C. Klaim

Serum ini dapat berfungsi untuk:

1. Rejuvenate (meremajakan kulit)

2. Boost radiance (membuat kulit semakin bercahaya)

3. Reduce lines, wrinkles, and age spot (mengurangi garis halus, keriput, dan flek hitam tanda penuaan)


D. Kandungan Produk

Kandungan utama: 1% Encapsulated Retinol, Multi-peptide Complex, 2% Niacinamide, Licorice Root Extract, Hyaluronic Acid, dan PHA.

1. 1% Encapsulated Retinol: bahan anti-aging dalam bentuk terstabilisasi yang mampu meregenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Multi-peptide Complex: memberikan efek kulit kencang seketika dan di saat yang sama meningkatkan produksi kolagen

3. Niacinamide: mencerahkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi, dan menguatkan skin barrier

4. Licorice Root Extract: mencerahkan kulit, menutrisi dan mencegah terbentuknya hiperpigmentasi

5. Hyaluronic Acid: menarik dan menahan kelembapan ke kulit dampai 1000x, memberi tampilan yang sehat dan kenyal

6. PHA: gentle exfoliator yang bekerja lembut mengangkat sel kulit mati.


Kandungan lengkap:

Aqua, Niacinamide, Pentylene Glycol, Propanediol, Glycerin, Cichorium Intybus Root Oligosaccharides, Tetradecyl Aminobutyroylvalylaminobutyric Urea Trifluoroacetate, Magnesium Chloride, Dipeptide Diaminobutyroyl Benxylamide Diacetate, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Caesalpinia Spinosa Gum, Sodium Benzoate, Gluconolactone, Calcium Gluconate, Lecithin, Polysorbate 20, Retinol, Ethylhexylglycerin, Ammonium Acryloydimethyltaurate/VP Copolymer, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Hyaluronic Acid, Glycyrrhiza Glabra Root Extract


E. Cara Pakai

1. Teteskan 5-6 tetes ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS) ke telapak tangan, usapkan ke seluruh wajah.

2. Pijat dan tepuk wajah dengan lembut hingga serum meresap sempurna


Catatan:

- Dapat dilayer/digabung dengan serum ElsheSkin lainnya.

- Hindari pemakaian untuk ibu hamil dan busui bayi usia di bawah 12 bulan

- Untuk pemula, gunakan 2-3 kali seminggu. Tingkatkan frekuensi pemakaian setelah kulit beradaptasi.

- Gunakan moisturizer setelah mengaplikasikan serum ini. Jangan lupa pakai sunscreen di pagi hari, minimal SPF 30.

- Hanya untuk pemakaian di malam hari.


F. Cocok untuk Jenis Kulit Apa Saja?

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum (ARNS) dapat digunakan oleh jenis kulit kombinasi, kering, berminyak, dan normal.

- Bagus digunakan oleh kulit berminyak karena mengandung niacinamide dan retinol.

- Bagus digunakan oleh kulit kering karena mengandung hyaluronic acid.

- Kurang cocok digunakan oleh kulit sensitif karena mengandung retinol.


Baca juga: Alasan Kita Kalap Membeli Banyak Produk Skincare


G. Review

Pengalamanku saat menggunakan serum ini, di jerawat berasa perih, cekit-cekit, bahkan waktu udah pakai moisturizer selanjutnya, jerawatku masih berasa perih. Mungkin emang jerawatku nih lagi parah banget jadi ya perih aja rasanya. Kalo di area kulit lain yang enggak jerawatan sih baik-baik aja, aku ga merasakan ada sensasi negatif.

Untuk ngatasin jerawat, caraku pake ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum tinggal kutetesin aja ke masing-masing jerawatnya, abis gemes banget sama jerawat gede-gede hahaha. Trus kadang aku juga makenya tiap hari khusus di daerah yang berjerawat. Aku ga menyarankan kalian untuk melakukan hal yang sama ya karena ini termasuk cara yang "galak" dan maksa biar jerawatnya cepet kering. Hasilnya gimana? Ya bener memang jerawat cepet kering dan ada yang langsung muncul putih-putihnya yang kalo diusap pake exfoliating toner bisa pecah. Kalo malemnya pake serum ini, paginya aku bersihin muka pake cleansing oil, wah langsung jerawat yang udah kering enak banget dikelupasin. Ga sakit sih, tapi kalo keblabasan ngeletekin kulit berjerawat yang udah kering malah bikin jerawat terbuka. Hehe. Again, jangan ditiru. Trus komedo hitam dan sel kulit mati juga gampang dirontokinnya setelah pakai serum ini semalaman.

Progress di Kulit Berjerawat

Kondisi kulitku saat mulai pakai serum ini tuh lagi break out jerawatan gede-gede gegara abis motret di teras samping yang langsung kena paparan sinar matahari. Kupikir waah kok kulitku sensitif sama panas lagi, padahal kemarin sempet "membadak" alias baik-baik aja kalo kena panas kena debu. Bisa jadi ada pengaruh aku gonta-ganti skincare juga sih. Pertama kali pakai ARNS tuh tanggal 26 Juni 2021, jerawat belum separah pas tanggal 1 Juli (lihat foto di bawah). Kok bisa makin parah? Ya gatau juga aku mah, anggep aja salah pake produk skincare

elsheskin active rejuvenating night serum (arns)
before: 1 Juli 2021 | after: 11 Juli 2021

Nah tanggal 1 Juli jerawatku makin banyak, nyebar, masih banyak yang meradang, dan ada yang udah muncul putih-putihnya. Tanggal 11 Juli, jerawat udah mendingan. Mostly, udah pada kempes. Oh ada juga yang masih meradang, ada juga tinggal bekasnya, dan ada juga jerawat yang masih proses dari meradang ke mengering. Setidaknya pas aku cuci muka pake sabun, tekstur (((chocochips))) di muka udah ga sekasar hari-hari sebelumnya.

Apakah serum ini bisa menggantikan serum jerawat? Hmmm, kalo jerawatnya cuma satu-dua biji sih menurutku masih bisa karena tinggal ngeringin doang. Tapi kalo jerawatnya rombongan kayak begini, sebaiknya diimbangi juga pakai serum jerawat. Sampai saat ini aku belum pake serum jerawat yah buat ngobatin break out, masih pake Si ARNS aja. Sempet kupakein obat totol jerawat juga sih kemarin, dua kali abis itu udah, soalnya abis. :|


Progress di Komedo

Seperti pada gambar di bawah, tanggal 3 Juli aku ada komedo yang masih mendem gitu di jidat. Waktu kupakein retinol ini ga langsung kempes atau keluar putih-putihnya. Ada proses dia jadi meradang dan membesar, trus baru keluar putih-putihnya, lalu putih-putihnya pecah jadi jerawat terbuka, beberapa hari jerawat keliatan memerah tapi kering, nah baru di tanggal 11 Juli jerawatnya ilang tinggal bekasnya aja.

before: 3 Juli 2021 | after: 11 Juli 2021



Progress Anti-Aging

Retinol ini lumayan cepet keliatan hasilnya ya terlebih di kulitku yang berjerawat. Kalo di bagian kulit lainnya yang ga berjerawat gimana? Apakah ada efek anti-aging yang dirasakan? Menurutku ada tapi dikit, tapi tetep ada. Jadi kalo aku naikin alis kan ada kerutan di jidat, ada yang kerutannya cukup dalem, nah setelah rutin pakai serum ini aku ngerasa kerutannya jadi ga sedalam biasanya. Kulit juga berasa lebih halus, kenyal, dan bersih.

Apakah setelah pakai serum ini muka jadi berminyak di pagi hari? Di kulitku iya, tapi kadarnya masih normal kok.

Apakah setelah pakai serum ini kulit yang bersih dari jerawat jadi kering? Tidak.


Apakah serum ini bekerja sesuai klaimnya di kulitku? Kita cocokin yah.

1. Rejuvenate (meremajakan kulit): selama dua minggu pemakaian, aku ngerasa kalo bersihin muka pakai cleansing oil ada lapisan kulit yang kasar dan bisa dikelupas tapi ga sakit, kurasa itu sel kulit mati. Jadi kalo meremajakan kulit di sini maksudnya adalah serum ini bisa membantu proses regenerasi, jawabanku YES. Terlebih di kulitku yang berjerawat, dia lebih cepat kering dan mudah untuk dikelupas.

2. Boost radiance (membuat kulit semakin bercahaya): MAYBE. Berhubung aku baru dua minggu make serumnya, jadi kalo berharap kulit langsung keliatan cling bercahaya gitu tuh jelas iya pas bangun tidur tapi ga bertahan lama. Untuk selanjutnya ya keliatan bersih aja, masih otw deh buat nyampe keliatan bercahaya.

3. Reduce lines, wrinkles, and age spot (mengurangi garis halus, keriput, dan flek hitam tanda penuaan): MAYBE YES. Di aku baru berasa kerutan di jidat yang ga sedalam kemarin sebelum pemakaian serum ini.

Eh aku mau cerita bentar. Aku dapet produk ini kan dari PR package yang dikirim langsung sama ElsheSkin, nah aku dapetnya cuma 1 botol aja. Trus kenapa di foto ada 2 biji? Apakah sebelumnya aku sudah menggunakan ARNS sebelum diajak kerjasama? Wkwk, bukan. Jadi gini, pas aku baru pake serum retinol ini selama 3-4 hari, serumnya tuh tumpah hahahahah gegara aku ga sadar malem-malem abis skincare-an lupa nutup sampe kenceng trus yaudah baru sadar besok sorenya kalau.. tumpah. Pas aku cek isinya tinggal seperempat HAHAHA. Nyesek jujur. Berhubung selama beberapa hari pemakaian itu aku udah ngerasain manfaatnya yaitu jerawatku yang meradang jadi cepet kering, jadi malam itu aku langsung buka shopee buat beli produk ini :"). Yep, kurasa ini ga cuma bisa jerawat tapi juga untuk meregenerasi kulit biar tetep keliatan muda jadi kupikir dengan nyetok serum ini adalah pilihan yang tepat.


H. Harga

Rp 240.000 di Shopee Mall: elsheskin_


I. Kesimpulan

Kesimpulannya adalah aku tidak menyesal sampe beli ARNS sendiri buat lanjut make produk ini sampe review ini lahir, untuk selanjutnya juga masih akan tetap masuk ke dalam rangkaian skinkerku.

Pros: bikin jerawat lebih cepat kering, bikin komedo terpendam jadi muncul ke permukaan kulit, tekstur kulit jadi lebih halus, kulit jadi lebih kenyal, dan jidatku keliatan bersihan.

Cons: N/A

Oya lupa bilang, serum retinol ini itungannya mild, ga segalak retinol yang pernah aku pake sebelumnya. Di aku ga muncul iritasi dan kemerahan setelah pemakaian ARNS, yang ada kulit jadi bagusan. Jadi kalo kamu lagi nyari serum retinol yang mild, ga bikin iritasi, tapi tetep keliatan hasilnya, bisa coba ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian yah. Good luck!

Ada yang lagi pakai ARNS ini juga?


Referensi

https://www.elsheskin.com/products/active-rejuvenating-night-serum#.YOpms-gzbIV


15 Comments

  1. Bener banget mba, retinol adalah salah satu bahan aktif yg bisa menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat. Tapi perlu hati2 juga penggunaanya karena beberapa bisa mengakibatkan kulit kering dan kulit lebih sensitif thd sinar matahari. Perlu diimbangi dgn mostuirizer. Siang hari wajib banget pakai sunblock/ sunscreen. Selain itu apabila dalam kondisi hamil , penggunaan retinol sebaiknya dihindari. Makasih sharingnya kak😊

    BalasHapus
  2. Sekrng bnyk produk scincare baru bingung mau pilih yang mana🤧

    BalasHapus
  3. Duh... jerawat jerawat jerawat jerawat.... ga selesai-selesai juga ya pertarungan kita dengan jerawat 😭😭

    BalasHapus
  4. Aku udah pake botol kedua serum inii, berasa banget bedanya tiap abis make ini. Tapi dikulitku agak bikin kering makanya butuh hidrasi dari produk yang lain :D

    BalasHapus
  5. Kalo aku cari produk biasanya lebih ke anti-wrinkles sih, meskipun belum keliatan bener tapi pengin mencegah aja gitu. Mungkin produk ini cocok yah.

    BalasHapus
  6. Kaa, biasanya rontokin komedo gimana? Pake tangan langsung, pake kapas atau ada alat2 tertentu?

    BalasHapus
  7. Uwoo makin banyak banget merk skincare, yak, sampai bingung pilih yang mana. Alhamdulillah cocok ya jadi jerawat cepet kering. Sedih kalau jerawat nggak kering-kering. Makasih kak reviewnya -Ami-

    BalasHapus
  8. Yah, retinol nggak cocok ya buat sensi? Aku sensi nih, udah lama gak ke dokter karena PPKM, pake dr drugstore malah merah-merah huhu

    BalasHapus
  9. Sering denger tentang brand ini, tapi belum pernah coba, soalnya belum ada teman atau saudara yang pernah pakai merk/brand ini.. bisa aku coba untuk future reference.. makasii mbak reviewnya

    BalasHapus
  10. aku udah lama nih penasaran sama brand ini, merasa udah mulai berkerut2 sayah hahahha...Penjelasannya mba dian lengkap sekali, bisa jadi referensi jika produk lamaku ngga berhasil

    BalasHapus
  11. Mantep review-nya lengkap banget. Sekarang kemasannya udah rada mendingan lah yah hehe ketimbang dulu.

    BalasHapus
  12. ingredientsnya bener-bener dibutuhkan sama yg punya kulit acne-prone yaa, jadi penasaraan

    BalasHapus
  13. Aaak..ini retinol pertama yg bikin cintak dan ketagihan pake retinol😍😍😍😍

    BalasHapus
  14. Aku belum icip Retinol samsek, tapi kalau diliat dari kandungannya dia level poten-mild(?) Iya, walaupun kayak mild tapi efektivitasnya gercep ngatasi permasalahan sumbatan pori :') sukaaaa, semoga next time ada kesempatan buat coba :))

    BalasHapus
  15. produknya elsheskin udah ada di wishlistku dari kapan tau, sampe mereka keluarin retinol dan ini yang paling bikin penasaran 🥺

    btw sama deh kak aku juga suka "galak" ke jerawat cuma biar cepet mateng hahaha

    BalasHapus