Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion, Emulsion untuk Mengatasi Pori-pori Tersumbat dan Mengontrol Produksi Minyak di Wajah [Review]

Hai! Akhirnya setelah sekian minggu ga nulis review skincare, kali ini aku kembali dengan produk emulsion yang saat ini sedang aku gunakan. Apa itu emulsion? Singkatnya, emulsion adalah light moisturizer. Jadi kayak pelembap tapi teksturnya lebih ringan dan cair atau bisa disebut juga dengan lotion.

Udah hampir sebulan ini aku pakai emulsion dari Skin Dewi, namanya Temulawak Balancing Facial Emulsion untuk mengurangi penyumbatan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di wajah.

skin dewi temulawak balancing facial emulsion


Tentang Skin Dewi

Aku tertarik menggunakan produk skincare dari Skin Dewi karena produknya yang telah diriset dengan hati-hati dan diformulasikan oleh ibu Dewi Kauw (pemilik Skin Dewi) yang belajar di beberapa negara untuk mendalami natural dan organic skincare. Ingredients-nya pun dipilih sendiri oleh ibu Dewi untuk memastikan kualitas produknya. Semua produknya membutuhkan research hingga 3 tahun sebelum launching.

Selain itu, semua produk Skin Dewi juga telah mengikuti standarisasi Natural Skincare yang basisnya ada di Inggris. Yang paling menarik, team Skin Dewi selalu melakukan pendekatan holistic dalam menangani masalah dari akar penyebabnya.

Pendekatan holistik dalam bidang kecantikan atau kesehatan percaya bahwa kecantikan seseorang ga hanya dilihat dari penampilan luarnya aja tapi juga dari dalam (didukung dengan kesehatan dari dalam tubuh secara menyeluruh). Misal lagi ada jerawat di wajah, udah dipakein skincare yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat tapi kok jerawatnya masih suka mucul, oh mungkin masalahnya bukan di perawatannya tapi di tubuh kita yang sedang mengalami perubahan hormon (sehingga muncul jerawat hormonal). Kalau ngomongin hormon berarti ada kaitannya sama gaya hidup.

Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Temulawak Balancing Emulsion adalah formulasi sempurna dari kebaikan minyak nabati, botanical ekstrak dan active ingredients untuk kulit berminyak dan untuk kulit berjerawat dan bermasalah pada kulit wajah.

Baiklaah, sekarang kita kupas tuntas produk emulsion satu ini mulai dari kemasannya.


A. Kemasan

Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion dikemas dalam botol plastik yang kokoh, berwarna olive, dan dilengkapi dengan pump sebagai aplikator untuk memudahkan kita mengeluarkan isi emulsionnya.
Kemasan Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion
Pump pada Kemasan Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Waktu produknya sampai di tanganku, botol emulsionnya ini ada di dalam kardus kemasan berwarna olive tua. Keterangan yang ada di kardus kemasannya hampir sama dengan keterangan yang ada di botolnya guys, jadi kamu tetep bisa bacain informasi produknya melalui stiker yang tertempel di botolnya. Di bagian depan kemasan ada informasi nama produknya, bahan utama yang digunakan, klaim produk, dan ukuran produknya.

Kemasan Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Sementara di bagian belakang, ada keterangan lanjut mengenai klaim, cara penggunaan, dan komposisi lengkapnya.


Kemasan dan Tekstur Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Teksturnya cair, ringan, mudah meresap ke kulit. Warnanya olive. Aromanya temulawak, jamu-jamuan gitu. Meskipun ada bau jamu-jamuan tapi menurutku oke kok, ga menganggu.

Baca juga:

Tes Ketahanan Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige (Beneran Tahan Sampai 24 Jam Ga Sih?)

Bali Alus Traditional Spa Coffee Face and Body Mask - Produk Lokal Asal Bali untuk Bantu Sembuhkan Jerawat


C. Klaim Produk

Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion memiliki klaim sebagai berikut:

1. Membantu mengurangi penyumbatan pori-pori

2. Menormalkan produksi minyak (sebum) yang berlebihan


Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion


D. Kandungan Produk

Key Ingredients:

1. Temulawak dan Turmeric extract: mempunyai sifat anti-bakteri dan menjadikannya natural antiseptic serta dapat mencegah reaksi alergi dan sangat membantu untuk menghapus masalah-masalah pada wajah.

2. Willow’s bark extract: mengandung salicylic acid yang terdapat dalam salicin yang membantu melawan jerawat dan mengangkat sel-sel kulit mati secara lembut.

3. Hazelnut oil: mengandung tannins yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membantu menyeimbangkan kadar minyak pada wajah.

4. Witch hazel water: bersifat anti-bacterial, anti-inflamasi yang mengurangi iritasi dan astringent yang membantu menyeimbangkan kadar minyak pada wajah dan membantu memperbaiki tampilan pori-pori.

5. Tea tree oil: anti-bakteri dan anti-fungal yang dapat menghentikan perkembangan bakteri penyebab jerawat.


Full Ingredients:

Antemis Nobilis Flower Water, Hamamelis Virginiana Water, Glycerin, Aqua, Cetearyl Glucoside, Sorbitan Olivate, Coco-Caprylate/Caprate, Calophyllum Inophyllum (Tamanu) Seed Oil, Corylus Avellana (Hazel) Seed Oil, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed OilD-Alpha Tocopherol, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed OilBenzyl Alcohol, Allantoin, Niacinamide, Scleroglucan, Bisabolol, Arginine, Curcuma Longa Root CO2 Extract, Curcuma Zanthorrhiza Root CO2 Extract, Epilobium Fleischeri Extract, Glycyrrhiza Glabra (LicoriceExtract, Rosa Canina Fruit CO2 Extract, Citric Acid, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Acacia Senegal Gum, Xanthan Gum, Glycine Soja Oil, Boswellia Carterii Oil, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Salix Alba (Willow) Bark Extract, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Salvia Sclarea OilSalicylic Acid, Sorbic Acid, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract. *Citronellol, *Limonene, *Linalool. *from natural essential oils

*Bold = organic ingredients


Baca juga:

Uji Ketahanan Wardah Exclusive Matte Lip Cream Shade 11 Oh So Nude, Bisa Awet Sampai 9 Jam?

Beli Lipstick tapi Salah Shade? Eh Tunggu, Jangan Dibuang Dulu!


E. Sasaran Konsumen

Produk ini ditujukan untuk tipe kulit normal to oily dan acne-prone.


F. Cara Pemakaian

Aplikasikan secara merata pada bagian wajah Anda hingga leher dan beri pijatan ringan dengan ujung jari Anda dari bawah ke atas agar emulsion meresap dengan baik. Dapat digunakan pada pagi dan malam hari.

Cara Pemakaian Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Karena emulsion adalah light moisturizer, jadi sebelum mengaplikasikan produk ini aku udah pakai serum terlebih dahulu. Setelah memakai emulsion, aku tetap menggunakan moisturizer yang teksturnya lebih kental.


G. Review

Pas tau teksturnya ringan dan cair, aku cukup surprised yah hahaha karena sebelumnya tuh aku pakai emulsion juga tapi dia teksturnya lebih kental menyerupai krim. Aku suka dengan tekstur yang light begini jadi mudah menyerap ke kulit, ga usah nunggu waktu lebih lama lagi untuk kupakein cream moisturizer setelahnya.

Feel of use: yang aku rasain cuma adem, ga ada sensasi cekit-cekit, gatal, perih, atau iritasi. Karena dia ini wanginya kayak jamu-jamuan, jadi aku kebayangnya tuh kayak lagi ada di salon mau spa pakai bahan-bahan tradisional gituuu, so relaxing! Kadang aroma jejamuannya itu masih kecium setelah kupakein sunscreen di siang hari. Menurutku bau jejamuannya itu ga kenceng, cuma samar-samar aja, tapi cukup awet :D. Cairan emulsionnya juga cepat sekali meresap ke kulit dan bikin kulit terasa lembap. Kukira karena teksturnya yang light dia bakal ninggalin look basah gitu di kulit setelah diaplikasiin, ternyata engga. Kulit terasa kenyal, lembap, tapi ga basah.

Keadaan mukaku saat pertama kali pakai emulsion ini tuh lagi ada bekas jerawat yang baru banget nongol di pipi, pori-pori lebar (as always kalo ini), dan kulit lumayan berminyak. Sebenernya aku ga terlalu terganggu dengan tampilan kulit yang berminyak karena minyakannya juga ga parah, tapi ya itu kalo kulitnya berminyak jadi rentan muncul jerawat. Setelah tiga mingguan pakai emulsionnya Skin Dewi ini, aku ngerasa ga ada jerawat gede baru yang muncul. Bahkan ketika lagi pms, yang kalo beberapa bulan lalu pasti muncul rombongan jerawat, bulan ini tuh cuma muncul jendulan merah biasa aja di pinggiran jidat, trus kempes. Whiteheads ada lah dikit-dikit hehehe karena beberapa kali aku skip skincare-an malem.

Progress Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Setelah empat minggu pemakaian, kayak foto di atas, yang paling kuperhatiin adalah tampilan pori-poriku. Di tanggal 18 April, pori-poriku keliatan lebih bersih dari foto sebelumnya. Untuk kadar minyak di wajah sih aku ngerasa ada progress banget. Biasanya kalo cuci muka pake sabun tuh harus dikenain ke lipatan hidung biar minyaknya ilang, nah beberapa hari ini aku ga ngerasa begitu berminyak di area lipatan hidung. Trus biasanya kalo abis cuci muka ga lanjut skincare-an tuh mukaku berasa sedikit oily, tapi selama aku pakai emulsion ini sih minyaknya cukup terkontrol.

Apakah muka jadi keliatan cerah? Aku rasa engga, biasa aja. Kalo lebih bersih iya. Itu di foto warna kulitnya agak beda karena lighting yang aku gunakan beda ya gengs hehehe mohon gausah digubris.

Jadi, kalau dicocokin sama klaimnya:

1. Membantu mengurangi penyumbatan pori-pori: betul. Karena selama pakai emulsion ini aku ga melihat ada blackhead muncul, terlebih di area pori-pori lebarku ini.

2. Menormalkan produksi minyak (sebum) yang berlebihan: betul.


Baca juga:

Vaseline Sunblock SPF 30 PA++ Water Resistant, Ga Lengket dan Ga Bikin Berlendir Kalo Kena Air

4 Varian Masker (Charcoal, Coffee, Green Tea, & Strawberry) dari Saafar Beaute, Masker Lokal Berbahan Organik dengan Harga Terjangkau!


H. Harga

Rp 1.012.000 di website resminya Skin Dewi atau di Shopee: skindewiofficial.


I. Kesimpulan

So far, aku nyaman pakai emulsion ini, teksturnya yang ringan jadi mudah terserap ke kulit. Aromanya pun menenangkan berasa lagi tradisional spa. Kemasannya yang kecil jadi mudah dibawa ke mana-mana. Tapi justru dengan isi yang cuma 30 gram gini jujur aku ga mau dia cepet abiiiss, hahaha.


Kalau tipe kulitmu normal to oily dan acne-prone, butuh emulsion untuk mengurangi penyumbatan pori-pori dan mengontrol minyak berlebih, Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion bisa banget jadi pilihan. 😊


Referensi

https://www.cleo.co.id/beauty/the-holistic-beauty
https://skindewi.com/en/skin-dewi-temulawak-balancing-facial-emulsion-30gr-skincare-organic

16 Comments

  1. Hey aku juga lagi suka sama ini, bener-bener bantu kulitku yang beneran deh poll lagi senggol bacok; dikit-dikit keluar red bumps, dikit-dikit mengelupas, dikit-dikit clogging :'). Even kerjanya bukan kayak yang langsung waw gitu, bisa aku bilang mulai dari sekarang great jobs sih progressnya. Wanginya bikin nangih buat nge-pump berkali-kali, tapi inget harga jadi 'wey hemat ya you pakenya' kwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku dah tinggal dikit banget gegara pas breakout kujadiin routine pagi siang sore 😆

      Hapus
  2. Penasaran bgt sih sama produk ini tp kalo liat harganya ku jantungan hehehe. Tp based on bahan yg dipake rata" semua dr nature kayanya ga heran sih kalo harganya meholita huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, bahannya nature grade A. emang kalo liat harganya bawaannya kudu diirit-irit makenyaaa :")

      Hapus
  3. Baca dengan detail dari atas " wah menarik banget bahan-bahan yang di pake natural gitu " ngebayangin baunya kaya jamu jamuan terutama jamu buyung upik wkwk
    Begitu nyampe di harga " Whoah! serius ini Dian nggak salah nulis?" wkwk setelah di cek emanng segitu ya harganya, tapi ada harga pasti ada kualitas! apalagi bahan-bahanya natural gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. baunya jamu tapi masih bisa ditoleransi, malah enak dan therapeutic banget. bikin jantung mencelos ya bund harganya :""""

      Hapus
  4. Teksturnya mirip dengan Skin Dewi Calendula Soothing Gel punyaku, eh tapi mirip juga dengan cleansing milk, apa emang mirip2 gini yaa produk mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum pernah pake soothing gelnya, kak daisyy 🥺

      Hapus
  5. mantap banget bun skincare sultan 🥰 seneng banget baca reviewnya deh, dia bisa bekerja sesuai klaimnya dan nggak muluk-muluk 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. claimnya simpel banget dan ini kujadiin rutin pas lagi breakout juga 😍

      Hapus
  6. Harga Skin Dewi memang bikin kaget. Namun pasti udah dipikirkan matang-matang, ada harga ada kualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sama kak El, kupake pas lagi breakout juga aman-aman aja

      Hapus
  7. Skin Dewi ini emang produk-produknya nyaman yaa kalau dipakai, tapi harganya membuatku menyadari bahwa aku bukan target pasarnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah yuk bisa someday jadi target pasarnya 🥰🥰

      Hapus
  8. sebagai blackhead fighter aku penasaran sama emulsionnya skin dewi dari lamaa, tapi tiap inget harganya selalu mundur ahahaha :""")

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa cepet nyobain juga ya daaa 😍

      Hapus