No More Bau Kaki with Bali Alus – Fresh Foot Spray

Pernah ga siang-siang pas lagi kerja atau kuliah, kaki rasanya panas banget kayak pengen berendem di sungai tujuh bidadari? Pengen lepas sepatu trus napakin ke lantai biar adem tapi rasanya ga mungkin. Aku pernah iseng nyemprot Fresh Foot Spray ini sehabis solat dhuhur di kantor dan cukup bikin adem kaki untuk beberapa saat karena ada sensasi mint-nya. Lumayan hemat waktu dan energi sih daripada harus bolak-balik ke toilet buat nyiram kaki.

Eh bentar, kalian semua udah pada tau brand Bali Alus kan? Bali Alus adalah salah satu merk produk perawatan tubuh asal Bali, Indonesia, yang terkenal dengan harga produknya yang sangat ramah di kantong. Ehm, waktu aku kuliah jajannya Bali Alus juga. Brand ini memiliki hampir semua jenis perawatan mulai dari rambut, wajah, badan, hingga kaki. Nah yang aku bahas ini adalah produk perawatan kaki. Simplenya sih, face spray-nya kaki. Biar kakinya adem dan ga bau. Bisa disemprotin ke sepatu juga.
















A.      KEMASAN

Produk ini dikemas dalam botol transparan berukuran 100ml. Di bagian depan terdapat keterangan nama produk dan nomor BPOM. Selain itu di sisi kiri botol terdapat penjelasan tentang kandungan dan cara pakai Fresh Foot Spray ini. Di bagian atas, ada pump untuk nyemprotin cairannya ke kaki kita.



Meskipun spray kaki ini ringan dibawa, namun tetap agak bulky kalo mau dibawa-bawa travelling. Harus dipindah ke botol yang lebih kecil.

 

B.      TEKSTUR DAN AROMA

Fresh Foot Spray ini teksturnya cair seperti air dan warnanya agak butek, tidak jernih. Beraroma mint dan segar seperti namanya.


C.      KANDUNGAN PRODUK

Kandungan dengan presentase terbesar setelah air pada produk ini adalah Piper Betle Leaf Extract. Tanaman yang biasa disebut Betelvine ini aslinya dari Malaysia sebelum akhirnya nyebar ke penjuru dunia dengan nama yang berbeda-beda alias bahasa Indonesianya tuh daun siriiiihhh. Daun ini bentuknya kayak daun waru yang bentuknya hati, tapi ini lengkungannya lebih bulat.

daun waru | sumber


daun sirih | sumber

Menurut artikel di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, daun Betelvine memiliki manfaat sebagai anti-oksidan, anti-inflammatory, anti-apoptosis, anti-cancer, dan anti-microbial.  Selain itu, daun ini juga mengandung eugenol rich essential oil (1%-3%) yang berguna untuk bahan dasar obat, stimulant, antiseptic, tonic, dan formula obat-obatan tradisional [2016:938].

 

D.      CLAIM PRODUK

"Bali Alus Fresh Foot Spray membantu membuat tampak lebih segar dan menyamarkan bau kaki”

Hehe hayo siapa yang suka ngerasa kakinya bau tapi diem-diem aja? Udah tenang aja, sekarang kamu bisa pakai foot spray ini. Selain meredakan bau kaki, produk ini mampu membuat kaki terasa segar.

 

E.       CARAI PAKAI

“Semprotkan foot spray pada kaki kering atau kusam selama atau setelah beraktivitas. Dapat digunakan setiap hari”

Kalau kaki kamu sedang terasa panas pengen berendem air es, coba semprotin foot spray ini dari punggung kaki sampai telapak kaki. Dijamin nyess ademnya.

 

F.       PENGALAMAN MENGGUNAKAN BALI ALUS – FRESH FOOT SPRAY

Masih inget banget tahun 2017 pertama kali aku pakai produk ini. Waktu itu di kosan baru pulang kerja nyobain nyemprot foot spray ini ke kaki rasanya seger banget, ada sensasi mint-nya. Trus aku pake lagi besoknya di kantor siang-siang pas lagi kerja karena ga mungkin bolak-balik ke toilet buat nyiram kaki kan, boros waktu bikin kerjaan ga kelar-kelar. Rasanya nyaman banget, lumayan bantu benerin mood karena ada sensasi mint-nya juga yang bikin gremet-gremet di kaki. Biar kepala berasep, kaki harus tetep adem. Feel dingin dan mint-nya lumayan bertahan sampai satu jam pemakaian, bisa disemprot lagi kalo kaki udah mulai panas.

Selain dipake ke kaki, biasanya Fresh Foot Spray ini aku semprotin ke dalam sepatu kalo abis pulang kerja. Sepatu kalo abis dipake seharian baunya gimana sih kan apek ya. Atau bisa juga disemprotin sebelum sepatunya dipake, duh enak banget pasti nanti makenya.

Sayangnya, semakin lama produk ini digunakan semakin berkurang kekuatan cool and mint-nya. Masih ada sih dan masih berasa juga di kaki, tapi ga sekenceng pas pertama kali pemakaian.

 

G.     HARGA

Untuk ukuran 100ml, Bali Alus Fresh Foot Spray ini bisa kamu dapetin dengan harga Rp 25.000an. Bisa beli di mana aja, sayangnya ini belum ada di Indomaret atau minimart deket rumah. Deket rumah aku maksudnya.

 

H.      SASARAN PRODUK

Produk Fresh Foot Spray ini ditujukan untuk mereka yang memiliki bau kaki tidak sedap dan orang-orang sibuk yang ga sempet bolak-balik toilet buat nyiram kakinya biar seger. Bisa digunakan untuk semua kalangan.

 

I.        KESIMPULAN

Aku  rasa Bali Alus Fresh Foot Spray ini wajib masuk ke list produk perawatan kaki kita. Selain harganya terjangkau, benefit yang kita dapatkan juga ga main-main.

Pros:

+ harga terjangkau

+ kemasan ringan, ringkas, tidak mudah tumpah

+ ada sensasi dingin dan mint ketika disemprotkan ke kaki

+ meredakan bau kaki

+ meredakan bau apek pada sepatu

+ bisa digunakan berkali-kali

Cons:

- Seiring lamanya pengunaan, rasa dingin dan sensasi mint berkurang

- Belum bisa ditemukan di sembarang minimart, hanya toko offline tertentu yang menjual produk ini

 

Udah.

Buat kamu yang udah pakai produk ini juga, gimana pendapat kamu?

 

REFERENSI

Das, Suryasnata, et all. Biotechnological Intervention in Betelvine (Piper betle L.): A Review on Recent Advances and Future Prospects. In Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. 2016. https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1995764516301687?token=CBCB8C3AC629A03CE7514C06F5A1BA57D984CDF09F1B8A4190A2644A6D06F2F3DCCC4B3E2E1DF0DB0BEB10E0B4417D80. Accessed on June 10, 2020.

6 Comments

  1. waaa aku sering banget cuci kaki karena kepanasan atau kerasa kering banget, kayaknya ini bisa membantu yaa 😄

    BalasHapus
  2. wah, aku dulu juga suka pake lulurnya Bali Alus. Jadi kebayang dingin mint foot spraynya deh mbaa..kayaknya seger buat disemprot pas siang panas-panas :D

    BalasHapus
  3. Hehhhh murce bangetssssss, 25rebaaay. Aku bau kaki kl misalnya kena pengap kelamaan aja🤣 makanya pas mau pergi aku pakein body lotion banyak-banyak mulai area pergelangan mata kaki😭😭😭 terus sepatunya aku semprot parfum😕.

    Kalau murce gini🤣 hayolaaaaa

    BalasHapus
  4. Ah sepertinya menarique yah. Kaki ku tipenya kalo kena AC suka basyah terus jadi bau haha. Kayanya boleh juga ini produk harganya juga ga bikin hati menjerit 🤧

    BalasHapus
  5. This is what I need! Apalagi kalo pake kaos kaki + sneakers pasti suka bau deh kaki. Trus harganya jg affordable

    BalasHapus
  6. Aku baru ingat brand ini, dan ini wishlist daridulu wkwkw tapi terlupakan. Beberapa produknya bagus-bagus sayang underrated

    BalasHapus