Ingin Miliki Kulit Awet Muda dan Bebas Noda Hitam? Berikut Rekomendasi Produk Skincare dari Teratu Beauty

Memiliki kulit yang sehat, tampak segar dan awet muda, warna kulit cerah merata dan bebas dari bintik hitam adalah dambaan setiap orang. Untuk mewujudkannya, tentu ada harga yang perlu dibayar. Harga di sini maksudnya bukan beli skincare dengan harga fantastis atau treatment mahal di klinik setiap minggunya. Akan tetapi, lebih ke usaha merawat diri untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Usaha tersebut dapat dibagi menjadi 2 macam: merawat diri dari dalam dan merawat diri dari luar.

Merawat Diri dari Dalam

Apa yang ada dalam diri kita akan terpancar ke luar. Kualitas makanan dan minuman yang kita konsumsi akan tampak pada kondisi kulit kita. Begitu juga dengan kebiasaan mengelola emosi, menjaga pikiran dan perasaan agar tetap tenang dan damai, tentu bisa membuat raut wajah terlihat adem dan kalau ada keriput, yang muncul pun tidak akan sebanyak jika kita tidak pandai mengelola emosi. Olahraga juga penting loh untuk ketenangan jiwa! ;)

Merawat Diri dari Luar

Selain merawat diri dari dalam, perlu juga merawat kulit dari luar misalnya rajin mandi 2x sehari dan rutin menggunakan skincare. Kenapa harus rutin? Karena skincare-an ini kan sifatnya jangka panjang, jadi baru keliatan hasilnya setelah sekian lama, bukan sehari pakai besoknya langsung kinclong. Butuh kesabaran dan konsistensi memang, tapi dalam menjalani prosesnya ya nikmati aja.

Skincare yang dipilih tentu harus sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Misalnya kita punya kulit berjerawat, yang perlu ditangani terlebih dahulu adalah jerawatnya. Pilih skincare khusus jerawat atau biasanya tertera kandungan Salicylic Acid atau tea tree oil. Setelah jerawat sembuh dan ga separah sebelumnya, kita bisa lanjut menggunakan skincare lain sesuai keinginan kita. Ingin kulit awet muda dan bebas bekas jerawat? Nah, cari yang memang fungsinya untuk anti-aging dan dapat memudarkan bekas jerawat.

Di sini aku ada referensi dua produk dari Teratu Beauty: essence untuk anti aging dan serum untuk memudarkan bekas jerawat. Siapa sih yang ga tau Teratu Beauty?

Teratu Beauty - PhytoCell Skin Treatment Essence and Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Tentang Teratu Beauty

Teratu Beauty merupakan brand skincare dan makeup dari beauty vlogger Alifah Ratu. Sampai saat ini, koleksi produk perawatan maupun makeupnya sudah mencapai puluhan yang dipasarkan dengan harga terjangkau. Aku suka dengan konsep brand yang mereka usung yaitu "We are Gentle Skincare & Minimalist Makeup as we trust that Beauty is for Everyone".

Dua bulan terakhir ini aku lagi nyobain dua dari sekian banyak produk-produk mereka, yaitu essence dan serum. Essence mereka, PhytoCell Skin Treatment Essence, berfokus pada perawatan anti aging. Sementara serumnya, Brightening & Dark Spot Treatment Serum, menangani permasalahan bintik hitam bekas jerawat dan warna kulit tidak merata.


PhytoCell Skin Treatment Essence

Teratu Beauty - PhytoCell Skin Treatment Essence

Merupakan essence yang diformuasikan menggunakan bahan-bahan aktif yang membantu merawat peremajaan kulit agar terlihat sehat dan segar. Nah, buat kita yang pengen tampil awet muda, siap-siap masukin essence ini di shopping cart yah, hihi. Ga cuma berfungsi sebagai skincare anti-aging karena mengandung Galactomyces Ferment Filtrate, essence ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya:

  1. Meningkatkan proses regenerasi kulit (dengan adanya kandungan Phytocelltec Apple Stem Cell dari Swiss)
  2. Menghidrasi dan memperbaiki skin-barrier (manfaat dari Ceramide, Hyaluronic Acid, dan Collagen)
  3. Mencerahkan kulit (dari kandungan Niacinamide, Licorice, dan Tranexamic Acid)
  4. Menenangkan kulit (dari kandungan Centella Asiatica, Aloe Vera, dan Allantoin)

Kemasan

Teratu Beauty - PhytoCell Skin Treatment Essence

Essence satu ini hadir dengan kemasan botol pump kaca semi plastik nan kokoh berukuran 100ml. Tampilan packaging yang minimalis, simpel, dan terlihat blurry seperti kaca es memberi kesan mahal dan elegan pada produknya. Meskipun bentuk botolnya ramping dan enak banget buat dipegang, tapi tetep ada rasa was-was kalau jatuh dan pecah. Kudu hati-hati nih naruhnya, hihi.

Di bagian depan kemasan, bisa kita dapatkan informasi mengenai nama brand, nama produk, kandungan utama produk, dan ukuran essence ini. Sementara di bagian belakang, mantep banget ada penjelasan komposisi utamanya jadi kita tahu manfaat produk ini tuh apa aja. Ga ketinggalan juga kandungan lengkap produk ini dapat terbaca dengan jelas. POM NA18212000189.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Teratu Beauty - PhytoCell Skin Treatment Essence

  • Tekstur: watery, sedikit licin
  • Warna: bening
  • Aroma: tidak ada

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Apple Stem Cell Extract (Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract): menjaga regenerasi sel, menjaga kesegaran kulit, menyamarkan kerutan pada area mata, membantu memperbaiki sel dan mempercepat regenerasi sel, mengandung antioksidan, melembapkan kulit dan membuat kulit tetap kenyal, dan mencegah kulit menjadi kering.
  2. Galactomyces Ferment Filtrate: meningkatkan penyerapan produk dan sebagai antioksidan, mengontrol sebum pada kulit berminyak, mencerahkan serta mengontrol jerawat, meningkatkan metabolisme sehingga mempercepat regenerasi sel, membantu menyesuaikan pH kulit, membantu menyamarkan noda hitam, dan membantu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.
  3. Ceramide: menjaga kesehatan kulit, membantu memperbaiki skin barrier, membantu mengatasi kulit yang kering dan iritasi.
  4. Hyaluronic Acid: melembapkan kulit, membantu menyamarkan garis halus, kerutan, dan membuat kulit terasa lebih kenyal.
  5. Collagen: menjaga kulit agar tetap kencang, membantu mengatasi kulit kering dan keriput, mencegah penuaan dini, meminimalkan kerutan yang muncul, dan membantu proses penyembuhan luka.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Propylene Glycol, Niacinamide, Pentylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Licorice (Glycyrrhiza Glabra) Extract, Galactomyces Ferment Filtrate, Propanediol, Ceramide NP, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Hyaluronic acid, Ethylhexylglycerin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Phenoxyethanol, Tranexamic Acid, Allantoin, Collagen, Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract, Lecithin, Xanthan gum, Disodium EDTA, Hydroxyethylcellulose, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol.


Cara Pakai

Essence ini dapat digunakan dua kali sehari, biasanya aku pakai sekitar 2-3 pump untuk diaplikasikan ke wajah. Tepuk-tepuk wajah hingga essence terserap dengan baik.

PhytoCell Skin Treatment Essence dipakai di tahap apa, sih? Seperti essence pada umumnya, essence ini digunakan setelah toner dan sebelum serum. Apabila timbul kemerahan atau tanda iritasi, sesuaikan frekuensi pemakaian atau hentikan pemakaian.


My Thoughts

Pertama kali ngerasain tekstur licinnya di muka, aku jadi inget rasanya pakai First Treatment Essence dari SKII. Hanya saja tekstur essence SKII lebih ringan, kalau essence-nya Teratu sedikit agak kental. Sebagai pemilik kulit dehidrasi dan berpori-pori terbuka dan besar, justru aku suka sama tekstur begini karena rasanya bisa "mengisi" kekosongan pori-pori sehingga kulit terasa lebih lembap.

Waktu aku pakai essence ini memang keadaan kulitku sedang ada sedikit jerawat, tapi essencenya ga bikin jerawat terasa perih. Yang aku rasakan saat memakai essence ini: kulit jadi lembap. Apalagi kalau sebelumnya pakai toner hidrasi dulu, lembapnya bukan lembap biasa tapi ada sedikit licinnya di wajah. Essence ini butuh beberapa detik untuk dapat terserap ke dalam kulit sampai terasa basah lagi. Meskipun begitu, essence ini ga menyebabkan rasa lengket saat digunakan.

Selaama 4 minggu aku pakai PhytoCell essence (belum dibarengi penggunaan serumnya), berikut progressnya:

Teratu Beauty - PhytoCell Skin Treatment Essence


Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Teratu Beauty - Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Serum ini diformulasikan untuk membantu mencerahkan, melembapkan, dan menenangkan kulit. Dia juga membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat kemerahan (PIE) maupun bekas jerawat kehitaman (PIH) sehingga wajah tampak lebih cerah merata.

Dapat digunakan oleh siapa saja? Brightening & Dark Spot Treatment Serum dapat digunakan di semua jenis kulit termasuk acne prone dan sensitive skin. Kalau jerawatnya lagi banyak, boleh tetep pakai serum ini, ga, ya? Boleh, tapi tunggu jerawatnya sampai mengering dulu yah.

Bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin menggunakan serum ini, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu karena produk mengandung arbutin. Sementara remaja usia 16 tahun sudah bisa pakai serum ini.

Formulasi di serum ini terbilang aman secara umum karena tidak menggunakan pewarna buatan, bisa digunakan oleh remaja, tanpa paraben, tanpa alkohol, dan tanpa pewangi tambahan.


Kemasan

Teratu Beauty - Brightening & Dark Spot Treatment Serum

Brightening & Dark Spot Treatment Serum hadir dengan kemasan 30ml dalam botol pump transparan berwarna hitam ke-orange-an. Aku sempet salah fokus sama sticker label di botolnya yang ga main-main, terpasang rapi dan teksturnya yang glossy membuat serum ini terkesan elegan.

Uniknya lagi, kalau mau ngelepas tutup botolnya itu harus ditekan ke bawah sambil diputar ke kiri. Jadi ga kayak buka tutup botol biasa yaa. Meskipun awalnya agak ribet tapi lama-lama kebiasa dan paham kalau ini tentang keamanan. Waktu mudik kemarin aku bawa serum ini, selama di tas dia baik-baik aja, ga ada rembes.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Teratu Beauty - Brightening & Dark Spot Treatment Serum

  • Tekstur: encer, lebih kental dari essence-nya, ringan
  • Warna: bening
  • Aroma: tidak ada


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Alpha Arbutin: berperan sebagai anti-inflamasi, membantu menenangkan kulit, memiliki sifat antibakteri sehingga membantu meredakan jerawat, dan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan radikal bebas.
  2. Melazero: mencerahkan kulit dalam 2 minggu dengan menghambat sintesis melanin, gentle, dan cenderung tidak menyebabkan iritasi, menghambat pembentukan dark spot.
  3. Tranexamoyl dipeptide-23: berperan dalam memberikan efek mencerahkan kulit, membantu mengurangi gejala alergi (anti-inflamasi), dan  dapat membantu mengurangi bintik-bintik pada kulit.
  4. Niacinamide: sebagai anti-aging, memperbaiki skin barrier, mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi dan menyamakan warna kulit, membantu menyamarkan garis dan kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit (kenyal).
  5. Multifunctional Whitening Agent (Peony Root Extract, Chinese Skullcap Extract, Saxifrage Sarmentosa Extract, Acetly Tyrosine, Arbutin, Glutathione, Vitamin C): efektif menghambat pembentukan melamin berlebih tanpa efek samping, mampu meminimalisir pembentukan noda hitam pada kulit dan mencerahkan serta meratakan tone kulit.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Niacinamide, Glycerin, Sodium Pca, Alpha-Arbutin, Centella Asiatica Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lactobacillus/Collagen/Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Arisaema Amurense Extract, Allantoin, Hydrolyzed Collagen, Decyl Glucoside, Tranexamoyl Dipeptide23, Polyglutamic Acid, Arbutin, Sodium Hyaluronate, Acetyl Tyrosine, Saxifraga Sarmentosa Extract, Paeonia Suffuticosa Root Extract, Aminopropyl Ascorbyl Phosphate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glutathione, Sodium Acetylated Hyaluronate, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Disodium Edta, 1-2-Hexanediol, Citric Acid, Sodium Sulfite, Capryly Glycol, Ethylhexylglycerin.


Cara Pakai

Aplikasikan sebanyak 2-3 tetes serum ke seluruh wajah, baurkan secara perlahan pada kulit yang sudah dibersihkan. Dapat digunakan pada dan malam, setiap hari. Kalau aku sendiri biasanya pakai sebanyak 1x kali tarikan pipet, kurang lebih dua tetes serum.

Jangan lupa simpan di tempat sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.


My Thoughts

Biasanya kalau pakai serum brightening aku tuh ada was-wasnya kayak: "Gapapa ga ya dipakai di jerawat yang udah mateng? Gapapa ga ya kalo dipakai di muka yang lagi ada jerawatnya dikit?". Untungnya, pertanyaanku sudah terjawab sama informasi yang ada pada produk ini: boleh dipake di jerawat yang udah mateng biar ga terlalu reaktif sama formulasi serum. Dan selama ini aku juga beberapa kali pakai serum di area wajah berjerawat, alhamdulillah jerawat ga makin gede atau parah keesokan harinya. Tapi ini balik lagi ke kondisi kulit masing-masing yaa, kalau sekiranya di kamu bakal memperparah jerawat yang meradang ya lebih baik hindari area tesebut atau berhenti sementara menggunakan serum ini. Nanti kalau jerawatnya udah kering, bisa dilanjut lagi.

Yang aku rasakan saat pemakaian: muka jadi terasa lembap, licin, halus, dan kenyal karena teksturnya yang sedikit kental. Daya serapnya memang butuh waktu, tapi kalau hasilnya memuaskan sih ga jadi masalah. Aku biasa pakai serum ini setelah tahap essence pada pagi dan malam hari.

Kalau di 4 minggu pertama aku pakai essencenya, nah di 4 minggu kedua ini aku pakai essence sekaligus sama serumnya. Progressnya:

Teratu Beauty - Brightening & Dark Spot Treatment Serum


Overall Thoughts

Aku sukaa tekstur kedua produk ini! Yang essence teksturnya watery tapi sedikit kental, sementara serumnya lebih kental dari essencenya. Selama pemakaian aku tidak mengalami masalah seperti jerawat makin parah, kemerahan, atau iritasi alias baik-baik saja. Saat aku kombinasikan dengan pemakaian retinol, aha bha, atau produk untuk jerawat pun tetap aman.

Hanya saja, untuk before-afternya aku belum bisa ngasih progress yang linear karenaa sebulan kemarin aku 8x ke pantai dan otomatis kulit jadi gosong :') Yang paling keliatan sih yang tadinya jerawatan trus aku imbangi pakai retinol juga trus dipakein essence dan serumnya, bekas jerawat dapat memudar secara perlahan.


Beli di Mana?

Kedua produk ini bisa didapatkan di shopee: teratubeauty seharga Rp 169.000 (PhytoCell Skin Treatment Essence) dan Rp 149.000 (Brightening & Dark Spot Treatment Serum).

6 Comments

  1. Harganya mayan juga yah serumnya. Aku kepo serumnya soalnya ada alpha arbutinnya. Kandungannya juga oke oke semua. Ku pikir si essence bakal kaya yang lain ternyata pake pump yah jadi lebih praktis

    BalasHapus
  2. eh baru sadar kalo ternyata skincarenya teratu ini banyak juga ya? hampir semua ada nggak sih? jadi kepengen coba serumnya 👀

    BalasHapus
  3. Produk-produknya Teratu Beauty udah makin banyak aja ya. Phytocell Skin Treatment Essence ini jadi wishlist deh setelah baca ulasan kamu

    BalasHapus
  4. Aaaaak produk Teratu pengen banget nyobain! Secara ini punya Kak Ratu yang setau aku punya problem sama jerawat, dan sekarang kulit dia bisa sehat gitu. Tapi serumnya mayan juga ya harganya :D

    BalasHapus
  5. Teratu ini masih dikit ya kayanya yang cobain, jarang banget baca reviewnyaa.. Padahal menarik-menarim produknya, hasilnya juga oke.. Kemasan essencenya juga cakep, pake pump

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu Alifah Ratu punya brand skincare 😱 menarik banget ya konsep mereka! Dan seneng banget lihat progressnya di kulit kak Dian! Jadi penasaran coba juga terutama Essencenya soalnya tertarik sama key ingredientsnya harganya juga masih under 200k ❤️

    BalasHapus