Kenali Cara Atasi Penuaan Dini, Rahasia Wajah Cantik Awet Muda

Munculnya penuaan pada kulit wajah dapat terjadi karena jaringan kolagen dan elastisitas yang semakin melemah. 

Kondisi ini umumnya terjadi pada setiap orang dengan rentang usia 50 tahun ke atas. Namun, siapa sangka penuaan yang lebih dini dapat dialami oleh sebagian orang sebelum berumur 50 tahun? Kalau sudah begitu, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penuaan dini?


1. Pilih Produk Skincare yang Tepat

Cara utama yang perlu dilakukan untuk mengatasi penuaan dini adalah penggunaan skincare yang tepat untuk perawatan wajah. 

Kamu bisa menggunakan sabun pencuci wajah yang lembut hingga produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, peptide, dan retinoid. 

Jangan lupa gunakan tabir surya ber-SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membeli skincare original secara online melalui e-commerce kecantikan lokal BeautyHaul.


2. Atur Pola Makan Bergizi Seimbang

Cara mengatasi penuaan dini tak hanya dilakukan dengan merawat wajah, mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat berpengaruh pada kondisi ini. 

Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang. Buah dan sayuran pun menjadi salah satu kunci untuk mencegah masalah ini karena sangat kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin.

Kamu bahkan sangat direkomendasikan untuk membatasi minuman beralkohol karena hanya akan membuat kulit dehidrasi dan melebarkan pembuluh darah. 

Mengkonsumsi kafein berlebihan pun dapat menyebabkan masalah yang serupa.


3. Banyak Minum Air Putih

Kondisi penuaan dini dapat terjadi akibat kulit dehidrasi. Untuk itu, cara mengatasi penuaan dini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. 

Para ahli kesehatan bahkan banyak menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. 


4. Rutin Berolahraga

Kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin untuk mencegah penuaan dini dengan berolahraga minimal 4 kali dalam seminggu mulai dari latihan ringan dan bertingkat setiap harinya. 

Kegiatan ini dijamin bisa membuat kulit kembali sehat dan kencang karena peningkatan detak jantung dan sirkulasi darah dapat membantu distribusi oksigen dan menutrisi kulit.


5. Tidur yang Cukup

Jangan lupa untuk tidur yang cukup agar kulit tetap cantik dan awet muda. Hal ini karena kondisi tidur yang berkualitas dapat membantu proses regenerasi sel tubuh dengan baik. 

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Clinical and Experimental Dermatology membuktikan, bahwa pola tidur yang buruk menyebabkan rusaknya skin-barrier dan meningkatkan risiko penuaan dini.


6. Hindari Stress

Selain itu, cara mengatasi penuaan dini dapat dilakukan dengan menghindari stress. Kamu perlu meluangkan waktu sejenak di antara aktivitas padat agar kembali fresh

Di sini, kamu bisa mencoba melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti menekuni hobi, mengunjungi tempat yang menyenangkan pun menghibur diri dengan cara lainnya.

Meskipun munculnya tanda penuaan tidak bisa dihindari, kamu dapat melakukan beberapa tips di atas agar meminimalisir risiko penuaan dini. 

Beberapa cara tersebut bahkan berpengaruh positif terhadap kondisi tubuh. Hal ini karena pemenuhan nutrisi yang tepat sangat membantu kamu untuk tetap tampil energik dalam melewati berbagai aktivitas.

20 Comments

  1. Berasa diingetin banget, cita-cita awet muda tapi gaya hidup masih ga bener-bener sehat nih. Btw makasih yaa informasinya

    BalasHapus
  2. waaah thank you infonya kak diaan 🥰

    BalasHapus
  3. Infonya membantu banget nih, jujur aku masih struggle di minum air putih+ begadang dan pola makan 😅

    BalasHapus
  4. Paling bingung nih kalau udah ngatur pola makan hehe

    BalasHapus
  5. Bener banget nih kak, ga cuma skincare aja pakai yg anti-aging. Untuk hal lain jg peelu diperhatikan.

    BalasHapus
  6. Olahraga yang paling jarang dilakuin, selalu nyari-nyari alesan padahal sebenernya males aja. Noted to my self, tahun ini harus lebih rajiiin lagi buat olahraga💚

    BalasHapus
  7. wah penting banget nih, mau rajinnya kaya apa pake skincare semahal apa juga kalau pola hidupnya masih berantakan juga gak akan maksimal ya

    BalasHapus
  8. Bener banget selain dirawat dari luar pakai skincare, harus juga dirawat dari dalam ya

    BalasHapus
  9. Cegah penuaan dini dari sekarang dengan gaya hidup yg sehat

    BalasHapus
  10. setuju banget sama semua pont" nya ka, aku lagi berusaha terapin si

    BalasHapus
  11. Terima kasih uda diingetin, aku masih kurang tidur. Susah banget untuk bisa Dapet tidur yg cukup, huhuhu

    BalasHapus
  12. Pas bgt sih ini tipsnya tp masih susah klo buat aq yg air putih 😅😅

    BalasHapus
  13. thank you remindernya ya bebs, aku kurang tidur nih, sering begadang hehee ga bagus yaa

    BalasHapus
  14. Good reminder, dari tidur yg cukup & minum air yg cukup juga. It's simple tapi suka terkesan sepele sampai lupa, padahal penting banget untuk kesehatan kulit, jiwa & raga

    BalasHapus
  15. Terimakasih remindernya kak, bener kulit sehat karena makanan dan istirahat yang cukup

    BalasHapus
  16. Aku nambahin ya, posisi tidur lebih baik terlentang biar gak nimbul smile line kaya aku🤦‍♀️

    BalasHapus
  17. nomor 6 susah dihindari untuk orang yang suka overthinking sepertiku :')

    BalasHapus
  18. Olahraga sih yaampun huhu udah sebulan ini gak olaahraga 😫 btw maaci tipsnya, mengingatkanku untuk olahraga lagiii🤩🤭💪🏼

    BalasHapus
  19. Kafein sama begadang susah bgt asli🥲 Tp emg terutama area mata tuh signifikan bgt kondisinya kalo 2 ini bisa dikendaliin. Thank you for the reminder Kak Dian!

    BalasHapus
  20. Bener banget ini mah huhu. paling susaah kayanya ngejaga pola tidur sama stress wkwk paling sulid kayanya. eh olahraga juga deng wkwk

    BalasHapus