Review Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish, Cushion Pertamaku yang Teksturnya Ringan Banget!

Akutu baru kali ini loh pake cushion hahaha, sebelumnya nganggep kalo cushion tuh halah yaa paling kayak foundation tapi teksturnya lebih tipis. Ya ngga salah juga ternyata setelah aku nyobain, emang beneran lebih tipis teksturnya dibanding foundation. Aku ga nyangka kalo dia tuh ga medhok gitu loh  di muka biarpun di-tap berkali-kali. Nah Desember lalu waktu lagi (((main))) ke konter kosmetik di Kroya, Cilacap, aku liat ada 2 cushion mejeng di etalase, ada si mungil Emina Bare With Me Mineral Cushion ini dan ada juga si kakaknya, Wardah Instaperfect. Aku milih Emina karena aku nyari yang finish-nya dewy (Instaperfect finish-nya matte btw), secara pori-pori di kulit aku tuh besar dan kalo lagi ga kebeneran kadang kulitku suka kering. Singkatnya aku lebih pede kalo mukaku keliatan dewy lah biarpun kalo di foto jadi keliatan kayak berminyak, hehehe. 

Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish

Sebenernya aku udah lama penasaran sama cushion Emina ini gara-gara sering dibahas di mana-mana kan, jadi ya kupikir bolelah kucoba. Toh belum pernah kan pake cushion sebelumnyaaa wkwkwk.


A. Kemasan

Ini kemasannya lucu kyooottt ga sih, gemes warnanya pink pastel gitu emang khas printilan anak muda banget kayak (((aku))). Berhubung belinya belum lama, jadi kemasan kardusnya masih kesimpen ya, hehe. Di bagian depan kemasan kardusnya kita bisa cek klaim singkatnya, sementara di bagian belakang ada keterangan lebih lengkap mengenai klaim, komposisi, dan cara penggunaannya.

kemasan Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
kemasan Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish

Kemasan cushion-nya sendiri hampir sama kayak kemasan cushion lain, bentuknya compact, di dalemnya udah ada cushion puff-nya yang memudahkan kita untuk tap-tap-in cushion ke muka.

Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
spons Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish

Biarpun warna spons cushion-nya gelap, tapi shade-nya ga segelap itu kok gais, agak lebih muda dan terang.


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur

Teksturnya ringan, creamy tipis-tipis, lebih ke velvet kali yaa. Dia ngga clogged pores btw, ngga nyelip di antara garis-garis tanganku yang bisa bikin keliatan keriput.

tekstur Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
tekstur Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish


Warna

Dia nih warnanya kayak mau gelap tapi agak cerah wkwk piye. Di tanganku, dia satu tingkat lebih cerah, tapi di kulit mukaku dia satu tingkat lebih gelap hahahaha. Tapi perbedaan warnanya ga bikin jomplang kok, masih bisa ditoleransi, masih bisa mashok sama skin tone-ku.


Aroma

Aromanya manis, kayak es krim coklat karamel tapi masih ada bau khas "bedak"nya.


C. Klaim

- Memberikan efek lebih cerah

- Melindungi kulit dari sinar UV

- Dengan tekstur yang ringan dan mengandung oil absorber, rasakan kulit dewy matte sepanjang hari


D. Kandungan

Water, Cyclopentasiloxane, titanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate, cyclohexasiloxane, ethylhexyl salicylate, PEG-10 Dimethicone, cetyl ethylhexanoate, silica, pentylene glycol, syntetic fluorphlogopite, lauryl PEG-10 Tris (trimethylsiloxy)silylethyl dimethicone, magnesium sulfate, phenoxyethanol, aluminum hydroxide, stearic acid, triethoxycaprylylsilane, dimethicone, disteardimonium hectorite, ethylhexylglycerin, disodium EDTA, BHT


May Contain:

Cl 77947, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499


E. Cara Penggunaan

- Tekan cushion dengan puff secukupnya, lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan leher


F. Review

Pertama tap-tap-in Emina Bare with Me Mineral Cushion shade 02 Natural ke muka, emang agak medhok ya meskipun ga semedhok kayak pakai foundation, tapi lama-lama keliatan nyatu aja sama kulit. Shade-nya bagus di kulitku, keliatan natural yah kayak kulit asli padahal mah wkwkwkw. Trus finish-nya yang dewy itu bikin kulit aku terlihat seperti berminyak, padahal kalo dipegang ini bukan minyak.

Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish

coverage Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish
coverage Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish

Cushion ini bisa ngasih tampilan muka jadi sedikit lebih bold tapi ga full coverage. Bekas jerawat aku di dagu, di pipi kanan-kiri masih keliatan, dan pori-pori juga masih terekspose. Yang paling aku suka sih teksturnya yang bisa "luwes" di kulit, ga (((nggendimbel))) di antara garis-garis halus kulit, dan ga bikin kulit keliatan keriput atau berkerut. Beberapa kali pakai cushion ini dari siang sampe malem sih muka masih on dan kurasa dia ini ngga oxidize deh. Malemnya waktu kubersihin pake micellar water juga masih banyak noda cushion yang keangkat.

Meskipun dia ngga bikin kulit keliatan lebih terang atau putih, but yes, dia ngasih efek cerah, efek seger. Kalo di klaimnya bilang dia ngasih finish dewy matte, hmm.. di kulitku dewy aja sih. Kalo di kulit kamu gimana?

*update 9 Feb 2021: selama 2 hari terakhir aku pake cushion, finish yg aku rasain ga sepenuhnya dewy lagi. ada kesan matte-nya juga. bisa jadi karena kondisi kulit yg berubah (?).


G. Harga

Di akun shopee-nya Emina, cushion ini dijual seharga Rp 107.100


H. Sasaran Konsumen

Emina Bare with Me Mineral Cushion shade 02 Natural ditujukan untuk kamu yang berkulit agak sawo mateng, mau pakai cushion dengan finish dewy matte, tekstunya ringan, dan enggak bikin kulit keliatan berkerut.


I. Kesimpulan

Sebagai orang yang baru pertama kali jajan cushion dan ga sempet swatch masing-masing shade yang ada waktu di toko alias capcipcup lalu bungkus, aku seneng banget ternyata cocok di kulit aku ahhaha. Aku jadi ngeh kalo cushion tuh ga sekadar versi tipisnya foundation aja, ga cuma di teskturnya, tapi lebih di kenyamanannya. Buat aku yang kurang pede pakai foundation karena hasilnya pasti bold banget tapi pengen tetep pakai foundation tapi tipis-tipis halaaahhh ribet, jadi ya pake cushion aja alternatifnya.

Ini ceritaku nemuin cushion pertama dan pilihan jatuh kepada Emina Bare with Me Mineral Cushion shade 02 Natural ehehe. Btw cushion pertama kamu apa? Sharing sini yuk <3

38 Comments

  1. Tp kayanya coveragenya lumayan hehe. Jd galau mau beli ini atau purbasari 😵.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain dua-duanya lah ntar bikin review emina vs purbasari mana yg lebih mantep coverage-nya hahahaha

      Hapus
  2. Aku belum pernah coba cushion, Mbak Diaaaaaan 😭. Pengen beli juga sih, tapi foundation masih banyak. Tunggu foundation yang ada habis dulu. Hehehe.🤭

    Ngomong-ngomong punya Emina ini juga sering aku kepoin, lho 🤭. Kayaknya kalau aku bakalan lebih cocok shade tergelapnya deh.🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin nunggu foundation abis duluuu? :p cushionnya keliatan natural banget loh dipakenyaa wkwk *tebar racun*

      hiyaakk, kalo keponya udah di ujung cuss langsung cobaiinn :))

      Hapus
  3. Aku juga anak baru cushion, haha. Jadi kepo pengen cobain cushion emina soalnya udah eyeing dari lamaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. naahh toss kitaa mbaa :D iyak, worth to try deh buat yang suka dempulan tipis-tipis ;))

      Hapus
  4. Emina buat remaja ya. Widih...daku emak emak, kulitnya tak seblink blink remaja. Tak mengapa, tambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa kok mba hatari, pake aja biar keliatan kayak remaja lagii :D

      Hapus
  5. Wih, hasilnya mengkilat, mungkin karena ada kandungan mineral kali, ya. Istilah-istilah make up ini masih bingung, secara gak pernah makeup an, hehe.. apalagi liat kandungannya yg pakai istilah kimia gitu, hadeuh ... Muka kita ditempelin yg begituan, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mengkilat kayak glowing kayak berminyak hihihi. yuk ikut cobain juga mbaa ^^

      Hapus
  6. Aku dari dulu pengin coba cushion tapi masih maju mundur juga sih mbak. Selama ini kalo mau makeup kepalang pake foundation sekalian, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aahh sama kayak aku sebelumnya, dandan pake foundation aja udalah wkwk. ternyata abis nyobain cushion eh sukaa :")

      Hapus
  7. Kalo aku sejak pake serum muka bikinan sendiri yang oil based jadinya udah ga bisa pake bedak, tapi bisa pake cushion setelah pake serum.. enak praktia hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah serum apa itu mba kalo boleh tau? kenapa gabisa pake bedak?

      btw aku setuju kalo cushion dipake setelah produk skincare yg oil based gitu, jadi tambah natural dan licin aja mukanya hehehe

      Hapus
  8. Aku belum pernah pake cushion, karena kulitku berminyak🙈 sebenernya itu 2 tahun lalu sih berminyaknya. Sekarang berubah jadi kering semenjak sering di ruangan ber AC. Sebenernya cushion masuk di wishlist aku... cuma masih takut untuk mencoba-coba bedak (cushion termasuk kategori bedak gak sih hahaha) atau foundation-foundation lainnya gituu huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun mba, dulu sempet berminyak banget tapi sekarang udah mulai agak kering huhu. hmm, kalo boleh tau pake produk apa sehari-sehari kak? abis sunscreen langsung bedak, kah?

      Hapus
  9. Ini nih aku penasaran sama cushiom Emina soalnya packaging nya menarik. Tapi maju mundur mau beli ini atau brand sebelah hahaha. Pas liat review nya kayanya oke buat dicoba nihh, lumayan buat penggunaan sehari-hari ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. et et et brand sebelah apa tuh kalo boleh taauu? ;))

      betul, emina cushion teksturnya ringan banget, ga tebel, cocok dipake sehari-hari ^^

      Hapus
  10. Menarik mbak reviewnya, menambah informasiku tentang beda yang tipe ini. Dari dulu aku biasanya pakai bedah tabur karena kulitku agak berminyak, jadinya kalau pake tipe yang lain jadi kurang percaya diri hehe
    Aku belum pernah tau tentang brand Emina Bare sebelumnya, sepertinya bagus dan imut banget packagingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. packagingnya menggoda memang yaaa, hihi. oh iya, ini cushionnya juga bisa kok ditimpalin bedak tabur setelahnya buat dapetin finish yg matte. aku pernah begitu, hasilnya baguuusss >.<

      Hapus
  11. Udah 1 tahun lebih pake ini shades caramel, emang segitu praktisnya...sampe ga move on- move on ke merek lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. woww kita satu paguyuban cushion emina ternyata ya mba witaaa, hahaha. aku pun lagi menikmati cushion ini, ga nyesel belinya meskipun capcipcup asal bungkus hahahaha.

      Hapus
  12. Belum pernah pakai produk ini, kapan kapan mau pakai sepertinya bagus ya.. terimakasih review nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba dinda, yuk cobain cushionnya eminaaa :)

      Hapus
  13. Iya nih pengen kulit wajah kelihatan lebih mulus kalau dandan tapi kayaknya kalau pakai foundation terlalu tebal dan berat. ini solusinya ya pakai emina cushion...lebih ringan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba dew, alternatifnya bisa pakai cushion untuk tampilan yang lebih ringan dan lebih natural :D

      Hapus
  14. Wah udah lama gak pake cushion, ini menggoda sekali, mbak. Sebenarnya sy suka pake cushion, tapi masalahku kalau pake cushion, garis senyumku makin jelas, efeknya jadi keliatan t*a, hahaha. Punya saran utk mengatasinya, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh terakhir kali pake cushion apa mba yg bikin garis senyumnya keliatan jelas?

      mungkin bisa diatasi dengan pake cushion yang finishnya dewy daripada matte. permasalahan kita sama mba, gamau keliatan tua wkwkw. ini juga yg jadi alasanku milih cushion emina. kalo mau pake cushion matte, sebelumnya pakai face oil atau oil serum atau oil2an biar hasilnya ga matte2 banget. :))

      yg lain ada masukan? ^^

      Hapus
  15. Eh cakep ini bund bund coveragenya aku suka yang medium cuma gak full dempul banget kayak kesemek ngunu lho, terus ini shade nya masuk ya si skin tone mu. Kayaknya bakal aku jadiin pertimbangan next cushion, pake yang sebelah aku mesti adaptasi sama beratnya kekek waktu diaplikasiin sama masih terlalu putih di aku meskipun secara teori shade yang aku itu masuk ke warm tone.

    BalasHapus
  16. Murmer yaa si emina ini, bisa jadi pilihan kalau mau beli cushion baruuu😆😆

    BalasHapus
  17. aku belom pernah pake cushion 🥺 entahlah belom tertarik karena isinya dikit tapi harganya lumayan mahal alias aku masih pelit buat make up 😔✊

    BalasHapus
  18. Produk Emina ini memang menarik untuk sehari-hari ya, nggak full coverage tapi tetep keliatan dandan gitu. Sekarang udah ada refillnya belum sih? Dulu waktu baru-baru keluar sempat pengen coba tapi mundur teratur begitu tahu dia nggak ada refillnya. So wasteful :')

    BalasHapus
  19. Kayaknya Dian udah tau lah ya cushion pertamaku apa dan gmana cerita dibalik cushion itu wkwk ����
    Emina ini sempet di complain krn shadenya terlalu terang ya kalo nggak salah, tapi mungkin skrg udah improve nambah range shadenya
    masih cukup menarik lah dengan harga yang affordable

    BalasHapus
  20. aku belum pernah coba cushion! setelah baca review kak Dian kayaknya boleh nih dicoba😍

    BalasHapus
  21. Sebenernya aku bukan tipe pecinta cushion tp enak sih ya kalo pake cushion tuh praktis

    BalasHapus
  22. I love cushion, tapi entah kenapa cushion emina ini sering ke-skip, padahal harganya cukup terjangkau dan sering diskon.

    BalasHapus
  23. Ini tuh sempat jadi wishlish cushion akuuu karena harganya bersahabat banget, tapi kesalip sama yg lain mana jarang make up sekarang heu heu :")

    BalasHapus
  24. Cushion favoritku dari Looke 🥺 bagus bgt secara warna juga cocok. Aku belum coba Emina nih

    BalasHapus