Jenis-jenis Cleanser

Halo! Postingan ini aku dedikasikan untuk temen-temen yang masih baru belajar skincare 🤗

Mungkin kamu masih samar apa itu first cleanser dan second cleanser. Trus third cleanser ada ga? Wkwk. Simplenya gini:

  • First Cleanser: produk pembersih yang pertama kali kita aplikasiin ke wajah. Bisa berbentuk cleansing balm, cleansing oil, atau bahkan micellar water. First cleanser itu yang performanya paling joss buat bersihin makeup dan kotoran.
  • Second Cleanser: produk pembersih yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada kulit setelah dibersihkan menggunakan first cleanser. Misalnya untuk bersihin makeup, aku pakai first cleanser berupa cleansing balm. Otomatis pas abis dibersihin itu wajahku ga langsung kinclong, pasti masih ada sisa makeup yang menempel atau minyak dari cleansing balm. Untuk membersihkannya, aku gunakan micellar water. Pas micellar waternya diusap ke wajah pasti masih ada nodanya deh.
  • Third, fourth, fifth, etc cleanser ada gaa? Bebas kalo diturutin mah adaa wkwkw. Kalo first cleansernya cleansing balm, second cleansernya micellar water, berarti third cleansernya facial wash. Mau masukin clay mask di fourth cleanser juga boleh.

Emang wajib pake cleanser dengan step yang dobel-dobel gini? Enggak. Biasanya double cleansing aja udah cukup (cleansing balm/oil/micellar + facial wash).

Jenis-jenis cleanser
Jenis-jenis cleanser

Nah, sekarang kita bahas macam-macam cleanser.

Cleansing Balm

Cleansing balm
Cleansing balm

Teksturnya balm atau kayak balsem, ada kandungan oilnya. Tekstur balmnya akan meleleh saat diaplikasikan ke kulit. Biasanya hadir dalam kemasan jar, ada juga yang tube.


Cleansing Oil

Cleansing oil
Cleansing oil

Teksturnya oil, menurutku hampir sama mantepnya kayak cleansing balm buat bersihin makeup dan kotoran.


Micellar Water

Micellar water
Micellar water

Cairan pembersih wajah dengan teknologi micellar yang mampu menangkap kotoran dan sisa makeup.
 

Micellar Gang

Micellar water, micellar oil, & micellar gel
Micellar water, micellar oil, & micellar gel

Awal-awal tuh kan paling rame micellar water, makin ke sini makin banyak turunannya. Teknologinya tetep micellar, tapi wujudnya ada yang water, gel, oil. Pilih sesuai kebutuhan kulit kamu ~
 

Face Scrub

Face scrub
Face scrub

Kayak lulur tapi buat muka, fungsinya buat bersihin minyak, komedo, dan sel kulit mati. Dipakenya 1-2x seminggu setelah/sebelum cuci muka pakai facial wash (tergantung aturan pemakaian masing-masing produk).


Facial Wash

Facial wash
Facial wash

Alias sabun cuci muka. Dipakenya setelah pakai cleansing balm/cleansing oil/ micellar.

Kalau dari semua jenis cleanser di atas aku pakai semua, urutannya gimana? Umm, aku asumsikan aku lagi pakai pakai makeup tebel trus mau bersihin muka: pake cleansing balm dulu -> lanjut cleansing oil (tapi bisa di-skip langsung pakai micellar water) -> micellar water -> facial wash -> face scrub. Again, ini bukan patokan yaahh. Ga harus dikutin semuanya.

0 Comments