Rintik Skincare Stretch Mark Oil, Produk Skincare Lokal untuk Atasi Stretch Mark dan Selulit [Review]

Meskipun ga terlalu terekspos, kehadiran stretch mark dan selulit bisa mengganggu penampilan khususnya buat temen-temen yang sudah menikah. Banyak anggapan bahwa stretch mark dan selulit itu sama, namun kenyatannya berbeda loh, guys? Wah, apa bedanya ya? Berikut aku jabarkan secara singkat.

Stretch mark terjadi karena adanya peregangan kulit secara tiba-tiba. Bentuknya seperti guratan atau bekas luka dan berwarna putih, merah, atau ungu. Stretch mark biasa terdapat di area perut, payudara, bokong, dan paha. Keadaan ini dapat meningkatkan kerja hormon kortisol yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Cara mengatasinya adalah menjaga berat badan dan menjaga pola hidup seperti banyak minum air dan berolah raga. Ibu hamil rentan mengalami kondisi stretch mark ini.

Sementara selulit terjadi karena adanya tumpukan lemak yang terperangkap di kulit. Bentuknya terlihat pada lekukan lemak di kulit seperti pada area pinggul, paha, perut, bokong, dan payudara. Kondisi selulit yang lebih parah dapat membuat kulit tampak kusut dan bergelombang. Kalau stretch mark dialami oleh ibu hamil atau mereka yang mengalami perubahan tampilan badan dari kurus ke padat (bukan hanya gemuk, tapi orang yang rajin nge-gym juga bisa mengalami stretch mark. Intinya karena kulit yang mengalami peregangan), nah selulit juga bisa dialami oleh kita yang kurus. Kurus belum tentu proporsional bebas tumpukan lemak di badan, huhu. Cara mengatasinya bisa dengan berolah raga atau melakukan treatment untuk menghilangkan lemak supaya tampilan selulit bisa berkurang.

Pertanyaannya, adakah produk skincare yang dapat mengatasi stretch mark dan selulit? Ada! Beberapa tahun lalu sempat booming produk dari Afrika Selatan untuk mengobati permasalahan ini. Kalau mau pakai versi lokalnya juga ada yaitu Stretch Mark Oil dari Rintik Skincare.

Rintik Skincare - Stretch Mark Oil
Rintik Skincare - Stretch Mark Oil


Rintik Skincare - Stretch Mark Oil

Merupakan intensive body care untuk mengatasi stretch mark dan selulit dengan kandungan collagen juga stem cell infused yang diformulasikan dari USA. Telah teruji klinis dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan stretch mark sehingga kulit kembali halus seperti sebelumnya. Formula alami Rintik Stretch Mark Oil dapat membantu meningkatkan produksi kolagen supaya elastisitas kulit tetap terjaga, menjaga perubahan warna kulit, dan mengurangi rasa gatal pada area kulit yang mengalami peregangan.

Baca juga: Azarine Oil Free Brightening Daily Moisturizer, Pelembap untuk Kulit Berminyak Pilihan Lee Minho!

Stretch Mark Oil Rintik Skincare memiliki manfaat sebagai berikut:
  1. Memudarkan stretch mark dengan pemakaian rutin dan konsisten. Untuk hasilnya tentu saja bisa bervariasi, ada yang 1 minggu sudah memudar, ada juga yang perlu waktu hingga 6 bulan pemakaian.
  2. Meratakan tekstur kulit akibat selulit dan stretch mark.

Produk ini aman digunakan oleh ibu hamil sejak awal trimester dan ibu menyusui. BPOM NA 18210110800.

Rintik Stretch Mark Oil hadir dengan kemasan botol coklat semi transparan disertai tutup press on berwarna hitam. Untuk ukuran 90ml, menurutku masih handy saat dipegang dan bisa dibawa ke mana-mana. Untuk botolnya sendiri kuat, aman, ga bikin isi produknya tumpah atau bleberan.

Rintik Skincare - Stretch Mark Oil
Rintik Skincare - Stretch Mark Oil

Di bagian depan depan kemasan, bisa kita temukan informasi mengenai nama produk dan kandungan utamanya. Sementara kalau mau baca informasi lebih lanjut mengenai kandungan lengkap juga cara pemakaiannya, ada di bagian belakang kemasan produk.

Rintik Skincare - Stretch Mark Oil
Rintik Skincare - Stretch Mark Oil

Rintik Skincare - Stretch Mark Oil
Rintik Skincare - Stretch Mark Oil

Tak hanya itu, produk ini juga lengkapi dengan kemasan kardus berwarna cream dengan aksen warna putih dan hijau muda. 


Kandungan Produk

Kandungan Lengkap:

Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Phenoxyethanol, PEG-40, Oryza Sativa Bran Oil, Sunflower Oil, Vitis Vinifera Seed Oil, Lemon Extract, Parfum, Disodium EDTA, Astragalus Membranaceus Root Extract, Hydrolyzed Codonopsis Pilosula Root Extract, Malus Domestica Fruit Cell Culture Extract, Phospholipids, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Collagen, Xanthan Gum.

Kandungan Utama:

  1. Collagen: perpaduan formula almi dari rice bran, grapeseed, dan lemon extract yang kaya akan kolagen dapat merangsang pembentukan kolagen lebih cepat, membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, serta membuat permukaan kulit menjadi lebih halus.
  2. Stem Cell Infused: formula unik dari stem cell diperoleh dari tanaman Apel langka yang berasal dari Swiss. Dia berfungsi untuk merawat dan memperbaiki jaringan kulit, mengaktifkan regenerasi stem cell kulit, dan meningkatkan vitalitas serta umur dari stem cell kulit.
  3. Grapeseed Oil: kaya akan antioksidan (proanthocyanidin) yang mampu meratakan warna kulit dan apabila digunakan secara rutin dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit tetap lembap, halus, dan kenyal.
  4. Lemon Extract: mengandung asam, vitamin C, dan aktioksidan tinggi yang berfungsi sebagai pencerah alami dan mampu menghancurkan kotoan juga sel kulit mati.
  5. Rice Brand Oil: kaya akan antioksidan, vitamin E, dan fatty acid (omega 3, 6, dan 9) yang berfungsi untuk melembapkan, menghaluskan, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kencang, serta mencegah perbahan warna kulit.
  6. Astragalus Root Extract: mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel dari kerusakan serta merangsang pembentukan kolagen dan protein yang banyak ditemukan di kulit.

Cara Pemakaian


  • Oleskan Rintik Stretch Mark Oil secara merata pada perut, payudara, pinggul, paha, dan area kulit lainnya yang ada stretch mark-nya.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, pijat lembut secara cepat selama 5-10 menit dengan gerakan lurus.
  • Gunakan secara rutin 2x sehari setelah mandi atau di pagi dan malam hari.

Apa Kata Mereka?

Waktu aku cek ke marketplace, ternyata produk Rintik Stretch Mark Oil sudah banyak pembelinya. Begitu pun saat aku aku main ke Tiktok, waah sudah banyak yang review!

Beberapa di antaranya, kulit para ibu muda yang masih kencang dan minim stretch mark setelah melahirkan karena menggunakan Rintik Stretch Mark Oil.


Review Rintik Stretch Mark Oil

Meskipun belum melahirkan, aku juga punya stretch mark di area bawah tulang selangka (clavicle) berwarna putih. Untuk faktor penyebabnya aku belum bisa memastikan karena apa tapi yang pasti karena: melar. Sementara untuk selulit sudah pasti ada huhu di area paha belakang, aku ga heran karena pada dasarnya aku kurang gerak dan kelamaan duduk wkwk.

Baca juga: 2022 Favorites!

Saat mengaplikasikan produk ke beberapa area tersebut, aku merasa tekstur Stretch Mark Oil ini lebih kayak serum kental. Tekstur oil yang aku bayangkan tidak begitu terasa atau sangat ringan. Justru tekstur seperti ini ga bikin lengket di kulit. Daya serapnya terbilang cepat kalau dibandingan dengan oil biasa, mudah diratakan ke kulit, finishnya bikin kulit halus, lembapm dan lembut pake banget! Warna teksturnya putih keruh namun saat diplikasikan ke kulit terlihat lebih transparan. Untuk aromanya enak kayak masuk ke spa tradisional dan ada hint kecut dari ekstrak lemon.

Tekstur Rintik Skincare - Stretch Mark Oil
Rintik Skincare - Stretch Mark Oil

Yang aku rasain setealah beberapa kali pemakaian: lembapnya cukup tahan lama terlebih di area dada dan paha. Tidak ada rasa gatal atau efek negatif lain yang ditimbulkan dari produk ini.

Untuk mendapatkan hasil perawatan maksimal, bisa juga melakukan teknik Fascia Treatment dari Rintik menggunakan Fascia Roller. Fascia Roller adalah alat pijat yang diadaptasi dari teknologi US dan sudah terbukti dapat memudarkan stretch mark.

Rintik Skincare Fascia Roller

Nah, kalau pemakaian Rintik Stretch Mark Oil dikombinasikan dengan fascia roller secara rutin akan mendapatkan hasil yang efektif 3x lebih cepat dan optimal dalam memudarkan stretch mark, meminimalisir selulit, memudarkan bekas luka, mengencangkan kulit, dan menghaluskan kulit.

Perlu mengoleskan Rintik Stretch Mark Oil dulu sebelum memakai fascia roller supaya kulit tidak terluka. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebelum menggunakan Rintik Stretch Mark Oil dan fascia roller sebaiknya melakukan pemanasan atau olahraga ringan terlebih dahulu. Apabila setelah menggunakan fascia roller kulit agak memerah dan muncul sedikit rasa sakit, itu adalah reaksi yang normal terjadi. Akan tetapi, fascia roller tidak boleh digunakan pada ibu hamil, yah!


Gambar di atas adalah testimoni konsumen yang sudah menggunakan Rintik Stretch Mark Oil dan fascia roller secara bersamaan.

Baca juga: Review Base Relief Hydration & Barrier Calming Serum, Serum Vegan untuk Memperbaiki Skin Barrier


Kesimpulan

Pros: kemasan aman & travel friendlu. Yang paling aku suka tuh teksturnya bikin kulit halus dan lembap banget, aromanya nenangin, serta tidak memberi efek negatif selama pemakaian.

Cons: mijat kulit 5-10 menit pegel juga ya, wkwk.


Beli di Mana?

Rintik Stretch Mark Oil bisa didapatkan di Shopee: rintik_skincare seharga Rp 108.900 (90ml). Untuk informasi lebih lengkap mengenai Rintik Skincare dan pengen cari tahu produknya apa aja, bisa main ke:

  • Tiktok - @RintikSkincareIndonesia, @StretchmarkOilRintik
  • Shopee - Rintik Skincare Official
  • Instagram - @Rintik.Skincare

#meRintikbersama #rintikskincare #RintikStretchmarkOil #StretchmarkOilRintik


Buat yang pernah pakai Rintik Stretch Mark Oil dan fascia roller, coba sini ceritain di kolom komentar tentang pengalaman kamu, hihi.

13 Comments

  1. Aku juga udah nyobain ini dan suka banget

    BalasHapus
  2. Keliatan banget ya ini hasilnya keren donk.. aku dah pernah coba face oil rintik uk acne mantul jg tuh

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu produk ini mbak. Oh, ternyata Rintik Stretch Mark Oil ini sudah banyak penggunanya dan cocok ya. Namanya unik banget, Rintik. Kemasannya kelihatan eksklusif dan cantik ya. Manfaatnya banyak juga. Pakai alat berwarna oranye itu akan semakin efektif hasilnya lebih cepat kelihatan.

    BalasHapus
  4. wah sepertinya aku bakalan butuh produk ini deh. apalagi udah menjelang lahiran gini, stretch mark makin banyak aja. semoga nanti habis lahiran, udah bisa kembali merawat diri lebih optimal lagi deh

    BalasHapus
  5. Wow.. dilihat dari foto-foto before after kelihatan sekali ya bedanya. Mantap berarti ini Rintik Skincare Stretch Mark Oil 👍🏻

    Btw saya baru tahu kalau stretch mark dan selulit itu beda lho... selama ini saya kira sama aja 🤦🏻‍♀️😁

    BalasHapus
  6. Wah bisa nih dicoba meskipun trahir hamil udh 5tahun lalu tp sisa2 stretxhmark masih ada hiks.. makasih sharingnya mbak aku bakalan cobain nih

    BalasHapus
  7. Iyaa selulit dan Strecth Mark tuh bikin nggak pede, kadang pakai celana pendek di rumah agak gimana gitu soalnya ada selulitnya, ternyata bisa diatasi dengan produk Rintik yaa bisa nih aku cobain biar lebih pede

    BalasHapus
  8. Produk yang keren untuk wanita yang kurang pede dengan adanya stretch mark dan selulit. Review nya jelas dan bisa dilihat hasilnya karena dilengkapi foto

    BalasHapus
  9. Produk lokal makin kece aja skrg. Boleh juga nih produk buat ngilangin stretch marks biar kulit tetep sehat dan bikin pd 😁

    BalasHapus
  10. Aku baru tau ada produk ini, ibu ibu yg pernah hamil dan melahirkan harus tahu produk ini nih untuk merawat kulit yg ada stretch marknya.

    BalasHapus
  11. Bisa jadi rekomendasi nih untuk stretchmark di bagian kaki yang susah hilang. Siapa tahu cocok yak

    BalasHapus
  12. Wah keliatan bedanya before after, jadi lebih bersih. Patut dicoba deh karena stretch mark saya pun masih belum hilang sudah berapa tahun lalu

    Makasih rekomendasinya, Mbakk

    BalasHapus
  13. Lebih maksimal kalau pakai sekalin sama roller harusnya ya.. aku balik lagi kesini mau liat lagi ulasan ini uk memantapkan hati nyobain ini

    BalasHapus