Pengalaman Menggunakan Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm, Cleansing Balm Lokal Pertama dengan Kemasan Tube! [Review]

Untuk urusan cleanser, akhir-akhir ini aku lebih sering menggunakan cleansing balm karena teksturnya yang padat juga ga bikin belepotan. Selain itu, aku juga suka pakai cleansing balm untuk merawat kulit tangan dan kakiku yang kering sebelum mandi supaya terasa lembap. Akan tetapi, ada satu yang jadi masalah saat memakai cleansing balm kemasan jar: kadang aku lupa naruh spatulanya di mana setelah pemakaian. Begitu juga saat mengoleskan balm di kulit tangan dan kaki di kamar mandi, cleansing balm yang aku taruh tuh lama-kelamaan terpapar sama air. Jatohnya kurang higienis kalau selanjutnya dipakai di muka.

Untungnya, aku nemu satu cleansing balm yang bisa jadi solusi permasalahan aku. Bukan dikemas dalam jar lagi, tapi tube! Ga bakal ada cerita lagi tuh balm ketetesan air. Cara pemakaiannya pun jauh lebih mudah, tinggal pencet kemasan tube-nya, keluar deh balm-nya. Cleansing balm yang aku maksud ini datang dari Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm.

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Tentang Nutrishe

Nutrishe merupakan brand kecantikan lokal asal Yogyakarta. Dalam proses produksinya, Nutrishe menggunakan bahan-bahan terbaik dengan kualitas tinggi yang ramah lingkungan dan cruelty-free. Produk pertamanya adalah Nutrilash, sebuah serum untuk merangsang pertumbuhan bulu alis dan bulu mata. Kamu sudah coba?

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Merupakan oil-based cleanser yang aman untuk kulit berminyak karena oil lifts oil. Cleansing balm ini dapat digunakan sebagai first cleanser untuk membersihkan kotoran dan makeup pada wajah. Bahan-bahan yang digunakan kebanyakan organik sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif. Tim Nutrishe sangat memperhatikan kualitas produknya, terlihat pada proses produksi cleansing balm ini yang memakan waktu selama 1 tahun.


Kemasan

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm hadir sebagai produk cleansing balm lokal pertama dengan kemasan tube sehingga lebih higienis dan praktis. Kemasannya didominasi warna hijau sage bertekstur doff dan dilengkapi dengan tutup flip top. Desainnya juga simple dan elegan, kesannya tuh siap bersaing di pasaran! Cleansing balm ini berukuran 80 gram, masih sangat handy.

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm
Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Kalau dibandingkan dengan cleansing balm kemasan jar, aku pribadi lebih suka yang tube begini karena lebih travel-friendly dan menciptakan pengalaman pemakaian yang lebih ringkes juga cepet. Ga perlu nyari-nyari spatula buat ngambil balmnya.


Tekstur, Warna, dan Aroma

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

  • Tekstur: balm, oily. Teksturnya akan seperti balm sempurna setelah disimpan di kulkas.
  • Warna: putih
  • Aroma: tidak ada

Klaim Produk

  • Cruelty free (no animal testing)
  • Teksturnya ringan dan non-comedogenic
  • Dapat digunakan oleh wanita dan pria mulai usia 13 tahun
  • Dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui
  • Dapat digunakan untuk semua jenis kulit
  • Diformulasikan tanpa Paraben, Sulfate, Alcohol, Silicone, dan Fragrance

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Beeswax (Cera Alba): berperan sebagai emmolient yang dapat melembapkan kulit, mengandung vitamin A yang membantu penyembuhan luka dan memperlancar proses eksfoliasi kulit, dan menjaga kulit supaya tetap lembap juga elastis. Beeswax juga berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi.
  2. Meadowfoam seed oil 5%: menghidrasi kulit tanpa meninggalkan efek greasy. Berdasarkan studi in vivo, pertahanan kulit semakin membaik setelah menggunakan produk yang mengandung Meadowfoam.
  3. Squalane: melembapkan, melembutkan, dan menghaluskan kulit. Squalane juga dapat melindungi skin-barrier dan berperan sebagai antioksidan alami yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Aman untuk kulit sensitif tanpa meninggalkan kesan bermnyak.
  4. Shea butter extract: kaya akan antioksidan, berperan sebagai emmolient yang dapat melembapkan kulit, dan meredakan kemerahan pada kulit.
  5. Tocopherol (Vitamin E): antioksidan alami yang berperan penting dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dari sinar UV.
  6. Sunflower seed oil 1%: menenangkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan skin-barrier, dan memperbaiki kondisi kulit.
  7. Jojoba oil: melembapkan, melembutkan, mempercepat penyembuhan luka, menjaga kulit agar tetap sehat dan plumpy.
  8. Centella asiatica extract 0.5%: menenangkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, menghidrasi kulit, dan mengurangi pigmentasi pada kulit.
  9. Cactus (Opuntia ficus indica) stem extract: mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki kondisi kulit, antibakteri, dan berperan sebagai humectant yang dapat melembapkan kulit.

Kandungan Lengkap:

Ethylhexyl Palmitate, Caprylic/Capric Triglyceride, Beeswax (Cer alba), Isononyl Isononoate, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Meadowfoam (Limnanthes alba) seed oil, Phenoxyethanol, PEG-7 Caprylic/Capric Glycerides, Squalane, Shea Butter (Butyrospermum parkii) extract, Tocopherol, Sunflower (Helianthus annuus) seed oil, Jojoba (Simmondsia Chinensis) seed oil, Centella asiatica extract, BHT, Glycerin, Aqua, Butylene Glycol, 1,2-hexanediol. Opuntia ficus indica steam extract.


Cara Pakai

Ambil produk lalu oleskan ke wajah dengan lembut dan pijat perlahan agar wajah bersih secara maksimal. Setelah itu, bilas dengan air. Lanjutkan dengan second cleanser. Gunakan Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm sebagai first cleanser atau make up remover.

Catatan: saat produk baru sampai, sebaiknya simpan dulu pada suhu ruangan atau di kulkas selama 24 jam.

Peringatan: penggunaan cleansing balm hanya untuk pemakaian luar. Hentikan penggunaan apabila terjadi ruam, kemerahan, atau gatal pada kulit. Jangan oleskan pada kulit dengan luka terbuka dan iritasi. Konsultasikan dengan dokter jika reaksi berlanjut.


Review

Tekstur balm-nya sangat lembut apalagi saat digosok-gosokkan ke kulit. Yang aku rasakan saat cleansing balm ini diaplikasikan ke kulit adalah kulit jadi licin, halus, lembut, ga sakit waktu kena area jerawat terbuka. Seneng banget liat balm-nya jadi luruh bersama kotoran dan make up di kulit kita, hihi. Setelah memijat-mijat muka beberapa saat, tekstur balm-nya sedikit berubah seolah meninggakan lapisan baru di atas kulit yang menyerupai lilin setengah kering. Hwaa, apakah itu bikin kulit jadi kering dan ketarik? Tentu saja enggak, kulit tetep lembap kok cuman ada feel minyakannya gitu.

Performanya dalam membersihkan makeup sangat oke, dia bisa meluruhkan make up waterproof sekalipun. Aku sempet ngetes cleanser ini buat hapus dua lip cream di bawah ini. Yang atas: Maybelline Stay Matte Ink, dia waterproof dan terkenal susah dihapus. Sementara yang bawah: Miniso Lip Mousse (tidak waterproof).

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm

Caraku menghapus kedua lipen ini adalah dengan menggosok-gosokkan cleansing balm dengan intensitas gosokan yang kalem alias ga ngegosok dan neken banget. Hasilnya, lip cream waterproof hampir terhapus sempurna, masih tertinggal noda yang sangat sedikit. Untuk lip cream non-waterproof, 99% bersih! Masih sedikiiit sekali stain warna yang tertinggal. Kalau digunakan untuk membersihkan wajah, gunakan cleansing balm ini sebagai first cleanser yah.

Setelah dibilas, aku merasa cleanser ini agak berbeda dari cleansing balm yang lainnya karena dia lebih memberi efek halus yang bukan licin.

Dari segi konsistensi teksturnya, menurutku kurang. Waktu produknya sampai, teksturnya meleleh. Antara tekstur balm yang meleleh dengan oil-nya itu jadi kayak ga menyatu. Solusinya, begitu produknya datang, simpan dulu di kulkas selama 24 jam. Di kulkas yaa, bukan di freezer. Kemarin aku iseng naruh di freezer jadi keras kayak es krim batang wkwk. Untuk selanjutnya, aku lebih suka nyimpen produk ini di kulkas setiap habis pemakaian biar ga gampang meleleh.

Biasanya aku pakai cleansing balm ini pada pagi dan malam hari. Untuk pemakaian di pagi hari, cukup efektif juga loh buat ngeluruhin komedo-komedo putih di wajah. Selama pemakaian, kulitku baik-baik aja, ga bikin komedo makin banyak.


Pros and Cons

  • Pros: kemasan tube-nya praktis dan higienis, desainnya juga handy dan travel-friendly. Teksturnya yang lembut bikin kulit nyaman.
  • Cons: kurangnya konsistensi pada tekstur

Beli di Mana?

Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm sudah bisa kamu dapatkan di Nutrishe Store Jogja dan di semua Nutrishe Marketplace Official seharga Rp 145.000.

Suka pakai cleansing balm tapi males ribet pakai yang kemasan jar? Bisa coba pakai Nutrishe Melt My Day! Cleansing Balm yaah, kemasan tube-nya ga bikin ribet dan lebih higienis juga! ;)

14 Comments

  1. Wah, keren banget ya Ternyata produk Nutrishe ini berasal dari Yogyakarta. Produk lokal semakin menggeliat dengan kualitas skincare terpercaya. Teksturnya kelihatan lembut berbusa gitu, putih. Membuat kulit bersih, halus dan lembut ya mbak. Kepengen coba juga. Kemasan hijau lumut warnanya, praktis bisa dibawa bepergian nih. TFS mbak.

    BalasHapus
  2. Eh iya ya baru sadar ada cleansing balm merk lokal. Aku tuh dari tadi bolak balik liat gambar, kok cleansing balm bentuknya tube. Unik yaa, menarikkk

    BalasHapus
  3. Wkwkkwkwkwkkk aku ngebayangin ini jadi kaya es krim batangan.
    Lebih enak buat dibawa-bawa ya kalau cleansing balm di tube gini.

    BalasHapus
  4. Asli Nutrishe inovatif abiiiis! Jujur dulu lebih seneng pake cleansing oil karena cleansing balm tuh suka ribet keroknya. Sekarang udah ada versi tube nya dong jd gampangg

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu ada cleansing balm dengan kemasan tube. Lebih higienis dan praktis banget. Harganya juga affordable. Wajib nyoba nih buat 1st cleanser!

    BalasHapus
  6. Aku jarang sih pakai skincare2 hehe... Tapi bermanfaat sekali reviewnya jika suatu hari ingin pakai aku bisa ceki2 melalui artikel ini

    BalasHapus
  7. Warnanya mengingatkan aku pada matcha, apa aromanya juga kaya matcha hehehe.. aku penasaran pake cleasing balm karena sepertinya bisa membersihkan dengan cukup ok nih.

    BalasHapus
  8. Keren nih produk kosmetik lokal dari Yogya, aku juga suka cleansing balm karena teksturnya padat dan rasanya lebih bersih dibandingkan face wash yang ringan..

    BalasHapus
  9. Menarikk bund, aku kira ini facial wash. Jujur lebih enak kayak gini sih ya dari segi kemasan, jadi gak nyocol-nyocol apalagi pakenya pas malem, terlalu mager buka tutup jar😂🤣🤣🤣🤣.

    Oalaaah, :') gak nyatu gitu ya antara ada oil tp bagusnya dia tube jadi bisa dikocok gitu kwkwkw kl jar, wasaalam

    BalasHapus
  10. Cleansing balm, Nutrishe...hmmm, layak kuperkenalkan pada istri. Biar ada alternatif untuk bersih-bersih muka. Hehehe

    BalasHapus
  11. Mantap skincare lokal lagi nih... Mantep ya ngapus makeupnya bisa semulus dan semudah itu. Tapi biasanya aku kurang cocok pake cleansing balm karena muka kan berminyak, nah after use-nya suka ada kayak minyak-minyak gitu malah bikin hinyai....

    BalasHapus
  12. Aku baru tau loh ada cleansing balm...bs buat make up remover juga.kayaknya pengen coba juga nih...makasih mbak reviewnya.

    BalasHapus
  13. Aku coba ke lip tint dan waterproof eyeliner masih ada residu. Tp kalo buat lip cream2 gitu hrsnya ga ada masalah yah

    BalasHapus
  14. Ini meleleh gegara panas kayaknya, soalnya punyaku gitu. Aku iseng formulate tube juga meleleh, terus coba lagi iseng bikin yang "keras" juga leleh wkwkw cuaca nih.

    Tube gini enak ya gampang pakainya, kocok coba nanti jadi agak gel gitu

    BalasHapus