Sebuah Cerita: Beralih ke Skincare Drugstore setelah 5 Tahun Menggunakan Cream Wajah Racikan Dokter

Sejak kecil aku ga ada bayangan sama sekali untuk mencoba produk skincare ini-itu, nontonin Ibu bersihin muka tiap malem sebelum tidur aja aku suka ngebatin, "repot banget siih". Apalagi sampai bolak-balik ke klinik kecantikan, menggunakan cream dengan resep dokter seperti teman-teman yang lain pada masa itu.

Sebuah Cerita: Beralih ke Skincare Drugstore setelah 5 Tahun Menggunakan Cream Wajah Racikan Dokter
pic from Canva

Namun pada suatu hari, setelah iseng nyobain produk skincare yang ada di pasaran (yang klaimnya terbuat dari bahan-bahan alami dan dikhususkan untuk kulit berjerawat), eh kok jerawatku makin banyak ya? Kukira itu hanya sementara dan bakal sembuh sendiri. Ternyata engga dong, makin aku lanjutin pemakaian produknya makin nyebar jerawat jadi semuka dan seleher. Ada satu cm2 area kulit yang ga jerawatan aja aku udah bersyukur banget. Kejadiannya itu 8 tahun lalu di mana aku masih ga ngerti apa-apa soal perkulitan, jerawat udah parah masih sempet-sempetnya nyari obat ke apotek bukannya langsung ke dokter.

Singkat cerita setelah nyobain macem-macem dari apotek yang ga bikin jerawatku kempes malah bikin makin keras, akhirnya aku memutuskan untuk ke dokter kulit. Di dokter kulit pertama, aku ngerasa kulitku jadi cerah buanget, putih bersinar gitu wkwkw, tapi jerawatnya kok kayak ga ada progress. Karena aku ga sabar dan saat itu memang agak repot proses pengambilan obatnya, jadi aku coba pindah ke klinik lain. Di situ aku seraaahin semuanya ke dokter yang baru, obatnya juga ganti semua (waktu itu ada obat luar dan obat yang untuk diminum - saking parahnya). Tapi aku merasa pelayanan di klinik yang baru lebih professional sih karena difoto dan dianalisis dulu kondisi kulitku seperti apa, trus diingetin kapan kontrol, berasa dipeluk banget lah di kondisiku yang saat itu lagi down banget karena jerawat hihihi.

Selama 5 tahun menggunakan produk perawatan wajah dari dokter, aku merasa permasalahan jerawatku jadi nggak seberat sebelumnya. Memang masih suka muncul jerawat sih dan aku menganggap itu sudah memasuki fase normal. Tapi kuakui memang selama itu kulitku jadi sangat sensitif. Kena panas, jadi jerawatan. Kena debu, jerawatan juga. Yaudah akhirnya aku ke mana-mana pakai masker. Yep, jauh sebelum pandemi aku udah sering pakai masker sampai kalau duduk di angkot diliatin ibu-ibu kayak.. ya emang aku salah apa 😭. Sayangnya, penggunaan masker ini juga bikin kulitku jadi rentan jerawatan, kalau sekarang istilahnya maskne. Kan aku makin bingung ya, lah ini mukaku emang kudu jerawatan terus apa gimana?

Di tengah perjalanan menggunakan produk perawatan dari dokter, aku dapet kerja di sebuah perusahaan di Boyolali yang artinya jauh dari rumah. Kontrol ke klinik dan nebus obatnya juga ga bisa seleluasa sebelumnya. Mau beli obatnya via online juga takut kalau itu palsu. Mau nyetok krim-kriman lebih dari satu juga masih mikir-mikir apakah itu worth it?

Nah, dari kerepotan itulah akhirnya aku mencoba menggunakan produk skincare yang ada minimart, tapi kok di mukaku ga ngefeek? Akhirnya aku balik lagi pakai krim dokter. Tapi dorongan untuk beralih ke skincare drugstore makin kuat setelah nontonin video youtube seorang skincare guru yang aku inget banget beliau bicara begini (kurang lebih): "untuk tahu produk skincare mana yang cocok untuk kulit kita ya harus kita cobain sendiri satu-satu. trial-error memang". Dari situ aku mulai ngenalin masalah kulitku apa, jenis kulitku apa, kulitku butuhnya apa, dan nyari tahu kalau kulit seperti ini butuhnya produk yang ada kandungannya apa. Sangat challenging. Mengingat produk minimart yang kemarin aku beli ga memberi perubahan berarti di kulitku, akhirnya aku coba main ke sebuah drugstore di supermarket. Aku masih inget produk pertama yang aku beli adalah toner untuk kulit acne-prone dan brand-nya dari Jerman (hayo tebak apa? :D). Banyak yang bilang kalau toner yang aku beli itu bagus untuk kulit berjerawat sih jadi ya mari kita coba saja. Saat itu aku merasa gambling banget karena gatau ini bakal cocok atau ga dan harganya juga menurutku ga murah (saat itu). Jadi modal bismillah sama yakin jerawat bisa sembuh aja pakai skincare yang lebih mudah dijangkau di pasaran.

Dua minggu pemakaian toner, jerawatku jadi banyak yang kering tapi kulit jadi agak lebih berminyak dari sebelumnya. Tapi yang penting jerawatku kering. Ga ada keluhan sama sekali saat proses peralihan dari krim dokter ke skincare drugstore, dari situ aku menganggap krim dokter yang aku gunakan selama ini aman ga ada kandungan aneh-anehnya yang bikin "ketergantungan". Setelah "lolos" dari obat dokter aku jadi suka eksplor produk-produk drugstore lainnya hahaha. Dan yang bikin aku takjub adalah, kulitku jadi ga sesensitif sebelumnya. Kena panas ga mudah jerawatan, kena debu baik-baik aja. Mungkin karena dulu selama pemakaian obat dokter aku ga diresepin tabir surya jadi aku ga merasa kudu pakai tabir surya?

Kalau tadinya baru berani nyoba produk-produk yang ada di supermarket, seiring berjalannya waktu aku iseng lagi cobain produk yang ada di minimart karena penasaran banget. Hasilnya? Alhamdulillah kulitku sudah mulai bisa nerima, setidaknya ga bikin jerawatan lagi.

Jadi intinya aku seneng bisa cobain produk skincare apa aja, hihihi.

Ini ceritaku, mana ceritamu? :D

24 Comments

  1. Intinya, skincare harus cocok ya kak sama kulit kita, jangan ngikut2 yang lain hehe. Ku masih mencari yang mana yang cocok nih. Beberapa bulan belakangan ini wajahku beruntusan gitu, tapi skrg syukur sudah lebih baik, eh malah cerita ya kak hehe.

    BalasHapus
  2. Untuk mendapatkan skincare yg cocok/tepat untuk kulit kita tentunya kita lebih dahulu harus faham ttg kulit kita sendiri ya.. Trial n error..perlu hati2 juga sih ya apalagi utk yg tipe kulit sensitif..

    BalasHapus
  3. Seneng kalau bisa pakai skincare dari brand apapun itu. Sama kayak kulit saya sekarang, rasanya nggak ada masalah kalau kudu pakai skincare merk apapun..

    BalasHapus
  4. Proses trial and erorr untuk nyoba skincare yg cocok, ini yg sejujurnya ngeri, soalnya kulit normal to oily plus sensitive euuy. Bagi tipsnya dong

    BalasHapus
  5. Aku pernah bermasalah dengan jerawat. Waktu itu, rasanya nggak ada bagian kulit wajahku yang bebas dari jerawat. Bahkan sampai ke leher. Waktu itu aku masih pakai skincare dari drugstore. Nggak ke dokter.

    AKu lupa apa treatmentku waktu itu. Sekarang jerawat hanya muncul kalau lagi mau mens saja. Seneng banget.

    BalasHapus
  6. Wahhh kalau di akun gak bisa sih ganti-ganti gitu, apalagi kalau udah biasa menggunakan skincare itu selama bertahun-tahun. Pasti rasanya aneh dan ada yang beda aja gitu, dan takut kenapa-kenapa juga.. Jadi memilih setia aja hhi

    BalasHapus
  7. Wah sama kayak cerita saya. Dulu pake skincare dokter sekarang pake skincare yang ada di drugstore. Alhamdulilllah cocok dan bagus aja. Asal telaten dan rajin pake. Hehehe

    BalasHapus
  8. memang kalau urusan skincare ini harus trial dan error ya. aku sebenarnya jarang banget bermasalah kalau nyobain produk skincare tapi meski nggak bermasalah nggak semua memberikan hasil maksimal harus tetap coba yang lain juga

    BalasHapus
  9. Saya juga punya pengalaman perihal perawatan wajah, dulu saya sudah mencoba berbagai macam sabun wajah, mulai dari produk A sampai Z, tapi tidak ada yang cocok.

    Banyak gejala yang muncul, mulai wajah kering, berminyak, jerawatan juga. Alhamdulillah setelah melalui pencarian, akhirnya ketemu produk yang cocok untuk wajah saya.

    BalasHapus
  10. Aku seneng banget baca nya ,makasih ka udah ceritain pengalaman nya💙

    BalasHapus
  11. sejujurnya, aku belum pernah nyoba krim dokter sama sekali.
    tapi, pengalamanku, perbedaan usia ternyata ngaruh dengan efek skincare, mbak
    pas masih kuliah, pakai skincare apapun, nyaris enggak ngefek. dan jerawat tetap subur seperti biasa
    beda setelah lulus dan kerja, masih pakai skincare yang sama (dasar setia), baru deh kerasa efeknya.
    yakin enggak yakin, tapi itu yg kualami sih.
    sekarang sudah lebih akur sama jerawat

    BalasHapus
  12. aku juga sekarang jadi lebih rajin baca ingredients demi kulitku (carnellin)

    BalasHapus
  13. Jadinya sekarang pakai skin care apa kak buat jerawatnya?

    BalasHapus
  14. Skincare emang cocok-cocokan yah, aku seneng banget sih sama skincare drugstore ^^

    BalasHapus
  15. Banyak yg blg lepas dr krim dokter tuh susah yaa. Btw moga2 bisa selalu ketemu produk yg cocok ya beb hihi

    BalasHapus
  16. Akuuuu dong, 8 thn pake krim dokter, pas lepas struggle bgt

    BalasHapus
  17. Seru ceritanya, ngebayang betapa paniknya hingga pasrah dan nemu kenyamanan
    kepada dokter. Yang kemudian pelan-pelan berlepas dan beralih ke skincare

    BalasHapus
  18. Huaaa menarik banget kak ceritanya, semangat terus yaa kak, semoga selalu ketemu produk yang cocok di kulit :)

    BalasHapus
  19. Mbaaaa relate loh sama akuuuu. Aku baru aja nih lepas dokter, dan emang habis perawatan dokter kulitku jadi lebih sensi. Nah udh lepas ini, aku jadi tau juga kulitku butuh apa, dan lagi seneng eksplor sambil belajar dari temen2 para beauty enthu kaya mba uhhh. Congratulations mba!

    BalasHapus
  20. Lega, ya, Mbak... nggak tergantung lagi sama obat dokter. Beberapa teman sempat tergantung dokter. Kalau nggak pakai krim dari dokter, jadi iritasi lagi. Makasih sudah berbagi cerita. Semoga selalu cantik bersinar, ya ^^

    BalasHapus
  21. waaah perjuangan banget mbaaaaa..... aku pernah pakai jasa dokter kulit dulu waktu usiaku 24 sd 27 tahun. 3 tahun mba... gara2 waktu itu aku pindah kerja jadi wartawan dan dapat tugas di desk olahraga yg kerjaannya aku tiap hari liputan panas-panasan.... kulitku ternyata sensitif jd ada gosong di pipi kanan atas jekekkk banget dan karena aku kerja sampe malam dan kurang tidur jadi parah kondisi gosongnya kegaruk dikit luka dan ga sembuh2 trus keteken kacamata jadi tambah parah. akhirnya aku berobat ke dokter kulit deh..... pakai sabun mukanya khusus, krim nya khusus, sampai akhirnya sembuh tak berbekas.... udah gitu aja abis itu ga pernah lagi pake jasa klinik kecantikan ampe skr usiaku 44 tahun cuma pake produk skincare biasa aja....

    BalasHapus
  22. Jauh-jauh kita suka cari apaan sih yang harus kita syukuri, ternyata punya kulit sehat itu rejeki ya bund. Jujur, aku belum pernah di fase kayak kamu, jadi aku gak bisa ngerasain, tapi kalaupun harus ada di posisimu aku bakalan stress :') dengan latar belakang minim vulus kwkw untuk perawatan dan minim support kalau lagi ada masalah, makasih bund tulisannya bikin terhura :').

    Kalau aku palingan yang asimetris sama smile lines hm ini sama kanting mata bawah ku gede bgt, pernah aku kl difoto sampai gak mau senyum saking gedenya kantong mata bawahku. Soal asimetris pelan-pelan nyoba pede walaupun kl take video masih aku cut kalau ke shot bagian unsimetrisnya :').

    BalasHapus
  23. Adek aku mayan parah juga sama kaya kamu mba dian. Dia udh ke klinik apa aja sampe coba krimnya juga tapi ngga ngefek apapun. Makanya kadang suka share skincare sama dia kalau ada skincare yg aku ngga pake atau ku rekomen skincare yg bagus. Kalau adek ku tuh ngga boleh stress gitu jd kalo udh agak stress plus banyak pikiran dia langsung makin parah jerawatnya

    BalasHapus
  24. Aku jarang banget pindah-pindah biasanya untuk make satu produk yang aku suka bisa lamaaaaaaaa makenya hehehee.....

    BalasHapus