Tes Ketahanan Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige (Beneran Tahan Sampai 24 Jam Ga Sih?)

read in English

Ini adalah foundation ketiga yang aku punya dan emang cuma punya tiga doang sih karena jarang pake foundie sehari-harinya hihihi. Btw ketiga foundieku ini matte semua ya apakah aku masih hidup di tahun 2016 yang tren make up look-nya itu matte? Huft. Intensitasku pakai foundie tuh ya paling cuma kalo ada acara-acara penting kayak kondangan, pergi keluar bentar, sisanya cuma buat foto-foto aja di rumah. Nah sekitar 1-2 tahun lalu, aku lagi pengen banget nyari foundation matte yang bisa dipakai sehari-hari, coverage-nya maksimal, tapi tetep keliatan natural. Coverage maksimal? Emang mau ngapain, Mba? Hmm, berhubung bekas jerawatku nih ga ilang-ilang dan kadang-kadang suka muncul jerawat di saat yang kurang tepat, jadi aku butuh sesuatu yang bisa menutupi bekas jerawat dan jerawat itu agar bisa tampil paripurna ya wkwkw. Akhirnya dapetlah ini Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige karena tergoda sama klaimnya yang bisa tahan lama sampai 24 jam. Berarti dia ga main-main dong?


24h Made to Stay Make Up merupakan foundation Catrice pertama yang aku beli. Catrice sendiri adalah brand kosmetik asal Jerman yang mengusung kualitas premium dengan harga terjangkau. Selain itu, produk-produk yang dikeluarkan oleh Catrice juga mengikuti perkembangan tren yang ada; mulai dari warna-warna apa saja yang sedang popular, tekstur yang inovatif, sampai kualitas kemasan pun mereka perhatikan. Produksi kosmetik Catrice tidak melalui proses animal testing, pun supplier yang mereka gunakan harus memiliki pernyataan secara tertulis bahwa produk yang mereka gunakan diproduksi tanpa melakukan animal testing juga.

Balik lagi ke klaim foundie ini yang katanya bisa awet sampai 24 jam, bener gak sih dia bisa tahan selama itu? Ntar, kamu bisa baca di bagian review pemakaiannya. Sekarang kita pretelin satu-satu informasi tentang Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige yuk mulai dari kemasannya dulu.


A.      KEMASAN

Seperti yang kita lihat pada gambar, foundation ini dikemas dalam botol kaca dengan aplikator pump-nya yang memudahkan kita untuk menakar volume foundation yang keluar. Oh ya biarpun kemasannya terbuat dari kaca, tapi dia kuat kok gais ga mudah pecah. Soalnya kemarin sempet mau ngambil foundie ini eh jatoh ke lantai, untungnya ga kenapa-kenapa dan kemasannya tetap utuh. Cuman ya ada sedikit isinya yang keluar, dikiiit banget. Normal sih karena kena benturan lantai yang keras.

Di bagian depan, terdapat keterangan nama brand – Catrice, nama produknya – 24h Made to Stay Make Up, klaim produk, dan isi foundation di dalamnya (30ml). Sementara di bagian belakang kemasan, ada penjelasan mengenai klaim yang lebih lengkap, komposisi, dan cara penggunaan. Di bagian tutupnya, terpampang jelas shade dan keunggulan foundation ini yang waterproof. Eh beneran waterproof ga sih? Nanti kita buktikan sendiri ya wkwk.


Sejauh ini aku suka sama kemasannya yang simpel, ringan, dan ya enak aja dipegang.


B.      TESKTUR DAN AROMA

Tekstur

Foundie ini teksturnya ga terlalu cair, ga terlalu encer, agak kental, tapi masih mudah diratakan ke kulit. Sayangnya, pas aku olesin ke tangan, foundie ini masuk sela-sela fine lines yang membuat tampilan tangan menjadi terlihat kering. Selain itu hasil akhirnya juga sedikit powdery baik di tangan maupun di wajah.

Aroma

Pas nyium foundation ini, aku keinget sama bau kayu deh. Entahlah, itu pun aku berulang kali nyiumnya antara ada aroma cat tembok belum kering tapi bukan, kayak ada aroma kayu dan serat-serat kayu. Gitu lah. Tenang aja, aromanya ga menganggu kok.


C.      KLAIM PRODUK

Seperti namanya, Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation memiliki klaim yang mampu bertahan sampai 24 jam, coverage yang sempurna, menjaga tampilan agar tetap matte, tidak oxidize, dan tahan air.


D.      KANDUNGAN PRODUK

AQUA, DIMETHICON, TALC, CI 77891, TRIMETHYLSILOXYSILICATE, PEG-10 DIMETHICONE, ISODODECANE, TRIETHYLHEXANON, NYLON-12, GLYCERIN, CETYL, PEG/PPG-10/1 DIMETHICONE, CI 77492, PHENOXYETHANOL, SODIUM CHLORIDE, HYDROGEN DIMETHICONE, TOCOPHERYL ACETATE, MAGNESIUM SULFATE, SODIUM DEHYDROACETATE, ACRYLATES/POLYTRIMETHYLSILOXYMETHACRYLATE COPOLYMER, DISTEARDIMONIUM HECTORITE, PISUM SATIVUM (PEA) PEPTIDE, ALUMINUM HYDROXIDE, CI 77491, DIMETHICONE/VINYL DIMETHICHONE CROSSPOLYMER, CI77499, POTASSIUM SORBATE, BENZOIC ACID, PROPYLENE CARBONATE, DEHYDROACETIC ACID, ETHYLHEXYLGLYCERIN, LEUCONOSTOC/RADISH ROOT FERMENT FILTRATE.


E.       CARA PAKAI

Foundation digunakan dalam keadaan wajah yang bersih. Gunakan ke seluruh wajah dengan cara ditepuk-tepuk untuk meratakannya.

[Perhatian] Hanya untuk penggunaan luar. Hindarkan kontak dengan mata. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Hentikan penggunaan jika muncul tanda-tanda iritasi atau bintik-bintik merah pada kulit.


F. HARAPAN SETELAH MEMAKAI CATRICE 24H MADE TO STAY MAKE UP FOUNDATION

Jadi akhir-akhir ini aku udah pakai foundation Catrice yang katanya bisa tahan 24 jam selama beberapa hari, tapi ga sampai 24 jam. Paling banter cuma 6 jam dengan aktivitas di luar ruangan cuma naik ojek online, trus ke dokter gigi bentar, balik ke rumah naik ojek online lagi, trus udah sampe rumah. Selama 6 jam itu sih muka udah kena air wudhu, panas, angin, dan masih tetap baik-baik aja, ga luntur. Kalo yang katanya dia ini ga oxidize, tapi di muka aku tuh kayanya iya deh tapi dikiiit kok ga sampe beda banget tone kulit antara sebelum dan sesudah pemakaian. Nah karena foundation ini klaimnya bisa tahan sampai 24 jam, aku jadi penasaran buat make ini selama 24 jam juga. Pertanyaannya, emang siapa juga yang mau pake foundie selama itu ya? Hmm, kalo aku pake di rumah, berarti pas tidur juga tetep dalam keadaan pakai make up? Waaw, pelanggaran dong ini hahaa. Tapi baiklah, aku penasaran soalnya. Dan aku harap sih dia beneran bisa tahan lama yah, ga pudar selama kupakai 24 jam itu dan bisa kuandalkan untuk acara-acara penting ke depannya. Let me try!


G.     REVIEW PEMAKAIAN

Pertama, karena kulitku tuh aslinya sawo matang, gegara sering diskinkerin aja jadinya agak cerahan dikit, aku pilihnya shade 005 Ivory Beige. Kedua, karena aku punya dark circle di bawah mata dan aku ga kebiasa pake concealer warna-warni buat nutupin, jadinya area tersebut suka keliatan jadi abu-abu kalo pake shade ini wkwk. Ketiga, aku penasaran pengen buktiin ketahanan foundation ini selama 24 jam astaghfirullah nanti malem aku turu tetep mekapan iki wkwkwk. Btw ini ga perlu ditiru kok asli, apalagi kamu yang kulitnya sensitif pake ini seharian nanti bisa break out.

Seperti biasa, aku kalo make fondesyen tuh ga banyak-banyak, paling cuma satu pump aja. Kira-kira segini lah.

Keadaan kulitku saat ini lagi ada jerawat hormonal di beberapa titik, trus ada bekas jerawat dan bopeng dari kapan tau ahahaha. Begitu ditimpalin foundie ini yang katanya perfect coverage ternyata.. engga guys, huhu. Apakah fondie yang aku pakai kurang banyak? Harus berapa pump emangnya?

Pipi kanan aku masih ada bekas jerawat, jerawat, dan beberapa jeglongan bopeng yang sudah menipis. Pas dipakein foundie ya cuma tersamarkan aja, ga tertutup maksimal.


Pipi kiri juga begitu, ketambahan jerawat aktif lagi. Dipakein foundie ga langsung flawless apalagi jerawatnya itu masih belum kempes. Kalo di-zoom out kira-kira begini lah hehehe.


Zoom out lagi? Boleh. Ini penampakan dari depannya. Flek hitam masih keliatan, pori-pori di pipi kalo di-zoom masih jelas banget wkwk. Oyah, ini aku ga pake bedak ya. Selesai pake mekap pukul 12 siang (20/10/2020).


Overall, dia ini memang hasil akhirnya matte, sedikit powdery tapi ga se-powdery yang aku bayangkan. Malah keliatan agak mengkilap kan di kulitku. Ga cakey, keliatan natural buanget di kulit, ga keliatan kayak pake topeng juga. Hehehe. Dengan coverage yang tidak sesempurna aku bayangkan, sebenernya gapapa sih tapi kan aku nyarinya yang full coverage. :(

Nah, sekarang kita lihat bagaimana penampakan foundation ini seiring berjalannya waktu. Aktivitas yang aku lakukan di rumah (((sebatas))) nulis, mondar-mandir kamar-kamar mandi (cuci muka)-duduk depan laptop. Foto aku ambil 3x yaitu sore hari, malam hari, dan keesokan harinya.


Pemakaian Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige

Update 20/10/2020 pukul 16:54

Jiah, close up. Iya, soalnya aku mau ekspose bagian pori-poriku yang besar, gimana jadinya kalo dipakein foundie ini. Di sini, pori-pori masih keliatan agak rapet yah, masih oke lah selama 5 jam pemakaian. Ada jerawat di dekat hidung, agak sedikit ter-cover tapi ga beneran ilang soalnya itu tekstur jadi masih bisa keliatan. Untuk bekas jerawat di dekat alis dan di pipi kanan kiri jelas lebih keliatan dari pas pertama kali ngoles foundation yang cuma satu pump.


Pemakaian Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige

Update 20/10/2020 pukul 20:35


Hehe udah mulai keliatan kulit aslinya. Foundie mulai pudar, coverage mulai babay. Aktivitas yang aku lakukan dari jarak update sebelumnya tuh cuma cuci muka aja trus nepuk-nepuk muka pakai handuk secara malam itu aku skip skinkeran dulu huhu. Bisa dilihat yah face reveal-nya wakakakakk, pori-pori besar, jerawat keliatan memerah, dan bekas jerawat terekspose. Yang aku rasakan saat megang kulit muka sih teksturnya masih halus, meskipun ga sehalus pas baru dipakein foundie sih.


Pemakaian Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation - 005 Ivory Beige

Update 21/10/2020 pukul 10:29


Update terakhir! Ini penampakan kulit muka pada pukul 10:29 keesokan harinya. Rencananya sih mau aku lanjutin sampai 24 jam tapi... jam segini aja udah pudar banget. Pori-pori gede yang makin keliatan, bekas jerawat item-item terlihat jelas, tesktur muka udah mulai kasar. Abis take foto ini aku bersihin muka pake micellar water yang diusap ke kapas. Kapasnya gimana? Ya kotor, kayak ngelap muka bangun tidur aja gitu udah ga ada bekas foundie-nya.


H.     HARGA

Kamu bisa dapetin Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation dengan harga yang masih di bawah Rp 150.000. Kalo dulu aku belinya di Guardian Paragon Mall Semarang.



I.        SASARAN KONSUMEN

Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation cocok untuk kamu yang butuh foundation dengan finish matte yang natural, ga keliatan kayak pake topeng.


J.        KESIMPULAN

Jadi aku udah pake foundation Catrice 24h Made to Stay Make Up selama 22 jam, termasuk pas tidur juga tetep pake, skip double cleansing apalagi skinkeran. Biarpun klaimnya bisa tahan sampai 24 jam tapi ga aku tahan-tahanin sampai 24 jam pemakaiannya karena di durasi 9 jam aja foundationnya udah pudar. Bisa jadi karena foundie yang aku pakai terlalu sedikit, but yeah aku cuma nyesuaiin dengan kebiasaan dan seleraku mengaplikasikan foundation. Mungkin kalo aku pede tampil dengan foundation tebal sampai 3 pump, efek tahan lama dan perfect coverage seperti yang ada pada klaimnya akan terbukti. Dengan pemakaian foundation yang cuma 1 pump di muka, menurut aku dia masih bisa dipake mejeng untuk beberapa jam ke depan. Ini aku mau cocokin antara klaim produknya dengan hasil pemakaianku selama 22 jam - inget yaaa, aku cuma pake sak pln pump tok hihihi.

Klaim 1: Last up to 24h

Ga. Menurutku dia cuma bertahan secara efektif sampai 5-6 jaman aja. Efektif maksudnya dengan look yang masih bold, coverage yang bisa menyamarkan pori-pori, dan ya keliatan oke aja gitu di kamera.

Klaim 2: Perfect coverage

Ga. Ga sempurna sempurna amat sih tapi menurut aku ini.. yaudahgapapa.

Klaim 3: Mattifying

Yes. Untuk beberapa jam sih iya, tapi selanjutnya dia tuh kayak menyatu dengan kulit gitu. Ga me-matte-kan tampilan tapi kayak ngebantu kulit keliatan lebih bold dengan versi naturalnya. 

Klaim 3: Waterproof

Untuk beberapa jam, iya. 5-6 jam lah. Sisanya memudar sedikit demi sedikit.


Oke oke, sekarang kita ringkas kelebihan dan kekurangan foundation ini yak.

Pros:

+ Mudah diratakan ke kulit

+ Ga cakey

+ Ga terlalu powdery

+ Terlihat natural di kulit

+ Kulit terlihat bold tanpa keliatan kayak pake topeng (ga medhok)

+ Semakin lama digunakan semakin foundie menyatu dengan kulit, biarpun katanya matte tapi lama-lama jadi teksturnya udah kayak kulit. Glossy dikit, aku suka banget.

+ Waterproof, untuk beberapa jam pertama.

Cons:

- Tidak perfect coverage, bekas jerawat, jerawat, flex hitam masih keliatan

- Oxidize dikit

- Hanya bertahan sampai 5-6 jam pemakaian dengan takaran foundie 1 pump


Sebenernya finish yang dihasilkan udah bagus banget sih cuman dia ga full coverage, itu aja yang aku sayangkan. Btw, buat kamu yang udah pernah pakai Catrice 24h Made to Stay Make Up Foundation dan ternyata semua klaimnya works di kamu, coba share tipsnya dong di kolom komentar. Tak tunggu ya! ;)

4 Comments

  1. Wah, kita sama, Mbak Dian. Aku juga biasanya pakai foundation satu pump doang. Soalnya gak pede kalau banyak-banyak. Ntar kelihatan terlalu bold. Padahal aku lebih suka tampilan yang natural nan fresh ala-ala anak gadis walaupun nyatanya sudah tak gadis lagi.🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahah ketawa bacanya. iya, kalo terlalu tebel aneh banget mukaku kayak pake topeeng, atau akunya aja yang gabisa dandan wkwkwk.

      Hapus
  2. Coveragenya lumayan sheer ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak din, ga full nutupin bekas jerawat tapi ya lumayan lah buat ngaca-ngaca di rumah hehehe

      Hapus