Review Base Relief Hydration & Barrier Calming Serum, Serum Vegan untuk Memperbaiki Skin Barrier

Ngerasain ga sih kalau akhir-akhir ini tuh cuaca rasanya panas banget dan bawaannya gerah? Bahkan suhu udara yang tinggi ini sempat aku rasakan sebulan lalu di daerah selatan Jawa Tengah yang biasanya super dingin, waduu :( Ternyata setelah aku cari tahu, berdasarkan data dari pemantau kualitas udara IQAir pada 2021, Indonesia tuh ada di urutan ke-17 sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Polusi udara di Indonesia ini penyebabnya beragam, mulai dari asap kendaraan bermotor; pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar yang kurang ramah lingkungan seperti batu bara, gas, dan minyak; limbah asap industri atau pabrik yang cerobong asapnya tidak memiliki filter untuk hasil pembuangan zat-zat yang digunakan; dan sesimpel aktivitas rumah tangga seperti pembakaran sampah dan pengecatan rumah.

Kualitas udara yang buruk tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan pernapasan tetapi juga kesehatan kulit penduduknya seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, gatal-gatal, iritasi, breakout, dan inflamasi. Atau ga perlu jauh-jauh polusi udara di luar rumah deh, AC yang ada di dalam kamar kita pun dapat memengaruhi keelastisitasan kulit.

Meskipun kita tidak bisa menghentikan atau mengubah keadaan tersebut secara langsung, setidaknya kita dapat mengupayakan sesuatu untuk kualitas hidup kita sendiri dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat misalnya skincare vegan yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki dan menjaga kelembapan kulit. 

Baca juga: Akhirnya, Mine Perfumery Bahasakan 2 Lagu Cantika Abigail dalam Empower[ME]nt Fragrance Wand Extrait De Parfum! [Review]


Apa itu Skincare Vegan?

Skincare vegan merupakan produk perawatan kulit yang proses pembuatannya tidak menggunakan bahan turunan dari hewan seperti susu dan madu. Skincare jenis ini lebih aman untuk kulit sensitif dan lebih sustainable untuk lingkungan.

Lalu, Apa Manfaat Skincare Vegan terhadap Penanganan Masalah Kulit yang Disebabkan oleh Polusi Udara?

Skincare vegan atau produk perawatan yang terbuat dari tanaman yang memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin c lebih banyak serta memberi reaksi negatif lebih sedikit dibandingan dengan skincare berbahan lainnya. Selain itu juga dapat menjaga skin barrier, mengunci kelembapan kulit yang sehingga terhindar dari inflamasi dan infeksi. Faktor-faktor inilah yang dapat menjadikan skincare vegan cocok untuk perawatan kulit di tengah kualitas udara yang buruk.

BASE merupakan brand skincare lokal yang menawarkan produk-produk vegan yang efektif untuk mengatasi permasalahan kulit wajah remaja dan dewasa di Indonesia. Dalam proses produksinya, BASE menggabungkan super-plant dan high-technology process di mana seluruh bahan-bahannya didatangkan dari tempat terbaik dan diolah pada manufaktur lokal. Bahan-bahan produk skincare BASE tidak mengandung SLS, phtlatates, parabens, dyes, pewangi dan pewarna buatan, tidak diuji ke hewan, dan ingredients-nya sudah tersertifikas halal dan ecocert.

Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum and Relief Hydration & Barrier Calming Serum

Baru-baru ini, BASE mengeluarkan inovasi terbaru dalam 2 serum vegan yang menggabungkan super plant dan high technology process untuk skin barrier (Relief Hydration & Barrier Calming Serum) dan anti aging (Rich Moisture & Youthful Firming Serum). Kita bahas satu persatu yaah.

Baca juga: Mandi Pakai Rintik Skincare - Shower Oil, Produk Perawatan untuk Si Kulit Kering [Review]


Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum

Merupakan serum yang berfungsi untuk meghidrasi kulit secara mendalam, menenangkan kulit, dan menguatkan skin-barrier; mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kemerahan, dan kusam.

Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum
Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum

Serum ini hadir dalam kemasan botol pump berukuran 30ml yang menurutku colorful tapi simpel. Colorful karena warnanya eyecatching (orange-kuning), simpel karena botolnya didesain tanpa tutup. Aplikator pumpnya tersembunyi di bagian atasnya, jadi kalau mau pake tinggal diputer aja ke kanan. Packagingnya juga unik karena berbentuk kotak tapi tetep nyaman dipegang.

Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum
Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum

Di bagian kemasannya terdapat informasi singkat mengenai nama produk, manfaat produk, kandungan utama, dan cara pemakaiannya. Kalau mau dapetin informasi lebih lengkapnya ada di kardus atau packaging luarnya, ada keterangan full ingredients-nya juga. BPOM NA18220101541


Tekstur, Warna, dan Aroma

Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum Tekstur

  • Tekstur: lotion, creamy, finishnya bikin kulit lembap, halus, dan kenyal, ga lengket, tetep ringan. Daya serapnya lumayan cepet.
  • Warna: kuning
  • Aroma: mirip aroma buah belimbing

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Ceramide Raspberry from Japan: mengatasi kulit kering dengan meningkatkan level kelembapan pada kulit (teruji pada in vivo test selama 30 hari +9%), melindungi kulit dari paparan radikal bebas berbahaya dengan memperkuat struktur skin barrier dan mengisi lapisan kulit yang kosong.
  2. Prickly Pear from Mexico: mengatasi permasalahan kulit kering dan mudah mengalami kemerahan, mengandung Extract Cactus untuk meredakan kulit kemerahan, mengandung Vitamin A dan Vitamin C sebagai antioksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan kulit.
  3. Ashwagandha from India: mengatasi kulit kemerahan dan kulit yang stress, melindungi dan memperkuat sel kulit dari dampak UV seperti hiperpigmentasi dan tanda-tanda penuaan dini, dan kaya akan antioksidan sebagai pelindung kerusakan kulit dan paparan radikal bebas.


Kandungan Lengkap:

Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol, Glycerin, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Raspberry seed oil/Palm oil aminopropanediol esters, Fructose, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Withania Somnifera Root Extract, Sorbitan isostearate, Polysorbate 60, Maltodextrin, Citric Acid, Disodium Phosphate, Gardenia Florida Fruit Extract, Sodium Hydroxide, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol.

*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients

*Natural Plant-derived Ingredients


Cara Pemakaian

Gunakan pada pagi dan malam hari sebanyak 2-3 pump (sekali pemakaian) ke wajah dan leher secara merata. Hindari area mata, jika terkena mata bilas dengan air.

Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum - Cara Pemakaian


Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Merupakan serum yang bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi semua tanda penuaan dengan Astaxanthin yang 6,000x lebih kuat dari Vitamin C. Selain itu, Quinoa di dalamnya mengandung 8 asam amino esensial dan oat ferment extract untuk meningkatkan bakteri baik yang hilang akibat penuaan.

Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum
Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum

Serum anti-aging ini dikemas dalam botol pump kotak berukuran 30ml. Secara keseluruhan, design packaging serum ini hampir sama dengan serum skin barrier, bedanya ada di warna packagingnya: soft pink. BPOM NA18222000155

Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum
Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum


Tekstur, Warna, dan Aroma

  • Tekstur: lotion, creamy, ringan, kalau dibandingkan dengan serum skin barrier tuh dia sedikit lebih pekat. Terasa agak lengket di awal, tapi lama-lama biasa aja.
  • Warna: kemerahan seperti saos tomat
  • Aroma: yang kecium di hidungku ini seperti campuran aroma tomat dengan berbagai aroma sayur lainnya. Tapi baunya kalem guys, sama sekali tidak mengganggu.
Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum - Tekstur

Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Oats Ferment Extract from Mexico: menyeimbangkan kadar rasio microbiome pada kulit untuk meminimalisir permasalahan kulit akibat ketidakseimbangan microbiome pada wajah, menyeimbangkan kadar pH pada kulit wajah.
  2. Quinoa Extract from Brazil: membantu mencerahkan kulit kusam dan lelah, membantu meredakan kelebaman atau pembengkakan (anti-puffiness) pada wajah, dan mengembalikan elastisitas kulit.
  3. Electric Madagascar: membantu menyamarkan kerutan dan menambah kekenyalan kulit, menstimulasi saraf pada wajah untuk menghasilkan "instant botox" karena mengisi kembali struktur kulit kita yan hilang seiring bertambahnya usia dan terpapar radikal bebas.
  4. Astaxanthin Red Algae from Indonesia: meningkatkan kekencangan kulit yang kendur (anti-skin sagging), sebagai antioksidan yang tinggi untuk mengatasi inflamasi pada kulit.

Kandungan Lengkap:

Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Propanediol, Glycerin, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Acmella Oleracea Extract, Chenopodium Quinoa Seed Extract, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Olive Oil, Sorbitan Isostearate, Polysorbate 60, Lactobacillus Ferment, Avena Sativa Kernel Extract, Maltodextrin, Oleoresin Extract of Microalgae Haematococcus Pluvialis, Potassium Sorbate, Gardenia Florida Fruit Extract, Sodium Hydroxide, Phenoxyethanol.

*COSMOS & ECOCERT Certified Ingredients

*Natural Plant-derived Ingredients


Cara Pemakaian

Gunakan pada pagi dan malam hari sebanyak 2-3 pump (sekali pemakaian) ke wajah dan leher secara merata. Hindari area mata, jika terkena mata bilas dengan air.

Base - Rich Moisture & Youthful Firming Serum - Cara Pemakaian


My Thoughts

Guna merawat kulit dari paparan polusi udara, menurutku kedua serum ini sangat membantu untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit. Masing-masing memiliki peranan penting dalam menunjang kondisi kulit untuk lebih optimal. Akan tetapi untuk pertolongan pertama, aku utamakan Relief Hydration & Barrier Calming Serum karena sebelum menuju ke perawatan awet muda, kita perlu membereskan masalah-masalah yang basic dulu seperti kulit kering, kemerahan, iritasi, dan kulit kusam. Apabila kulit sudah normal dan tidak terlalu memiliki masalah, bisa lanjut untuk fokus menggunakan Rich Moisture & Youthful Firming Serum.

Kalau dua-duanya dipakai bersamaan (layering), gimana?

Berdasarkan pengalamanku, sebenernya ga masalah sih asal kulitnya siap atau kulit tidak terlalu memiliki masalah basic. Ga menimbulkan efek negatif juga. Cuman, kalau mau liat progressnya secara signifikan, lebih baik gunakan satu per satu dulu, hehehe.

Selama 2 minggu belakangan ini aku lagi fokus menggunakan Relief Hydration & Barrier Calming Serum karena kulitku lagi ada jerawat di area dagu dan kering di daerah dahi dan pipi yang berpori-pori besar. Mengingat jenis kulitku yang dehidrasi, berminyak, dan acne-prone, aku mau ngasih kelembapan ekstra dulu terlebih di bagian kulitku yang kering. Kulit berjerawat juga perlu loh diberi hidrasi dan kelembapan yang cukup supaya nantinya jerawat tidak semakin meradang.

Yang aku rasakan saat menggunakan serum ini: aku merasa teksturnya agak berbeda dari tekstur serum biasanya karena meskipun wujudnya lotion dan creamy ringan tapi feel kenyalnya juga. Tapi sama sekali ga berat pas udah diaplikasikan ke kulit. Tekstur seperti ini meninggalkan finish lembap, halus, dan kenyal, pada kulit. Overall, aku suka sensasi kenyal-kenyal sesaat setelah pemakaian serum, hihi. Teksturnya juga nyaman digunakan, tidak ada efek negatif yang aku rasakan saat mengenai area berjerawat.

Setelah 2 minggu pemakaian, aku merasa tekstur kulitku jadi lebih lembap dan kenyal. Rasanya tuh kayak punya tekstur kulit yang sehat alami, membal, supple, dan mulus. Selama pemakaian serum juga aku imbangi dengan makanan sehat yaa kayak sayur jadi biar lebih maksimal aja hasilnya.

Base - Relief Hydration & Barrier Calming Serum - Before After
(Kiri: 18/7/2022 | Kanan: 12/8/2022)

Selain tekstur kulit yang jadi lebih lembap, kondisi jerawatku pun membaik, dan kemerahan pelan-pelan memudar. Beberapa kali aku kombinasikan serum ini dengan toner eksfoliasi dan retinol untuk keperluan treatment regenerasi rutin, it works well. Performa serumnya membantu perbaikan tekstur kulit juga.

Baca juga: Lip Balm Multifungsi dari Red-A, Solusi Pakai Lip Makeup yang Ga Bikin Bibir Kering!

Nah, khusus kamu yang baca artikel ini sampai habis, kamu bisa dapetin kedua serum ini dengan harga spesial dan bisa digabungkan voucher RADIANI35 untuk tambahan diskon 35% dari Rp 159.000 menjadi RP 103.000 berlaku pada pembelian untuk pembelian di website https://bit.ly/BASEVeganSkincare2 Kira-kira kamu mau coba yang mana dulu, nih? Relief Hydration & Barrier Calming Serum, Rich Moisture & Youthful Firming Serum, atau langsung keduanya? ;)

40 Comments

  1. Base ini kemasannya super fancy, warna-warni gemas. Btw, hasilnya bagus banget! Salfok sama warna firming serumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, warna kemasannya eyecatching. jadi orang bisa gampang inget, hihi

      Hapus
  2. Duh naksir sekali sama produk serumnya base soalnya aku cocok sama seriesnya 😍. Duh mesti nabung kayanya wkwk

    BalasHapus
  3. Musim seperti ini memang perlu sesuatu untuk melindungi kulit agar tidak mudah hidrasi

    BalasHapus
  4. Di samping packagingnya yang menarik, ingredientsnya juga bagus banget ya buat pemakaian jangka panjang

    BalasHapus
  5. Baru tau dong, ada skincare vegan

    BalasHapus
  6. Packagingnya warnanya unyu-unyu banget khas Base.. hasilnya oke juga kak, lebih lembap kulitnya 😍

    BalasHapus
  7. Dari dulu aku pengen coba produk dari Base, kemasannya bagus. Unik banget yang kaya saos tomat hehe!

    BalasHapus
  8. Gemoyy bgd packagingnya, aq pgn nyobain yg hydration and barrier calming, soal nya kulit aq jg lg break out

    BalasHapus
  9. packagingnya unik banget ya, warnanya juga bagus. Ingredients nya juga bagus untuk memperbaiki skin barrier ya

    BalasHapus
  10. Base ini kalau keluarin skincare, kemasannya selalu beda dari yg lain dan colorful. Suka poll lalu warna teksturnya juga unik. Aku jd pingin cobain nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, colorful dan eyecatching. khas Base bangeet hihi

      Hapus
  11. Wah akhirnya base mengeluarkan produk baru lagi ya.
    Dari 2 produk ini aku paling penasaran sama serumnya deh.

    BalasHapus
  12. Menarik banget serumnya, aku belum pernah coba produk BASE. Ini menarik ada yg vegan juga

    BalasHapus
  13. Menarik banget serumnya, aku belum pernah coba produk BASE. Ini menarik ada yg vegan juga

    BalasHapus
  14. Yuhu aku juga punya! Suka banget sama yang Firming, super unik warnanya merah tapi pas diratain ngeblend. Berasa juga firmingnya di kulit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull, warnanya ngeblend dan efek lembapnya berasa banget!

      Hapus
  15. Wah kemasannya juga unik ya, cocok untuk kulit kering dan jerawatan seperti aku mbak karena bisa menghindari kulit juga. Relief hydration keknya enak banget ya mbak,

    BalasHapus
  16. eh ini brand lokal baru bukan sih? kemarin liat di Instagram dan suka banget sama konsep warna dan packagingnya hehe jadi pengen cobain. thanks reviewnya kak

    BalasHapus
  17. Skincare vegan ini emang lebih aman daripada skincare untuk kulit sensitif tapi nggak vegan. Kemasannya fancy ya, jadi gemas.

    BalasHapus
  18. Aku udah lama banget ngikutin tentang si Base ini, dari dulu kemasannya selalu menarik. Aku jadi penasaran deh sama performanya

    BalasHapus
  19. Before afternya terlihat beda, Mbak. Saya selalu tertarik dengan skincare bahan alami, seperti Base ini.

    Packaging juga beda dari yang lain, inovatif

    BalasHapus
  20. Wah serum baru dari Base yak? Hasilnya ok juga ternyata buat bikin kulit lebih kalem kalau lagi rewel. Jadi pingin coba deh :D

    BalasHapus
  21. Wah aku baru tahu lho skincare vegan dan kandungannya terbukti aman ya bebas Paraben dan bahan berbahaya lainnya...ampuh pula mengatasi skin barrier yang rusak..

    BalasHapus
  22. Kemasan produknya kok lucu sih malah kukira lipstik karena bentuknya seperti itu warnanya pun kiyut..mudah dibawa dan dimasukkan dalam tas ya

    BalasHapus
  23. aku punya dua duanya tapi belom dibuka 😂 aku udah coba serum Base yang lain dan gak pernah gagal di kulitku, jadi gak sabar mau cobaa terutama yang warna soft pink atau peach ituuu 😁😁

    BalasHapus
  24. Pengen nyobain yang firming serumnya deh

    BalasHapus
  25. Aku suka si base ini meskipun pakai yang serba berbau natural untungnya dikulit ku ini cocok paling seneng kalau kemerahan sama jerawatnya hempas. Wishlist banget ini yah huhu

    BalasHapus