Scarlett Whitening Acne Cream Night, Moisturizer untuk Kulit Berjerawat [Review setelah Satu Bulan Pemakaian - Udah Mau Abis!]

Halo kalian semua apa kabar hehehe hampir tiga minggu aku ga ngepost review di blog, malah lebih sering aktif di Instagram. Maklum ya soalnya aku baru nemuin keseruan yang "berbeda" saat main instagram.

Di postingan retinol sebelumnya, aku pernah cerita kalo aku lagi break out kan gara-gara motret produk di teras siang bolong, ga ngeh kalo kulit lagi kumat sensitifnya, tau-tau jerawatan gede-gede makin hari makin gede. Lah. Mungkin karena hormonal dan sering gonta-ganti skincare juga kali yaa. Trus pas selesai ngereview serum retinol itu aku mulai nyari-nyari produk yang memang ditujukan untuk jerawat. Serum retinolnya tetep aku pakai, cuman ketambahan acne product aja. Dapetlah aku si Scarlett Whitening karena penasaran sama hasilnya. Kemarin belinya 3 biji: Acne Cream Day, Acne Serum, dan Acne Cream Night. Berhubung yang udah mau habis duluan adalah si Acne Cream Night-nya, jadi yang kureview ini dulu ya.

scarlett whitening - acne cream night

Update terkini, sampai si Acne Cream Night udah mau abis, jerawat break out-ku di pipi udah kempeess, tinggal bekasnya aja item-item. Apakah setelah itu bersih ga jerawatan lagi? Oh ya ndak, masih tetep suka muncul ilang muncul ilang satu dua tiga empat terserah kulitku mau punya berapa jerawat. Tapi seenggaknya ga separah yang kemarin. Dan itupun penyebabnya kalo ga mau mens, ya karena malemnya aku ga skinkeran, hehehe.

Yaudah daripada ngomongin jerawat mending ngomongin si ungu ini.


A. Kemasan

Pas produknya dateng (karena aku belinya online), first impression-ku adalah: "oooh ini toh yang selama ini kulihat di Instagram orang-orang pada ngereview, wkwk". Kokoh juga ya kemasannya. Scarlett Whitening Acne Cream Night ini dikemas dalam jar plastik tebal yang dibalut dengan stiker warna ungu, berisi keterangan produknya. Tutupnya berwarna putih, tebal juga. Isinya 20gr. Kemasan yang tebal cenderung berat ini didesain biar kalo jatuh ga gampang pecah kali yaa. BPOM RI NA18200107955.

scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night

Di kemasan kardusnya, kita bisa lihat keterangan produknya dengan sedikit lebih jelas. Mulai dari kandungan utama, kandungan lengkap, cara pemakaian, sampai cara penyimpanannya.

scarlett whitening - acne cream night
scarlett whitening - acne cream night

Kalo produk perawatan jerawat lainnya biasanya pakai kemasan warna ijo, kenapa Scarlett pake warna ungu? Biar lebih eyecatching? :D


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

scarlett whitening - acne cream night


Tekstur: cream, lembut, ringan, mudah diratakan ke kulit, dan butuh waktu agak lama untuk meresap ke kulit

Warna: putih

Aroma: aroma bunga


C. Klaim

1. Membantu melawan bakteri penyebab jerawat

2. Membantu mengurangi kemerahan dan bengkak

3. Membantu menghilangkan garis halus juga mengencangkan wajah

4. Membantu memperbaiki tekstur bekas jerawat pada kulit jerawat

5. Membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah

6. Membantu memudarkan bekas-bekas jerawat pada kulit wajah


Baca juga: Review Scarlett Whitening Body Care (Pomegranate Shower Scrub, Romansa Body Scrub, & Freshy Body Lotion)


D. Kandungan Produk

Kandungan utama:

1. CM Acnatu: bertindak sebagai anti-bakterial dan anti-inflamasi alami yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

2. Natural Squalane: membantu mengurangi kemerahan dan bengkak

3. Hexapeptide-8: mengurangi kerutan

4. Triceramide: mengencangkan kulit wajah

5. Poreaway: mengecilkan pori-pori

6. Natural Vit-C: sebagai anti-oksidan dan melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas sinar UV  

7. Aqua Peptide Glow: peptide berfungsi untuk mencegah penuaan pada kulit

Ketujuh kandungan utama ini tidak hanya mampu mengatasi masalah jerawat tetapi juga membantu memudarkan bekas-bekas jerawat dan memperbaiki tekstur bekas jerawat pada kulit wajah.


Kandungan lengkap:

Aqua, 1,3-Propanediol, C13-15 Alkane, Cetearyl Alcohol, niacinamide, Ethyl Macadamiate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Squalane, Dimethicone, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Phenoxyethanol, PEG-8, Butylene Glycol. Glycerin, Salicylic Acid, Polyacrylate Crosspolymer-6, Cetearyl Glucoside, Disodium Edta, Aminomethyl Propanol, pelargonium graveolens oil, Acacia Senegal Gum, ascorbyl glucoside, Ethylhexylglycerin, ethanol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Melaleuca Alternifolia leaf oil, Nelumbo Nucifera Leaf Extract Psidium Guajava Leaf Extract, Sodium hydroxide, Sodium Citrate, SODIUM LAUROYL LACTYLATE, T-Butyl Alcohol, Lecithin, Glucose, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Sodium Benzoate, Propylene Glycol, Citric Acid, TOCOPHEROL, Ceramide NP, Malic Acid, CERAMIDE AP, phytosphingosine, Cholesterol, xanthan gum, carbomer, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, carthamus tinctorius (safflower) seed oil, Acetyl Hexapeptide-8, ceramide EOP.


E. Cara Pakai

Pakai Scarlett Acne Cream Night pada wajah yang bersih dan kering atau setelah pemakaian serum. Pijat lembut sampai merata.


F. Produk ini Ditujukan untuk Siapa?

Scarlett Whitening Acne Cream Night ditujukan untuk kulit kita yang sedang mengalami masalah jerawat. Dapat digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan kering. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya lakukan test patch terlebih dahulu sebelum menggunakan moisturizer ini karena dia mengandung Salicylic Acid.

Baca juga: Review Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water, Cleanser dengan Perpaduan Teknologi Micellar dan Argan Oil


G. Review

Pertama kali mau make cream ini tuh aku was-was karena ada wangi bunganya lumayan tajem. Takut ga works di kulit, takut makin jerawatan, takut jerawatnya makin meradang, dll., secara jerawatku saat itu bukan jerawat biasa. Memang pas awal-awal kuolesin di jerawat yang lagi meradang itu rasanya perih, cekit-cekit, dan ada rasa sedikit panas di area berjerawat. Sensasi ini aku rasain sampai berhari-hari, setelah itu ya udah biasa aja rasanya. Selebihnya, yang aku rasain selama pemakaian tuh kulitku jadi lembap. Biarpun dia agak lama menyerapnya, yang penting jerawatku kempes secara perlahan. Misal malem ini aku pake creamnya, besok pagi tuh ada jerawat yang mulai kempes, ada yang keluar putih-putihnya, keluar mata putih-putihnya, atau yang tadinya meradang lebar gitu jadi lebih ringkes ukurannya.

Selagi jerawatan parah kemarin itu aku bener-bener cuma make beberapa produk aja kayak: cleansing oil - facial wash - toner - serum - moisturizer, singkat banget. Nah aku pakai cream ini biasanya di tahap setelah pemakaian acne serum. Beberapa kali aku kombinasiin juga sama serum retinol, toner retinol, atau toner yang mengandung alkohol (satu-satu ya, ga barengan), baik-baik aja kok dalam artian ga menimbulkan efek negatif. Yang ada malah makin bagus, jerawat lebih cepet kempes.

Ngomong-ngomong soal alkohol, di produk ini kan ada kandungan alkoholnya yah. Menurut kamu, gimana? Menurut aku sih gapapa ya karena produk ini sudah lolos uji BPOM, pihak pabrik pun lebih paham soal formulasi daripada kita, dan tentunya alkohol juga ada yang baik untuk kulit. Kayak di bagian ingredient list, ada 3 jenis alkohol (yang aku tahu) yang udah aku stabiloin warna pink, yaitu Cetearyl AlcoholCetyl Alcohol, dan T-Butyl Alcohol, itu memang udah sering digunakan di berbagai produk untuk kulit.

Cetearyl Alcohol: termasuk golongan alkohol yang aman, berasal dari minyak kelapa sawit. Zat ini berperan untuk memberi tekstur halus pada produk. Tidak memberi efek iritasi, menenangkan kulit, dan bekerja membentuk lapisan minyak dan kelembapan di dalamnya.

Cetyl Alcohol: berasal dari minyak nabati seperti minyak sawit dan kelapa. Berfungsi sebagai zat pemadat yang membantu menjaga agar bahan-bahan dalam produk tidak terpisah. Biasa ditemukan pada kosmetik seperti lipstik.

T-Butyl Alcohol: berfungsi sebagai pelarut sebuah produk.

Selama ini pun aku ngerasa kulitku baik-baik aja menggunakan produk yang ada kandungan alkoholnya ini. Yang paling berasa sih progressnya di jerawatku jadi cepet kempes dan tinggal bekasnya aja. Kalo untuk mudarin bekas jerawat, aku belum bisa mastiin soalnya aku ga ngeliat ada perubahan signifikan di bekas jerawat. Apakah moisturizer ini bisa mengecilkan pori-pori? Hmm, menyamarkan iya, soalnya dia bikin kulit lembap dan halus kan jadi pori-pori jadi keliatan kecil. Untuk efek mengurangi garis halus juga aku belum bisa liat perbedaannya, tapi kalo untuk mencegah.. aku bisa bilang iya. Again, ya karena dia melembapkan itu. Kulit yang lembap akan terhindar dari kekeringan berlanjut yang mengakibatkan munculnya garis halus.


H. Harga

Rp 75.000 di shopee: scarlett_whitening


I. Kesimpulan

Akhirnya aku nyobain produk acne treatment-nya Scarlett dan ternyata aku suka. So far, aku puas sama pengalaman dan progress yang aku rasain selama pemakaian Acne Cream Night ini.

Pros:

+ kemasan kokoh, travel friendly

+ tekstur ringan, mudah diratakan ke kulit

+ bantu jerawat jadi kempes

Cons:

- wangi bunganya cukup kenceng (walau di awal aku agak ngerasa terganggu sama aromanya, tapi lama-kelamaan aku udah bisa mulai cuek dan ga terlalu mempermasalahkan wangi bunganya).


Udahan reviewnya. Buat kamu yang lagi jerawatan dan mau nyobain Acne Cream Night-nya Scarlett, semoga cocok dan lekas sembuh, yaaa! Ada yang lagi pakai moisturizer ini juga?


Baca juga: Review Lacoco En Nature Hydrating Divine Essence, Essence Lokal untuk Mencerahkan, Melembapkan, dan Mencegah Tanda-tanda Penuaan


Referensi

https://journal.sociolla.com/beauty/tak-semua-berbahaya-5-bahan-alkohol-ini-dipercaya-aman-bagi-kulit
https://scarlettwhitening.com/

14 Comments

  1. Akupun pas baca 'aroma bunga' sempet khawatir dan agak sangsi gitu.. tapi kalau jerawat bisa perlahan menghilang sepertinya terbayarkan ya .. tahan-tahanin aja wangi bunganya 😆👍🏻

    BalasHapus
  2. Suka dengan warna ungunya! Kira-kira, cocok buat kulit remaja nggak ya, Mbak?

    BalasHapus
  3. Wuihh menarik ni. Kak ini berarti dipakenya sebagai moisturizer yaa ?

    BalasHapus
  4. bener banget, mbak. waktu awal2, emang kerasa tajam aromanya. tapi lama2 biasa juga. dan ya, memang acne cream ini pasangannya acne serum scarlett.

    BalasHapus
  5. Iya aku juga pakai rangkaian yang seri jerawat nih Scarlett serum, krim malam dan siang, Alhamdulillah membaik jerawatnya hilang.. Lega pisan..

    BalasHapus
  6. Setuju sama Mbak Dian, meski ada alkoholnya kalau udah lolos uji BPOM konsumen jadi merasa lebih aman untuk menggunakannya, hehe.

    BalasHapus
  7. Wangi bunga yang kaya gimana mba? Aku penasaran loh.. tapi menarik ya walaupun ada kandungan alkohol, tergolong cukup aman

    BalasHapus
  8. Works juga yha bund buat jerawat. Penasaran ini wanginya apa, tapi aku tipekal suka skincare yang wangi sih asal jangan wangi kayak Aut4n gitu hahahaa, pusing banget ndus nya :').

    BalasHapus
  9. Wah sampai empties lhoo! Jadi penasaran sama skincare-nya Scarlett!

    BalasHapus
  10. Wih aku jadi mau cobaaa juga wkwkwk coba ini apa yang pink nya yah wkwk

    BalasHapus
  11. Aku pernah coba tp malah breakout, akhirnya lebih cocok pakai yang BEA. Hiks. Nasib kulit sensitif sm acids

    BalasHapus
  12. tekstur gel creamnya menarik yaa, sebagai bucin gel cream kayaknya pengen cobaiiin!

    BalasHapus
  13. Aku fans berat serumnya, tapi blm pernah nyobain creamnya ini. Keliatan teksturnya asik banget yaa, ampuh untuk jerawat pula, jadi pengen..

    BalasHapus