3 Essence ini Aman Digunakan di Kulit Berjerawat

read in English


Secara umum, essence digunakan pada pagi dan malam hari setelah pengaplikasian toner. Kalo toner berfungsi membersihkan sisa-sisa sebum facewash yang sebelumnya dipakai, nah essence ini gunanya untuk mempersiapkan kulit agar secara maksimal menyerap produk-produk skincare selanjutnya. Essence juga memiliki kemampuan untuk melembabkan, melembutkan, dan menyegarkan kulit.


Sebagai mbak mbak yang memiliki wajah gampang jerawatan alias belum pernah tuh yang namanya muka mulus sama sekali nga ada satu pun jerawat nongol, memilih essence memang harus agak hati-hati karena takut bikin muka makin jerawatan. Ya ga cuma essence sih, milih TWS aja sampe 3 bulan bingung mau beli yang mana eh ujung-ujungnya malah beli earphone. Auk amat. Skip. Dari 2017 sampai sekarang, aku baru ngabisin essence dari 3 brand ini: SKII, Wardah, dan Safi. Berikut ulasan dari masing-masing essence yang aman untuk kulit berjerawat.



1. SKII Facial Treatment Essence (FTE)

Apa yang terbayang saat mendengar produk ini? Pitera? Atau air beras? Yaudah kita bahas yang pitera aja lah ya. SKII FTE ini mengandung pitera 90% yang mana memiliki kemampuan untuk mengkondisikan fungsi alami kulit, membantu masalah kulit kusam dan kering, dan membantu kulit tampak lebih cerah alami.

SKII FTE merupakan essence pertama yang aku gunakan saat peralihan dari obat dokter ke skincare yang ada di pasaran. Awalnya sih beli yang share in jar 30ml dulu karena kuatir ga cocok dan takut bikin muka makin break out, tapi aku ga menyarankan kalian untuk beli share in jar yah. Kalo bisa beli full size, mending beli yang full size. Nah, essence ini aku gunakan untuk ngompres jerawat gede-gede di muka pada malam hari. Ada kali tuh sampe 4-5 kapas nempel di muka karena saking banyaknya jerawat hihihi. Pagi harinya, ada jerawat yang langsung reda, ada yang butuh beberapa malam dikompres baru bisa kempes. Menurutku FTE ini lumayan efektif untuk meredam calon jerawat (tau kan yang empuk-empuk warna merah di muka kalo dipegang sakit?) alias besok paginya ilang aja gitu gajadi timbul jerawat. Efek lain di kulit sih bikin kulit lebih kenyal dan halus.

Merasa cocok menggunakan SKII FTE, sekitar tahun 2018 akhir aku baru repurchase yang full size karena muka udah ga karuan bentuknya.


2. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

https://www.wardahbeauty.com/

Salah satu komposisi dalam essence ini adalah Niacinamide, kandungan yang dapat mencerahkan kulit secara optimal. Selain itu, Niacinamide juga dapat meredakan jerawat tanpa membuat kulit menjadi kering. Yang aku rasakan saat memakai essence ini adalah kulit jadi lebih kenyal, lembut, halus banget, beda aja rasanya kalo lagi pake essence atau ga. Sayangnya, efek mencerahkan belum terasa di kulit aku. Mungkin karena saat itu aku sedang tinggal di daerah yang super panas dan aku yang kurang bisa beradaptasi sama kondisi air di sana yang mengakibatkan kulitku terlihat makin kusam dari waktu ke waktu. Kalau aku pakainya sekarang (sekarang udah balik ke habitat semula btw) bisa jadi efek mencerahkannya lebih keliatan.


3. Safi Age Defy Gold Water Essence

Gatau kenapa kayak udah ketanam banget di kepala aku kalo emas tuh ga pernah salah. Mungkin ini sugesti dari nilai emas yang selalu stabil dari waktu ke waktu, hiyaa. Kaitannya essence emas dengan aman dipake di kulit berjerawat adalah kemampuan emas yang dapat membantu proses regenerasi sel kulit. Ketika kulit beregenerasi dengan baik, maka segala permasalahan di kulit seperti jerawat, noda hitam, garis halus, perlahan akan pudar dan berganti menjadi sel kulit baru yang lebih muda dan sehat. Selain itu didukung dengan silk protein yang mampu mempercepat metabolisme kulit dan menyembuhkan kerusakan di kulit. Sampai saat ini aku udah ngabisin 2 atau 3 botol (lupa tepatnya berapa) Safi Age Defy Gold Water Essence. Teksturnya yang agak lengket ini bisa dijadikan sebagai primer make-up agar dandanan lebih nempel dan tahan lama. Review lengkap ada di https://www.radiani-kulsum.com/2020/05/review-some-by-mi-snail-truecica.html.

Itu dia 3 produk essence yang aku pakai di kulitku yang berjerawat sejak tahun 2017. Kamu ada referensi essence apa aja nih yang aman untuk kulit acne-prone?

2 Comments

  1. Pengen cobain SKII tapi banyak juga reviewnya yang bilang essence mereka overrated xD

    BalasHapus