Mandi Pakai Rintik Skincare - Shower Oil, Produk Perawatan untuk Si Kulit Kering [Review]

Memiliki kulit badan yang kering terlebih kaki -- yang saking keringnya kadang suka gatal dan saat digaruk malah jadi bersisik -- tuh rasanya risiiih. Aku sempat berpikir apakah kulitku yang kering sampai berkerut ini disebabkan oleh keadaan fisik aku yang terlalu kurus dan harus gemukin badan dulu biar kulitnya melar? Hahaha. Untuk urusan volume badan skip dulu, daripada pusing mikirin itu aku atasi keadaan kulitku dengan menggunakan produk perawatan dari luar.

Berbagai macam cara sudah aku lakukan untuk membuat tekstur kulit terasa lebih halus, mulai dari pakai aloe vera setelah mandi, pakai body lotion setelah mandi pas kulit belum sepenuhnya kering, pakai minyak zaitun, sampai nemplokin produk skincare muka kayak toner eksfoliasi, toner hidrasi, dan face oil sebelum lanjut pakai lotion. Manjur? Manjur. Tapi efeknya kurang berkelanjutan seperti yang aku inginkan. Mungkin durasi pemakaiannya kurang lama dan butuh waktu berbulan-bulan supaya kulit tangan apalagi kakiku bisa beneran mulus.

Atau mungkin, aku harus mulai menggunakan sabun mandi yang tepat untuk merawat kulitku yang kering sebelum lanjut pakai body lotion?

Perawatan Kulit Kering Dimulai saat Mandi

Aku akui memang penggunaan body wash tertentu bikin kulitku makin kering. Kalau ga diimbangi sama pemakaian body lotion beserta kawan-kawannya seperti yang aku sebutin di atas, kulit akan lebih mudah terasa gatal.

Kalaupun sudah menggunakan sabun mandi yang klaimnya ga bikin kulit kering tapi kok di kulitku masih terasa kering karena pada dasarnya kulitku udah kering, mungkin aku perlu menggunakan shower oil sebagai alternatif body wash.

Rintik Skincare - Shower Oil

Shower oil, pada dasarnya, memiliki fungsi yang sama seperti sabun mandi. Hanya saja, shower oil memiliki efek samping yang lebih sedikit seperti tidak meninggalkan residu pada kulit dan membuat kulit terasa lebih halus, lembut, dan terhidrasi. Nah, produk yang saat ini sedang aku gunakan adalah Shower Oil dari Rintik Skincare.


Rintik Skincare - Shower Oil

Ga usah khawatir kulit jadi kering setelah mandi, Shower Oil dari Rintik Skincare hadir tanpa kandungan SLS sehingga tidak menghasilkan banyak busa yang mengakibatkan kulit kering kita semakin jadi.

Apa itu SLS?

SLS (Sodium lauryl sulfate) adalah salah satu jenis bahan kimia yang bersifat abrasif, dia menurunkan tegangan permukaan air sehingga kotoran dan minyak yang ada di tubuh kita lebih mudah diangkat dan dibersihkan. SLS juga berfungsi sebagai penghasil busa pada produk-produk tertentu.

Lalu apa saja dampak buruk SLS?

Kulit kita sebenarnya sudah dirancang untuk mencegah bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak permukaannya. Namun, cara kerja SLS ini mampu merusak lapisan pelindung kulit. Nah, apabila kulit terlalu intens terpapar SLS, bisa muncul efek samping seperti iritasi, gatal, kemerahan, mengelupas, dan nyeri.

Terlebih untuk kulit yang sudah sangat kering dan supaya tidak memperparah keadaan, akan lebih baik jika kita menggunakan produk mandi yang melembapkan seperti shower oil.

Shower Oil dapat membersihkan kulit dari kotoran tanpa meninggalkan kesan kering pada kulit, melembapkan, menenangkan, dan formula alaminya yang menutrisi kulit, memperkuat skin-barrier, dan melindungi kulit dari iritasi. Produk ini didedikasikan untuk kulit normal to dry, tapi kamu yang pengen punya kulit lebih lembap juga bisa ikut nyobain! Dan yang paling bikin menarik dari Shower Oil ini adalah aromanya yang dapat meningkatkan gairah seksual (untuk diri sendiri dan orang terdekat). Wanna try?

Rintik Skincare - Shower Oil

Hadir dalam kemasan botol transparan yang dibalut dengan stiker putih dan warna font yang selaras dengan warna teksturnya, produk ini memberi kesan simpel, damai, dan tenang. Kemasan Shower Oil juga dilengkapi dengan tutup yang bisa di-flip di bagian samping.

Rintik Skincare - Shower Oil

Yang aku suka dari packaging-nya adalah mungil, mudah digenggam, tapi untuk ukuran shower oil yang hanya 100ml ini bakal cepat habis aku pakai mandi.

Oyah, Rintik Skincare sendiri merupakan brand perawatan kulit asal Indonesia. Selain Shower Oil, Rintik juga menyediakan produk skincare untuk jerawat dan anti-aging. Btw, nama Rintik nih vibe-nya indie banget, yah. Hihi.


Tekstur, Warna, dan Aroma


  • Tekstur: kental, runny, lembut, ringan, dan tidak lengket. Saat dibalurkan ke kulit tetap terasa lembut dan sedikit berbusa.
  • Warna: putih kekuningan, ada sedikit campuran warna hitamnya. Saat diusapkan ke kulit, warnanya berubah menjadi putih susu.
  • Aroma: sangat relaxing dan sensual dengan kearifan lokal Indonesia. Wangi seperti ini diperoleh dari Ylang Ylang essential oil yang berasal dari bunga kenanga. Minyak Ylang Ylang sering digunakan sebagai Top Note parfum Chanel No 5, loh!


Klaim Produk

  • Terbuat dari bahan-bahan dasar alami
  • Tidak mengandung SLS, sehingga tidak menghasilkan busa banyak saat digunakan
  • Sudah memiliki izin BPOM: NA18210701473
  • Aman dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit


Kandungan Produk

Kandungan Utama:

  1. Almond oil: mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin D, asam oleat, dan asam linoleat yang bermanfaat untuk merawat, meremajakan, dan mencerahkan kulit. Almond oil memiliki efek emolien yang dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulit terasa lembap sepanjang hari.
  2. Sunflower oil: kaya akan asam lemak, omega-6 dan vitamin E yang dapat meredakan kemerahan, iritasi, dan dapat menghaluskan kulit.
  3. Grape seed oil: di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada kulit.
  4. Bergamot oil: berperan sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi untuk kulit
  5. Cananga/Ylang Ylang: membantu mencerahkan kulit dan sebagai aromatherapy (good essential oil for sexual stimulation)

Kandungan Lengkap:

Sweet Almond (Prunus Amygdalus Dulcis) Oil, PEG-8 Caprylic/Capric Glycerides, Glyceryl Caprylate/Caprate, Sunflower (Helianthus Annuus) Seed Oil, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Fragrance, Tocopheryl Acetate, BHT, Tocopherol, Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, Cananga Odorata Flower Oil.


Cara Pemakaian

Ada dua macam cara pemakaian shower oil ini,

1. Sebagai pengganti body wash

Jadi mandinya pakai shower oil ini aja, ga perlu pakai sabun mandi lagi. Cara pakainya tinggal teteskan shower oil ke tangan, kalau aku biasanya 2 tetes (agak banyak sih) udah cukup. Usapkan ke seluruh badan, diamkan sebentar, lalu bilas dengan air.

2. Sebagai pelengkap body wash

Kalau ini pakai shower oil-nya setelah pakai body wash, kayak pakai conditioner setelah shampoo gitu guys. Setelah pakai sabun mandi kesayangan kamu, bisa langsung lanjut pakai shower oil, yah!


Review

Pas mau mandi pakai shower oil ini, aku ngebayangin dia bakal lengket atau "klinyit-klinyit" gitu di kulit kayak pakai minyak zaitun. Ternyata engga, hehe. Memang pas dibilas pakai air tuh masih ada kayak titik-titik minyak yang ga bisa kebasuh sama air, kebayang kan? Tapi ga lengket.

Dari dua cara pemakaian yang sudah kupaparkan di atas, aku lebih sering pakai shower oil ini sebagai pengganti body wash. Yang aku rasakan saat shower oil mulai kena kulit tuh ada sensasi hangatnya dikiit, terasa licin ketika diusapkan ke seluruh kulit. Wanginya itu loh nenangin banget, ngingetin aku sama suasana spa. Setelah mandi menggunakan shower oil, kulitku jadi lebih lembut, lembap, halus, rasanya kayak abis pakai campuran olive oil sama body serum. Kurang lebih seperti itu.

Selama pemakaian, kulit kakiku yang tadinya suka gatel tiba-tiba, sekarang udah mulai jarang. Aku pernah pause pemakaian shower oil ini karena pas mandi lupa bawa produknya (ketinggalan di ruang depan abis difoto, wkwk) trus aku lanjut pakai sabun mandi biasa, nah itu mulai berasa tuh gatelnya di betis.

Shower Oil bisa dipakai berapa kali sehari?

Tergantung kebutuhan. Karena aku punya kulit kaki yang super kering, jadi aku pakainya dua kali sehari. Soalnya aku pernah pakai shower oil ini cuma pas mandi pagi, mandi sore/malemnya cuma pakai air aja (karena tujuan utamaku mandi adalah biar seger, hehe), yang aku rasain tuh kadang kaki berasa clekit-clekit minta digaruk. Jadi buat yang punya kulit kelewat kering sampai gatel, lebih baik pakai dua kali sehari.

Dipakai sebagai pengganti sabun VS dipakai sebagai pelengkap sabun

Dua-duanya tetap bagus, tetap melembapkan kulit, wangi shower oil-nya juga sama-sama tahan lama. Efek setelah pemakaiannya juga sama. Jadi tergantung kondisi kulit aja, kalau badan lagi berasa kotor dan keringetan banget bisa pakai body wash dulu baru nanti lanjut pakai shower oil. Untuk hasil maksimal, jangan lupa pakai body lotion setelahnya.

Wanginya beneran tahan lama?

Bener. Aku pernah mandi jam 10 pagi, jam 8 malem wanginya masih cukup nempel di kulit terutama di bagian lengan.


Beli di Mana?

Kamu bisa dapetin Shower Oil ini di Shopee: rintik_skincare seharga Rp 149.000. Atau kalau mau tau lebih lanjut tentang Rintik Skincare, bisa kepoin akun instagram dan websitenya, yah!


Pros and Cons

Pros:

  • Kemasan mungil, mudah dibawa-bawa, ga gampang tumpah
  • Wanginya nenangin bangeet
  • Wanginya tahan lama
  • Nolong banget buat kulit kering
  • Mengurangi efek gatal pada kulit kering

Cons:

  • Untuk ukuran 100ml kalau dipakai dua kali sehari yang bakal cepat habis dan harganya di atas 100k, sepertinya jadi pricey yaah :") Tapi gapapa, balik lagi ke manfaatnya yang sangat membantu mengurangi gatal pada kulitku, menurutku dia worth to have dengan harga segitu.


Jadi gimana, para pemilik kulit kering, berminat untuk nyobain Shower Oil-nya Rintik Skincare? Treat your body, reward yourself!

25 Comments

  1. kandungan oilnya mantep banget pantes aja oke buat kulit kering ya

    BalasHapus
  2. Wah pantes aja ok buat kulit kering yaa, aku takut greasy euy pKenya

    BalasHapus
  3. pas banget nih kulit aku lagi kering juga, mau cobain ini juga aaah, semoga kulit jadi lembab hihi

    BalasHapus
  4. Busanya lumayan yaa, tapi ini pasti beneran lembabin sih. Aku belom pernah nyoba body wash bentuk oil jadi nambah insight ^^

    BalasHapus
  5. Kulit badan aku juga kering kusam juga, harga nya lumayan pricey ya, tapi mesti dicobain sesekali nih shower oil ini

    BalasHapus
  6. Unik bgt yaa aku so far blm pernah nyoba shower oil nih boleh bgt dicoba

    BalasHapus
  7. Aku udah pakai ini, asli melembabkan banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau re-purchase ah, walau agak pricey hehe

      Hapus
  8. wah ku pikir harganya ramah kantong ternyata mayan juga yah. mau coba juga soalnya hehe, kayanya enak kalau bikin kulit badan lebih moist soalnya kulit badan sama muka ku bertolak belakang huhu

    BalasHapus
  9. Harga gak menipu ya, aku naksir cuma harganya lumayan ya, pakjngan ini aku pake seminggu 1-2x. After dibilas, keringin badan dia feels nya kayak membentuk lapisan 'minyak' - yang lembap (Emolien- Oklusif) gitu gak, bund?

    BalasHapus
  10. Meskipun kulit wajahku cenderung berminyak tapi aku punya kulit badan yang kering, apalagi bagian kaki kadang sampai bersisik, kayaknya bisa coba pakai produk ini 😍

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada shower oil, belum pernah cobain mandi pakai shower oil..menarikkk ^^

    BalasHapus
  12. unik banget sabun bahan dasarnya oil gini. kulit badanku jg tipe kering gitu. penasaran sama aromanya krn aku suka wanginya Chanel No. 5 :D

    BalasHapus
  13. Saya juga pakai ini sudah habis 2 botol hehe lumayan jadi fav banget karena teksturnya bagus

    BalasHapus
  14. Gemoy banged yaa namanya Rintik, berasa puitis gtu. Kebetulan kulit badan aq kering nich, thnx yuu rekomendasinya

    BalasHapus
  15. Wah namanya bagus ya. Tapi koq harganya lumayan banget kalau cepat habis

    BalasHapus
  16. Ah ternyata dia tuh bisa untuk body wash ya. Kupikir hanya body oil biasa, sempet maju mundur mau cobaa

    BalasHapus
  17. Suka banget body care yang fokusnya untuk melembabkan kulit, cocok kayaknya buat kulitku ^^

    BalasHapus
  18. wah belum pernah nih cobain showel oil, biasa cukup body wash aja untuk pemakaian di badan saat mandi. kulitku kering, cari produk yang bisa melembabkan :D

    BalasHapus
  19. Pengen nyobain deh karena ada bagian kulitku yang kering banget dah..

    BalasHapus
  20. mauuuuu nyoba ah. review nya udah cukup jelas mba... penasaran sama baunya kayak gimana. secara aku orangnya bosenan banget sama sabun mandi hehehehe.... thank you for sharing mbaaa, nice post

    BalasHapus
  21. Aduh menurutku juga ini produk pricey, tapi kalau alu lagi males mandi mungkin bisa lah ya. Tapi aku biasanya harga segitu lebih lari ke skincare wajah~

    BalasHapus
  22. Iya kulit kalau terlalu kering jadinya gatal ya makanya sering olesi body lotion tapi ternyata ada sabun mandi yang bikin kulit makin kering kalau salah pilih huhu pilu...

    BalasHapus
  23. Siiip, jadi referensi kami yang suka coba-ganti berbagai merk sabun mandi. Thanks ya...

    BalasHapus
  24. wah keren bisa buat body wash ya, auto check out nih~

    BalasHapus