Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat [Review]

Local product again! Yay!

Di beberapa postingan yang lalu aku sempet ngebahas berbagai produk skincare buatan asli Indonesia, ada yang dari Bali, dari Bandung, nah kali ini ada produk skincare alami anti jerawat asal Nusa Tenggara Barat (NTB)! Seru juga ya kalo tiap wilayah di Indonesia punya produksi skincare sendiri. Nama brand skincare-nya adalah Organic Lombok. Jujur, pertama kali baca merk ini kukira racikan skincare dari lombok (cabe), udah sampe mikir keras banget ini cabe bisa bikin kulit jadi gimana, ya? Pas aku baca lebih detail dan buka websitenya, oh ternyata skincare organik buatan asli Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

Tentang Organic Lombok

Organic Lombok merupakan pioneer industri skincare yang ada di NTB, khususnya Pulau Lombok. Produk-produknya terbuat dari bahan-bahan dengan formula yang aman digunakan untuk siapa saja yang menggunakannya karena terbuat dari plant based ingredients. Organic Lombok juga memberikan social impact karena menggunakan bahan baku yang berasal langsung dari para petani lokal serta berkomitmen untuk menjaga bumi dengan menggunakan kemasan eco friendly dan mengadakan program recycle.

Yang menarik saat lagi unboxing paket dari Organic Lombok ini adalah aku dapet eco friendly  bag made from cassava starch! Keuntungan bioplastik yang terbuat dari tepung singkong ini adalah dia bisa rusak selama beberapa bulan di darat, di laut, atau langsung di dalam air panas. Plastik ini tidak beracun, sehingga apabila terbuang di laut tidak akan berbahaya bagi hewan laut (eh tapi tetep buang sampahnya di tempat sampah yaa, jangan buang sampah sembarangan :D).

Organic Lombok Spirusea Skincare Alami Anti Jerawat


Ini penampakan plastiknya, berwarna hijau pastel, teskturnya lembut dan lemes bangeet. Oyah, waktu aku beli Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed dapet free Sabun Badan dan Tangan dari Organic Lombok dengan Ekstrak Daun Sirih, hihi, senengnya.

Organic Lombok memiliki dua produk utamanya yaitu Spiruvita (superfood) dan Spirusea (skincare alami anti jerawat yang memiliki banyak sekali keunggulan). Berikut penjelasannya.

1. Spiruvita: superfood anti jerawat dengan kandungan 100% spirulina yang mampu mengatasi jerawat dari dalam.

2. Spirusea: skincare alami anti jerawat dengan sejumlah varian produk yang mampu mengatasi masalah jerawat dari luar.


Baca juga: Inner Peace, Pancarkan Aura Cantik Wanita yang Sesungguhnya


Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed

Produk Organic Lombok yang akan aku review adalah Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, dia ini sabun batang yang mampu mengatasi masalah jerawat dari luar. Kita bahas dari kemasannya dulu, yah.


A. Kemasan

Sabun batang ini dikemas dalam jar aluminium berwarna abu-abu, beratnya 50 gram. Ukurannya kecil, ringan, nyaman digenggam, dan mudah dibawa ke mana-mana. Di bagian depan  kemasan, terdapat informasi nama brand Organic Lombok (bagian bawah), nama produk, klaim produk, berat produk, dan informasi BPOM NA 18200500050.

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

Sementara di bagian belakang ada keterangan komposisi, cara penggunaan, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, akun sosial media Organic Lombok, dan lokasi produksinya.

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

Beginilah penampakan produknya ketika pertama kali dibuka.

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

Cara buka kemasannya tinggal putar tutup kemasan ke arah kiri ya, gais.


Baca juga: Mandi Pakai Shower Puff, Boleh Ga Sih?


B. Tekstur, Warna, dan Aroma

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

Tekstur: waktu masih baru dibuka, dia keliatan sabun batang yang padat dan berbentuk seperti tabung pipih. Waktu dipegang, agak empuk sih kayak malam.. umm, maksudnya slime. Pas udah sering dipake, dia jadi agak lembek gitu.

Warna: abu-abu charcoal

Aroma: seger, khas sabun batang. Tapi aromanya ga terlalu nempel di badan setelah mandi.


C. Klaim Produk

1. Membantu melembapkan kulit

2. Membantu membersihkan pori-pori

3. Membantu mengangkat sel kulit mati

4. Membantu membasmi komedo hitam

5. Membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit

6. Menutrisi kulit dengan kandungan vitamin alami yang dimiliki oleh seaweed dan charcoal

7. Mendetoksifikasi racun pada kulit yang terpapar bahan kimia makeup dan polusi udara


D. Kandungan Produk

Hero Ingredients:

1. Seaweed

Memberantas jerawat, meremajakan kullit, mengelupas sel kulit mati, menghaluskan kulit wajah, mendetoks kulit.

2. Charcoal

Mendetoksifikasi kulit dari bahan kimia makeup dan polusi udara yang dapat meningkatkan sebum (sebum adalah zat minyak yang berwarna kekuningan, dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Kalau kulit kita mengandung terlalu banyak sebum akan mudah muncul komedo dan jerawat), membersihkan pori-pori, mengobati jerawat, menyerap kelebihan minyak, menghilangkan komedo, dan melembutkan kulit.


Full Ingredients:

Vco, Aqua, Olive Oil, Sodium Hydroxide, Canola oil, Sunflower oil, Ricinus communis oil, Butyrospermum parkii (shea butter), Sandalwood Essential oil, Charcoal Powder, Euchema spinosum extract.

Bahan-bahan yang digunakan adalah Plant Based Anti Acne Skincare.


E. Sasaran Konsumen

Organic Lombok Natural Face Bar Charcoal + Seaweed dapat digunakan untuk kulit berminyak.


F. Cara Pemakaian

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat


Cara pakainya:

1. Basahi sabun dengan air

2. Gosok sabun ke tangan hingga berbusa

3. Usapkan busa sabun ke wajah dengan gerakan memijat perlahan

4. Bilas sabun


G. Review

Untuk teksturnya, aku berharap dia bakal tetep padet gitu biarpun udah berkali-kali dipakai tapi lama kelamaan jadi agak lembek dan sedikit lengket ke tempat sabunnya.

Feel of use: Denger kata charcoal, yang ada di pikiranku setelah cuci muka pakai face wash ini mukaku bakal jadi kering dan ketarik. Ternyata engga, syukurlah. Memang jadi keliatan bersih tapi ga ada feeling ketarik. Ga ada rasa kering juga alias biasa aja. Tapi yang namanya setelah cuci muka pakai sabun ya abis itu kudu pakai rangkaian skincare selanjutnya, minimal toner yang mampu menghidrasi kulit. 

Ini progress yang ada di kulitku dari tanggal 28 Maret sampai 20 April 2021.

Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed, Skincare Alami Anti Jerawat

28 Maret 2021 itu kondisi 3 hari setelah pemakaian Organic Lombok Spirusea Natural Face Bar Charcoal + Seaweed. Di 20 April 2021, jerawat udah ilang tinggal bekas-bekasnya aja.

Aku pakai face wash ini dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum pakai toner.

Efek brightening-nya gimana? Kalau di foto ga begitu keliatan ya karena ada perbedaan cahaya saat foto. Aslinya sih aku merasa kultiku lebih bersih aja, nggak yang langsung cerah glowing gitu selama pemakaian tiga minggu, soalnya.. aku sering begadang T_T. Jadi misalkan ada efek brighteningnya pun, kayanya kepental :) Seengaknya kulitku ga makin kusam sih biarpun suka begadang.

Untuk produksi minyak di kulitku juga lebih terkontrol. Terkontrol loh ya, bukan ilang. Mukaku tetep berminyak sewajarnya. Trus blackhead juga udah jarang banget muncul, kalo whiteheads sih kemarin sempet muncul dua kali karena akunya juga beberapa hari skip skincare-an hehehe jangan ditiru, ya.


Baca juga: Review Emina Bare with Me Mineral Cushion Shade 02 Natural Dewy Matte Finish, Cushion Pertamaku yang Teksturnya Ringan Banget!


H. Harga

Rp 45.000 di website resminya Organic Lombok. Tapi waktu itu aku belinya di shopee: organiklombok.semarang (harganya sama) karena deket dan biar nyampe rumaah, ga sabar mau make :D.


I. Kesimpulan

Untuk kemasan aku suka karena simpel, bentuk sabun batangnya juga mungil, teksturnya aku harap dia bisa stay in shape alias tetep padet. Aromanya aku suka karena seger. Dan yang penting, sabun ini bisa bantu aku buat ngatasin jerawat. Sampe sekarang sabunnya tinggal dikit dan aku masih mau lanjut pakai sabunnya sampe abis. 


Referensi

https://organiclombok.com/

3 Comments

  1. Yaampun, Mbak Diaaaaan. Ngakak, aku 🤣. Kok bisa kepikirannya ke lombok yang cabe sih 🙈. Kalau aku jujur, gak kepikiran sampai sejauh itu. 🤣🤣🤣

    Btw untuk ukuran sabun batangan, sabun wajah ini kemasannya kece banget dong, Mbak. Pake jar aluminium gitu. Dan kemasan kayak gini gampang banget buat di-reuse. Gak kayak kalau kemasannya plastik atau kertas, pasti langsung dibuang deh. 🤭

    BalasHapus
  2. Dikemas pakai tempat lagi buat sabun model batangan bagus banget biar ngga keliatan jorok hehehe. Lombok = cabe hahaha.

    BalasHapus