5 Langkah Mudah untuk Perawatan Rambut Rusak, Bisa Dilakuin Sendiri di Rumah Aja!

Salah satu alasan aku jadi addict sama produk skincare tuh biar pas tua nanti kulit aku tetep keliatan bagus, syukur-syukur masih keliatan kayak remaja, hehe. Soalnya duluu banget waktu jerawatan parah 11 tahun lalu bikin kulit aku jadi keliatan lebih tua dari usia asli, baru 20 tahun udah keliatan kayak 30. Kehadiran jerawat yang bertubi-tubi menyebabkan pori-pori terlihat sangat besar, kondisi kulit yang selalu berminyak, kusam, ada bopeng, dan tekstur kulit terlihat turun juga kasar. Sejak saat itu mulai deh keranjingan skincare anti aging sampai sekarang. Saking cintanya sama skincare sampe dikontenin hahaha.

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Ga Hanya Kulit, Rambut Juga Bisa Menua

Terlalu fokus ngurusin skincare, aku sampe ga ngeh kalau ternyata ga hanya kulit yang bisa mengalami penuaan. Rambut juga bisa menua!

Apa itu Rambut Menua?

Rambut menua atau penuaan pada rambut adalah kondisi di mana terjadinya perubahan pada struktur rambut yang membuat kondisi rambut menjadi kering dan mudah patah. Rambut yang menua tidak hanya dialami oleh wanita dewasa usia 40 tahun ke atas tetapi juga oleh wanita usia muda 20-an tahun. Sayangnya, banyak wanita yang tidak sadar kondisi rambutnya mengalami penuaan, termasuk aku sebelum nyari tau soal ini :").

Ciri-ciri Rambut Menua

Selain dua ciri umum di atas yang paling sering kita temui saat rambut sudah mengalami penuaan, ternyata ada lagi tanda-tanda rambut menua, di antaranya:

1. Tekstur Rambut yang Kering

Rambut terasa kering disebabkan oleh produksi minyak alami yang lebih sedikit. Minyak alami kepala berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut.

2. Frizzy Hair

Adalah kondisi di mana rambut lebih mengembang, kering, kaku, dan banyak helai rambut melayang. Penyebabnya adalah kurangnya tingkat kelembapan rambut,

3. Rambut Terlihat Kusam

Atau sering disebut rambut tidak berkilau yang bisa disebabkan oleh berkurangnya minyak alami kepala, penggunaan produk yang tidak cocok, atau paparan panas dari alat styling rambut.

4. Rambut Patah

Udah bukan rontok lagi, tapi batang rambut patah. Pernah mengalami ini? Aku pernah, wkwk. Hal ini disebabkan karena batang rambut yang melemah, bisa karena faktor dehidrasi atau terkena panas alat pencatok rambut.

Trus gimana caranya biar rambut kita ga menua? Seiring bertambahnya usia, penuaan akan terjadi secara alami mau enggak mau. Yang bisa kita fokuskan adalah gimana caranya biar rambut kita ga mengalami penuaan dini atau tua sebelum saatnya. Sebelum membahas ke arah sana, ada baiknya kita perlu tahu dulu penyebab rambut bisa mengalami penuaan dini secara umum. Berikut faktor-faktor pemicu penuaan pada rambut yang beberapa di antaranya sering aku lakukan haha.

 

Penyebab Rambut Mengalami Penuaan

1. Memakai sisir plastik

Punya beberapa sisir tapi kalau asal ambil kadang yang keambil sisir plastik, haha. Sisir yang terbuat dari plastik itu kan keras, dia bisa mengganggu peredaran sirkulasi darah dan merusak pembuluh darah di kepala.

2. Keramas setiap hari

Kamu baru bisa mikir jernih kalau kepala dalam keadaan dingin? Sama dong, hihi. Bukan hanya kepala dingin yang berarti tenang tapi juga literally kepala dingin sehabis keramas. Jadi aku keramasnya bisa setiap hari atau sampai 2-3x sehari pas cuaca panas ekstrem kemarin. Ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan hilangnya minyak di kulit kepala sehingga rambut terasa kering. Emang iya sih rambut aku teksturnya cenderung kering :(.

3. Mengikat Rambut

Akutuh kalau nguncir rambut kadang suka kekencengan biar ga gampang mlorot-mlorot. Tapi kamu ga perlu ikutan yah soalnya kalo ngikat rambut terlalu kenceng itu ngasih banyak tekanan di folikel rambut sehingga bisa mengganggu ketahanannya. Efek lainnya malah bisa bikin cepet ubanan :")

4. Makan Sembarangan

Mengonsumsi makanan dengan kadar gula berlebih, fast food, makanan tinggi lemak, dan minuman bersoda dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok.

5. Catokan Rambut

Biarpun pakai hijab tapi kalau di rumah aku suka catokan rambut biar moodnya naik soalnya rambut keliatan lebih rapi, ga ngembang banget, dan jadi keliatan lebih cakepan aja akutuuu. Sayangnya, kalau keseringan catokan bikin rambut rusak soalnya kan kepapar sama panas alat pencatok rambut. Berasa banget sih pernah rambut aku jadi kering dan kasar karena catokan setiap hari jadi aku perlu stop dulu 1-2 minggu.

6. Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar ultraviolet dapat memecah lipid (molekul lemak yang diproduksi secara alami di akar rambut) di lapisan luar dari helai rambut. Penguraian lipid ini juga bisa melemahkan kutikula yang berperan untuk melindungi rambut dari kerusakan. Keratin yang berfungsi menjaga rambut tetap sehat dan berkilau juga terganggu oleh sinar UV. Akibatnya, rambut rentan mengalami kekeringan, kerapuhan, dan kerusakan yang membuat rambut terlihat lebih tipis, rata, dan kusut.


Solusi untuk Rambut yang Mengalami Penuaan

Kalau rambut kita sudah terlanjur mengalami penuaan, berikut beberapa cara yang bisa kita aplikasikan.

1. Memakai Sisir Berbahan Lembut

Gunakan sisir yang memiliki bahan lembut (bukan plastik) supaya tidak memperparah kondisi rambut yang menua. Dengan begitu, peredaran sirkulasi darah di kepala tidak terganggu dan tidak merusak pembuluh darah di kepala.

2. Kurangi Intensitas Keramas

Intensitas keramas yang terlalu sering alias setiap hari bisa menyebabkan rambut menjadi kering. Lebih baik keramas 2-3x seminggu dan gunakan shampoo dan kondisioner yang tidak mengandung SLS supaya rambut tidak semakin kering.

3. Boleh Mengikat Rambut, Tapi..

Tapi jangan terlalu sering. Kalau memang perlu diikat karena gerah atau saat mengenakan hijab, usahakan ikatanya tidak terlalu kencang.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Lupakan sejenak soal fastfood, makanan dengan gula berlebih, dan sarat akan lemak. Mari beralih (cie~) ke makanan yang lebih bernutrisi seperti ikan salmon, bayam, kacang-kacangan, yoghurt, juga buah-buahan demi menuju rambut sehat kembali.

5. Gunakan Vitamin Rambut

Pilih vitamin rambut yang mengandung Moroccan Oil atau Argan Oil untuk memperbaiki rambut yang rusak supaya rambut lebih berkilau, sehat, dan kuat. Selain itu, pilih juga produk yang mengandung antioksidan untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet. Jangan lupa kalau bisa yang ada heat protectionnya juga yang digunakan sebelum menggunakan alat styling rambut.

Karena aku merasa rambutku juga mengalami penuaan dengan ciri-ciri tekstur rambut yang cenderung kasar, banyak helai rambut beterbangan, kusam, dan terkadang juga patah, jadi setelah keramas aku pakai vitamin rambut yang dapat mengatasi permasalahan rambutku ini. Aku pakai Ellips Hair Vitamin yang warna pink untuk perawatan rambut rusak.   

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Dia mengandung UV & heat protection yang melindungi rambut dari panas matahari & alat styling sehingga dapat merawat, menutrisi, dan melindungi rambut yang rusak akibat proses kimiawi (pengeritingan dan pelurusan), membuat rambut lebih mudah diatur juga tampak lebih sehat dan bercahaya.

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Ellips Hair Vitamin warna pink ini memiliki tekstur yang kental, pekat, kenyal seperti jelly dan tidak berwarna alias transparan. Setelah diaplikasikan pada batang rambut, feel yang tersisa di telapak tangan terasa halus. Aromanya khas wangi oil flower yang lembut dan sangat feminine.

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak 

 

Cara Memakai Ellips Hair Vitamin

Vitamin rambut dari Ellips ini digunakan setelah keramas saat rambut kita sudah setengah kering. Lebih baik ngeringinnya manual tanpa hair dryer yaa biar ga terkena paparan panas dari hair styling tool apapun dulu. Dipakainya di area batang rambut ajaa, jangan sampai di kulit kepala. Ga perlu dibilas.

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

Dipakainya berapa hari sekali? Menurutku, intensitas pemakaian hair vitamin ini tergantung kondisi rambut. Silakan gunakan setiap hari kalau memang tekstur rambut sangat kering sampai rambut terasa halus. Dalam keadaan rambut yang ga kering-kering banget tapi halus juga engga, untuk pemakaian 2x seminggu secara rutin aja udah bisa keliatan efeknya. Rambut aku jadi lebih halus, ringan, dan kalau dicatok tuh jadi haluus dan lembap (lembap rambut yah hehe).

Ga keramas tapi mau pakai ini, boleh engga? Lebih baik engga soalnya rentan rambut jadi lepek, hihi. Jadi perlu keramas duluu.

Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak
Ellips Hair Vitamin Perawatan Rambut Rusak

By the way, aku sudah lama menggunakan Ellips Hair Vitamin ini sejak awal tahun 2012 (waduu hampir 12 tahun lamanya) karena bikin rambut aku keliatan lebih lemes, halus, dan lembut. Sekarang, misi aku nambah lagi~ ga hanya pengen kulit awet muda tetapi juga rambut tetep awet muda. Kamu juga, kan? ;)


Sources

https://better-notyounger.com/blogs/the-better-blog/7-signs-you-have-sun-damaged-hair

39 Comments

  1. Vitamin rambut legend praktis juga gak perlu takut kebanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul apalagi harganya terjangkau dan ada di minimarket2

      Hapus
    2. iya bener ini tinggal pake 1 kapsul, udah ditakarin <3

      Hapus
    3. iyaaa ada di indomaret jugaa hihi

      Hapus
  2. aku juga pake Ellips bebs, aslinya enakeun kalau pake ini abis keramas tuh

    BalasHapus
  3. Vitamin rambut yang udah aku pake dr zaman esmpeh🥹

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai ellips tapi yang warna hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu satu-satunya varian ellips yang belum aku coba. bikin rambut lebih shiny gitu ya?

      Hapus
  5. Aku juga pakai ellips tapi yang warna hitam

    BalasHapus
  6. Ellips emang juara nya hair vitamin ya, dari dulu udah legend banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. legend banget asliii. aku juga pake parfum rambutnyaa

      Hapus
  7. Aku butuh ini nih, makasih tips nya Kak. Btw foto pertama bagus banget!

    BalasHapus
  8. Biar rambutnya sehat dan gak cpt menua wajib pake vit rambut tiap hari ya

    BalasHapus
  9. Aku pakai ini sebagai pengganti conditioner semenjak gada yang cocok sama condi yang kupake. Pakai ini berkala rambut tuh jadi mendingan dan ngga terlalu kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen coba pakai ini lagi soalnya sekarang aku udh ga pake lagi. Cuma pakai hair masknya aja 🥲

      Hapus
    2. emangg bener dia bikin rambut engga kering, jadi lebih lemes juga kaann

      Hapus
    3. yang hair mask aku belum coba wkwkkw

      Hapus
  10. Dari dulu sampe sekarang, saya pake ellips setelah keramas. Cocok mengatasi rambut saya yang kering, mudah patah dan sering rontok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di aku juga works kak buat rambut enggak kering. rambut jadi lebih kuat juga ya kak?

      Hapus
  11. wah kayaknya rambutku juha menua nih.. Gampang patah sekarang 🥲

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuukk masih bisa mulai sekarang perawatannyaaa hihi

      Hapus
  12. Wah, justru anak bungsuku yang cowok nih pernah beberapa kali pakai vitamin rambut Ellips hehehe :D Wangi banget, enak aromanya. Bisa menyehatkan rambut ya dan merapikan sehingga ga kusut lagi. Mantap nih, kapan2 aku deh yang coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren mbaaa haha patut diikuti wkwk. wanginya awet yah?

      Hapus
  13. Baru tahu rambut yang menua itu yang kering, memang butuh vitamin rambut yang ampuh yaa kesukaan kami tuh rajin pakai vitamin rambut ellips ini praktis dan harganya terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Mba Dew, harga terjangkau dan gampang didapetinnyaa

      Hapus
  14. Vitamin rambut andalan sejak dulu sih elips tuh. Kemarin juga pas anakku balik pondok rambitnya jadi kering aku kasih elips langsung lembut dong. Cocok banget lah pokoknyq

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihh mantap mbaaa. sekarang masih pake rutin yah?

      Hapus
  15. Vitamin rambut legend suka soalnya harganya juga affordable

    BalasHapus
  16. pernah beli vitamin rambut ini tetapi nggak telaten pakenya. Eh, ternyata dampaknya ke rambut bagus, ya. Jadi pengen nyobain karena khawatir ada tanda-tanda penuaan rambut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah, tinggal ditelatenin aja pakenyaa :D

      Hapus