Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask [Review]

Pernah ga sih kalo lagi sibuk banget, banyak deadline, sering begadang, stress, eh kulit jadi ikutan stress kayak jadi jerawatan, kusam, dan kering? Aku juga!

Kalo aku perhatiin nih emang tipikal kulit aku yang emang dasarnya gampang jerawatan, jadi makin gampang jerawatan kalo lagi stress banyak kerjaan. Dulu waktu masih kerja di company yang notabene tanggung jawabnya cuma di job desk tertentu, stress dikit aja bisa jerawatan sampe semuka, malu diliatin temen wkwk. Kalo sekarang aku full time kerja sendiri sebagai content creator, blogger, dan freelance design feed instagram, otomatis tanggung jawabnya ada di segala lini hihi makin berlipat stressnya. Hidup rasanya udah makin kentel sohibannya sama deadline, pressure, begadang, meeting sama diri sendiri (iya, kamu ga salah baca) yang banyak mau dan eksekusinya ngerepotin diri sendiri ujung-ujungnya stress sendiri wkwk. Tapi mau apapun pekerjaannya, yang namanya stress itu kan ga bisa dihindari apalagi cuma demi biar ga jerawatan. Jadi, yang bisa aku lakukan supaya ga makin jerawatan ya latihan handle stress biar kepala tetap adem sebagai perawatan dari dalam dan pastinya pakai skincare tertentu sebagai perawatan dari luar.


Yang aku maksud dari skincare tertentu adalah skincare andalan aku buat ngusir jerawat yang tak lain dan tak bukan adalah masker, hahaha. Aku paling suka pakai masker karena entah kenapa efek instannya tuh bisa banget keliatan apalagi kalo dipakenya secara rutin bareng daily skincare seperti toner, essence, sampai moisturizer. Saat ini aku lagi pakai dua masker dari Scarlett yaitu Herbalism Mugwort Mask untuk mengangkat sel-sel kulit mati juga melawan bakteri penyebab jerawat dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask untuk mengembalikan hidrasi dan kelembapan kulit setelah menggunakan masker mugwort. Apalagi kulitku yang berminyak dan dehidrasi ini butuh kombinasi produk yang dapat mengangkat minyak juga memberikan hidrasi. Klop, deh.

Btw, temen-temen udah ga asing lagi ya sama brand Scarlett, aku juga udah sering bahas produk-produknya di blog apalagi di Instagram, hihi. Sekarang kita lanjut bahas dua masker tadi, yuk.

Baca juga:

 

Scarlett - Herbalism Mugwort Mask


Masker ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, membersihkan kulit yang berminyak. Dia hadir dalam kemasan jar plastik berwarna hijau lumut dibalut stiker berwarna putih berisikan informasi produk (nama produk, kandungan utama, cara pemakaian, dan manfaat produk).


Yang aku suka dari masker ini tuh ringkes, instan, tinggal oles aja ke muka. Di dalam kemasannya juga sudah tersedia spatula, jadi masker yang ada di dalam tetap steril dan tidak terkontaminasi dengan jari kita. Packaging maskernya juga dilengkapi dengan stopper supaya isi maskernya ga langsung nempel dan belepotan pada bagian dalam tutup kemasan.


Kemasan Herbalism Mugwort Mask ini juga dilengkapi dengan packaging box yang hadir dengan dominasi warna putih dan hijau sage. Di sini tertera informasi kandungan lengkap produknya juga, jadi kalau kamu pengen belanja di offline store dan pengen baca komposisi produknya, bisa dikepoin dulu.


 

Tekstur, Warna, dan Aroma


Dari daftar komposisi lengkapnya kita tahu kalau kandungan mugwort (Artemisia Vulgaris Extract) memiliki persentase lebih tinggi dari charcoal (Charcoal Powder). Hal ini juga terasa dari tekstur maskernya yang clay, lembut, agak kenyal, dan kalau kering ga bikin kulit ketarik banget itu tuh khas mugwort banget! Warnanya hijau gelap keabu-abuan seperti perpaduan warna mugwort dan charcoal. Namun untuk aromanya sendiri aku merasa aroma green tea powder-nya yang cukup menonjol.

Baca juga:


Kandungan Scarlett - Herbalism Mugwort Mask

Kandungan Utama:

  1. Niacinamide: membantu menyamarkan noda gelap pada kulit
  2. Mugwort Extract: membantu menyejukkan kulit
  3. Green Tea Powder: membantu merawat kulit berjerawat
  4. Glutathione: membantu mencerahkan kulit
  5. Bamboo Charcoal: mengangkat minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati
  6. Chlorophyllyn: membantu melawan bakteri penyebab jerawat

Kandungan Lengkap:

Aqua, Magnesium Aluminum Silicate, Kaolin, Glycerin, Propanediol, Quartz, Niacinamide, Artemisia Vulgaris Extract, Acrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Copolymer, Potassium Sorbate, Camellia Sinensis Leaf Powder, Xanthan Gum, Annona Cherimola Fruit Extract, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Charcoal Powder, C13-14 Isoparaffin, Dmdm Hydantoin, Prunus Armeniaca Seed Powder, Titanium Dioxide, Allantoin, Tocopherol, Laureth-7, Caprylhydroxamic Acid, Ascorbyl Glucoside, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid, Phenoxyethanol, Oleth-10, Polysorbate 60, Glutathione, Sodium Citrate, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Phenypropanol, Sodium Dehydroacetate, Simethicone, Citric Acid, CI 75810.


Cara Pemakaian



1. Ambil masker dengan mini spatula

2. Ratakan masker ke seluruh wajah

3. Diamkan masker selama 15-20 menit

4. Bilas hingga bersih

5. Lanjutkan perawatan wajah dengan toner, serum, dan cream


Review

Yang bikin aku tertarik sama masker ini tuh dia ada kombinasi kandungan mugwort sama charcoalnya. Sebelumnya, aku sering pakai masker mugwort untuk mengatasi jerawat yang meradang dan masker charcoal untuk membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Seperti apa pengalamanku selama memakai masker dengan gabungan dua bahan aktif ini?

Pertama kali liat tekstur clay-nya yang kental dan agak jellysh plus nyium aroma maskernya yang powdery, aku mengira kalau dia bakal terasa berat, cepat menggumpal, dan susah diratakan ke kulit. Ternyata dugaanku salah. Pas aku coba ratain teksturnya ke kulit, ternyata rasanya ringan dan smooth banget. Ga ada tuh tekstur ngengumpal. Setelah diratain ke kulit, dia ga cepet kering. Ini juga jadi poin plus buat aku karena aku masih bisa nambahin masker lagi trus aku ratain lagi ke muka. Untuk benar-benar kering sampai teksturnya ga transfer, aku butuh waktu sekitar 15-20 menit. Saat maskernya mengering, teksturnya tetap terasa halus, lembut, kulitku terasa lebih mengencang, dan waktu dipakai senyum sama ngomong tuh maskernya ga fall out meski ada retak-retaknya.

Feel saat membilas masker: perlu sedikit effort untuk meluruhkan maskernya apalagi di area sekitar hidung karena pada saat terkena air dingin, teksturnya terasa jellysh. Efek instan yang aku rasakan setelah memakai masker ini: kulitku jadi halus, kenyal, dan lembap.

Herbalism Mugwort Mask: Rp 75.000, 100gr, BPOM NA 18210201219

Setelah kebutuhan membersihkan minyak berlebih biar ga gampang jerawatan udah terpenuhi pakai Herbalism Mugwort Mask, aku lanjut pakai Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask untuk mengembalikan hidrasi kulit. Mengingat tipe kulitku yang dehidrasi, meskipun masker mugwortnya ga bikin kulit kering, ga ada salahnya aku nambahin sesuatu yang bikin kulit terasa lebih terhidrasi.

 

Scarlett -  Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask


Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask membantu menghidrasi dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan. Dia hadir dalam kemasan jar transparan berukuran 100gr, dilengkapi dengan tutup ulir, dan spatula, berwarna putih.

Pada kemasan box-nya, dapat kita temukan informasi mengenai produknya seperti kandungan utama, kandungan lengkap, manfaat produk, cara pemakaian, dan cara penyimpanannya.


Tekstur, Warna, dan Aroma


Teksturnya berupa gel berwarna coklat kekuningan dengan serpihan kelopak bunga, sekilas terlihat seperti agar-agar, mudah diratakan, dan ringan di kulit. Yang aku suka dari produk ini tuh meski dia ada aroma bunganya dikit tapi cenderung seger bangeet kayak minuman jelly!

 

Kandungan Scarlett -  Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Kandungan Utama:

  1. Niacinamide: membantu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah
  2. Vitamin C: membantu meratakan warna kulit
  3. Centella Asiatica Extract: membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  4. Grape Water: membantu menghidrasi kulit
  5. Ginseng Extract: membantu merawat kekencangan kulit
  6. Allantoin: membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
  7. 7 Berry Extracts (blackberry, blackcurrant, blueberry, raspberry, cranberry, acaiberry, strawberry)

Kandungan Lengkap:

Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Aloe Barbadensis Leaf Water, Centella Asiatica Extract, Rosa Damascena Flower Water, Niacinamide, Propanediol, Vitis Vinifera Fruit Water, Carbomer, 1,2- Hexanediol, Aminomethyl Propanol, DMDM Hydantoin, Allantoin, PVM/MA Decadiene Crosspolymer, Disodium EDTA, Rosa Gallica Flower Powder, Citrullus Lanatus Fruit Extract, Caprylhydroxamic Acid, Ascorbyl Glucoside, Phenoxyethanol, Biosaccharide Gum-4, Ethyl Hexanediol, Panax Ginseng Root Extract, Sea Cucumber Extract, 2-Aminobutanol, Euterpe Oleracea Fruit Extract, Fragaria Vesca Fruit Extract, Ribes Nigrum Fruit Extract, Rubus Fruticosus Fruit Extract, Rubus Idaeus Fruit Extract, Vaccinium Angustifolium Fruit Extract, Vaccinium Macrocarpon Fruit Extract, Ethylhexylglycerin, CI 16255, CI 42090, CI 19140.

Cara Pemakaian


1. Ambil masker dengan mini spatula

2. Ratakan masker ke seluruh wajah

3. Diamkan masker selama 15-20 menit

4. Bilas hingga bersih

5. Lanjutkan perawatan wajah dengan toner, serum, dan cream

 

Review

Seriously soothing & hydrating? Serius! Waktu aku aplikasiin ke muka tuh adem dan sejuknya berasa sampai bawah kulit. Dan karena kulitku cenderung dehidrasi, aku lebih suka ngolesin maskernya dengan takaran yang banyak sampai kulit keliatan basah banget sama masker. Saat ngeratain gel masknya ke kulit muka, kadang sambil aku pijat-pijat pelan biar makin terasa ademnya. Trus aku tambahin 1-2 layer lagi di atasnya. So relaxing!

Yang aku suka selama pakai masker ini: tekstur gel yang udah diratain ke kulit tuh ga jatuh-jatuh meski aku maskerannya sambil duduk. Meskipun ini adalah masker wash off tapi aku merasa dia tuh kayak moisturizer karena setelah didiamkan 15-20 menit, teksturnya seolah menempel dan terserap dalam ke dalam kulit. Finishnya di kulit bukan lagi basah gel, tapi cenderung lembap dan sedikit lengket. Etapi mau gimana pun kan ini kudu dibilas hehe.

Biasanya kalau bilas hydrating mask yang teksturnya gel gini aku agak kesulitan, perlu diusek-usek dulu sambil diguyur air tapii waktu aku bilas Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask rasanya gampang banget. Ga ada tuh drama gelnya masih nyangkut di kulit waktu kena air. Cukup bilas secara normal aja kayak lagi cuci muka, maskernya udah bisa luruh kok. Setelah maskeran kulitku jadi lebih adem, kalem, terhidrasi, halus, dan terasa lebih kenyal!

Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask: Rp 75.000, 100gr, BPOM NA 1820201153

 

Kesimpulan

Pros:

  • Kedua kemasan masker sangat aman, tidak mudah tumpah, dan travel friendly
  • Tekstur Herbalism Mugwort Mask sangat mudah diratakan, ga fall out saat mengering, ga bikin kulit kering, mampu mengontrol minyak berlebih sehingga jerawat ga mudah muncul. Pun ketika memasuki periode datang bulan, aku ga merasakan jerawat muncul separah biasanya.
  • Tekstur Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask feels so relaxing, adem, sejuk sampai terasa di bawah kulit, bikin kulit terhidrasi, lembap, dan kenyal. 
  • Perpaduan Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask bisa digunakan sebagai treatment skin prep sebelum makeup karena feeling setelah memakai kedua produk ini bikin kulit jadi terasa lebih kenyal dan lebih siap menerima makeup supaya lebih bisa nempel.
  • Selama memakai kedua produk ini di sela-sela kesibukanku, aku merasa minyak dan jerawatan jadi lebih terkontrol, kulit ga kering, dan kalo lagi pusing aku suka pake Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask biar pikiran adem hahaha.

Cons: Aku belum menemukan kekurangan kedua produk masker ini selama pemakaian

So far, aku merasa cocok dengan kedua masker ini apalagi kalau dipakai secara rutin dengan skincare harian seperti toner, essence, dan kawan-kawannya, hasilnya di kulit jadi lebih enakeun! Btw, kamu udah cobain yang mana?

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask bisa kamu dapatkan di sini dan kalau kamu cek keaslian produk yang kamu beli bisa kroscek ke sini.

7 Comments

  1. Jadi penasaran yang mugwort suka banget soalnya hasilnya di kulitku

    BalasHapus
  2. wah aku juga pake yg mugwort 😍

    BalasHapus
  3. Fav bgt ini apalagi yg pink bikin kulit jadi lebih rileks😍

    BalasHapus
  4. Lagi nunggu stok masker abis nih, baru mau cobain yang mugwort

    BalasHapus
  5. huaaa, asli aku penasaran banget sama maskernya scarlett. apalagi yg warna pink tuh, kok kayak menarik banget

    BalasHapus
  6. Ih aku mupeng ini dari lama banget. Penasaran apalagi gel masknya mirip banget sama punya e****n yang rose gel mask hehe

    BalasHapus
  7. Aku suka yang seriously soothing & hydrating gel mask, efek hidrasinya bagus kulit langsung plump setelah pakai

    BalasHapus